Yuk Belajar Akuntansi: Pengertian dan Sejarah Akuntansi


Sejarah Akuntansi


Belajar pengertian akuntansi harus dimulai dari memahami sejarah lahirnya ilmu akuntansi ini.

Jadi, untuk menyediakan data dan informasi keuangan sebuah perusahaan dibuatlah sebuah laporan dan analisisnya.  Dengan ilmu akuntansi pekerjaan tersebut menjadi lebih sistematis dan mudah.  Apalagi keputusan dan kebijakan harus diambil dengan tepat.

Salah memberi data dan menganalisisnya akan berdampak salah terhadap pengambilan keputusan.  Ilmu akuntansi berkembang pesat saat ini. Namun, apakah kamu tahu sejak kapan ilmu akuntansi dicetuskan dan digunakan?  Di sela-sela kesibukanmu, berikut kami suguhkan sejarah singkat mengenai perkembangan ilmu akuntansi.

Sejarah Munculnya Akuntansi

lucas pacciolo akuntan pertama

accountingclubleeuniversity.wordpress.com

Berbicara mengenai sejarah akuntansi, kita tidak akan lepas dari sosok bernaman Lucas Paciolo.  Buku yang ditulisnya berjudul “Summa De Arithmatica, Geometrica et Proportionalita” adalah buku rujukan pertama kali tentang ilmu akuntansi.  Buku itu diperkirakan terbit pada akhir abad ke-15.

Walaupun sebenarnya pada awal abad ke-15 telah muncul naskah-naskah mengenai ilmu akuntansi di Italia menggunakan angka-angka Arab, namun ilmu akuntansi secara khusus memang dikembangkan dari rujukan buku tersebut.

Lebih khusus dalam buku Paciolo pembahasan akuntansi tepatnya berada di bab berjudul “Tractatus de Computist el Scriptorio”.  Metode double book keeping yang dijelaskan dalam bab tersebut hingga sekarang masih digunakan.  Sejak saat itu ilmu akuntansi terus menyebar dari Italia hingga ke Eropa Barat, Belanda, bahkan Amerika.

Revolusi industri pada abad ke-19 di Eropa juga turut mendorong perkembangan ilmu akuntasi.  Pada masa itu di Eropa mulai berkembang akuntansi biaya dan konsep penyusutan. Di Amerika pada tahun 1930 telah dibahas dan ditetapkan prinsip-prinsip akuntansi bagi perusahaan-perusahaan yang sahamnya terdaftar di bursa saham oleh New York Slock Exchange dan Ameri­can Institute of Certified Public Accountant.

Perkembangan Akuntansi di Indonesia

sejarah akuntansi

Penjajahan Belanda ke Indonesia salah satunya membawa ilmu akuntansi yang telah lebih dahulu dipelajari di negeri kincir tersebut. Sejak tahun 1642 telah diterapkan akuntansi di Indonesia namun pembukuan Amphioen Societeit yang berdiri di Jakarta sejak 1747 memberikan catatan yang lebih meyakinkan.

Sejak 1870 saat dihapuskan sistem tanam paksa, di Indonesia telah diterapkan akuntansi merujuk pada konsep Lucas Paciolo. Kemudian sistem pemeriksaan (auditing) pencatatan keuangan perusahaan di Indonesia mulai diterapkan pada tahun 1907.

loading...

Pendidikan akuntansi di Indonesia mulai didirikan tahun 1952 oleh Universitas Indonesia dengan mem­buka jurusan Akuntansi di Fakultas Ekonominya yang kemudian diikuti oleh perguruan tinggi lainnya. Gelar akuntan telah ada sejak tahun 1954 dengan keluarnya UU No. 34 yang mengatur pemberian gelar Akuntan.

Para akuntan kemudian membuat organisasi profesi yang membidani masalah akuntansi yaitu Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) pada 23 Desember 1957.  Sejak tahun 1967 ilmu akuntansi di Indonesia semakin berkebang pesat terutama karena adanya kebutuhan yang besar untuk mengevaluasi perusahaan.

Hal tersebut tidak terlepas dari kebijakan pemerintah untuk membuka kran modal dari luar negeri melalui UU penanaman modal asing (1967) dan UU penanaman modal dalam negeri (1968).


Pengertian Akuntansi


pengertian akuntansi menurut para ahli

Seperti yang telah kamu duga, kata akuntansi berasal dari bahasa Inggris to account yang berarti menghitung.  Maksud kata tersebut dalam perkembangan ilmu akuntansi bermakna sebagai bentuk pertanggungjawaban pengelola perusahaan kepada pemilik perusahaan dengan cara menyediakan data dan informasi keuangan serta analisisnya secara akurat dn terpercaya.  Dalam dunia keuangan makna akuntansi berbeda dengan istilah pembukuan keuangan.

Pengertian akuntansi menurut para ahli,

1. Abu bakar. A dan Wibowo

suatu proses mengidentifikasi, mencatat dan mengkomunikasikan terhadap semua transaksi eknomi dari entitas atau perusahaan.

2. Paul Grady

Merupakan sebuah body of knowledge serta memiliki fungsi organisasi secara tersusun, orisinal, autentik, menganilisis dan menafsirkan seluruh kejadian dan transaksi serta karakter keuangan yang akan terjadi dalam kegiatan entitas akuntasi untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk memanjemen segala laporan dan pertanggungjawaban atas kepercayaan yang telah diterimanya.

3. Kieso dan Weygandt

Sebuah sistem informasi yang bertugas mengidentifikasi, melakukan pencatatan dan mengomunikasikan segala kejadian ekonomi dari suatu organisasi ke pihak yang memiliki kepentingan.

4. Accounting principle board

Suatu kegiatan jasa untuk memberikan informasi yang bersifat kuantitatif dimana pada umumnya berukuran materi atau uang tentang mengenai suatu badan ekonomi yang untuk digunakan dalam mengambil keputusan ekonomi dalam memilih diantara beberapa pilihan alternatif.

5. American Institute of Certified Public Accountant

Suatu seni mencatat, mengikhtisarkan dan mengelola dengan proses tertentu dan dalam ukuran moneter dan transaksi serta kejadian-kejadian yang umumnya bersifat keuangan dan menafsirkan hasil-hasilnya.


Ruang Lingkup Akuntansi


Pembukuan keuangan adalah bagian dari akuntansi.  Lebih jauh ruang lingkup kegiatan seorang akuntan meliputi:

  1. Pembukuan keuangan
  2. Analisis laporan-laporan keuangan
  3. Riset untuk menelusuri kerumitan transaksi keuangan
  4. Desain sistem akuntansi yang akan digunakan perusahaan
  5. Auditing (pemeriksaan akuntansi)
  6. Kegiatan lain sesuai kebutuhan analisis dan pengambilan keputusan dalam persoalan akuntansi sebuah badan/perusahaan.

Maka manfaat akuntansi tidak hanya dalam memberikan data-data keuangan, lebih jauh dari itu manfaat akuntansi adalah menyajikan analisis-analisis terkait situasi yang sedang dihadapi oleh sebuah perusahaan dan menelusuri kesalahan-kesalahan transaksi keuangan.  Rekomendasi-rekomendasi langkah lanjutan juga diikutsertakan dalam sebuah laporan akuntansi.

 

Itulah sejarah perkembangan ilmu akuntansi yang disajikan sebagai sebuah rangkuman.  Semoga bermanfaat buat kita semua.  Selamat beraktivitas!

 

1

No Responses

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan