pengertian-seni-kriya

Pengertian Seni Kriya, Fungsi, Macam & Contoh Lengkapnya

Posted on

Seni kriya adalah seni yang telah ada mulai sejak zaman dulu, menurut ilmuwan histori, seni ini telah ada mulai sejak zaman Neolitikum atau zaman batu. Di mana ketika itu telah banyak benda-benda buatan tangan.

Pengertian dari seni kriya tersebut yaitu seni yang di buat dari tangan tanpa mengurangi segi fungsional. Dengan begitu dapat disebutkan seni kriya ini seni yang komplit lantaran tidak hanya pemenuhan keperluan juga keindahan.

Dari sisi makna kata, kriya bermakna kerajinan tangan, dalam bahasa sansekerta dari kata akrya yang bermakna kerjakan. Bila dalam bahasa inggris bernama craft yang berarti bikin atau kerjakan.

Manfaat dari seni kriya tersebut bukan sekedar untuk terapan atau siap gunakan namun dapat juga buat hiasan serta mainan. Berikut ini ada bebarapa contoh seni kriya yang dapat anda tekuni.


Pengertian Seni Kriya


pengertian seni kriya dan contohnya
qolbunhadi.com

Arti seni kriya ini datang dari kata krya (bhs Sanskrta) yang bermakna ” mengerjakan‟, dari akar kata itu setelah itu beralih jadi kata kriya, karya, kerja.

Dalam artian artihusus yaitu, kerjakan suatu hal untuk merubah satu benda atau objek. Sedang pada pengertian lain, semua hasil pekerjaan termasuk bermacam keteknikannya diberi nama seni kriya. (Muncul Haryono, 2002).

Dalam bhs Indonesia kata kriya yaitu pekerjaan (kerajinan tangan). Sedang dalam bhs Inggris diberi nama craft yg memiliki kandungan makna kekuatan atau daya, pengertian lain satu keterampilan dapat di artikan kerjakan atau membuat suatu hal.

Arti itu termasuk juga keterampilan yang kerap dihubungkan pada profesi yang terlihat dalam pengrajin craftsworker.

Sebenarnya seni kriya seringkali ditujukan sebagai karya yg dihasilkan, sebab skill atau keterampilan satu orang ; sama dengan dijumpai kalau seluruhkerja & ekspresi seni memerlukan keterampilan.

Dalam persepsi kesenian yang berakar pada kebiasaan Jawa, di kenal sebutan kagunan. Didalam Kamus Bausastra Jawa, kagunan yaitu Kapinteran/Wudharing pambudi nganakake kaendahan-gegambaran/Yeyasan ingkang Adipeni, kidung ngukir-ukir.

Penjelasan itu memberikan posisi & utamanya keterampilan dalam bikin (merubah) benda keseharian, disamping wawasan & kepekaan (akan keindahan).

Oleh karena itu, satu karya (seni) dalam sistem penggarapannya tidak berdasar pada pada kepekaan & keterampilan yg baik (mumpuni), hingga tidak mau ada kesempatan untuk kita untuk nikmati karya itu yang disebut karya seni (I Made Bandem, 2002).

Biasanya seni kriya kerap ditujukan sebagai karya yang membuahkan skill atau ketrampilan seorang, seperti di kenali kalau ekspresi serta kerja seni memerlukan ketrampilan.

Persepsinya, kebanyakan orang mengartikan kalau, kesenian berakar pada kebiasaan Jawa yang di kenal dengan sebutan ” kagunan “.

Hingga, penjelasan ini memberikan posisi serta utamanya satu ketrampilan dalam merubah benda atau objek yang ada pada kehidupan keseharian, di samping pengetahuan bakal satu kepekaan indahnya karya seni. Terkecuali pengertian diatas, nyatanya ada pula manfaat seni kriya yang perlu anda tekuni. Tetapi, yang bakal kita ulas di sini yaitu mengetahui dengan cara detil, pembagian dari beberapa jenis seni kriya.

Baca juga: Pengertian Seni Kriya dan Contohnya


Fungsi Seni Kriya


Pada dasarnya, fungsi seni kriya yaitu seperti berikut

1. Hiasan (Dekorasi). Banyak hasil product dari seni kriya dipakai untuk benda pajangan. Seni kriya itu lebih memprioritaskan keindahan daripada manfaatnya hingga seni kriya type ini alami beragam pengembangan. Misalnya hiasan dinding, karya seni ukir, patung, cinderamata serta lain sebagainya..

2. Benda Terapan (Siap Gunakan). Seni kriya ini lebih memprioritaskan manfaatnya sebagai benda yang siap gunakan, nyaman, tetapi tak menyingkirkan unsur keindahannya. Misalnya senjata, furnitur, keramik serta lain sebagainya.

3. Benda Mainan. Mungkin saja kita kerap menjumpai seni kriya sebagai alat permainan yang umumnya dengan bentuk simpel serta bahan yang gampang diperoleh serta ditangani, dengan harga yang relatif murah. Misalnya yaitu boneka, kipas kertas, congklak dan lain-lain.


Beberapa jenis Seni Kriya


Yaitu satu kewajiban buat kamu yang ingin mengetahui lebih jauh tantang type satu karya dari bermacam jenis bentuk serta style yang dikeluarkan oleh seni kriya nusantara. Beberapa bahan karya itu segera diambil dari alam, semuanya di gunakan dengan baik. Dari semuanya seni kriya nusantara itu, banyak pula dari mereka beberapa pengrajin yang tetaplah menjaga macam hias tradisional sesuai sama tuntutan pasar.

Beberapa jenis bahan yang umum di pakai dari seni karya yaitu seperti berikut :


1. Kriya Kayu


tumbusapa.com
tumbusapa.com

Kriya kayu ini adalah kerajinan yang menggabungkan pada manfaat serta seni keindahan. Rata-rata memanglah semakin banyak ke seni atau hiasan, namun juga banyak untuk manfaat.

Dalam pelaksanaan seni kriya kayu ada beberapa bagian yang perlu dilewati, bila anda ingin belajar seni ini pasti mesti belajar dari bagian pemula.


2. Kriya Keramik


carajuki.com
carajuki.com

Keramik adalah benda yang terbuat dari tanah liat. Teknik bikin keramik begitu beragam ada yang dengan teknik bikin, lempeng, pijit serta pilin. Tak lupa juga di beri hiasan.

Untuk mengoptimalkan pembuatan ini, sesudah kering keramik mesti dibakar dengan suhu spesifik supaya prima.

Manfaat keramik ini dapat berbagai, dari mulai untuk pot bunga, guci dan sebagainya. Serta sangat banyak di sebagian kota di jawa yang menghasilkan keramik ini.


3. Kriya Tekstil


like-seni.blogspot.com
like-seni.blogspot.com

Seni kriya tekstil di Nusantara terbagi menjadi seni batik dan tenun. Walaupun sebenarnya sangat luas dalam seni kriya tekstil ini.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan