Peraturan Permainan Sepakbola Resmi Menurut FIFA

Peraturan Permainan Sepakbola-Sebagai pemain sepak bola anda tidak sekadar mengerti cara bermain sepakbola, tatpi juga butuh mengerti beberapa aturan permainan sepak bola yang sudah di ciptakan oleh FIFA sebagai badan regulasi persepakbolaan dunia. Sesuai dengan sejarahnya, ketentuan ini di buat untuk menghindari permainan kasar yang condong brutal seperti yang pernah berlangsung di Inggris. Berikut akan diterangkan peraturan sepakbola yang di keluarkan oleh FIFA dengan sebutan “Laws of The Game” berikut ini.

Peraturan Dasar

Siapa Yang Ada Dilapangan :
1. 22 Pemain
2. 1 Wasit
3. 2 Hakim Garis

Istilah-Istilah dalam Pertandingan :
Pinalti = Tendangan 12 pass tanpa penghalang
Free Kick = Tendangan bebas langsung atau tidak dengan penghalang
Out Time = Waktu habis
Kick Off = Dimulai-nya pertandingan
Add Time = Tambahan Waktu
Corner Kick = Tendangan Sudut
Offside = Mendahului masuk ke daerah lawan
Handsball = Bola menyentuh tangan
Card = Kartu (kuning dan merah)
Overlap = Melakukan serangan secara silang
Passing = Umpan silang / umpan lambung
Heading = Sundul bola
Crossing = Umpan datar
Man to man = Penjagaan satu lawan satu
Deffense = Bertahan
Offense = Menyerang
One-Two = Umpang balik dari kaki ke kaki
Shoot = Tembakan

Peraturan Permainan

1. Lapangan Sepak Bola

Menurut ketentuan permainan sepak bola FIFA, permainan sepak bola harusnya dilakukan di lapangan resmi yang mempunyai panjang pada 100 sampai 130 yard/sekitaran 90 – 120 Mtr.. Sedang Lebar lapangan pada 50 sampai 100 yard/45 – 90 mtr.. Ukuran lapangan sepak bola ini sudah sesuai dengan jumlah pemain yakni 11 orang tiap-tiap tim, serta permainan sepak bola dikerjakan oleh 2 tim.

Ukuran lingkaran tengah dengan jari-jari 9,15 m. Ukuran busur seperempat lingkaran di keempat pojok lapangan dengan jari-jari 1 m. Ukuran kotak penalti: 16,5 ´ 40,3 m2 . Titik pinalti berjarak 11 m dari mulut gawang. (instilah 12-pas berasal dari ukuran 12 yard). Ukuran gawang: panjang 7,32 m dan tinggi 2,44 m. Sementara untuk standar bola memiliki keliling bola 68 hingga 70 cm dengan berat 410 hingga 450 gram.

2. Aturan Pemakaian Bola

Bola adalah hal utama dalam dunia sepak bola, dalam ketentuan resmi ukuran keliling bola tak bisa kian lebih 28 inches/70 sentimeter serta tak bisa kurang dari 27 inchi/sekitaran 68 cm. Ada type 5 type bola dengan karkteristiknya, yakni :

a. Bola ukuran 5 :
Umumnya dipakai oleh pemain-pemain sepak bola yang berumur 12 th. atau diatasnya dengan ukuran keliling 68-70 cm serta berat 14-16 oz (410-450 gr).

b. Bola ukuran 4 :
Umumnya dipakai oleh pemain dengan umur 8 – 12 th. dengan lingkaran bola pada 25 -26 ins (64-66 cm) serta berat 12-13 oz (340-468 gr)

c. Bola ukuran 3 :
Umumnya dipakai oleh pemain dengan umur di bawah 8 th. dengan ukuran lingkaran bola pada 23-24 inchi (58-61 cm) dengan berat 11-12 oz (312-340 gr).

loading...

d. Bola ukuran 2 : dipakai untuk kompetisi promosi

e. Bula ukuran 1 : dipakai untuk kompetisi promosi

3. Aturan Jumlah Pemain Sepak Bola

Permainan sepak bola dikerjakan oleh 2 tim dengan tiap-tiap tim memainkan 11 pemain di lapangan, dari 11 pemain itu salah nya ialah kiper. Sebagai catatan utama, bila pemain dalam satu tim kurang dari 7 pemain, jadi kompetisi sepak bola tak dapat dimulai. Dalam satu kompetisi tiap-tiap tim bisa lakukan perubahan pemain, perubahan pemain untuk kompetisi resmi FIFA cuma dibatasi 3 kali perubahan. Pada kompetisi nasional perubahan bisa dikerjakan sejumlah 7 kali serta dapat lebih untuk kompetisi persahabatan.

Posisi di sepak bola

Keeper = Untuk mengamankan Gawang dari kebobolan gol atau disebut penjaga gawang
Breaker = Pemain terakhir sebagai pelapis penjaga gawang.
Stopper = Pengawal Breaker, biasanya tergantung stategi pelatih berapa orang yang dipasang.
Wing Back = Pemain bertahan tapi bisa membantu serangan.
Playmaker = Pemain yang mengendalikan alur serangan atau disebut gelandang
Winger = Pemain murni sayap kiri atau kanan.
Target man = Penyerang utama atau disebut Striker Murni.
Striker Tandem = Penyerang pembantu yang biasanya posisi-nya agak dibelakang striker murni.

Jumlah Pemain di sepak bola :
Terdiri dari 11 pemain dan tata letaknya tergantung strategi pelatih dalam menerapkan strategi, dan ada beberapa yang saya pahami adalah :

4-3-2-1 = 2 breaker, 2 stopper/wingback : (4), 2 gelandang bertahan, 1 gelandang serang : (3), 2 winger : (2), 1 TargetMan : (1), dan biasanya pola ini dipakai apabila tim menginginkan pola Sedikit bertahan, namun bisa mengandalkan serangan balik.

4-4-3 = 2 Breaker, 2 stopper/wingback : (4), 2 gelandang bertahan, 2 gelandang serang : (4), 2 Tandem striker, 1 TargetMan : (3), pola ini di pakai pelatih bila ingin melakukan serangan secara beruntun / bertubi-tubi memburu gol banyak.

4-3-1-2 = 2 breker, 2 stopper/wingback : (4), 2 gelandang bertahan, 1 gelandang serang : (3), 1 Tandem Striker : (1), 2 TargetMan : (2), pola ini hampir sama dengan 4-4-3 hanya agak kesulitan bila terjadi pertarungan di wilayah tengah terlebih musuh yang dihadapi mempunyai playmaker yang jagoan.

5-3-2 = 1 Breaker, 2 stopper, 2 wingback : (5), 2 gelandang bertahan, 1 gelandang serang : (3), 1 tandem striker, 1 Targetman : (2), pola ini dipakai jika lawan yang dihadapi kelas berat dan ingin bertahan untuk mencuri point / angka, atau kalaupun kalah tidak dengan score telak.

5-4-1 = 1 Breaker, 2 stopper, 2 wingback : (5), 2 gelandang bertahan, 2 gelandang serang : (3), 1 Targetman : (1), pola ini dinamakan defense football, full bertahan, dan sekedar bocoran lho… strategi ini seering dipakai oleh tim-tim dari tanah air, terlebih sebagai tamu, asal tidak kalah sudah bagus.

3-5-2 = 1 Breaker, 2 stopper : (3), 2 gelandang bertahan, 1 gelandang serang, 2 winger : (5), tandem striker, 1 Targetman : (2), pola ini bersifat kuno karena fungsi gelandang kurang variatif, terkesan bertumpuk dengan winger, dan ketika terjadi serangan akan terlambat turun kebawah mengingat posisi-nya lebih maju daripada wingback, khusus teknik ini liga eropa sudah tidak memakai, hanya mungkin di asia terutama negara kita.

4. Ketentuan Pemakaian Aksesoris

Dalam satu kompetisi sepak bola, beberapa pemain umumnya memakai atribut walau tak sejumlah berolahraga type lain. Atribut yang dipakai oleh pemain salah satunya :

a. Jersey :
Jersey adalah baju yang di buat dari bahan sintetik yang dapat menyerap keringat pemain, perihal ini pula yang membedakan jersey dengan kaos umum. Tiap-tiap tim mesti memiliki jati diri timnya sendiri, perihal ini pula yang bikin satu club sepak bola mempunyai lebih dari satu jersey dalam satu musim, hal semacam ini untuk menghindar pemakaian jersey yang sama juga dengan tim lain. Ada ketentuan lain tentang pemakaian warna antar ke-2 tim yg tidak bisa sama, hal semacam ini mempermudah beberapa pemain untuk membedakan mana rekan serta mana yang musuh.

b. Kaus kaki :
Kaus kaki juga adalah aksesori yang umum dipakai beberapa pemain, terkecuali untuk menghindar cidera kaus kaki sebagai tempat memakai pelindung tulang kering di kaki/shinguards. Dalam kompetisi sepak bola resmi, warna kaus kaki dalam satu tim mesti sama

c. Sarung tangan :
Pemain yang diizinkan untuk memakai sarung tangan hanya kiper/penjaga gawang, tetapi ada pengecualian saat permainan sepak bola dikerjakan di tempat yang dingin/bersalju. Sarung tangan/glove dikembangkan sedemikian rupa supaya mempermudah serta membuat perlindungan tangan dari hantaman bola yang demikian keras.

d. Tutup Kepala :
Aksesori ini bisa dipakai untuk yang tengah alami cedera/pernah alami cedera pada kepala. Misalnya yaitu peter cech dari chealsea.

e. Aksesori yg tidak bisa digunakan :
Dalam satu permainan sepak bola, terdapat banyak aksesori yg tidak bisa dipakai, salah satunya : Anting, gelang, kalung.

5. Wasit dan Asisten Wasit

  • Kompetisi sepak bola mesti di pimpin oleh wasit. Wasit adalah pengadil dilapangan, orang yang memegang penuh jalannya kompetisi, pekerjaan wasit mencakup :
  • Mengatur kompetisi dengan bantuan asisten wasit
  • Meyakinkan kalau bola yang dipakai sesuai dengan ketentuan no. 2 serta memastikan pemain penuhi peraturan 4
  • Bertugas sebagai pangatur saat serta mencatat semua pertandingan
  • Hentikan, tunda atau mengakhiri kompetisi, atas kebijakannya untuk tiap-tiap pelanggaran pada ketentuan sepak bola
  • Hentikan, tunda atau mengakhiri kompetisi lantaran masalah dari pihak luar
  • Hentikan kompetisi bila ada pemain yang alami cedera kronis serta butuh dibawa keluar lapangan. Pemain yang keluar lapangan karen cedera mesti memperoleh izin dari wasit bila menginginkan masuk kembali
    Dll

Asisten Wasit

Kompetisi sepak bola harus juga dibantu oleh 2 asisten wasit, arti asisten wasit terkadang dimaksud linesman. pekerjaan dari asisten wasit yaitu membawa bendera untuk mengisyaratkan terjadinya offside, bola keluar serta terjadinya sepakan pojok.

7. Durasi Permainan Sepak Bola

Permainan sepak bola dikerjakan 2 babak, tiap-tiap babak 45 menit, jeda pada ke-2 babak tak kian lebih 15 menit. Menambahkan durasi permainan bisa berlangsung bila ada pemain yang alami cedera atau perubahan pemain.

8. Terjadinya Kick Off

Kick off bisa dimulai dalam keadaan :

  • Memulai pertandingan
  • Terjadinya gol
  • Mengawali babak kedua
  • Mengawali babak perpanjangan waktu

9. Bola Keluar

Bola keluar/out terjadi saat bola melalui garis gawang atau garis lapangan. Bola out juga berlangsung lantaran kompetisi yang dihentikan oleh wasit dengan argumen spesifik umpamanya ada yang cedera.

10. Terjadinya Gol

Gol dalam kompetisi sepak bola terjadi saat bola masuk kedalam jaring dengan tak dalam posisi offside, hands ball, atau pelanggaran. Gol dapat berlangsung dengan cara-cara salah satunya sepakan bebas, pinalti, sampai gol bunuh diri. Semuanya gol sah jika wasit menyebutkan gol itu sah.

11. Offside

Offside berlangsung bila jika pemain ada di ruang lawan di mana saat bola menuju dianya tak tak ada bek lagi serta cuma bertemu dengan penjaga gawang. Offside ditetapkan dengan bendera yang diangkat oleh asisten wasit. Peristiwa offside kadang-kadang bikin permainan sepak bola jadi pro-kontra lantaran terkadang wasit dapat salah memastikan terjadinya offside. Pemain tak dipakai offside bila saat bola yang diumpankan oleh rekannya ketika dia masihlah ada di posisi dikawal pemain belakang lawan.

12. Terjadinya Pelanggaran

Pelanggaran berlangsung lantaran beberapa hal salah satunya tackle yang keras, hands ball, dan lain-lain. Pelanggaran bisa membuahkan 2 type kartu yakni kartu merah serta kartu kuning. Pemain yang memperoleh kartu merah artinya mesti meninggalkan lapangan, sedang untuk yang memperoleh kartu kuning itu adalah peringatan keras, jika memperoleh 2 katu kuning jadi secara automatis pemain juga memperoleh karu merah yang berarti harus juga meninggalkan lapangan. Dalam satu liga perolehan kartu kuning bakal diakumulasikan apabila akumulasi kartu kuning 3 kali dalam pertandingan yang sama maka pemain tak dapat dimainkan satu kali kompetisi dalam pertandingan itu.

Tendangan dan Lemparan dalam Sepakbola

13. Terjadinya Tendangan Bebas

Dalam ketentuan permainan sepak bola, sepakan bebas bisa dikerjakan di ruang tempat terjadinya pelanggarang itu. Sepakan bebas bisa dikerjakan dengan cara segera ataupun tak segera. Sepakan bebas dengan cara segera yaitu sepakan yang segera menghadap ke gawang, sedang sepakan tak segera ada sepakan itu dioperkan ke timnya terlebih dulu.

14. Terjadinya Pinalti

Pinalti berlangsung lantaran ada pelanggaran yang dilakuan pada tim lawan dalam kotak terlarang. Pelanggaran itu dapat berlangsung lantaran hands ball atau menjatuhkan lawan dengan sengaja. Posisi pinalti yaitu satu penjaga gawang di depan garis gawang, satu orang penendang dengan bola yang diletakkan pada posisi lingkaran sepakan pinalti serta pemain lain mesti ada diluar kotak terlarang serta ada di belakang bola.

15. Lemparan dalam (throw in)

Lemparan dalam berlangsung akibat bola meninggalkan lapangan, saya telah pernah menuliskan bagaimana lakukan lemparan yang baik serta benar. Lemparan dikerjakan oleh tim lawan, umpamanya anda yang keluarkan bola jadi tim lawan yang memiliki hak lakukan lemparan. Lemparan dalam lawan dapat dibatalkan oleh wasit jika melempar bola lewat cara yang salah serta buang cukup banyak saat.

16. Tendangan Gawang

Ketentuan sepak bola mengharuskan wasit mengambil keputusan sepakan gawang bila bola meninggalkan lapangan lewat garis gawang serta tak masuk ke jaring, bola yang keluar harus juga dari sepakan atau sundulan tim lawan.

17. Tendangan Sudut

Tendangan pojok adalah sepakan yang dikerjakan di pojok lapangan lantaran bola keluar dari lapangan melalui garis gawang dengan ketetapan tim anda yang paling akhir menyentuh bola itu. Jika bola keluar kearah kanan gawang, jadi sepakan pojok dikerjakan di pojok lapangan samping kanan. Bila bola keluar ke arah kiri gawang, jadi sepakan pojok dikerjakan disudut kiri gawang.

1

5 Responses

  1. Aprilia Putri
    September 12, 2016
  2. Rizal Maulana Almahera
    September 19, 2016
    • Lahiya
      September 19, 2016
  3. Juf Rianto
    October 27, 2016
    • Lahiya
      October 27, 2016

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan