Periodesasi, Kronologi, Fungsi dan Kegunaan Sejarah

Posted on

Periodesasi, Kronologi, Fungsi dan Kegunaan Sejarah, Selamat datang di Lahiya, situs (blog) sederhana yang berbagi ilmu dan pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Dan, pada kesempatan kali ini, kami bakal sharing pengetahuan mengenai Periodesasi, Kronologi, Fungsi dan Kegunaan Sejarah. Tak perlu berlama-lama lagi ini dia artikelnya.

Periodesasi Sejarah

Periodesasi sejarah memiliki arti pembabakan dalam sejarah bersumber pada kurun waktu. Sejarah sudah berjalan dengan rentang waktu yang amat panjang serta rumit. Kita bakal kesulitan apabila menyatukan seluruh peristiwa sejarah dalam satu kurun waktu saja. Supaya tampak rapi dan runut, bentangan waktu yang panjang itu kita bagi lagi jadi beberapa bagian yang masing-masing mewakili sebuah rentangan masa-masa. Pengaturan rangkaian peristiwa sejarah secara runut memudahkan mereka yang membaca untuk memverifikasi dan menginterpretasi sejarah yang bersangkutan. Periodesasi sejarah dikerjakan umumnya melalui cara membagi serta memilah-milah bebrapa peristiwa sejarah dalam satu batasan waktu tertentu. Pada intinya beberapa peristiwa sejarah sama-sama berkaitan satu dengan yang lainnya serta tidak terputus dalam satu sebuah periodisasi. Pengaturan periodisasi dalam penulisan sejarah mempunyai tujuan untuk memudahkan dalam mempelajari sejarah. Dalam membuat periode-periode sejarah itu mesti disusun secara kronologis. Peristiwa-peristiwa sejarah itu mesti digolongkan serta disusun bersumber pada urutan waktu peristiwanya.

Periodesasi sejarah dikerjakan oleh tiap masyarakat, bangsa, serta negara di dunia. Tetapi, tiap bangsa memiliki periodesasi yang tidak sama, berdasarkan langkah bangsa itu melihat rentang-waktu yang ada dalam sejarah mereka. Periodesasi sejarah Indonesia jelas tidak sama juga dengan periodesasi sejarah Malaysia, contohnya, walau dua negera itu berdekatan serta pernah diduduki Portugis serta Inggris. Demikian halnya periodesasi sejarah India tidak akan sama dengan periodesasi Mesir.

Urutan Sejarah

Urutan sejarah berkaitan dengan periodesasi sejarah. Urutan sejarah dibutuhkan lantaran dalam beberapa peristiwa sejarah terdiri berbagai jenis dan bentuk yang tidak sama. Tiap peristiwa butuh diklasifikasi bersumber pada jenis serta bentuk peristiwanya. Peristiwa-peristiwa yang sudah diklasifikasikan itu lantas disusun secara runut bersumber pada waktu peristiwa berlangsung. Secara runut di sini memiliki arti masing-masing peristiwa itu disusun dari masa-masa yang paling awal sampai masa-masa yang paling akhir. Tanpa konsep urutan ini, pengaturan peristiwa sejarah bakal mengalami kerancuan serta di khawatirkan kalau peristiwa yang terjadi pada sebuah masa-masa bakal masuk ke dalam masa-masa atau jaman yang lain. Urutan memiliki arti sesuai dengan urutan waktu. Peristiwa sejarah bakal senantiasa berlangsung sesuai dengan urutan saat hingga beberapa peristiwa sejarah tidak terjadi secara melompat-lompat urutan waktunya, atau bahkan juga berbalik urutan waktunya (anakronis).

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan