Perlunya Karakter Daya Saing! | ‏@HandryGE

Posted on

Saya termasuk orang yang bawel sekali dengan daya saing ini karena saya mengalami dan menyaksikan persaingan di dunia global ini.

Kenapa perlu punya daya saing? Karena dalam dunia global ini, yang tak punya daya saing hanya akan jadi objek dari globalisasi. Penentu keberhasilan daya saing suatu negara adalah sumber daya manusia, orang-orang yang ada di negara tersebut.

Masalahnya, secara kolektif, SDM kita ada pada peringkat 80-an dari 90-an Negara yang disurvei oleh INSEAD tahun 2015. Bagaimana Negara-Negara seperti Swiss, Jepang, Amerika, dan negara-negara di Skandinavia dapat memiliki SDM yang punya daya saing tinggi?

Saya akan fokus membahasnya dalam level individu dulu. Apa yang diperlukan orang untuk punya daya saing tinggi? Yang pertama adalah mindset tidak mau jadi orang yang senang ikut-ikut an…mindset try to be different, and find a new things.

Orang-orang yang daya saing nya tinggi itu, bangga kalau bisa menghasilkan sesuatu yang baru, sesuatu yang orisinil dari mereka. Competitive people, proud to make sometahuning new, Non-competitive people, proud to imitate and just follow what otahuner’s did.

Sulitnya, di tempat kita ini, saya kok lihat banyak orang yang senang ikut-ikutan (kadang tanpa mengerti apa yang diikuti). Kalau ada yang sukses bertanam jahe misalnya, sekampung ikut-ikutan tanam jahe…hasilnya harga jahe ya turun lah.

Tentu sah-sah aja kalau ada yang mencoba mengikuti langkah sukses…tapi kalau semuanya seperti itu, ya mandeg inovasinya. Induk dari daya saing itu adalah inovasi, menemukan sesuatu yang baru. Tidak hanya alat, tapi juga metoda, cara, trend, dan ide.

Jadi, sifat kedua yang diperlukan untuk punya daya saing tinggi adalah kepo! Curiosity;keingintahuan
Curiosity ini muncul karena adanya keinginan mempertanyakan sesuatu…why, why not, how, what…(who tidak terlalu penting haha).

Kalau hanya suka berdiam diri, inginnya diikutsertakan pelatihan (apalagi yang di luar negeri), buku dibelikan, ya susah atuh punya daya saing The competitive people itu tentu punya api, passion, untuk compete, dan menang! Menang dengan cara fair competition tentunya.

Saat interview orang yang mau kerja, “fire in his/her eyes” itu penting. Orang yang tidak ada semangat juangnya susah diandalkan. Mindset ingin tahu, ingin berbeda, ingin menemukan sesuatu yang baru, dan ingin menang ini adalah 4 basis dalam membentuk daya saing.

Nah, keempat hal ini (curious, unique, innovative, and passion to win) bukanlah hal rumit untuk dipelajari. Keempat basis daya saing tadi, hanya memerlukan satu hal utama untuk dipelajari : Ingin maju! Ingin jadi lebih baik!

“Bodo amat”, “bukan urusan gue”…”liat gimana ntar aja” adalah hal-hal yang akan mengikis habis kemampuan daya saing.