Penuh Pesona! 7 Masjid Terindah dan Terbesar di Dunia, Nomor 3 dari Indonesia

Posted on

Lahiya – Merupakan tempat bagi umat muslim menjalankan ibadah, keberadaan masjid senantiasa dianggap suci dan dihormati. Tak terhitung banyaknya masjid yang berdiri di seluruh muka bumi ini. Namun masjid dengan arsitektur dan nilai sejarah terbaik hanyalah beberapa.

Masjid-masjid yang dibangun dengan mengindahkan sentuhan estetik dan luas yang dapat menampung ribuan jamaah tidak hanya membuat umat muslim merasa nyaman beribadah di dalamnya, namun juga dapat mengundang wisatawan untuk datang dan turut menikmati pesona tempat ibadah ini.

Dilansir dari laman Detik.com, setidaknya ada 7 masjid di dunia yang menawarkan keindahan dan menarik pengunjung dari berbagai negara. Dan yang paling membanggakan, salah satu masjid di daftar tersebut ada di Indonesia. Berikut masjid-masjid terindah sekaligus terluas di dunia:

Masjid Sultan Ahmed, Istanbul

Pernah menjadi pusat sosial Konstantinopel pada saat menjadi Ibu Kota Kekaisaran Bizantium, masjid ini lebih dikenal sebagai Masjid Biru. Pasalnya di malam hari, 6 puncak menara masjid akan memancarkan rona kebiruan. Keindahannya juga terlihat dari rangkaian kubah yang berjajar dari puncak menurun.

Baca Juga: Mengenang Sosok Daoed Joesoef, Tokoh Pengagung Islam yang Malah Dituding Anti-Islam

Masjid Nabawi, Arab Saudi

Dibangun pertama kali hanya dengan tiang batang kurma tanpa atap, kini luas Masjid Nabawi mencapai 100.000 meter persegi dan lantai atas 67.000 meter persegi, dilansir dari Sindonews.com. Menjadi salah satu masjid terluas di dunia, masjid ini menawarkan gaya arsitektur bergaya modern.

Masjid Istiqlal, Indonesia

Indonesia juga memiliki masjid megah di dunia. Dengan luas mencapai 9,5 hektar, 12 pilar raksasa dengan 5.138 tiang pancang, ditambah menara setinggi 90 meter membuat masjid ini tak kalah populer. Keunikan Istiqlal adalah arsiteknya yang merupakan penganut Kristen, Frederick Silaban.

Masjid Imam, Persia

Jika berkunjung ke Persia, jangan melewatkan masjid dengan arsitektur terbaik dengan sentuhan kemegahan yang berdiri di Kota Isfahan, Iran. Ada empat menara setinggi 160 kaki di masjid yang sebagian besar dibangun dari keramik dan batu piruz. Kaligrafi menawan menghiasi bangunan yang memiliki kolam besar di pelatarannya ini.

Masjid Hassan II, Maroko

Berdiri di Casablanca, maroko, masjid ini dikenal memiliki menara tertinggi di dunia mencapai 210 meter. Keunikannya adalah dibangun menjorok ke Samudera Atlantik, sehingga membuatnya seolah masjid terapung di tengah laut. Selain atap masjid yang bisa dibuka tutup, beberapa lantai di masjid ini memakai kaca super tebal, jadi Anda dapat melihat laut di bawah kaki Anda.

Baca Juga: Mengupas Sejarah Terpecahnya Papua dan Papua Nugini, Ternyata…

Masjidil Haram, Arab Saudi

Masjid terbesar, terluas dan terindah di dunia berada di Mekah, Arab Saudi. Apalagi kalau bukan Masjidil Haram. Berdiri di atas tanah seluas 356.800 meter persegi, Masjidil Haram memiliki sentuhan arsitektur yang begitu elegan dan menakjubkan. Masjid ini dapat menampung hingga 2 juta jamaah.

Masjid Syeikh Zayed, Uni Emirat Arab

Yang terakhir ada Masjid Syeikh Zayed di Uni Emirat Arab yang memiliki 82 kubah bergaya Maroko berhiaskan batu pualam putih. 1.000 pilar bermotif bunga-bunga menjadi daya tarik masjid di Dubai ini. Belum lagi ditambah rangkaian kolam berbahan keramik yang semakin menampilkan pesonanya ketika malam hari.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan