Home Pengertian Pengertian Seni Tari Nusantara & Tradisional: Jenis & Aspek

Pengertian Seni Tari Nusantara & Tradisional: Jenis & Aspek

SHARE

Pengertian Seni tari, Unsur, beserta Aspeknya. Tari yaitu gerak badan secara berirama yang dilakukan ditempat serta waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkap perasaan, maksud, serta pikiran. Bunyi-bunyian yang dimaksud musik pengiring tari mengatur gerakan penari serta memperkuat maksud yang ingin di sampaikan.

Gerakan tari tidak sama dari gerakan sehari-hari seperti lari, jalan, atau bersenam. Menurut jenisnya, tari dikelompokkan menjadi tari rakyat, tari klasik, serta tari kreasi baru. Dansa yaitu tari asal kebudayaan Barat yang biasa dilakukan oleh pasangan pria-wanita dengan berpegangan tangan atau berpelukan sembari diiringi musik.

  • Tari yaitu ungkapan perasaan jiwa manusia yang disibakkan lewat gerak ritmis yang indah serta diiringi musik.
  • Tari adalah alat ekspresi maupun media komunikasi seorang seniman kepada orang lain (penonton/penikmat). Sebagai alat ekspresi tari dapat menciptakan untaian gerak yang bisa membuat penikmatnya peka pada suatu hal yang ada serta berlangsung di sekitarnya. Sebab, tari yaitu sebuah perkataan, pernyataan serta ekspresi dalam gerak yang berisi komentar-komentar mengenai fakta kehidupan yang bisa merasuk dibenak penikmatnya sesudah pertunjukan usai.
  • Tari adalah alat komunikasi Yaitu tari lewat ruang gerak serta waktu membawa misi misi untuk di sampaikan pada penontonnya.

Menari merupakan ketrampilan khusus, bahkan juga bakat itu menentukan mutu tarinya. Tetapi, demikian bukan berarti kalau seorang yang kurang memiliki bakat tidak memiliki kesempatan untuk menjadi penari yang berkulitas. Lantaran semua keterampilan bisa dipelajari, dilatih, serta dibiasakan. Tari yaitu ungkapan perasaan jiwa manusia yang disibakkan lewat gerak ritmis yang indah serta diiringi musik.

Manfaat Tari

pengertian seni tari

Menurut manfaatnya tari dibedakan jadi 2 yakni sebagai hiburan serta komunikasi :

Sebagai Hiburan

Sifatnya penikmat saja/menghibur saja serta tak perlu ada persiapan. Hiburan bisa berbentuk : tarian, music, lawakan.

Sebagai Komunikasi

Yakni lewat gerak-ruang-waktu yang ada padanya yang membawa misi/pesan-pesan suatu tarian tertentu untuk dapat dipahami oleh penikmatnya. Yang dimaksud ruang serta waktu yaitu ruang gerak.

Jenis Serta Bentuk tari Berkelompok Nusantara

Tari berkelompok nusantara yaitu jenis tari dari Nusantara yang diperagakan oleh sekumpulan penari. Pada intinya, istilah tunggal hanya menunjukkan jumlah penari saja. Sementara jenis tarian bisa dimainkan oleh seorang atau lebih penari. Umpamanya, Tari Merak bia menjadi tari tunggal, dapat juga jadi tari berpasangan atau kelompok. Sifat tari tunggal yakni menuju ke arah psikologis yang akan menjadikan seseorang sebagai subyek atau objek dalam sebuah kegiatan. Sifat tari tunggal terdiri atas :

  • Lirik, yakni tarian yang memusatkan pada subyek atau keadaan diri pribadi, seperti bahagia, atau haru, atau gembira.
  • Epik, yakni sifat tari yang mengarah pada nilai luar diri, seperti terkagum atau manja.

Jenis tari Berdasar pada Koreografinya

  • Tari tunggal (Solo), Tari tunggal yaitu tari yang diperagakan oleh seorang penari, baik laki-laki ataupun wanita. Misalnya tari Golek (Jawa Tengah)
  • Tari berpasangan (duet/pas de duex), Tari berpasangan yaitu tari yang diperagakan oleh dua orang dengan cara berpasangan. Misalnya tari Topeng (Jawa Barat)
  • Tari kelompok (Group choreography), Tari kelompok yakni tari yang diperagakan lebih dari dua orang.
  • Tari kolosal yaitu tari yang dikerjakan secara massal lebih dari banyak kelompok serta umumnya dikerjakan oleh tiap-tiap suku bangsa di semua daerah Nusantara.

Daftar Tarian di Indonesia

Image result for seni tari

  • Bedaya Ketawang;
  • Galombang;
  • Gitek;
  • Legong;
  • Pajoge dari Sulawesi Selatan;
  • Serampang dua belas;
  • Tari Topeng dari Jawa Barat;
  • Tari Golek dari Jawa Tengah ;
  • Tari Andun dari Bengkulu Selatan ;

Definisi tari menurut Ahli

a. menurut curt sachs
adalah gerak yang ritmis dalam buku World History of the dance

loading...

b. Menurut Corrie Hartong
dalam buku Danskunst tari adalah gerak yang diberi bentuk dari badan didalam ruang

c. Menurut La meri
tari adalah subyektif yang diberi bentuk objektifMenurut soedarsono tari adalah ekspresi jiwa manusia yang diungkapkan dengan gerak gerak ritmis yang indah

d. Menurut B .P .A. Soerjodiningrat
Tari adalah gerak-gerak ari seluruh anggota tubuh/badan yang selaras dengan bunyi musik (gamelan), diatur oleh irama yang sesuai dengan maksud dan tujuan di dalam tari. Dalam Babad Lan mekaring Djoget Djawi.

e. menurut soedarsono
Tari adalah bentuk subyektif yang diberi bentuk objektif

Dari definsi tari yang diupayaan oleh para ahli dapat menarik kesimpuan yaitu:

Bahan baku tari adalah gerak yang ritmis. Namun, gerak yang ritmis itu harus lahir dari jiwa manusia karena tari sebagai ekspresi yang diungkapkan manusia untuk dinikmati dengan rasa. Rumusan dar beberaa definsi para ahli, yaitu: tari adalah bentu gerak yang indah dan lahir dari tubuh yang bergerak, berirama dean berjiwa sesuai dengan masud dan tujuan tari. Dari rumusan tersebut, ditemukan beberapa aspek pengertian tari yaitu: bentuk gerak tubuh, irama, jiwa, maksut dan tujuan tari.

Aspek-Aspek tari

1. Bentuk

Suatu tari akan menemuan bentuk seninya apabila penggalaman batin pencipa (penata tari) ataupun penarinya bisa menyatu dengan penggalaman lahirnya (ungkapannya), yakni tari yang dihidangkan bisa menggetarkan perasaan atau emosi penontonnya. Dengan kata lain, pemirsa terasa berkesan sesudah nikmati pertunjukan tari.

2. Gerak

Yaitu tenaga atau daya yang meliputi ruang serta waktu
Gerak dibedakan menjadi 2 yakni gerak murni serta maknawi

  • Gerak murni (pure movement) atau dimaksud gerak wantch yaitu gerak yang disusun dengan maksud memperoleh bentuk artistic (keindahan) serta tak memiliki maksut-maksut tertentu.
  • Gerak maknawi (gesture) atau gerak tak wantah yaitu gerak yang memiliki kandungan makna atau maksut tertentu serta sudah distilasi (dari wantah jadi wantah), umpamanya gerak ulap-ulap dari tari jawa adalah stilasi dari orang yang tengah geram dsb.

Berdasar pada bentuknya tari dibedakan jadi dua, yakni representasional serta non representasional :

  • Tari representasional yaitu tari yang melukiskan seorang petani, tari nelayan menggambarkan seseorang nelayan.
  • Tari non reprentasional, yakni tari yag menggambarkan suatu hal dengan cara simbolis, umumnya lewat gerak-gerak maknawi. Misalnya yaitu tari golek, tari klana topeng, tari bedaya, tari serimpi, tari monggawa, dsb.

3. Tubuh

Yaitu alat wahana instrumen dalam tari.  kondisi tubuh begitu penting untuk seorang penari. Sebab, untuk seorang penari tubuh adalah media komunikasi kepada para penontonnya saat tengah membawakan perannya. Oleh karenanya untuk seorang penari bentuk tubuh yang khas kerap mendatangkan teknik-teknik gerak yang khas juga. Postur tubuh yang tinggi-besar akan memiliki tenik gerak yang tidak sama dengan postur tubuh yang kecil saat melakukan suatu tarian yang sama.

4. Irama

Yaitu Iringan dalam tarian yang dapat membuat penampilan penari itu jadi semakin bagus.
tiga kepekaan irama yang perlu dikuasai oleh seorang penari.

  • Kepekaan terhadap irama iringan (lagu atau gending), dalam hal ini seorang penari mesti peka pada irama yang ditarikan.
  • Kepekaan pada irama gerak yakni menggerakan anggota tubu dengan tempo yang sudah ditetapkan. Jadi, dalam soal ini seorang penari harus peka pada gerakan anggota tubuh (menari) pada tempo irama yang tengah berbunyi.
  • Kepekaan pada irama jarak, maksutnya yaitu penggambilan jarak antar anggota tubuh yang digerakan sesuai dengan tata atuaran yang ditetapkan disuatu tarian tertentu. Serta ditetapkan oleh irama atau tempo dalam tarian.

5. Jiwa

Jiwa yaitu arti abstrak. Sedang tubuh dalam makna pisik yaitu kongkret. Jiwa merupakan satu kesatuan yang unik dari kesan-kesan, intuinsi-intuinsi serta kepercayaan yang menafsir semua penggalaman. Kemampuan jiwa bisa disebutkan sebagai tingkat kemampuan beberapa proses stimulatif yang mengikuti persepsi (tanggapan) maupum motivasi (pendorongnya), lantaran penggalaman-penggalaman yang belum dipahami secara baik akan tidak membantu untuik menimbulkan sebuah ungkapan. Dengan kata lain yaitu apa yang belum berkesan tidak bisa tersingkapkan.

SHARE

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan