pengertian-nasionalisme-1

Pengertian Nasionalisme & Patriotisme Menurut Para Ahli serta Bentuknya

Posted on

Pengertian nasionalisme.  Pada umumnya Nasionalisme adalah paham yang menciptakan serta mempertahankan kedaulatan suatu negara yang mempunyai tujuan serta cita-cita bersama untuk kepentingan nasional. sedang Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, nasionalisme datang dari kata “nasional” serta “isme” yakni paham kebangsaan yang mengandung arti kesadaran serta semangat cinta tanah air, mempunyai rasa kebanggaan sebagai bangsa, atau memelihara kehormatan bangsa.

Para nasionalis menganggap negara yaitu berdasar pada sebagian ” kebenaran politik ” (political legitimacy). Bersumber dari teori romantisme yakni ” identitas budaya “, debat liberalisme yang menanggap kebenaran politik yaitu bersumber dari kehendak rakyat, atau gabungan ke-2 teori itu.
Ikatan nasionalisme tumbuh di dalam masyarakat saat pola pikirnya mulai turun.

Ikatan ini berlangsung saat manusia mulai hidup berbarengan dalam suatu wilayah tertentu serta tidak beranjak dari situ. Saat itu, perasaan mempertahankan diri sangat berperan serta mendorong mereka untuk mempertahankan negerinya, tempatnya hidup serta menggantungkan diri. Dari sinilah cikal bakal tubuhnya ikatan ini, yang notabene lemah serta berkualitas rendah.

Ikatan ini juga terlihat juga dalam dunia hewan waktu ada ancaman pihak asing yang akan menyerang atau mengalahkan suatu negeri. Tetapi, apabila suasananya aman dari serangan musuh serta musuh itu terusir dari negeri itu, pupuslah kemampuan ini.

Dalam zaman moderen ini, nasionalisme mengacu pada amalan politik dan ketentaraan yang berlandaskan nasionalisme dengan cara etnik dan keagamaan, seperti yang dinyatakan dibawah. Para ilmuwan politik umumnya menumpukan penyelidikan mereka pada nasionalisme yang berlebihan seperti naziisme, pengasingan dsb.

Pengertian Nasionalisme Secara Sederhana yaitu semangat kebangsaan, perasaan kebangsaan, yakni semangat cinta atau perasaan cinta pada bangsa serta tanah air melebihi apa pun juga. Sedang Secara Umum, Pengertian Nasionalisme yaitu paham yang menciptakan serta menjaga kedaulatan sebuah negara yang mempunyai maksud atau cita-cita bersama untuk kebutuhan nasional.

Dengan praktek Nasionalisme terlihat sebagai gerakan yang memperjuangkan atau menjaga kemerdekaan/kebebasan, kemakmuran atau sebagian kepentingan yang lain dari sesuatu bangasa. Penganut Nasionalisme dimaksud dengan Nasionalis. Kita kerap juga mendengar/menjumpai arti Negara Nasional yang dimaksudkannya yaitu suatu negara yang kekuasaan pemerintahan mencakup serta diakui semua daerah negara.

Pengertian Nasionalisme Menurut para Ahli

Presiden-Soekarno-Kekuatan-Militer-Indonesia

Ir. Soerkano
Pilar kekuatan bangsa-bangsa yang terjajah untuk memperoleh kemerdekaan.

Anderson
Pengertian Nasionalisme adalah kekuatan dan kontinuitas dari sentimen nasional dengan mementingkan nation.

Lothrop Stoddard
Nasionalisme sebagai gejala Pengertian Nasionalisme psikologis yang mengatakan bahwa pengertian nasionalisme adalah suatu keadaan jiwa atau suatu kepercayaan yang dianut oleh sejumlah besar manusia sehingga mereka membentuk suatu kebangsaan.

Joseph Ernest Rehan
Kemauan untuk bersatu tanpa paksaan dalam semangat persamaan dan kewarganegaraan.

H.Kohn
Nasionalisme adalah suatu prinsip politik yang beranggapan bahwa unit nasional dan politik seharusnya seimbang.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan