sejarah-awal-mula-akuntansi
accountingclubleeuniversity.wordpress.com

Yuk Belajar Akuntansi: Pengertian dan Sejarah Akuntansi

Posted on

Sejarah Akuntansi


Belajar pengertian akuntansi harus dimulai dari memahami sejarah lahirnya ilmu akuntansi ini.

Jadi, untuk menyediakan data dan informasi keuangan sebuah perusahaan dibuatlah sebuah laporan dan analisisnya.  Dengan ilmu akuntansi pekerjaan tersebut menjadi lebih sistematis dan mudah.  Apalagi keputusan dan kebijakan harus diambil dengan tepat.

Salah memberi data dan menganalisisnya akan berdampak salah terhadap pengambilan keputusan.  Ilmu akuntansi berkembang pesat saat ini. Namun, apakah kamu tahu sejak kapan ilmu akuntansi dicetuskan dan digunakan?  Di sela-sela kesibukanmu, berikut kami suguhkan sejarah singkat mengenai perkembangan ilmu akuntansi.

Sejarah Munculnya Akuntansi

lucas pacciolo akuntan pertama
accountingclubleeuniversity.wordpress.com

Berbicara mengenai sejarah akuntansi, kita tidak akan lepas dari sosok bernaman Lucas Paciolo.  Buku yang ditulisnya berjudul “Summa De Arithmatica, Geometrica et Proportionalita” adalah buku rujukan pertama kali tentang ilmu akuntansi.  Buku itu diperkirakan terbit pada akhir abad ke-15.

Walaupun sebenarnya pada awal abad ke-15 telah muncul naskah-naskah mengenai ilmu akuntansi di Italia menggunakan angka-angka Arab, namun ilmu akuntansi secara khusus memang dikembangkan dari rujukan buku tersebut.

Lebih khusus dalam buku Paciolo pembahasan akuntansi tepatnya berada di bab berjudul “Tractatus de Computist el Scriptorio”.  Metode double book keeping yang dijelaskan dalam bab tersebut hingga sekarang masih digunakan.  Sejak saat itu ilmu akuntansi terus menyebar dari Italia hingga ke Eropa Barat, Belanda, bahkan Amerika.

Revolusi industri pada abad ke-19 di Eropa juga turut mendorong perkembangan ilmu akuntasi.  Pada masa itu di Eropa mulai berkembang akuntansi biaya dan konsep penyusutan. Di Amerika pada tahun 1930 telah dibahas dan ditetapkan prinsip-prinsip akuntansi bagi perusahaan-perusahaan yang sahamnya terdaftar di bursa saham oleh New York Slock Exchange dan Ameri­can Institute of Certified Public Accountant.

Perkembangan Akuntansi di Indonesia

sejarah akuntansi

Penjajahan Belanda ke Indonesia salah satunya membawa ilmu akuntansi yang telah lebih dahulu dipelajari di negeri kincir tersebut. Sejak tahun 1642 telah diterapkan akuntansi di Indonesia namun pembukuan Amphioen Societeit yang berdiri di Jakarta sejak 1747 memberikan catatan yang lebih meyakinkan.

Sejak 1870 saat dihapuskan sistem tanam paksa, di Indonesia telah diterapkan akuntansi merujuk pada konsep Lucas Paciolo. Kemudian sistem pemeriksaan (auditing) pencatatan keuangan perusahaan di Indonesia mulai diterapkan pada tahun 1907.

Pendidikan akuntansi di Indonesia mulai didirikan tahun 1952 oleh Universitas Indonesia dengan mem­buka jurusan Akuntansi di Fakultas Ekonominya yang kemudian diikuti oleh perguruan tinggi lainnya. Gelar akuntan telah ada sejak tahun 1954 dengan keluarnya UU No. 34 yang mengatur pemberian gelar Akuntan.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan