pengertian-musik

Pengertian Seni Musik

Posted on

PENGERTIAN MUSIK, FUNGSI DAN UNSUR YANG TERKANDUNG DI DALAMNYA. Kebanyakan orang tentu mengenal apa itu musik, terkecuali bagi beberapa sahabat kita yang tidak dapat mendengar suara atau biasa disebut tunarungu. Ketika sebuah suara keluar dari suatu instrument dengan membentuk irama yang indah dan enak untuk didengar, dapat di katakan itu adalah musik. Sobat-sobat mungkin saja sudahkenal apa itu musik dan beberapa genre terkenal seperti pop, rock, jazz dsb. Namun, apakah sahabat juga tahu beberapa genre musik lainnya, bahkan juga pengertian serta manfaat musik yang sesungguhnya? Jika belum, mari disimak penjelasan musik yang komplit menurut kami. Langsung saja!

PENGERTIAN MUSIK

Arti musik berasal dari bahasa Yunani yakni mousikos, yang diambil dari salah satu nama dewa Yunani. Mousikos dilambangkan sebagai salah satu dewa keindahan yang menguasai bidang seni maupun keilmuan.

Agar lebih jelas tentang pengertian dari musik, berikut ini ada beberapa referensi terpercaya yang pernah menerangkan apakah itu musik. Selanjutnya ada pengertian musik yang di jabarkan dalam berbagaiversi :

Dalam Kata Kamus Besar Bahasa Indonesia musik bisa disebut pengetahuan atau seni membuat suara atau nada dalam urutan, paduan, serta hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (nada) yang memiliki kesatuan serta berkesinambungan.

Menurut Wikipedia pengertian musik yakni suara yang disusun sekian rupa hingga mengandung irama, lagu, serta keselarasan terlebih suara yang dihasilkan dari alat-alat yang bisa menghasilkan irama.

Jamalus berpendapat bahwa seni musik yaitu suatuyang membuahkan hasil karya seni berupa bunyi berbentuk lagu atau komposisi yang mengungkap fikiran serta perasaan penciptanya lewat unsur-unsur pokok musik yakni irama, melodi, harmoni, serta bentuk atau susunan lagu dan ekspresi sebagai satu kesatuan.

Aristoteles menyampaikan kalau musik adalah curahan kemampuan tenaga penggambaran yang berasal dari gerakan rasa dalam satu rentetan nada (melodi) yang memiliki irama.
Menurut David Ewen, musik yaitu ilmu pengetahuan serta seni mengenai kombinasi ritmik dari beberapa nada, baik vokal ataupun instrumental, yang mencakup melodi serta harmoni sebagai ekspresi dari segala suatu hal yang menginginkan diungkapkan terlebih dalamsegi emosional.

Menurut pakar perkamusan (lexicographer) musik yakni : ”Ilmu dan seni dari paduan ritmis beberapa nada, vokal ataupun instrumental, yang melibatkan melodi dan harmoni untuk mengekspresikan apa saja yang memungkinkan, akan tetapi khususnya bersifat emosional.

Dari beberapa pendapat diatas dapat diambil kesimpulan bahwa musik yaitu salah satu ilmu atau bidang seni yang berupa nada/bunyi/suara yang terkombinasi dalam urutan danmemiliki kesatuan irama, melodi, harmoni yang bisa melukiskan perasaan penciptanya terlebih dalam segi emosional.

FUNGSI MUSIK

Musik adalah suatu elemen yang penting dalam kehidupan manusia. Sejak dahulu kala musik telah memegang peranan dalam fungsi-fungsinya berdasarkan jenis dari musik itu sendiri. Dari beragam type musik tersebut, kegunaan musik dapat dikategorikan dalam beberapa bagian yakni seperti berikut :

1. Musik Sebagai Media Ekspresi Diri
Seorang seniman musik semakin lebih mudah berekspresi atau mengungkap perasaannya melalui musik. Di samping untuk memperlihatkan bakatnya, pengungkapan perasaan lewat musik semakin lebih mudah di terima.

Terlebih apabila musik itu berbentuk vokal diisi kalimat yang tersusun bagus serta mudah dipahami. Diikuti dengan alunan beberapa nada yang mewakili ekspresi yang akan dikeluaran. Contohnya, jika akan berekspresi sedih, suara yang dimainkan berbentuk suara yang bertempo lambat serta halus.

Demikian sebaliknya, apabila suara itu cepat serta menggelora, umumnya mewakili ekspresi suka dan bahagia.

2. Musik Sebagai Media Hiburan
Musik begitu efektif dalam menghibur. Sepanjang suatu musik itu dianggap indah, pastinya musik itu bisa menghibur. Seseorang bahkan juga membutuhkan musik untuk menghibur diri saat tengah bosan maupun sedih. selain menghibur, musik dapat juga membuat manusia lalai dari kehidupan sehari-harinya.

3. Musik Sebagai Media Terapi
Musik sebagai terapi mulanya di perkenalkan pada perang dunia ke-II untuk menyembuhkan korban perang. Saat ini musik banyak digunakan untuk terapi penyakit mental atau kelumpuhan organ tubuh. Musik dapat juga bermanfaat untuk menyegarkan kembali sistem kerja otak setelah lama digunakan untuk bekerja.

4. Musik Sebagai Media Upacara
Musik di Indonesia, pastinya akan senantiasa berhubungan erat dengan upacara-upacara tertentu seperti perkawinan, kelahiran, kematian, dan upacara keagamaan serta kenegaraan. Di banyak daerah, bunyi dari suatu alat musik dipercaya mempunyai kekuatan magis.

5. Musik Sebagai Media Komersial
Untuk beberapa seniman musik atau musisi, musik adalah satu diantara sumber pendapatan. Mereka merekam hasil karya mereka berbentuk pita kaset atau CD. Lalu karya mereka dapat dipasarkan.

Dari hasil penjualannya ini mereka memperoleh pendapatan untuk memenuhi keperluan hidup. Terkecuali dalam media kaset dan CD. Beberapa musisi juga menjalankan pertunjukan yang dipungut biaya. Musik juga kerap dikotrak sebagai pengiring suatu film atau lebih seringdimaksud OST (Original Soundtrack).

Umumnya musik yang di ambil sebagai OST memilki keterikatan dengan film berbentuk persamaan narasi yang bisa melukiskan isi dari film itu. Bahkan musik juga kerap dimanfaatkan sebagai OST dari satu Iklan, baik itu ditelevisi ataupun radio.

6. Musik Sebagai Media Tari
Musik sangatpas bila dikaitkan dengan tarian. Keduanya sama-sama terkait karenanya ada persamaan pola serta ritme keduanya, sebuah tarian tanpa diiringi irama musik akan terasa hampa (kosong) serta dapatmempersulit sang penari.

Baca juga: 10 Alat Musik Modern Paling Populer

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan