SHARE
Loading...

Periodesasi, Kronologi, Fungsi dan Kegunaan Sejarah, Selamat datang di Lahiya, situs (blog) sederhana yang berbagi ilmu dan pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Dan, pada kesempatan kali ini, kami bakal sharing pengetahuan mengenai Periodesasi, Kronologi, Fungsi dan Kegunaan Sejarah. Tak perlu berlama-lama lagi ini dia artikelnya.

Periodesasi Sejarah

Periodesasi sejarah memiliki arti pembabakan dalam sejarah bersumber pada kurun waktu. Sejarah sudah berjalan dengan rentang waktu yang amat panjang serta rumit. Kita bakal kesulitan apabila menyatukan seluruh peristiwa sejarah dalam satu kurun waktu saja. Supaya tampak rapi dan runut, bentangan waktu yang panjang itu kita bagi lagi jadi beberapa bagian yang masing-masing mewakili sebuah rentangan masa-masa. Pengaturan rangkaian peristiwa sejarah secara runut memudahkan mereka yang membaca untuk memverifikasi dan menginterpretasi sejarah yang bersangkutan. Periodesasi sejarah dikerjakan umumnya melalui cara membagi serta memilah-milah bebrapa peristiwa sejarah dalam satu batasan waktu tertentu. Pada intinya beberapa peristiwa sejarah sama-sama berkaitan satu dengan yang lainnya serta tidak terputus dalam satu sebuah periodisasi. Pengaturan periodisasi dalam penulisan sejarah mempunyai tujuan untuk memudahkan dalam mempelajari sejarah. Dalam membuat periode-periode sejarah itu mesti disusun secara kronologis. Peristiwa-peristiwa sejarah itu mesti digolongkan serta disusun bersumber pada urutan waktu peristiwanya.

Periodesasi sejarah dikerjakan oleh tiap masyarakat, bangsa, serta negara di dunia. Tetapi, tiap bangsa memiliki periodesasi yang tidak sama, berdasarkan langkah bangsa itu melihat rentang-waktu yang ada dalam sejarah mereka. Periodesasi sejarah Indonesia jelas tidak sama juga dengan periodesasi sejarah Malaysia, contohnya, walau dua negera itu berdekatan serta pernah diduduki Portugis serta Inggris. Demikian halnya periodesasi sejarah India tidak akan sama dengan periodesasi Mesir.

Urutan Sejarah

Urutan sejarah berkaitan dengan periodesasi sejarah. Urutan sejarah dibutuhkan lantaran dalam beberapa peristiwa sejarah terdiri berbagai jenis dan bentuk yang tidak sama. Tiap peristiwa butuh diklasifikasi bersumber pada jenis serta bentuk peristiwanya. Peristiwa-peristiwa yang sudah diklasifikasikan itu lantas disusun secara runut bersumber pada waktu peristiwa berlangsung. Secara runut di sini memiliki arti masing-masing peristiwa itu disusun dari masa-masa yang paling awal sampai masa-masa yang paling akhir. Tanpa konsep urutan ini, pengaturan peristiwa sejarah bakal mengalami kerancuan serta di khawatirkan kalau peristiwa yang terjadi pada sebuah masa-masa bakal masuk ke dalam masa-masa atau jaman yang lain. Urutan memiliki arti sesuai dengan urutan waktu. Peristiwa sejarah bakal senantiasa berlangsung sesuai dengan urutan saat hingga beberapa peristiwa sejarah tidak terjadi secara melompat-lompat urutan waktunya, atau bahkan juga berbalik urutan waktunya (anakronis).

Loading...

Oleh karena itulah, dalam mempelajari sejarah supaya kita mendapatkan pemahaman yang baik mesti memerhatikan urutan-urutan peristiwanya atau kronologinya. Pemahaman sejarah yang bersifat anakronis bakal menyebabkan kerancuan bahkan juga akan membuat pemahaman yang salah mengenai sejarah. Peristiwa-peristiwa sejarah yang diceritakan serta disusun bersumber pada urutan peristiwa tanpa memberi keterangan mengenai hubungan sebab akibat antara peristiwa itu disebut dengan kronik.

Fungsi serta Kegunaan Sejarah

Sejarah amat berguna untuk kehidupan manusia serta tidak pernah terlepas dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hubungannya dengan belajar sejarah, kita bisa mengambil manfaat sejarah lantaran beberapa alasan salah satunya:

  • Bisa mengakui kehadiran tiap manusia di masa-masa lampau serta akan terus hidup kekal sampai saat ini serta saat yang akan datang.
  • Bisa menyiapkan diri untuk mengemukakan peristiwa masa-masa lalu serta masa-masa sekarang pada generasi selanjutnya sebagai bahan pengetahuan serta pengalaman.
  • Bisa memberikan keyakinan pada orang-orang berdasarkan alasan peristiwa di masa-masa lampau.
  • Bisa melakukan perbaikan hidup sendiri dengan mengacu pada peristiwa di masa-masa lalu untuk di ambil pelajaran serta hikmah hingga dapat berguna untuk di masa-masa depan.

Berikutnya bisa di uraikan beberapa manfaat mempelajari sejarah sebagai berikut ini:

  • Mendidik, pelajaran sejarah memberikan kebijaksanaan serta kearifan. Ucapan “Belajarlah dari Sejarah“ atau “Sejarah mengajarkan pada kita” atau “Perhatikanlah pelajaran-pelajaran yang didapatkan dari sejarah”. Dengan beberapa ucapan itu dinyatakan kalau fungsi serta kegunaan sejarah adalah memberikan pelajaran. Akan tetapi, apa sebenarnya arti beberapa ucapan seperti itu? Bagaimana kita bisa belajar dari sejarah? Atau bagaimana sejarah bisa memberi pelajaran pada kita? Bila kita kaji secara mendalam, kita akan sampai pada kesimpulan, kalau kita cuma bisa belajar dari sejarah bila beberapa peristiwa yang terjadi pada masa-masa lalu itu bakal terjadi lagi pada masa-masa sekarang. Beberapa hal yang baik bakal kita sambut dan kita usahain banget biar terjadi lagi dan beberapa hal yang tidak baik kita coba untuk menyingkirkan atau menghindarinya.
  • Inspiratif, Sejarah memberikan ilham atau ide pada kita, beberapa aksi kepahlawanan serta beberapa peristiwa gemilang pada masa-masa lalu bisa mengilhami kita semua pada taraf perjuangan yang sekarang. Peristiwa-peristiwa besar mengilhami kita supaya mencetuskan peristiwa yang besar juga. Di Indonesia sejarah yang berperan inspiratif kerap kali dijalin di sekitar perjuangan para pahlawan pembela kemerdekaan sepanjang masa-masa imperialisme serta kolonialisme Barat.
  • Instruktif, kegunaan dalam rangka pengajaran dalam satu diantara kejuruan atau ketrampilan seperti navigasi, tehnologi, persenjataan, jurnalistik, taktik militer dan sebagainya. Fungsi serta kegunaan sejarah ini disebut sebagai kegunaan yang bersifat instruktif lantaran memiliki peran membantu aktivitas mengemukakan pengetahuan atau ketrampilan (instruksi).
  • Rekreatif, sejarah juga memberikan kesenangan estetis, lantaran bentuk serta susunannya yang serasi serta indah. Kita bisa kagum oleh kisah sejarah yang baik sama seperti kita bisa kagum oleh satu roman yang bagus. Dengan sendirinya kegunaan yang bersifat rekreatif ini baru bisa dirasakan bila sejarawan sukses mengangkat aspek seni dari narasi sejarah yang disajikan.
  • Memberikan Kesadaran Waktu, Kesadaran waktu yang dimaksud yaitu kehidupan dengan semua perubahan, pertumbuhan, serta perkembangannya selalu berjalan melalui waktu. Kesadaran itu juga dikenal sebagai kesadaran akan adanya gerak sejarah. Kesadaran itu melihat beberapa peristiwa sejarah sebagai suatu hal yang selalu bergerak dari masa-masa silam bermuara ke masa-masa kini serta berlanjut ke masa-masa depan.
  • Memperkokoh Rasa Kebangsaan (Nasionalisme), Sebuah bangsa yaitu sebuah kelompok sosial yang dilihat dari beragam sisi mempunyai banyak ketidaksamaan. Terbentuknya sebuah bangsa dikarenakan adanya persamaan sejarah besar di masa-masa lampau serta adanya persamaan keinginan untuk bikin sejarah besar bersama di masa-masa yang akan datang. Sebagai contoh Bangsa Indonesia mulai sejak jaman prasejarah sudah mempunyai persamaan sejarah. Lantas memiliki jaman keemasan pada jaman Sriwijaya, Mataram Hindu-Buddha, serta Majapahit. Kemudian bangsa Indonesia mengalami masa-masa penjajahan selama beberapa ratus tahun. Perjalanan sejarah bangsa Indonesia itu jadi ingatan kolektif yang bisa menyebabkan rasa solidaritas serta mempertebal semangat kebangsaan.

Nah, sampailah kita di akhir pembahasan kali ini, Mengenai Periodesasi, Kronologi, Fungsi dan Kegunaan Sejarah. Mudah-mudahan ilmunya bisa bermanfaat untuk kita semua, ya. Dan, jika masih ada yang belum dimengerti, silakan sahabat menyampaikan pertanyaan pada kotak komentar di bawah ini. Terimakasih sudah bertandang ke Lahiya, jangan lupa like, follow, dan komentarnya, ya.

Sumber:

http://www.softilmu.com/2015/10/Periodesasi-Kronologi-Fungsi-Kegunaan-Sejarah-adalah.html

Loading...
Loading...