Home Ensiklopedia Pengertian Paragraf Persuasi, Ciri-Ciri dan Contoh Lengkap

Pengertian Paragraf Persuasi, Ciri-Ciri dan Contoh Lengkap

SHARE

Pengertian Paragraf Persuasi, Ciri-Ciri dan Contoh Lengkap. Paragraf persuasi yaitu paragraf yang mempunyai tujuan untuk mempengaruhi, mengimbau, membujuk, atau merayu pembaca hingga terpengaruh untuk mengikuti keinginan penulis. Paragraf persuasi adalah sebagian dari macam-macam paragraf atau jenis-jenis paragraf. Untuk membuat paragraf persuasi dapat dikatakan sulit dan mudah, karena terkadang sebagian orang kerap melenceng atau keluar dari tujuan paragraf persuasi yakni membujuk, sehingga sangat penting untuk kita melihat contoh-contoh paragraf persuasi.

Suatu paragraf yang isinya berupa ajakan atau membujuk pembacanya supaya melakukan atau mengikuti apa yang penulis sampaikan di dalam paragraf disebut dengan paragraf persuasi. Paragraf ini dibuat dengan berdasar pada pemahaman atau anggapan kalau setiap pandangan atau pendirian umat manusia dapat berubah-ubah.

Tujuan paragraf ini yaitu untuk membujuk atau mempengaruhi pembacanya supaya mempercayai serta melakukan apa yang penulis berikan di dalam paragraf. Agar hal tersebut dapat terwujud, paragraf persuasi harus disertai dengan bukti dan data-data pendukung yang kuat. Di dalam paragraf persuasi banyak ditemukan kalimat yang bersifat mengajak seperti “ayo”, “mari”, dan “lakukanlah”. Paragraf ini banyak dijumpai di dalam iklan, himbauan atau propaganda di media masa.

Paragraf persuasif yaitu suatu bentuk karangan yang bertujuan membujuk pembaca agar ingin berbuat sesuatu sesuai dengan keinginan penulisnya. Agar tujuannya bisa terwujud, penulis harus dapat menyampaikan pembuktian dengan data dan kenyataan.

Menurut KBBI persuasi yaitu ajakan pada seseorang dengan cara memberi alasan dan prospek baik. Persuasi yaitu menarik, mempengaruhi, mendoktrin, dan mengajak hingga pembaca hanyut dalam ajakan.

Paragraf persuasi yaitu paragraf yang mempunyai tujuan untuk memengaruhi, mengajak, membujuk, atau mendoktrin pembaca hingga diharapakan supaya pembaca terpengaruh untuk mengikuti keinginan penulis.

Pengertian Paragraf Persuasi Menurut Para Ahli

paragraf-persuasi

Menurut Targian (1994 : 113) karangan atau tulisan persuasif adalah karangan yang dapat menarik minat,dan dapat menyakinkan bahwa pengalaman memebaca merupakan sesutu hal yang sangat penting

Kaffer (2001 : 119) Menjelaskan bahwa persusasi bertujuan untuk menggubah pikiran orang lain agar dapat menerima dan melakukan sesuatu yang kita ingin kan.

Kaffer (2011 : 118) Persuasi merupakan usaha untuk membujuk seseorang untuk mau mengikuti tujuan yang di kehendaki tanpa paksaan.
Menurut Vitale dalam bukunya yang berjudul “ Hypnotic Writting” (2007 : 29) merupakan bahwa hypnotic writting adalah dengan sengaja menggunakan kata-kata untuk mengadu orang ke keadaan mental yang terfokus di mana mereka cenderung membeli produk atau jasa anda.

loading...

Ciri-ciri paragraf persuasi

Berdasar pada pengertian diatas, dapat diambil kesimpulan kalau paragraf persuasi mempunyai beberapa ciri-ciri sebagai berikut ini :

1. Karena tujuan utamanya untuk mempengaruhi pembaca, paragraf persuasi mempunyai sebagian argumen yang kuat disertai dengan data serta fakta.
2. Paragraf ini berupaya meyakinkan pembacanya untuk melakukan atau mempercayai yang ditulis oleh penulis.
3. Paragraf persuasi banyak memakai kata-kata ajakan seperti ayo, mari, lakukanlah, dan sebagainya.
4. Paragraf persuasi umumnya menghindari konflik supaya kepercayaan pembacanya tak hilang dan agar kesepakatan pendapat pada penulis dan pembaca terwujud.

Paragraf persuasi banyak digunakan oleh media, produsen-produsen produk tertentu atau kepentingan politik, sebab paragraf persuasi adalah cara yang paling efektif untuk mempengaruhi pembacanya.

Jenis-Jenis Paragraf Persuasi

Secara singkat kita akan memelajari mengenai jenis paragraf persuasi. Paragaf persuasi berdasar pada fungsinya bisa dibagi menjadi 4 jenis. Berikut uraiannya :

1) Paragraf Persuasi Politik

Paragraf persuasi politik yaitu jenis paragraf yang isinya merupakan usaha untuk mempengaruhi pembacanya untuk menentukan pilihan pada calon atau partai politik tertentu. Umumnya di media cetak ditandai dengan judul “Advertorial” dibagian kiri atas wacana yang memuat paragraf ini.

2) Paragraf Persuasi Pendidikan

Paragraf persuasi ini banyak dipakai oleh intansi atau dalam dunia pendidikan untuk mendukung tujuan pendidikan. Paragraf persuasi pendidikan dapat berbentuk himbauan, motivasi, dan anjuran.

3) Paragraf Persuasi Advertensi

Paragraf persuasi advertensi yaitu paragraf yang memiliki tujuan komersil. Advertensi umumnya dipakai oleh produsen perusahaan untuk memperkenalkan dan memasarkan produk-produk tertentu dengan harapan konsumen ingin membeli produk tersebut.

4) Paragraf Persuasi Propaganda

Persuasi propaganda biasa dipakai untuk menyampaikan informasi dengan tujuan supaya pembacanya mau mempercayai dan melakukan apa yang disampaikan oleh penulis di dalam paragraf tersebut . Persuasi propaganda banyak ditemukan di media-media cetak seperti majalah, portal berita online, surat kabar dan sebagainya.

Contoh Paragraf Persuasi

paragraf

 

Contoh 1

Sistem pendidikan di Indonesia yang dikembangkan sekarang ini masih belum memenuhi harapan. Hal ini dapat terlihat dari keterampilan membaca siswa kelas IV SD di Indonesia yang berada pada peringkat terendah di Asia Timur setelah Philipina, Thailand, Singapura, dan Hongkong. Selain itu, berdasarkan penelitian, rata-rata nilai tes siswa SD kelas VI untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA dari tahun ke tahun semakin menurun.

Anak-anak di Indonesia hanya dapat menguasai 30% materi bacaan. Kenyataan ini disajikan bukan untuk mencari kesalahan penentu kebijakan, pelaksana pendidikan, dan keadaan yang sedang melanda bangsa, tapi semata-mata agar kita menyadari sistem pendidikan kita mengalami krisis. Oleh karena itu, semua pihak perlu menyelamatkan generasi mendatang. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memperbaiki sistem pendidikan nasional.

Contoh 2

Kita semua mengetahui bahawa kondisi lingkungan Kota Jakarta sudah sangat memprihatinkan. Banyak sekali sungai yang kotor akibat pembuangan limbah yang tidak teratur serta pencemaran udara akibat asap kendaraan bermotor yang semakin banyak. Ini semua dapat menyebabkan gangguan bagi makhluk hidup di Kota Jakarta, temasuk manusia.

Pernapasan kita dapat terganggu dan keindahan Kota Jakarta tercemar. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita sebagai penduduk Kota Jakarta berusaha untuk melestarikan lingkungan kota ini dengan berbagai macam usaha. Di antaranya adalah dengan penghijauan, pembuatan taman kota, dan pelarangan membuang sampah di sembarang tempat. Ini semua dapat mengendalikan keindahan Kota Jakarta.

Contoh 3

Namanya kegiatan nonakademik sah-sah saja buat dijalankan apalagi, kalau dapat bisa memaksimalkan diri sehingga menghasilkan prestasi yang gemilang. Satu yang mesti anda ingat, sebagai pelajar, kegiatan utama anda adalah belajar. Anda harus pintar-pintar membagi waktu. Percaya, deh, segala kegiatan positif akan menghasilkan kesuksesan

Contoh 4

Pencemaran Sungai Ciliwung sudah sangat parah dan dapat dikategorikan sebagai pencemaran tingkat berat. Rumah tangga merupakan penyumbang terbesar sampah di Sungai Ciliwung. Jika kondisi ini terus berlanjut, sejumlah daerah yang menggantungkan sumber air dari Sungai Ciliwung dikhawatirkan akan mengalami krisis. Untuk itu, kesadaran untuk menjaga lingkungan perlu ditanamkan secara kuat kepada masyarakat. Jika lingkungan terjaga maka kita jugalah yang akan diuntungkan.

Contoh 5

Menggunakan pupuk berbahan dasar kimia memang bisa mempercepat pertumbuhan tanaman dan dapat meningkatkan hasil panen. Namun, pupuk kimia memiliki dampak negatif bagi lingkungan sekitarnya karena pupuk ini bisa mencemari lingkungan. Bahkan, pupuk ini juga bisa membuat buah-buahan yang dihasilkan terkontaminasi oleh zat-zat kimia yang berbahaya buat tubuh manusia.

Oleh karena itu, tinggalkanlah pupuk kimia dan beralihlah ke pupuk kompos karena selain harganya yang murah, pupuk kompos juga aman dan tidak menimbulkan efek negatif bagi buah yang dihasilkan.

Contoh 6

Banjir merupakan bencana yang begitu akrab dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Seolah merupakan agenda tahunan yang sangat biasa terjadi. Baik dalam cara menyikapi dan penanggulangan banjir, masih sangat terkesan biasa-biasa saja. Hal ini tidak boleh terjadi lagi. Kita harus mulai merubah kebiasaan hidup kita. Mulai dari yang kecil seperti mebuang sampah pada tempatnya, bukan membuangnya di selokan atau di sungai, membersihkan saluran pembuangan dan lain-lain.

Kebiasaan membuang sampah di sungai dan di selokan inilah yang menjadi cikal bakal banjir. Marilah kita sama-sama jaga lingkungan hidup kita, untuk lingkungan yang sehat dan menentramkan.

Contoh paragraf persuasi diatas memuat tentang ajakan untuk tidak membuang sampah di sungai dan di selokan yang merupakan sebab dari banjir. Paragraf di atas juga memuat tentang ajakan untuk menjaga lingkungan hidup untuk kehidupan yang sehat dan menentramkan.

Contoh 7

Hutan merupakan paru-paru dunia. Tanpa adanya hutan kita tidak akan bisa hidup di bumi ini. Pohon-pohon yang ada di hutan setiap harinya memproduksi oksigen yang sangat kita butuhkan untuk bernafas. Jika hutan kita tak terselamatkan dari penebangan liar dan pembakaran maka cepat atau lambat pohon-pohon di hutan akan habis.

Hal tersebut berdampak pada kelangsungan hidup makhluk hidup temasuk diri kita. Jika hutan habis maka tak ada lagi pohon yang menghasilkan oksigen untuk kita bernafas. Lalu bagaimana kita akan hidup? Marilah bersama-sama kita kampanyekan program one man one tree. Satu orang wajib menanam minimal satu pohon. Mari selamatkan, lestarikan, dan jaga hutan kita. Untuk adanya masa depan untuk kita dan anak cucu kita.

Contoh paragraf persuasi diatas memberikan infoemasi tentang dampak dari kerusakan hutan serta berisi tentang ajakan untuk menanam pohon agar keberlangsungan hidup makhluk hidup tetap terjaga.

Contoh 8

Hutan bakau merupakan aset penting bagi lingkungan. Hutan bakau memiliki manfaat penting bagi ekologi yaitu sebagai pelindung alamai pantai dari abrasi, pencegah sedimentasi, dan menghambat angin kencang dan gelombang air yang tinggi dari arah laut menuju daratan. Mangrove juga merupakan ekosistem penting bagi biota laut bagi kepiting, udang, dan laut.

Berdasarkan laporan pengelolaan hutan mangrove tahun 1999 luas mangrove indonesia yang semula seluas 4,25 juta ha berkurang menjadi 3,7 juta ha, 1,6 juta ha dalam keadaan rusak parah. Hal ini tentu akan mengakibatkan terjadinya abrasi, sedimentasi dan matinya berbagai macam biota laut. Hal ini dapat diatasi dengan menggalakkan reboisasi bagi hutan-hutan mangrove yang rusak. Mari bersama-sama melakukan gerakan tanam seribu mangrove demi terjaganya lingkungan dari abrasi dan kelestarian biota laut.

Paragraf persuasi di atas merupakan ajakan untuk kembali memperbaiki lingkungan daerah pantai yang rusak akibat abrasi dengan melakukan reboisasi hutan mangrove.

SHARE

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan