Pengolahan Limbah Menjadi Biogas | Belajar Biologi

Pengolahan Limbah Menjadi Biogas | Belajar Biologi

Salah satu pemanfaatan limbah peternakan adalah dengan memanfaatkannya untuk menghasilkan bahan bakar dengan menggunakan teknologi biogas.

Pengolahan Limbah Menjadi Biogas | Belajar Biologi

Teknologi biogas memberikan peluang bagi masyarakat pedesaan yang memiliki usaha peternakan, baik individual maupun kelompok untuk memenuhi kebutuhan energi sehari-hari secara mandiri. Berikut ini adalah Pengolahan Limbah Menjadi Biogas

Pengolahan Limbah Menjadi Biogas | Belajar Biologi

Sumber-sumber energi biomassa berasal dari bahan organik. Apabila biomassa tersebut dimanfaatkan untuk menghasilkan energi, energi tersebut dengan bioenergi. Nilai kalori dari 1 meter kubik biogas sekitar 6000 watt/jam yang setara dengan setengah liter minyak disel.

Pengolahan Limbah Menjadi Biogas | Belajar Biologi

Oleh karena itu, biogas sangat cocok digunakan sebagai bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan pengganti minyak tanah, LPG, batu bara, dan bahan-bahan lain yang berasal dari fosil. Salah satu bentuk bioenergi adalah biogas.

Pengolahan Limbah Menjadi Biogas | Belajar Biologi

Teknologi biogas bukanlah teknologi baru. Teknologi ini telah banyak dimanfaatkan oleh petani dan peternak di berbagai negara, diantaranya India, Cina, bahkan Denmark.

Pengolahan Limbah Menjadi Biogas | Belajar Biologi

Teknologi biogas sederhana yang dikembangkan di Indonesia berfokus pada aplikasi skala kecil/menengah yang dapat dimanfaatkan masyarakat pertanian yang memiliki ternak sapi 2-20 ekor.

Pengolahan Limbah Menjadi Biogas | Belajar Biologi

Penerapan teknologi biogas pada daerha yang memiliki peternakan dapat memberikan keuntungan ekonomis apabila dilakukan perancangan yang tepat dari segi teknis dan operasionalnya. Perancangan teknis meliputi desain biodegester, desain penyaluran gas, dan desain tangki penampung.

Pengolahan Limbah Menjadi Biogas | Belajar Biologi

Perancangan operasional meliputi kemampuan operator untuk memastikan perawatan fasilitas biogas berjalan rutin dan terpenuhinya suplai bahan baku biogas setiap harinya.

Pengolahan Limbah Menjadi Biogas | Belajar Biologi

Potensi biogas di Indonesia cukup melimpah, mengingat peternakan merupakan salah satu kegiatan ekonomi dalam kehidupan masyarakat pertanian. Hampir semua petani memiliki ternak, antara lain sapi, kambing, dan ayam.

Pengolahan Limbah Menjadi Biogas | Belajar Biologi

Bahkan ada yang secara khusus mengembangkan sektor peternakan. Di antara jenis ternak tersebut, sapi merupakan penghasil kotoran yang paling besar.

Biogas merupakan pencampuran gas metana, karbon dioksida, dan gas lainnya yang di dapat dari hasil penguraian material organik, seperti kotoran hewan, kotoran manusia, dan tumbuhan oleh bakteri pengurai metanogen pada sebuah biodegester.

Proses penguraian material organik terjadi secara anaerob (tanpa oksigen). Biogas terbentuk pada hari ke empatsampai ke lima sesudah biodegester terisi penuh, dalam mencapai puncak pada hari ke 20 sampai ke 25.

Biogas yang dihasilkan oleh biodegester sebagian besar terdiri dari sebagai berikut.

Gas metana : 50-70%
Gas karbon dioksida :30-49%
Hidrogen :5-10%
Gas-gas lainnya.

Biogas memiliki karakteristik sebagai berikut.

Memiliki berat 20% lebih ringan dari udara.
Memiliki suhu pembakaran antara 650-750 derajat celcius.
Tidak berbau dan tidak berwarna.
Menghasilkan nyala api berwarna biru cerah.

Ada kelompok bakteri yang berperan dalam proses pembentukan biogas yaitu sebagai berikut.

Kelompok bakteri fermentatif, contohnya Dtreptococcus, Bacteroides, dan beberapa jenis Enterobactericeae.
Kelompok bakteri asetogenik, contohnya Desulfovibro.
Kelompok bakteri metanogen, contohnya Methanobacteria, Methanobacillius, Methanosacaria, dan Methanococcus.
Bakteri metanogen secara alami dapat diperoleh dari berbagai sumber, seperti air bersih, endapan dasar laut, kotoran sapi, kotoran kambing, lumpur (sludge), kotoran anaerob, ataupun TPA (tempat pembuangan akhir).

Proses pemanfaatan limbah organik menjadi biogas dari kotoran ternak adalah sebagai berikut.

Kotoran ternak dalam keadaan segar dicampur air dengan perbandingan 1:1.
Memasukkan campuran bahan ke dalam digester.
Gas sudah terbentuk akan mengalir pada kompos setelah beberapa hari.

1. Prinsip Kerja Biodegester

Dalam pembangunan biodegester, ada hal-hal yang harus dipertimbangkan yaitu sebagai berikut.

a. Lingkungan Abiotis

Biodegester harus tetap dijaga dalam keadaan abiotis (tanpa kontak langsung dengan oksigen). Udara yang memasuki biodegester menyebabkan penuruna produksi metana karena bakteri berkembang pada kondisi yang tidak sepenuhnya anaerob.

b. Temperatur

Secara umum, ada tiga rentang temperatur yang disenangi oleh bakteri yaitu sebagai berikut.

Psicrophilic (suhu 4-20 derajat celcius) biasanya untuk negara-negara subtropis atau beriklim dingin.
Mesophilic (suhu 20-40 derajat celcius).
Thermophilic (40-60 derajat celcius) hanya untuk mendigesti material, bukan untuk menghasilkan biogas.
Untuk negara tropis seperti Indonesia, digunakan unheated digester (digester tanpa pemanasan) untuk kondisi temperatur tanah 20-30 derajat celcius.

c. Derajat Keasaman (pH)

Bakteri berkembang baik pada keadaan yang agak asam (pH antara 6,6-7,0) dan pH tidak boleh di bawah 6,2. Oleh karena itu, kunci utama dalam kesuksesan operasional biodegester adalah dengan menjaga agar temperatur konstan (tetap) dan input material sesuai.

d. Rasio C/N Bahan Isian

Syarat ideal untuk proses digesti adalah C/N= 25-30. Oleh karena itu untuk mendapatkan produksi biogas yang tinggi, penambahan bahan yang mengandung karbon seperti jerami atau N (misalnya: urea) perlu dilakukan untuk mencapai rasio C/N= 25-30.

e. Kebutuhan Nutrisi

Bakteri fermentasi membutuhkkan beberapa bahan gizi tertentu dan sedikit logam. Kekurangan salah satu nutrisi atau bahan llogam yang dibutuhkan dapat memperkecil proses produksi metana. Nutrisi yang diperlukan antara lain amonia sebagai sumber nitrogen, nikel, tembaga, dan besi dalam jumlah yang sedikit. Selain itu, fosfor dalam bentuk fosfat, magnesium, dan seng dalam jumlah yang sedikit juga diperlukan.

f. Kadar Bahan Kering

Tiap jenis bakteri memiliki nilai ai???kapasitas kebutuhan airai??? tersendiri. Bila kapasitasnya tepat, aktivitas bakteri juga akan optimal. Proses pembentukan biogas mencapai titik optimum apabila konsentrasi bahan kering terdapat air adalah 0,26 kg/L.

g. Pengadukan

Pengadukan dilakukan untuk mendapatkan campuran substrat yang homogen dengan ukuran partikel kecil. Pengadukan selama proses dekomposisi untuk mencegah terjadinya benda-benda mengapung pada permukaan cairan dan berfungsi mencampur metana dengan substrat. Pengadukan juga memberikan kondisi temperatur yang seragam dalam biodegester.

h. Zat Racun (Toxic)

Beberapa zat racun yang dapat mengganggu kinerja biodegester yaitu air sabun, deterjen, dan kreolin.

i. Pengaruh Starter
Starter yang mengandung bakteri metanogen diperlukan untuk mempercepat proses fermentasi anaerob. Beberapa jenis starter yaitu sebagai berikut.

Starter alami, yaitu lumpur aktif seperti lumpur kolam ikan, air comberan atau cairan septic tank, sludge, timbunan kotoran, dan timbunan sampah organik.
Starter semibuatan, yaitu dari fasilitas biodigester dalam stadium aktif.
Starter buatan, yaitu bakteri yang dikembangbiakkan di laboratorium dengan media buatan.

 

Google

 

Pengolahan Limbah Menjadi Biogas | Belajar Biologi

 

SemuaBeritaGambarVideoMapsLainnya
SetelanAlat
Sekitar 143000 hasil (0,62 detik)
Hasil Telusur
Pengolahan Limbah Menjadi Biogas | Belajar Biologi
wwwbelajarbiologixyz ai??? biologi ai??? pendidikan
Berikut ini adalah Pengolahan Limbah Menjadi Biogas Sumber-sumber energi biomassa berasal dari bahan organik Apabila biomassa tersebut dimanfaatkan
Pengolahan Konversi Limbah Organik Menjadi Biogas Pengertian
https://ardrabiz/sain-teknologi/bio/konversi-limbah-organik-menjadi-biogas/
Pengolahan Limbah Organik Menjadi Biogas Membuat atau biogas Proses penguraian bahan organic oleh bakteri ini disebut proses fermentasi biologi
Pengolahan Limbah Tahu Menjadi Biogas – Majalah Energi
majalahenergicom/forum/energi-baru-dan/pengolahan-limbah-tahu-menjadi-biogas
21 Sep 2010 – 1 pesan – ai??Z1 pembuat
Dengan mengkonversi limbah cair pabrik tahu menjadi biogas, pemilik berbagai metode pengolahan biologi dengan segala modifikasinya
belajar ternak: PENGOLAHAN LIMBAH TERNAK MENJADI BIOGAS
belajar-beternakblogspotcom/2012//pengolahan-limbah-ternak-menjadi-biogasht
26 Jun 2012 – Pengolahan limbah peternakan menjadi biogas ini diharapkan Air berperan sangat penting di dalam proses biologis pembuatan gasbio
Biogas Dari Sampah Organik: Sumber Energi Masa Depan yang Tak
https://wwwkompasianacom//biogas-dari-sampah-organik-sumber-energi-masa-de
2 Okt 2013 – Teknologi sederhana untuk mengolah sampah organik menjadi di titik pengolahan dan diolah menjadi biogas sebagai sumber energi bagi
Cara Membuat Biogas dari Limbah Tahu | Web Ilmu dan Pendidikan
https://ilmupendidikanbyrestuwordpresscom//cara-membuat-biogas-dari-limbah-ta
PEMBUATAN BIOGAS DARI LIMBAH TAHU ABSTRAK Berbagai kasus limbah organik baik cair maupun organik secara biologis menjadi biogas dan produk
Mudah dan Aktif Belajar Biologi – Halaman 180 – Hasil Google Books
https://booksgooglecoid/books?isbn=9791192073
Sekilas Biologi Edward Jenner merupakan seorang doktor Albiographiescom Kata Kunci Limbah Industri Lumpur aktif Bioremovai Biogas Methanogen Bakteri Teknik pengolahan limbah, dalam hal ini limbah cair dibagi menjadi tiga
Biogas – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
https://idwikipediaorg/wiki/Biogas
Pemanfaatan biogas memegang peranan penting dalam manajemen limbah karena dari sistem pengolahan biologi mekanis pada tempat pengolahan limbah Karena kondisinya menjadi anaerobik, bahan organik tersebut terurai dan
Biologi: Makalah Biogas
ekologimanusiablogspotcom/2011/12/makalah-biogashtml
27 Des 2011 – Pemanfaatan biogas memegang peranan penting dalam manajemen limbah karena metana merupakan gas rumah kaca yang lebih
Cerdas Belajar Biologi – Halaman 305 – Hasil Google Books
https://booksgooglecoid/books?isbn=9797584429
Penanganan Limbah dan Pencemaran Banyak jenis limbah yang ada disekitar kita, seperti Pengolahan limbah dapat dilakukan dalam penampungan limbah Setelah kita mengetahui bahwa limbah dapat menjadi polutan atau bahan
Penelusuran yang terkait dengan Pengolahan Limbah Menjadi Biogas | Belajar Biologi
cara membuat biogas dari sampah rumah tangga
prinsip pengolahan sampah menjadi biogas
cara membuat biogas dari sampah dapur
limbah yang cocok untuk sistem biogas sederhana adalah
pengolahan limbah dengan sistem aerobik
pemanfaatan energi alternatif sebagai sumber tenaga
sebutkan 3 pemanfaatan energi alternatif sebagai sumber tenaga
cara membuat bio gas dari kotoran kambing

Berikutnya
Indonesia Kedaung, Kota Tangerang Selatan, Banten – Dari alamat internet Anda – Gunakan lokasi yang akurat – Pelajari lebih lanjut
Bantuan Kirim masukan Privasi Persyaratan

Google

 

cara membuat biogas dari sampah rumah tangga

 

SemuaBeritaGambarVideoMapsLainnya
SetelanAlat
Sekitar 76900 hasil (0,56 detik)
Hasil Telusur
: Cara Membuat Biogas Dari Sampah Rumah Tangga
kegiatanharilingkunganhidupblogspotcom//cara-membuat-biogas-dari-sampah-ru
2 Okt 2016 – Pembuatan biogas dari sampah rumah tangga ini, memang perlu digalakan Kenapa? Saat ini sampah rumah tangga menjadi salah satu
Cara Membuat Biogas Dari Sampah Organik
https://bacateruscom ai??? Serba Serbi
Cara membuat biogas dari sampah organik tidaklah susah karena Anda hanya digunakan untuk kebutuhan rumah tangga sebagai pengganti bahan bakar
CARA MEMBUAT BIOGAS DARI SAMPAH RUMAH TANGGA
bagusniha51blogspotcoid/2016/11/cara-membuat-biogas-dari-sampah-rumahhtml
17 Nov 2016 – Kita bisa membuat biogas dari sampah rumah tangga skala kecil, sebagai alternartif bahan bakar Apa yang dituliskan dalam halaman ini,
Cara Membuat Biogas Dari Sampah
wwwcaramembuatbiogascom/2015/04/cara-membuat-biogasdari-sampahhtml
Kita bisa membuat biogas dari sampah yang pastinya bisa kita gunakan untuk Sampah yang dihasilkan dari rumah tangga ini termasuk dalam kategori
BIOGAS DIGESTER SAMPAH RUMAH TANGGA – YouTube
Video untuk cara membuat biogas dari sampah rumah tangga▶ 2:30
https://wwwyoutubecom/watch?v=FRnM9WHUX-8
2 Agt 2015 – Diupload oleh Robithoh Islami
Pengolahan sampah skala rumah tangga menjadi biogas dengan menggunakan biodigester model
cara membuat biogas sampah organik – YouTube
Video untuk cara membuat biogas dari sampah rumah tangga▶ 2:50
https://wwwyoutubecom/watch?v=PIx0xiCjheM
15 Mei 2016 – Diupload oleh Muhamad Arifin
AYO OLAH SAMPAH ORGANIK !!! – Duration: 4:35 Kevin Alfa Yonathan 3,486 views Ai?? 4:35 BIOGAS
Sampah Organik Bisa Dipakai untuk Memasak – CNN Indonesia
https://wwwcnnindonesiacom/199/sampah-organik-bisa-dipakai-untuk-memasak
15 Des 2014 – Jakarta, CNN Indonesia — Sampah organik dari rumah tangga Teknologi (BPPT) membuat alat yang dapat mengubah sampah rumah tangga Alat sederhana bernama BioGas ini dapat mengubah sampah makanan dari rumah tangga Cara kerja alat ini, muatan sampah organik dimasukan ke dalam
“LingkunganKu”: Membuat reaktor BIOGAS skala rumah tangga
azizaenvironmentalistblogspotcom/2010//membuat-reaktor-biogas-skala-rumahht
20 Des 2010 – Membuat reaktor BIOGAS skala rumah tangga ataupun sampah, direndam di dalam air dan disimpan di tempat tertutup atau Berikut adalah cara membuat reaktor biogas MEMBUAT PEMBANGKIT ATAU STARTER
Cara Membuat Instalasi BIOGAS Sederhana Skala Rumah Tangga
petanitopblogspotcom ai??? ai??? Peternakan ai??? Teknologi Biogas ai??? Teknologi Peternakan
10 Mei 2016 – Biogas adalah gas yang dihasilkan dari proses penguraian bahan-bahan organik oleh mikroorganisme pada kondisi langka oksigen
Biogas dari Sampah Rumah Tangga, – Ilmu Pasti – Bina Syifa
https://wwwbinasyifacom/279/91/26/biogas-dari-sampah-rumah-tanggahtm
Limbah ini terdiri dari kotoran manusia, hewan atau limbah rumah tangga Saat ini limbah organik ini banyak digunakan buat membuat biogas Bagaimana cara
Penelusuran yang terkait dengan cara membuat biogas dari sampah rumah tangga
cara membuat biogas dari sampah dapur
cara membuat biogas dari sampah plastik
cara membuat bio gas dari kotoran kambing
cara membuat biogas sederhana
membuat biogas dengan drum
cara membuat biogas dari daun kering
cara membuat biogas mini
cara membuat biogas dari kotoran manusia

Berikutnya
Indonesia Kedaung, Kota Tangerang Selatan, Banten – Dari alamat internet Anda – Gunakan lokasi yang akurat – Pelajari lebih lanjut
Bantuan Kirim masukan Privasi Persyaratan

Google

 

cara membuat biogas dari sampah dapur

 

SemuaGambarBeritaVideoMapsLainnya
SetelanAlat
Sekitar 35400 hasil (0,44 detik)
Hasil Telusur
Harjulian Telaten Olah Sampah Dapur Jadi Biogas – DurenSawitcom
durensawitcom/harjulian-telaten-olah-sampah-dapur-jadi-biogas-dan-pupuk-di-pond
9 Des 2014 – Harjulian Telaten Olah Sampah Dapur Jadi Biogas dan Pupuk di Pondok Kopi tergerak mencari cara untuk mengurangi sekaligus memanfaatkan sampah Harjulian lantas berburu ilmu membuat biogas dari kompos dan
Harjulian Telaten Olah Sampah Dapur Jadi Biogas dan – detikNews
https://newsdetikcom//harjulian-telaten-olah-sampah-dapur-jadi-biogas-dan-pupuk
9 Des 2014 – Harjulian Telaten Olah Sampah Dapur Jadi Biogas dan Pupuk di Pondok Kopi tergerak mencari cara untuk mengurangi sekaligus memanfaatkan sampah Harjulian lantas berburu ilmu membuat biogas dari kompos dan
: Cara Membuat Biogas Dari Sampah Rumah Tangga
kegiatanharilingkunganhidupblogspotcom//cara-membuat-biogas-dari-sampah-ru
2 Okt 2016 – Pembuatan biogas dari sampah rumah tangga ini, memang perlu digalakan Kenapa? Saat ini sampah rumah tangga menjadi salah satu
Cara Membuat Biogas Dari Sampah Organik
https://bacateruscom ai??? Serba Serbi
Cara membuat biogas dari sampah organik tidaklah susah karena Anda hanya tinggal mengikuti beberapa langkahnya berikut ini
Gambar untuk cara membuat biogas dari sampah dapur
Hasil gambar untuk cara membuat biogas dari sampah dapur
Hasil gambar untuk cara membuat biogas dari sampah dapur
Hasil gambar untuk cara membuat biogas dari sampah dapur
Hasil gambar untuk cara membuat biogas dari sampah dapur
Hasil gambar untuk cara membuat biogas dari sampah dapur
Gambar lainnya untuk cara membuat biogas dari sampah dapur
Laporkan gambar
UJI COBA BIO GAS SAMPAH DAPUR – YouTube
Video untuk cara membuat biogas dari sampah dapur▶ 1:41
https://wwwyoutubecom/watch?v=VRAN7Lx-Ivk
30 Mar 2014 – Diupload oleh MUHAMAD EKO BASUKI MEKOBAS
Pemuda Panca Marga dan LSM Panglaot Yudha Putra Cirebon Uji Coba Kompor berbahan Bio Gas
cara membuat biogas sampah organik – YouTube
Video untuk cara membuat biogas dari sampah dapur▶ 2:50
https://wwwyoutubecom/watch?v=PIx0xiCjheM
15 Mei 2016 – Diupload oleh Muhamad Arifin
tips bahan organik jadi bio gas cara membuat biogas sampah organik Muhamad Arifin Loading
Sampah dapur jadi Biogas – YouTube
Video untuk cara membuat biogas dari sampah dapur▶ 4:40
https://wwwyoutubecom/watch?v=g6FNI9-CSJY
3 Jan 2017 – Diupload oleh Elis Solihat
Penggunaan biodigester dalam mengolah sampah organik/dapur jadi biogas#wwwhijaulestariorg
CARA MEMBUAT BIOGAS DARI SAMPAH RUMAH TANGGA
bagusniha51blogspotcoid/2016/11/cara-membuat-biogas-dari-sampah-rumahhtml
17 Nov 2016 – Kita bisa membuat biogas dari sampah rumah tangga skala kecil, sebagai alternartif bahan bakar Apa yang dituliskan dalam halaman ini,
Bereksperimen Sederhana Membuat Biogas | Energi Alternatif
https://energinonfosilwordpresscom//bereksperimen-sederhana-membuat-biogas/
25 Feb 2011 – Saudara sekalian, biogas adalah gas yang diperoleh dari sampah sederhana mungkin bagaimana cara membuat biogas dengan alat dan bahan disekeliling kita Eceng gondong atau sisa sayuran mentah dari dapur
Penelusuran yang terkait dengan cara membuat biogas dari sampah dapur
cara membuat biogas dari sampah sayuran
cara membuat biogas dari sampah plastik
cara membuat gas metana dari sampah
cara membuat bio gas dari kotoran kambing
cara menghasilkan biogas dari limbah organik
cara membuat biogas sederhana
cara membuat biogas mini
membuat biogas dengan drum

Berikutnya
Indonesia Kedaung, Kota Tangerang Selatan, Banten – Dari alamat internet Anda – Gunakan lokasi yang akurat – Pelajari lebih lanjut
Bantuan Kirim masukan Privasi Persyaratan

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.