12 Pengertian Sistem Informasi, Fungsi, Komponen, & Ciri-Ciri

pengertian sistem informasi menurut ahli beserta fungsi dan ciri-cirinya.Sistem Informasi (SI) yaitu gabungan dari teknologi informasi serta kegiatan orang yang menggunakan teknologi untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam makna yang sangat luas, istilah sistem informasi kerap dipakai untuk mengacu pada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, serta teknologi.

Istilah ini dipakai untuk mengacu bukan sekedar untuk penggunaan organisasi teknologi informasi serta komunikasi (TIK), namun juga untuk cara dimana orang berinteraksi dengan teknologi dalam mendukung proses bisnis.

Konsep Dasar Sistem

Sistem pada dasarnya adalah sekelompok unsur yang erat hubungannya satu dengan yang lain, yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu. Secara sederhana sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur, komponen, atau variabel-variabel yang terorganisasi, saling berinteraksi, saling tergantung satu sama lain dan terpadu. Sistem bisa berupa abstraksi atau fisis (Gordon B. Davis, 2002).

Sistem yang abstrak adalah susunan yang teratur dari gagasan-gagasan atau konsepsi yang saling tergantung. Sedangkan sistem yang bersifat fisis adalah serangkaian unsur yang bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan (Tata Sutabri, 2004).

Dari pengertian di atas bisa diketahui kegunaan sistem yakni untuk menyatukan atau mengintegrasikan semua unsur yang ada pada suatu ruang lingkup, di mana komponen-komponen itu tidak bisa berdiri sendiri. Komponen atau sub sistem harus sama-sama berintegrasi serta sama-sama terkait untuk membentuk satu kesatuan hingga arah serta tujuan dari sistem itu bisa terwujud. Pendekatan sistem yang merupakan kumpulan dari komponen atau elemen-elemen adalah pengertian yang lebih luas dibanding dengan pendekatan sistem yang prosedural.

Definisi lain dari sistem adalah kumpulan dari bagian-bagian yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama atau sekumpulan objek-objek yang saling berelasi dan berinteraksi (Hanif Al Fata, 2007).

Konsep Dasar Serta Pengertian Data dan Informasi

pengertian sistem informasi

Data dalah kumpulan fakta yang tidak teroganisir. Pengolahan data akan mengubah data mentah menjadi informasi (Nurwono, 1994). Informasi adalah hasil pengolahan data yang diperoleh dari setiap elemen sistem menjadi bentuk yang mudah dipahami oleh penerimanya dan informasi ini menggambarkan kejadian-kejadian nyata untuk menambah pemahamannya terhadap fakta-fakta yang ada, sehingga dapat digunakan untuk pengambilan suatu keputusan. Sumber informasi adalah data. Data adalah kenyataan yang menggambarkan kejadian-kejadian dan kesatuan yang nyata (Tata Sutabri, 2004).

Kualitas dari suatu informasi tergantung dari 3 (tiga) hal yaitu :

  1.      Akurat (accurate)

Informasi harus bebas dari kesalahan dan tidak boleh menyesatkan. Akurat juga berarti bahwa informasi harus jelas mencerminkan maksudnya.

loading...
  1.      Tepat waktu (timelines)

Informasi yang sampai pada penerima tidak boleh tertunda. Informasi yang sudah usang nilainya akan berkurang. Karena informasi merupakan landasan didalam pengambilan suatu keputusan.

  1.      Relevan (relevance)

Informasi tersebut mempunyai manfaat untuk penggunanya. Relevansi informasi untuk setiap orang, satu dan lainnya pasti berbeda.

Transformasi Data Menjadi Informasi

Data hanyalah serangkaian fakta. Tetapi sebagian fakta itu dapat memberi satu informasi penting sesudah diolah oleh beberapa proses pengolahan, analisis, dan sintesis. Pada sistem terkomputerisasi proses penyimpanan data, proses pengolahan, analisis, serta sintesis dan proses penampilan informasi dapat dikerjakan oleh komputer.

Contoh data yaitu : kumpulan data produk kerajinan, nota-nota transaksi perusahaan, dsb. Data itu akan di proses menjadi sebuah informasi. Contoh Informasi yaitu : Nilai rata-rata mahasiswa untuk matakuliah tertentu (didapat dari penjumlahan seluruh data nilai suatu matakuliah dibagi dengan jumlah mahasiswa). Contoh yang lain yaitu : laporan pendapatan perusahaan (didapat dari analisa nota-nota transaksi perusahaan).

Pengertian Sistem Informasi

Sebagian membuat perbedaan yang jelas pada sistem informasi, serta sistem ICT komputer, serta proses bisnis. Sistem informasi yang tidak sama dari teknologi informasi dalam sistem informasi umumnya tampak seperti mempunyai komponen TIK. Hal semacam ini terlebih berkaitan dengan maksud pemakaian teknologi informasi. Sistem informasi juga tidak sama dengan proses bisnis. Sistem informasi membantu untuk mengontrol kemampuan proses bisnis.

Dengan hal tersebut, sama-sama berkaitan sistem informasi dengan sistem data pada satu segi serta pada kegiatan sistem lainnya. Sistem informasi yaitu suatu bentuk sistem komunikasi dimana data direpresentasikan serta diolah sebagai bentuk memori sosial. Sistem informasi dapat juga dianggap sebagai bahasa semi resmi yang mendukung orang dalam pengambilan keputusan serta tindakan.

Sistem informasi adalah fokus paling utama dari studi untuk disiplin sistem info serta organisasi informatika.

Sistem ini diadakan info dari manusia, piranti lunak, piranti keras, jaringan komunikasi serta sumber data untuk mengumpulkan, merubah, serta mendistribusikan informasi dalam suatu organisasi.

Sistem informasi yaitu suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan keperluan pemrosesan transaksi harian, mensupport operasi, aktivitas manajerial serta strategis dari suatu organisasi serta sediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang dibutuhkan.

Pengertian Sistem Informasi menurut para ahli

  1. Menurut Mc Leod

Sistem informasi adalah suatu sistem yang memiliki kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber dan menggunakan berbagai media untuk menampilkan informasi

  1. Menurut Tata Sutabri, Kom., MM

Sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi manajerial organisasi dalam kegiatan strategis dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan – laporan yang diperlukan.

  1. Menurut Erwan Arbie

Sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, bantuan dan dukungan operasi, bersifat manajerial dari suatu organisasi dan membantu memfasilitasi penyediaan laporan yang diperlukan.

  1. Menurut Tafri D. Muhyuzir

Sistem informasi adalah data yang dikumpulkan, diklasifikasikan dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah informasi entitas terkait tunggal dan mendukung satu sama lain sehingga menjadi informasi berharga bagi mereka yang menerimanya.

  1. Menurut O’Brien

Sistem informasi adalah kombinasi dari setiap unit dikelola orang (orang), hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), jaringan komputer dan jaringan komunikasi data (komunikasi), dan database (basis data) yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi tentang yang bentuk organisasi.

  1. Menurut Leitch Rosses

Sistem informasi express adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengelolah transaksi harian, mendukung kegiatan operasi, manajerial dan strategis dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

  1. Menurut Lani Sidharta

Sistem informasi adalah suatu sistem buatan manusia yang berisi serangkaian terpadu komponen – komponen dan manual bagian – komponen terkomputerisasi yang bertujuan untuk mengumpulkan data, mengolah data, dan menghasilkan informasi bagi pengguna.

  1. Menurut Robert A. Leitch dan K. Roscoe Davis

Sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, kegiatan manajerial dan strategis dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

  1. Menurut Gordon B. Davis (1991: 91)

Sistem informasi adalah suatu sistem yang menerima input data dan instruksi, mengolah data sesuai dengan instruksi dan mengeluarkan hasilnya.

  1. Menurut John F. Nash (1995: 8)

Sistem informasi adalah Sistem Informasi adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang ditujukan untuk mengatur jaringan komunikasi yang penting, proses transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar untuk pengambilan keputusan yang tepat.

  1. Menurut Kertahadi (2007)

Sistem informasi adalah alat untuk menyajikan informasi sedemikian rupa sehingga bermanfaat bagi penerimanya. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi dalam perencanaan, memulai, pengorganisasian, operasional sebuah perusahaan yang melayani sinergi organisasi dalam proses mengendalikan pengambilan keputusan.

  1. Menurut Rommey (1997: 16)

Sistem informasi yang diselenggarakan cara untuk mengumpulakn, memasukkan, mengolah, dan menyimpan data dan terorganisir cara untuk menyimpan, mengelola, mengendalikan dan melaporkan informasi dengan cara yang suatu organisasi dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Fungsi Sistem Informasi

Image result for sistem informasi

  • Untuk meningkatkan aksesiblitas data yang ada secara efisien serta efektif pada pemakai, tanpa ada prantara sistem informasi.
  • Melakukan perbaikan produktivitas aplikasi pengembangan serta pemeliharaan sistem
  • Menanggung tersedianya kualitas serta keterampilan dalam menggunakan sistem informasi secara kritis.
  • Mengidentifikasi kebutuhan tentang keterampilan pendukung sistem informasi
  • Mengantisipasi serta mengerti akan konsekwensi ekonomi
  • Memutuskan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi
  • Meningkatkan proses perencanaan yang efisien

Komponen Sistem Informasi

komponen-komponen dari sistem informasi yaitu seperti berikut:

  1. Komponen input yaitu data yang masuk kedalam sistem informasi
  2. Komponen model yaitu kombinasi prosedur, logika serta model matematika yang mengolah data yang tersimpan di basis data dengan cara yang telah di tetapkan untuk membuahkan keluaran yang dikehendaki.
  3. Komponen output yaitu hasil informasi yang berkualitas serta dokumentasi yang bermanfaat untuk seluruh tingkatan manajemen dan semua pengguna sistem.
  4. Komponen teknologi yaitu alat dalam sistem informasi, teknologi dipakai dalam menerima input, menggerakkan model, menyimpan serta mengakses data, membuahkan serta mengirimkan output serta memonitor pengendalian sistem.
  5. Komponen basis data yaitu himpunan data yang sama-sama terkait yang tersimpan di dalam komputer dengan memakai software database.
  6. Komponen kontrol yaitu komponen yang mengatur masalah pada sistem informasi.

Ciri-Ciri Sistem Informasi

  1. Baru, yaitu informasi yang didapat benar-benar baru serta fresh untuk penerima
  2. Tambahan, yaitu informasi bisa diperbarui atau memberi penambahan pada informasi yang terlebih dulu telah ada.
  3. Kolektif, yaitu informasi yang bisa menjadi suatu koreksi dari informasi yang salah sebelumnya.
  4. Penegas, yaitu informasi yang bisa menegaskan informasi yang sudah ada

 

 

1

No Responses

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan