?attachment_id=5007

Pengertian Seni dan Jenis-jenis Seni

Posted on

Apa pengertian seni? Asal kata seni adalah dari bahasa Sansekerta yang berarti pemujaan, persembahan, atau pelayanan. Kata seni berhubungan dengan kegiatan agama yang pada akhirnya disebut sebagai kesenian.

Lalu menurut Padmapusphita, seni asal katanya adalah genie dalam bahasa Belanda dan genius dalam bahasa latin. Arti keduanya adalah kemampuan luar biasa yang dibawa sejak lahir.

Seni sangat luas dalam lingkup dan bermacam-macam fasetnya. Seperti orang buta yang ingin melihat gajah, sering terjadi perbedaan pandangan tentang seni karena tidak lengkap dan tidak komprehensif. Orang buta yang meraba belalai, pasti akan menyebut gajah itu panjang. Orang buta yang menyentuh badan besarnya, akan menyebut gajah itu berbadan besar. Begitu pula ketika yang disentuh adalah ekornya, bisa jadi gajah disebut sebagai binatang yang berbulu di ujung dan berbadan panjang serta tipis.

Bagi kita yang tidakbuta gambaran-gambaran gajah itu jelas aneh dan konyol. Maka begitu pula untuk menjadi seseorang yang tidak buta seni perlu diketahui beberapa definisi seni, dan kita akan mendapatkan jumlah itu dengan gambar yang lebih luas seni.

Definisi seni sering dikatakan orang disebutkan bahwa “seni adalah segala macam keindahan yang dibuat oleh manusia”. Berdasarkan definisi ini seni adalah Produk keindahan, di mana manusia berusaha menciptakansesuatu yang indah dan dapat membawa kesenangan.

Jika memperhatikan bentuk seni tradisional, keindahan seni dapat jelas terlihat; seperti seni karawitan adalah campuran suara atau suara yang indah, kayu ukiran di rumah yang berfungsi sebagai hiasan serta menambah pemandangan semakin menarik. Tetapi ketika kita menghadapi seni modern, tidak mustahil bahwa kita akan berhadapan dengan sesuatu yang sama sekali tidak indah dan menyenangkan.

Jadi, seni memiliki banyak persepsi dari setiap peradaban manusia sesuai dengan pengalaman lingkungan yang membentuk. Oleh karena itu tidak heran pengertian seni ini cukup banyak. Bahkan kita sendiri pun mendefinisikan apa itu sesuai dengan pengalaman yang kita dapat. Tapi, semua definisi seni ini bertolak pada karya dan penciptaan yang dihasilkan oleh manusia.

Nah, agar tidak membingungkan apa itu pengertian seni. Berikut ini kami jabarkan beberapa pengertian seni menurut para ahli. Semoga dapat membantu menemukan jawaban apa itu seni.