Home Ensiklopedia Pengertian Seni dan Jenis-jenis Seni

Pengertian Seni dan Jenis-jenis Seni

SHARE

Apa pengertian seni? Asal kata seni adalah dari bahasa Sansekerta yang berarti pemujaan, persembahan, atau pelayanan. Kata seni berhubungan dengan kegiatan agama yang pada akhirnya disebut sebagai kesenian.

Lalu menurut Padmapusphita, seni asal katanya adalah genie dalam bahasa Belanda dan genius dalam bahasa latin. Arti keduanya adalah kemampuan luar biasa yang dibawa sejak lahir.

Seni sangat luas dalam lingkup dan bermacam-macam fasetnya. Seperti orang buta yang ingin melihat gajah, sering terjadi perbedaan pandangan tentang seni karena tidak lengkap dan tidak komprehensif. Orang buta yang meraba belalai, pasti akan menyebut gajah itu panjang. Orang buta yang menyentuh badan besarnya, akan menyebut gajah itu berbadan besar. Begitu pula ketika yang disentuh adalah ekornya, bisa jadi gajah disebut sebagai binatang yang berbulu di ujung dan berbadan panjang serta tipis.

Bagi kita yang tidakbuta gambaran-gambaran gajah itu jelas aneh dan konyol. Maka begitu pula untuk menjadi seseorang yang tidak buta seni perlu diketahui beberapa definisi seni, dan kita akan mendapatkan jumlah itu dengan gambar yang lebih luas seni.

Definisi seni sering dikatakan orang disebutkan bahwa “seni adalah segala macam keindahan yang dibuat oleh manusia”. Berdasarkan definisi ini seni adalah Produk keindahan, di mana manusia berusaha menciptakansesuatu yang indah dan dapat membawa kesenangan.

Jika memperhatikan bentuk seni tradisional, keindahan seni dapat jelas terlihat; seperti seni karawitan adalah campuran suara atau suara yang indah, kayu ukiran di rumah yang berfungsi sebagai hiasan serta menambah pemandangan semakin menarik. Tetapi ketika kita menghadapi seni modern, tidak mustahil bahwa kita akan berhadapan dengan sesuatu yang sama sekali tidak indah dan menyenangkan.

Jadi, seni memiliki banyak persepsi dari setiap peradaban manusia sesuai dengan pengalaman lingkungan yang membentuk. Oleh karena itu tidak heran pengertian seni ini cukup banyak. Bahkan kita sendiri pun mendefinisikan apa itu sesuai dengan pengalaman yang kita dapat. Tapi, semua definisi seni ini bertolak pada karya dan penciptaan yang dihasilkan oleh manusia.

Nah, agar tidak membingungkan apa itu pengertian seni. Berikut ini kami jabarkan beberapa pengertian seni menurut para ahli. Semoga dapat membantu menemukan jawaban apa itu seni.

Baca juga: Pengertian Seni Kriya dan Contohnya

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Ki Hajar Dewantara diabadikan 11 Mareti 1959, sebulan sebelum meninggal. Arsip Kompas
Ki Hajar Dewantara diabadikan 11 Mareti 1959, sebulan sebelum meninggal. (Arsip Kompas)

Ada beberapa pandapat para ahli terkemuka mengenai penjelasan seni. Adapun pengertian seni menurut para ahli antara lain :

loading...

Ensiklopedi Indonesia

Seni atau kesenian menurut ensiklopedia Indonesia meliputi penciptaan dari segala macam hal atau benda yang membuat orang senang melihat atau mendengar karena bentuk keindahannya.

Padmapusphita

Pengertian seni menurutnya berasal dari asal kata “genie”. Lalu bahasa Latinnya adalah “genius”, yang memiliki arti kemampuan luar biasa yang dimiliki atau dibawa sejak lahir. Sedangkan kajian ilmu di negara Eropa menyebut “ART” atau seni bermakna artivisual, yakni suatu media yang dapat melakukan suatu aktifitas tertentu.

Ki Hajar Dewantara

Tokoh pendidikan ini menyebut pengertian seni sebagai hasil dari keindahan yang dapat menggerakkan perasaan seseorang tentang keindahan karena melihatnya. Oleh karena itu, perbuatan manusia bisa mempengaruhi dalam menumbuhkan perasaan yang indah, itulah yang dinamakan seni.

Irma Damayanti, M.Sn

Pengertian seni menurut Irma Damayanti adalah ketika seni dapat dilihat melalui intisari ekspresi berbagai bentuk kreativitas manusia. Seni memang sangat sulit untuk diungkapkan, dijelaskan apalagi dinilai. oleh karena itu setiap individu adalah artis yang dapat menentukan sendiri parameter yang menuntunnya dalam pekerjaannya.

Sartono Kartodirdjo

Sartono menyebut pengertian seni merupakan sebuah sistem yang koheren karena bisa menjalankan komunikasi secara efektif.

Ira Adriati, M.Sn

Pengertian seni menurutnya merupakan sebuah proses dan produk dalam memilih medium, suatu pola pikir peraturan untuk menggunakan medium itu, dan satu set nilai-nilai itu yang menentukan apakah yang pantas dikirimkan melalui ekspresi lewat medium itu, untuk menyampaikan baik itu sensai, gagasan, kepercayaan,maupun perasaan dengan cara yang efektif seefektif mungkin.

Prof. Drs. Suwaji Bastomi

Seni merupakan segala kegiatan batin dengan pengalaman estetika yang menyatakan dalam bentuk yang agung dan memiliki daya pembangkit rasa haru dan takjub.

Drs. Sudarmaji

Seni menurut Sudarmaji adalah segala bentuk manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan berbagai media seperti berbagai bidang, tekstur, garis, tekstur, warna volume dll. Seni juga bisa berarti ungkapan perasaan sang pencipta yang disampaikan kepada manusia agar mereka dapat merasakan hal-hal yang dirasakan oleh pencipta karya seni.

Harry Sulastianto

Harry Sulastianto mengemukakan seni budaya sebagai suatu keahlian dalam mengekspresikan berbagai macam ide dan pemikiran estetika. Termasuk di dalamnya mewujudkan segala kemampuan dan imajinasi terhadapp suatu benda dan suasana. Imajinasi tersebut akan menjadi sebuah karya yang dapat menumbuhkan rasa indah sehingga mampu menciptakan kemajuan peradaban.

Ahdian Karta Miharja

Tokoh Sastra dan penulsi novel Atheis menyebut seni adalah segala bentuk aktvitas rohani yang merefleksikan kenyataan dalam sebuah karya. Bentuk dan isi memiliki daya untuk menumbuhkan keindahan tertentu didalam jiwa penikmatnya.

Nuning Y. Damayanti,Dipl.Art

Seni menurut Nuning pada awalnya adalah sebuah proses dalam diri manusia sehingga seni itu merupakan sinonim daripada ilmu. Seni dapat dilihat melalui intisari ekspresi dari berbagai kreatifitas manusia.

Drs. Popo Iskandar

Seni merupakan hasil ungkapan emosi seseorang yang ingin disampaikan kepada orang lain, dilakukan dengan kesengajaan dan kesadaran hidup bermasyarakat.

Chatrin Muler

Seni merupakam sesuatu yang berhubungan dengan karya cipta seseorang yang dihasilkan dari unsur rasa.

Aristoteles

Mengemukakan bahwa seni merupakan tiruan terhadap alam, namun sifatnya harus ideal atau sempurna.

Alexander Baum Garton

Seni ialah segala bentuk keindahan yang memiliki tujuan positif untuk menjadikan penikmat seni merasa bahagia.

Immanuel Kant

Mengungkapkan bahwa seni merupakan bentuk yang penampilan dan pengungkapannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan & seni itu ialah meniru alam.

Leo Tolstoy

Seni merupakan impian karena rumus – rumus tidak mampu mengikhtiarkan kenyataan.

Plato dan Rousseau

Seni merupakan hasil dari peniruan alam dari berbagai seginya.

Erik Ariyanto

Seni merupakan aktivitas rohani yang di refleksikan kedalam bentuk karya, yang mampu membangkitkan perasaan senang dan bahagia orang lain yang melihat maupun mendengarnya.

Everyman Encyklopedia

Menjelaskan seni sebagai suatu hal yang dapat dilakukan seseorang, dan terjadi bukan karena dorongan kebutuhan pokoknya, akan tetapi karena kenikmatan maupun kebutuhan spiritualnya.

Schopenhauer

Menurutnya seni ialah segala bentuk usaha dalam menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan dan membahagiakan.

Jenis-jenis Seni

Pengertian Seni Tari

Gerakan tarian dilakukan di tempat tertentu dan waktu untuk keperluan perkumpulan, mengekspresikan perasaan, niat, dan pikiran. Suara menjadi musik pengiring tarian untuk mengatur penari dan memperkuat niat yang ingin disampaikan.

Gerakan tari berbeda dari gerakan-gerakan yang sehari-hari seperti berjalan, berjalan, atau bersenam. Gerak tari bukanlah gerakan realistis, tetapi gerakan telah diberikan dalam bentuk ekspresif dan estetis.

Tarian ini sebenarnya merupakan kombinasi dari beberapa elemen, yaitu wiraga (raga), Wirama (ritme) dan Wirasa (rasa). Elemen ketiga menyatu ke dalam bentuk tarian harmonis. Unsur utama dalam tarian adalah gerakan. Gerak tari selalu melibatkan unsur manusia.

Unsur-unsur yang membuat gerakan tari dapat berdiri sendiri atau berkelompok. Dan jenis tarian rakyat diklasifikasikan ke dalam tari, tari klasik dan kreasi tari baru.

Pengertian Seni Musik

Sebagai salah satu bagian dari seni, gagasan tentang seni musik secara umum, adalah kompilasi atau pengaturan suara atau nada, yang memiliki irama tertentu, dan mengandung isi dan nilai perasaan tertentu.
Ada beberapa pengertian musik, diberikan par ahli, diantaranya adalah: musik terdengar urutan logis tapi tidak logika argumen, musik adalah seperangkat vitalitas, impian campuran suara yang bersatu dan mengkristalisasi. (Irwin Edman, filusuf)

Pengertian Seni Teater

Secara etimologis kata “teater” adalah dari bahasa Inggris “theater”, yang berarti “gedung pertunjukkan atau dunia sandiwara”. Kata “teater” berasal dari bahasa Yunani “teatron” berarti “takjub melihatl”.

Saat ini kata “teater” memiliki dua makna. Pertama, teater yang berarti gedung pertunjukan, yaitu tempat menyelenggarakan acara. Kedua, teater itu berarti bentuk tontonan dipentaskan di depan kerumunan. Seni teater bisa ditafsirkan setiap seluruh bangunan, yang menyertakan para pekerja (para pemain dan kru panggung), serta kegiatan (isi pementasan atau acara).

Ada juga pihak yang mendefinisikan seni teater sebagai semua jenis dan bentuk tontonan, baik di panggung atau arena terbuka. Tontonan acara termasuk tiga powers, yaitu: pekerja, masyarakat tempat, dan ahli atau penonton, dan terdiri dari tiga unsur, yaitu: kebersamaan, waktu dan tempat, jadi peristiwa dirujuk sebagai teater.

Seni adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang dapat dirasakan oleh mata dan ditangkap rabaan. Efek ini dibuat dengan pengolahan konsep garis, garis, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan estetika referensi.

SHARE