teknik-dasar-sepakbola

Peraturan Permainan Sepakbola Resmi Menurut FIFA

Posted on

Peraturan Permainan Sepakbola-Sebagai pemain sepak bola anda tidak sekadar mengerti cara bermain sepakbola, tatpi juga butuh mengerti beberapa aturan permainan sepak bola yang sudah di ciptakan oleh FIFA sebagai badan regulasi persepakbolaan dunia. Sesuai dengan sejarahnya, ketentuan ini di buat untuk menghindari permainan kasar yang condong brutal seperti yang pernah berlangsung di Inggris. Berikut akan diterangkan peraturan sepakbola yang di keluarkan oleh FIFA dengan sebutan “Laws of The Game” berikut ini.

Peraturan Dasar

Siapa Yang Ada Dilapangan :
1. 22 Pemain
2. 1 Wasit
3. 2 Hakim Garis

Istilah-Istilah dalam Pertandingan :
Pinalti = Tendangan 12 pass tanpa penghalang
Free Kick = Tendangan bebas langsung atau tidak dengan penghalang
Out Time = Waktu habis
Kick Off = Dimulai-nya pertandingan
Add Time = Tambahan Waktu
Corner Kick = Tendangan Sudut
Offside = Mendahului masuk ke daerah lawan
Handsball = Bola menyentuh tangan
Card = Kartu (kuning dan merah)
Overlap = Melakukan serangan secara silang
Passing = Umpan silang / umpan lambung
Heading = Sundul bola
Crossing = Umpan datar
Man to man = Penjagaan satu lawan satu
Deffense = Bertahan
Offense = Menyerang
One-Two = Umpang balik dari kaki ke kaki
Shoot = Tembakan

Peraturan Permainan

1. Lapangan Sepak Bola

Menurut ketentuan permainan sepak bola FIFA, permainan sepak bola harusnya dilakukan di lapangan resmi yang mempunyai panjang pada 100 sampai 130 yard/sekitaran 90 – 120 Mtr.. Sedang Lebar lapangan pada 50 sampai 100 yard/45 – 90 mtr.. Ukuran lapangan sepak bola ini sudah sesuai dengan jumlah pemain yakni 11 orang tiap-tiap tim, serta permainan sepak bola dikerjakan oleh 2 tim.

Ukuran lingkaran tengah dengan jari-jari 9,15 m. Ukuran busur seperempat lingkaran di keempat pojok lapangan dengan jari-jari 1 m. Ukuran kotak penalti: 16,5 ´ 40,3 m2 . Titik pinalti berjarak 11 m dari mulut gawang. (instilah 12-pas berasal dari ukuran 12 yard). Ukuran gawang: panjang 7,32 m dan tinggi 2,44 m. Sementara untuk standar bola memiliki keliling bola 68 hingga 70 cm dengan berat 410 hingga 450 gram.

2. Aturan Pemakaian Bola

Bola adalah hal utama dalam dunia sepak bola, dalam ketentuan resmi ukuran keliling bola tak bisa kian lebih 28 inches/70 sentimeter serta tak bisa kurang dari 27 inchi/sekitaran 68 cm. Ada type 5 type bola dengan karkteristiknya, yakni :

a. Bola ukuran 5 :
Umumnya dipakai oleh pemain-pemain sepak bola yang berumur 12 th. atau diatasnya dengan ukuran keliling 68-70 cm serta berat 14-16 oz (410-450 gr).

b. Bola ukuran 4 :
Umumnya dipakai oleh pemain dengan umur 8 – 12 th. dengan lingkaran bola pada 25 -26 ins (64-66 cm) serta berat 12-13 oz (340-468 gr)

c. Bola ukuran 3 :
Umumnya dipakai oleh pemain dengan umur di bawah 8 th. dengan ukuran lingkaran bola pada 23-24 inchi (58-61 cm) dengan berat 11-12 oz (312-340 gr).

d. Bola ukuran 2 : dipakai untuk kompetisi promosi

e. Bula ukuran 1 : dipakai untuk kompetisi promosi

3. Aturan Jumlah Pemain Sepak Bola

Permainan sepak bola dikerjakan oleh 2 tim dengan tiap-tiap tim memainkan 11 pemain di lapangan, dari 11 pemain itu salah nya ialah kiper. Sebagai catatan utama, bila pemain dalam satu tim kurang dari 7 pemain, jadi kompetisi sepak bola tak dapat dimulai. Dalam satu kompetisi tiap-tiap tim bisa lakukan perubahan pemain, perubahan pemain untuk kompetisi resmi FIFA cuma dibatasi 3 kali perubahan. Pada kompetisi nasional perubahan bisa dikerjakan sejumlah 7 kali serta dapat lebih untuk kompetisi persahabatan.

Posisi di sepak bola

Keeper = Untuk mengamankan Gawang dari kebobolan gol atau disebut penjaga gawang
Breaker = Pemain terakhir sebagai pelapis penjaga gawang.
Stopper = Pengawal Breaker, biasanya tergantung stategi pelatih berapa orang yang dipasang.
Wing Back = Pemain bertahan tapi bisa membantu serangan.
Playmaker = Pemain yang mengendalikan alur serangan atau disebut gelandang
Winger = Pemain murni sayap kiri atau kanan.
Target man = Penyerang utama atau disebut Striker Murni.
Striker Tandem = Penyerang pembantu yang biasanya posisi-nya agak dibelakang striker murni.

Jumlah Pemain di sepak bola :
Terdiri dari 11 pemain dan tata letaknya tergantung strategi pelatih dalam menerapkan strategi, dan ada beberapa yang saya pahami adalah :

4-3-2-1 = 2 breaker, 2 stopper/wingback : (4), 2 gelandang bertahan, 1 gelandang serang : (3), 2 winger : (2), 1 TargetMan : (1), dan biasanya pola ini dipakai apabila tim menginginkan pola Sedikit bertahan, namun bisa mengandalkan serangan balik.

6 thoughts on “Peraturan Permainan Sepakbola Resmi Menurut FIFA

  1. Bgmn dlm terjdix tndngan vinalti seorng pnjga gawang menepis vinalti pd tim lawan, nmn penendng mlkkn tendngan kembali,
    Yg ingin sy txkn, ;(apakh tendngan vinalti tu dikatakn msk atau tdk?)

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan