Pengertian Paragraf Persuasi, Ciri-Ciri dan Contoh Lengkap

Posted on

Pengertian Paragraf Persuasi, Ciri-Ciri dan Contoh Lengkap. Paragraf persuasi yaitu paragraf yang mempunyai tujuan untuk mempengaruhi, mengimbau, membujuk, atau merayu pembaca hingga terpengaruh untuk mengikuti keinginan penulis. Paragraf persuasi adalah sebagian dari macam-macam paragraf atau jenis-jenis paragraf. Untuk membuat paragraf persuasi dapat dikatakan sulit dan mudah, karena terkadang sebagian orang kerap melenceng atau keluar dari tujuan paragraf persuasi yakni membujuk, sehingga sangat penting untuk kita melihat contoh-contoh paragraf persuasi.

Suatu paragraf yang isinya berupa ajakan atau membujuk pembacanya supaya melakukan atau mengikuti apa yang penulis sampaikan di dalam paragraf disebut dengan paragraf persuasi. Paragraf ini dibuat dengan berdasar pada pemahaman atau anggapan kalau setiap pandangan atau pendirian umat manusia dapat berubah-ubah.

Tujuan paragraf ini yaitu untuk membujuk atau mempengaruhi pembacanya supaya mempercayai serta melakukan apa yang penulis berikan di dalam paragraf. Agar hal tersebut dapat terwujud, paragraf persuasi harus disertai dengan bukti dan data-data pendukung yang kuat. Di dalam paragraf persuasi banyak ditemukan kalimat yang bersifat mengajak seperti “ayo”, “mari”, dan “lakukanlah”. Paragraf ini banyak dijumpai di dalam iklan, himbauan atau propaganda di media masa.

Paragraf persuasif yaitu suatu bentuk karangan yang bertujuan membujuk pembaca agar ingin berbuat sesuatu sesuai dengan keinginan penulisnya. Agar tujuannya bisa terwujud, penulis harus dapat menyampaikan pembuktian dengan data dan kenyataan.

Menurut KBBI persuasi yaitu ajakan pada seseorang dengan cara memberi alasan dan prospek baik. Persuasi yaitu menarik, mempengaruhi, mendoktrin, dan mengajak hingga pembaca hanyut dalam ajakan.

Paragraf persuasi yaitu paragraf yang mempunyai tujuan untuk memengaruhi, mengajak, membujuk, atau mendoktrin pembaca hingga diharapakan supaya pembaca terpengaruh untuk mengikuti keinginan penulis.

Pengertian Paragraf Persuasi Menurut Para Ahli

paragraf-persuasi

Menurut Targian (1994 : 113) karangan atau tulisan persuasif adalah karangan yang dapat menarik minat,dan dapat menyakinkan bahwa pengalaman memebaca merupakan sesutu hal yang sangat penting

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan