Home Ensiklopedia Pengertian Nasionalisme & Patriotisme Menurut Para Ahli serta Bentuknya

Pengertian Nasionalisme & Patriotisme Menurut Para Ahli serta Bentuknya

SHARE

Pengertian nasionalisme.  Pada umumnya Nasionalisme adalah paham yang menciptakan serta mempertahankan kedaulatan suatu negara yang mempunyai tujuan serta cita-cita bersama untuk kepentingan nasional. sedang Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, nasionalisme datang dari kata “nasional” serta “isme” yakni paham kebangsaan yang mengandung arti kesadaran serta semangat cinta tanah air, mempunyai rasa kebanggaan sebagai bangsa, atau memelihara kehormatan bangsa.

Para nasionalis menganggap negara yaitu berdasar pada sebagian ” kebenaran politik ” (political legitimacy). Bersumber dari teori romantisme yakni ” identitas budaya “, debat liberalisme yang menanggap kebenaran politik yaitu bersumber dari kehendak rakyat, atau gabungan ke-2 teori itu.
Ikatan nasionalisme tumbuh di dalam masyarakat saat pola pikirnya mulai turun.

Ikatan ini berlangsung saat manusia mulai hidup berbarengan dalam suatu wilayah tertentu serta tidak beranjak dari situ. Saat itu, perasaan mempertahankan diri sangat berperan serta mendorong mereka untuk mempertahankan negerinya, tempatnya hidup serta menggantungkan diri. Dari sinilah cikal bakal tubuhnya ikatan ini, yang notabene lemah serta berkualitas rendah.

Ikatan ini juga terlihat juga dalam dunia hewan waktu ada ancaman pihak asing yang akan menyerang atau mengalahkan suatu negeri. Tetapi, apabila suasananya aman dari serangan musuh serta musuh itu terusir dari negeri itu, pupuslah kemampuan ini.

Dalam zaman moderen ini, nasionalisme mengacu pada amalan politik dan ketentaraan yang berlandaskan nasionalisme dengan cara etnik dan keagamaan, seperti yang dinyatakan dibawah. Para ilmuwan politik umumnya menumpukan penyelidikan mereka pada nasionalisme yang berlebihan seperti naziisme, pengasingan dsb.

Pengertian Nasionalisme Secara Sederhana yaitu semangat kebangsaan, perasaan kebangsaan, yakni semangat cinta atau perasaan cinta pada bangsa serta tanah air melebihi apa pun juga. Sedang Secara Umum, Pengertian Nasionalisme yaitu paham yang menciptakan serta menjaga kedaulatan sebuah negara yang mempunyai maksud atau cita-cita bersama untuk kebutuhan nasional.

Dengan praktek Nasionalisme terlihat sebagai gerakan yang memperjuangkan atau menjaga kemerdekaan/kebebasan, kemakmuran atau sebagian kepentingan yang lain dari sesuatu bangasa. Penganut Nasionalisme dimaksud dengan Nasionalis. Kita kerap juga mendengar/menjumpai arti Negara Nasional yang dimaksudkannya yaitu suatu negara yang kekuasaan pemerintahan mencakup serta diakui semua daerah negara.

Pengertian Nasionalisme Menurut para Ahli

Presiden-Soekarno-Kekuatan-Militer-Indonesia

Ir. Soerkano
Pilar kekuatan bangsa-bangsa yang terjajah untuk memperoleh kemerdekaan.

Anderson
Pengertian Nasionalisme adalah kekuatan dan kontinuitas dari sentimen nasional dengan mementingkan nation.

loading...

Lothrop Stoddard
Nasionalisme sebagai gejala Pengertian Nasionalisme psikologis yang mengatakan bahwa pengertian nasionalisme adalah suatu keadaan jiwa atau suatu kepercayaan yang dianut oleh sejumlah besar manusia sehingga mereka membentuk suatu kebangsaan.

Joseph Ernest Rehan
Kemauan untuk bersatu tanpa paksaan dalam semangat persamaan dan kewarganegaraan.

H.Kohn
Nasionalisme adalah suatu prinsip politik yang beranggapan bahwa unit nasional dan politik seharusnya seimbang.

Prof. Dr. M. Dimyani Hartono. SH
Rasa kecintaan terhadap negaranya yang tidak dapat dilepaskan dari rasa patriotisme.

Ernest Gellenervia
Nasionalisme adalah keseimbangan antara rasa nasional terhadap bangsa dengan kekuatan berpolitik.

Sifat Nasonalisme sebaiknya harus ada pada jiwa suatu bangsa, lantaran tidak ada rasa nasionalisme didalam jiwa setiap bangsa, maka yang terjadi yaitu perang saudara, perang suku seperti yang kerap kita saksikan akhir-akhir ini, oleh oleh karena itu penting untuk kita untuk selalu menjaga rasa Nasionalisme didalam diri agar terlepas dari hal-hal yg tidak kita kehendaki, sebagai mana yang sudah berlangsung di saat lampau, Rasa nasionalisme membuat Orang-orang yang solid, yang menyatu antar satu sama lain, yang berjuang bersama, tanpa ada Nasionalisme maka indonesia belum tentu merdeka, lantaran kemerdekaan itu dapat di capai lantaran usaha bersama-sama dengan satu maksud yang sama.
Ada juga Nasionalisme itu terbagi dalam beragam bentuk, nah apa sajakah bentuk-bentuk dari nasionalisme itu, mari kita Simak bersama

Bentuk-Bentuk Nasionalisme

pengertian-nasionalisme-1

1. Nasionalisme kewarganegaraan (nasionalisme sipil)

Nasionalisme yang berlangsung di mana negara memperoleh kebenaran politik dari partisipasi aktif rakyatnya. Keanggotaan suatu bangsa berbentuk suka-rela. Bentuk nasionalisme di bangun pertama-tama oleh Jean-Jacques Rousseau serta menjadi bahan tulisannya. Diantara tulisannya yang populer yaitu buku yang berjudul Du Contract Social (kontrak sosial).

2. Nasionalisme etnis atau etnonasionalisme

Nasionalisme yang berlangsung di mana negara memperoleh kebenaran politik dari budaya asal atau etnis suatu masyarakat. Keanggotan suatu bangsa bersifat secara turun temurun. Seperti joko adalah orang dari jawa lantaran orangtua serta nenek moyangnya datang dari suku Jawa. Joko memakai bahasa Jawa lantaran bahasa itu digunakan oleh orang tuanya serta orang-orang terlebih dulu.

3. Nasionalisme romantik

Bentuk nasionalisme etnis dimana negara memperoleh kebenaran politik sebagai suatu yang alamiah (organik) serta adalah ekspresi dari bangsa atau ras. Nasionalisme romantik menitikberatkan pada budaya etnis yang sesuai dengan idealisme romantik. Misalnya yaitu narasi rakyat (folklore) “Grimm Bersaudara” yang di ambil dari tulisan Herder adalah koleksi beberapa cerita yang terkait dengan etnis Jerman.

Nasionalisme budaya, yaitu nasionalisme dimana negara memperoleh kebenaran politik dari budaya bersama serta tak bersifat turun temurun umpamanya warna kulit atau ras atau bahasa. Misalnya yaitu rakyat cina yang berasumsi negara berdasar pada budaya bersama. Unsur ras sudah dikesampingkan hingga kelompok minoritas sudah dianggap sebagai rakyat Cina kesediaan Dinasti Qing untuk menggunakan adat istiadat Cina juga menunjukkan keutuhan budaya Cina.

4. Nasionalisme kenegaraan

Adalah variasi nasionalisme kewarganegaraan, yang kerap digabungkan dengan nasionalisme etnis. Dalam nasionalisme kenegaraan, bangsa yaitu suatu komunitas yang memberi kontribus terhadap pemeliharaan serta kemampuan negara.

Contoh nasionalisme kenegaraan yaitu fasisme italia yang berpedoman slogan Mussolini : Tutto nello stato, niente al di fuori dello stato, nulla contro lo stato (semuanya didalam negara, tidak ada satupun yang diluar negara, tidak ada satupun yang menentang negara). Tidaklah mengherankan bila nasionalisme ini bertentangan dengan cita-cita kebebasan perorangan serta prinsip demokrasi liberal.

5. Nasionalisme agama

Nasionalisme di mana negara memperoleh legitimasi politik dari persamaan agama. Seperti semangat nasionalisme di Irlandia yang bersumber dari agama Hindu. Akan tetapi, untuk umumnya kelompok nasionalis. agama hanya merupakan simbol serta bukanlah motivasi utama.

Faktor Munculnya Nasionalisme

Diawali dari era ke 19 dan era ke 20 mulai nampak benih-benih Nasionalisme pada bangsa-bangsa di Asia Afrika terutama di Indonesia. Kemunculan paham nasionalisme pada orang-orang indonesia di pengaruhi oleh beragam sebagian faktor yang dibagi atas dua yakni faktor dari dalam (internal) serta faktor dari luar (ekternal).

1. Faktor dari Dalam (Internal)

  • Kenangan kejayaan saat lampau : Di masa lalu, bangsa Asia Afrika mengalami kejayaan sebelum masuknya paham imperialisme serta kolonialisme. Di indonesia sendiri pernah mengalami kejayaan pada saat kerajaan majapahit serta sriwijaya, yang di mana pada saat kerajaan majapahit yang kokoh di wilayah nusantara sedang sriwijaya tangguh dalam kemaritinannya.
  • Timbulnya Golongan Cendekiawan : Perkembangan indonesia dari bebrapa golongan cendekiawan atau pelajar sebagai penggerak serta pemimpin timbulnya organisasi gerakan nasional indonesia dalam melawan penjajah.
  • Perasaan yang sama serta sepenanggungan dari penderitaan serta kesengsaraan saat penjajahan : penderitaan serta kesengsaraan dari bentuk-bentuk penjajahan bangsa barat membuat banyak masyarakat mempunyai tekat dengan menentang imperialisme barat.
  • Mengembangnya Paham Nasionalis dalam bidang sosial ekonomi, politik, kebudayaan : Dalam bidang politik yang menyuarakan masukan masyarakat pribumi dalam penderitaan serta kesengsaraan. Dalam bidang sosial ekonomi yang menyuarakan supaya masyarakat hidup dengan sejahtera yang tampak dari peran yang menghapuskan eksploitasi asing pada SDA di indonesia. Bidang kebudayaan yang melakukan aksi dengan melindungi, memperbaiki, serta mengembalikan budaya indonesia dari budaya asing.

2. Faktor dari Luar (Eksternal)

  • Timbulnya Beberapa Paham Baru : Timbulnya beragam beberapa paham baru seperti nasionalisme, komunisme, imperialisme yang salah satunya pernah digunakan organisasi-organisasi dalam pergerakan nasional di indonesia.
  • Kemenangan Jepang atas Rusia : Kemenangan dalam peperangan jepang melawan rusia membuat semangat bangsa-bangsa Asia Afrika terpacu dalam melawan bangsa asing di negerinya atau penjajah.
  • Perkembangan Nasionalisme di beberapa negara : Banyak sebagian pergerakan nasionalisme membuat paham nasionalisme makin berkembang serta menyebar di beberapa bangsa-bangsa Asia Afrika.

Arti Semangat Nasionalisme dan Patriotisme

nasionalisme

Nasionalisme yaitu perasaan satu keturunan, senasib, sejiwa dengan bangsa serta tanah airnya. Nasionalisme yang bisa menyebabkan perasaan cinta pada tanah air dimaksud patriotisme.

Nasionalisme dibedakan dua yakni :

  • Nasionalisme dalam makna luas yakni perasaan cinti/bangga pada tanah air serta bangsanya dengan tak melihat bangsa lain lebih rendah derajatnya.
  • Nasionalisme dalam makna sempit yakni perasaan cinta/bangga pada tanah air serta bangsanya terlalu berlebih dengan melihat bangsa lain lebih rendah derajatnya.

Nasionalisme Indonesia yaitu nasionalisme yang berdasar pada Pancasila yang senantiasa meletakkan kepentingan bangsa serta negara diatas kepentingan pribadi serta kelompok. Nasionalisme Indonesia yaitu perasaan bangga/cinta pada bangsa serta tanah airnya dengan tak melihat bangsa lain lebih rendah derajatnya.

Dalam membina nasionalisme mesti dihindarkan memahami kesukuan chauvinisme, ekstrimisme, kedaulatan yang sempit. Pembinaan nasionalisme juga butuh di perhatikan paham kebangsaan yang mengandung pengertian persatuan serta kesatuan Indonesia, berarti persatuan bangsa yang menempati lokasi Indonesia.

Patriotisme datang dari kata patriot yang berati penggemar/pembela tanah air. Patriotisme disimpulkan sebaga isemangat/jiwa cinta tanah air yang berbentuk sikap ikhlas berkorban untuk kejayaan serta kemakmuran bangsanya. Patriotisme bukan sekedar cinta pada tanah air saja, namun juga cinta bangsa serta negara. Kecintaan pada tanah air bukan sekedar dipertunjukkan waktu bangsa Indonesia terjajah, namun juga diwujudkan dalam isi kemerdekaan.

Ciri-ciri patriotisme :

  • Cinta tanah air
  • Ikhlas berkorban untuk kebutuhan nusa serta bangsa
  • Meletakkan persatuan, kesatuan serta keselamatan bansga serta negara diatas kebutuhan pribaadi serta golongan
  • Berbentuk pembaharuan
  • Tak kenal meneyrah
  • Bangga sebagai bangsa Indoensia.

Nasionalisme serta patriotisme begitu utama untuk kelestarian kehidupan bangsa Indonesia. Hal semacam ini mengingat keadaan :

  • Orang-orang Indonesia yaitu orang-orang yang majemuk atau keanekaragaman dalam suku, ras, kelompok, agama, budaya serta lokasi.
  • Alam Indonesia, di mana kepualauan nusantara terdapat pada posisi silang yang bisa memiliki kandungan kerawanan bahaya dari negara lain.
  • Ada bahaya disintegrasi (perpecahan bangsa) serta gerakan separatisme (gerakan untuk memisahkan diri dari satu bangsa), jika pemerintah tak berlaku bijaksana.

Semangat kebangsaan bisa diwujudkan karenanya ada sikap patriotisme serta nasionalisme dalam kehidupan keseharian. Warga negar yang emmiliki semangat kebansgaan yang tinggi bakal mempunyai nasionalisme serta patriotisme yang tinggi juga.

Perwujudan Nasionalisme dalam Kehidupan

Perwujudan nasionalisme serta patriotisme untuk bangsa Indonesia bisa diliat dari perjalanan histori bangsa Indonesia diantaranya :

a. Sebelum Masa Kebangkitan Nasional

Perjuangan bangsa Indonesia untuk membela tanah air atau jiwa patriotisme sebelumnya kebangkitan nasional, masihlah berbentuk kedaerahan, bergantung pada pemimpin, belum terorganisir serta tujuan perjuangan belum terang.

b. Masa Kebangkitan Nasional

Perjuangan bangsa Indoensia tak akan berbentuk kedaerahan, namun berbentuk nasional. Perjuangan dikerjakan lewat cara organisasi moderen, di mana mulai sejak berdirinya Budi Utomo adalah titik awal kesadaran nasionalisme. Saat ini dimaksud angkata nperintis, sebab selain meniti kesadaran nasional juga meniti berdirinya organisasi.

c. Masa sumpah pemuda

Sumpah pemuda adalah tonggak histori untuk perjuangan bangsa Indonesia. Yang pasti serta tegas dalam menuntut kemerdekaan untuk bngsa Indonesia. Sumpah pemuda memiliki kandungan nilai yang begitu tinggi yakni nilai persatuan serta kesatuan yan gmerupakan modal perjuangan untuk meraih kemerdekaan. Saat ini d sebut angkatan penegas, sebab angkatan berikut yang menyatakan utamanya persatuan serta kesatuan bangsa dalam berjuang meraih kemerdekaan.

d. Masa proklamsi kemerdekaan

Proklamasi kemerdekaan adalah titik kulminasi (puncak) perjuangan bangsa Indoensia, juga adalah bentuk perjuangan yan gberdasarkan persatuan Indonesia. Oleh karenanya, semangat kebangsaan, semangat persatuan serta kesatuan bangsa yang mengantarkan Indoensis meraih tonggak histori yang paling fundamental mesti kita jagalah serta kita pertahankan. Proklamasi kemerdekaan adalah jembatan emas yan gakan mengantarkan bangsa Indoensia menuju harapan nasional yakni orang-orang yang merdeka, berdaulat, adil serta makmur.

Perwujudan semangat kebangsaan serta patriotisme yang berbentuk sika prela berkorban untuk kebutuhan tanah air, bangsa serta negara sebagai tempat hidup serta kehidupan dengan semua apa yan gdimiliki, bakal menguatkan pertahanan serta keamanan nasional, proklamasi kemerdekan yan gdicita-citakan sudah terwujud, berkas perjuangan serta pengorbanan beberapa pahlawan. Jadi kita mesti bisa isi kemerdekaan ini dengan bangun beragam jenis bagian supaya bisa mempercepat tercapainya maksud bangsa Indonesia.

Manfaat meraih maksud bangsa diinginkan ikut serta semua bangsa dalam bangun negara, lantaran kita beberapa besar tak alami momen perjuangan kemerdekaan, jadi pentingnya dipahami, dimenegrti bakal makna perjuangan beberapa pejuang, pasti maksud negara yang diidam-idamkan bakal selekasnya terwujud.

Perwujudan Patriotisme serta Nasionalisme dalam kehidupan

Sikap patriotisme serta nasionalisme bisa diwujudkan dalam beragam lingkungan kehidupan :

a. Lingkungan keluarga

Jiwa serta semangat patriotisme bisa ditanamkan serta diawali di lingkungan keluarga, umpamanya kita mesti senantiasa berbuat bai kdi lingkungan kita untuk melindungi nama baik keluarga, meelstarikan ketenttraman keluarga, emmbantu mengurangi beban keluarga.

b. Lingkungan sekolah

  • Beragam jenis perilaku atau aktivitas yang merujuk pada nilai kesopanan serta kebaikan, baik pada guru, karyawan ataupun rekan, ikuti upacar dengan teratur.
  • Menajdi anggota OSIS, melindungi nama baik sekolah, jadi team olah raga, menghidnari tawuran pelajar, melindungi kebersihan serta ketertiban sekolah serta lain sebagainya.

c. Lingkungan orang-orang

Sikap patriotisme di orang-orang bisa ditumbuhkan serta dikerjakan lewat melindungi keamanan lingkungan, menambah bendera di depan tempat tinggal pada hari besar nasional, bersihkan lignkungan, aktif dalam aktivitas desa serta turut membela negara apabila dibutuhkan.

SHARE

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan