Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Posted on

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Hai sahabat, selamat datang di Lahiya, situs (blog) sederhana yang berbagi ilmu dan pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Dan, pada kesempatan kali ini, kami bakal sharing pengetahuan mengenai Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Makhluk Hidup. Beberapa topik pembahasan kami kali ini adalah, Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan, Perbedaan Pertumbuhan dengan Perkembangan,dan Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan

Pertumbuhan yaitu proses bertambahnya tinggi, volume, atau massa tubuh makhluk hidup yang umumnya bersifat kuantitatif (bisa dihitung dengan angka). Pertumbuhan ini rata-rata bisa diliat dari fisik makhluk hidup itu sendiri. Proses pertumbuhan bisa terjadi lantaran adanya pertambahan jumlah sel lantaran pemisahan sel. Biasanya perkembangan bakal terbatas pada umur, artinya pada umur tertentu makhluk hidup bakal berhenti pertumbuhannya. Contoh pertumbuhan yaitu menambahnya tinggi tubuh seseorang.

Perkembangan yaitu proses menuju kedewasaan yang bersifat kualitatif (tidak bisa digambarkan dengan angka, lebih diliat dari sisi fungsionalnya) untuk jadi makhluk yang sempurna sepenuhnya. Perkembangan, tidak terbatas pada umur, artinya makhluk hidup selalu berkembang bersamaan dengan bertambahnya usianya. Contoh perkembangan yaitu proses seseorang manusia dari lahir sampai dapat bicara, berdiri, serta berjalan.

Ketidaksamaan Pertumbuhan dengan Perkembangan

Cara Mengukur

Pertumbuhan bersifat kuantitatif, artinya pertumbuhan bisa digambarkan dengan ukuran atau bilangan, umpamanya pertumbuhan panjang 5 cm, pertumbuhan berat tubuh sejumlah 4 kg, serta lain sebagainya. Sedangkan perkembangan bersifat kualitatif, artinya pertumbuhan tidak bisa digambarkan dengan bilangan. Misalnya kemampuan bicara terbata-bata sampai lancar, kemampuan serta perkembangan biji.

Keterlihatan

Pertumbuhan bisa diidentifikasi secara fisik dari kenampakan luar, sedangkan perkembangan cuma bisa diidentifikasi secara fisiologis dari kenampakan dalam. Mengukur pertumbuhan bisa dengan gampang dilakukan lantaran bisa langsung diliat dengan mata, sedangkan mengukur perkembangan lebih rumit serta kompleks.

Keterbatasan

Pertumbuhan adalah proses yang dibatasi oleh waktu atau umur, misalnya pertumbuhan dalam proses pembentukan tulang yang berhenti pada umur 30-35 tahun, sedangkan perkembangan yaitu proses yang tidak terbatas waktu. Perkembangan berjalan terus-terusan bersamaan dengan bertambahnya umur lewat siklus yang cuma berhenti lantaran kematian.

Keterulangan

Pertumbuhan bersifat irreversible, artinya ia tidak bisa kembali terulang lewat sebuah siklus. Sedangkan perkembangan bersifat reversible, artinya ia bisa kembali terulang sesuai sama siklusnya.

Aspek – Aspek yang Memengaruhi Pertumbuhan serta Perkembangan

Secara umum, aspek yang memengaruhi makhluk hidup bisa dibagi jadi dua, yakni:

Aspek Internal (dalam Tubuh)

Genetik

Gen yaitu aspek pembawa karakter pada makhluk hidup yang bakal mengalami penurunan pada keturunan makhluk hidup itu. Gen bakal memengaruhi ciri fisik serta karakter makhluk hidup, oleh sebab itu gen bakal bertindak besar dalam pertumbuhan serta perkembangan makhluk hidup. Di sini tiap spesies dari makhluk hidup mempunyai karakter serta ciri spesifik yang bakal di turunkan pada keturunannya. Misalnya cukup sederhana, tidak ada burung yang melahirkan anak yang lantas bakal tumbuh jadi kucing, nah ini dikarenakan adanya dampak genetik pada pertumbuhan serta perkembangan.

Hormon

Hormon yaitu senyawa kimia organik yang dihasilkan oleh tubuh untuk mengatur beragam faktor pertumbuhan serta perkembangan pada manusia. Walaupun jumlahnya sedikit di dalam tubuh makhluk hidup, tetapi hormon mempunyai manfaat yang nyata berkaitan dengan pertumbuhan serta perkembangan pada makhluk hidup. Misalnya pada manusia, penyakit anak yang terganggu pertumbuhan serta perkembangannya lantaran kekurangan Growth Hormon yang dihasilkan hipofisis anterior. Anak ini bakal terganggu kecepatan pertumbuhannya.

Nutrisi (Makanan)

Kami rasa secara umum sahabat udah memahami kalau nutrisi memegang fungsi penting dalam pertumbuhan serta perkembangan makhluk hidup. Misalnya pada manusia serta hewan yang kekurangan nutrisi bakal tampak kurus serta terganggu pertumbuhan tingginya.

Ada 3 nutrisi yang perlu tercukupi supaya tubuh dapat tumbuh serta berkembang dengan maksimal, yakni

  • karbohidrat,
  • lemak,
  • serta protein.

Aspek Eksternal (Luar Tubuh)

Suhu

Seluruh makhluk hidup memerlukan lingkungan dengan suhu tertentu supaya pertumbuhan serta perkembangannya normal. Pertumbuhan serta perkembangan pada manusia kelihatan bakal maksimal jika badannya dalam kisaran suhu 36, 5-37, 6 derajat celcius. Sedangkan tumbuhan memberikan ketergantungan lebih pada suhu, misalnya tumbuhan bakal kering pada terik matahari meskipun keperluan airnya terpenuhi.

Cahaya

Cahaya amat memengaruhi pertumbuhan serta perkembangan pada tumbuhan, lantaran adanya proses fotosintesis.
Kelembapan, Air, serta Tanah

Pada dasarnya berbagai aspek eksternal yang memengaruhi pertumbuhan serta perkembangan pada makhluk hidup yaitu bagaimana kondisi lingkungan makhluk hidup itu.

Daftar Pustaka:
Mikrajuddin, dkk. 2007. IPA TERPADU Untuk Kelas VIII Semester 1. Jakarta : Erlangga
Saktiyono.2006. IPA BIOLOGI Untuk Kelas VIII. Jakarta : Erlangga
Wasis; Yuli Irianto, Sugeng. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Nah, sampailah kita di akhir pembahasan kali ini, Mengenai Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup. Mudah-mudahan ilmunya bisa bermanfaat untuk kita semua, ya. Dan, jika masih ada yang belum dimengerti, silakan sahabat menyampaikan pertanyaan pada kotak komentar di bawah ini. Terimakasih sudah bertandang ke Lahiya, jangan lupa like, follow, dan komentarnya, ya.

Sumber:
http://www.softilmu.com/2014/11/Pengertian-Perbedaan-Pertumbuhan-dan-Perkembangan.html
http://www.ebiologi.com/2016/03/perbedaan-pertumbuhan-dan-perkembangan.html