Pernah Terlibat Kasus Serupa, Ernest Prakasa Katakan Ini untuk Joshua Suherman

Posted on

Lahiya – Komika Ge Pamungkas dan Joshua Suherman tengah menjadi sorotan karena candaan mereka dalam sebuah video yang viral di media sosial.

Materi stand up comnedy yang disampaikan Ge dan Joshua dianggap telah melecehkan agama Islam. Bahkan, dugaan pelecehan ini telah dilaporkan ke polisi.

Mengenai kasus yang menjerat Ge dan Joshua ini, komika sekaligus sutradara Ernest Prakasa buka suara. Menurutnya setiap komedian harus memiliki tanggung jawab atas materi apapun yang disampaikan ke publik.

“Sebenarnya, tanpa ada masalah apapun, kondisi apapun, secara umum buat aku pribadi setiap komedian selalu punya tanggung jawab atas apa yang diomongin,” tutur Ernest ketika ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (9/1/2018), dilansir viva.co.id.

Baca juga: Dituding Hina Nabi dalam Ceramahnya, Begini Penjelasan Ustad Somad

Hal ini menjadi prinsip yang selalu dipegang Ernest ketika membawakan materi stand up comedy. Ia juga harus memikirkan terlebih dahulu apa yang boleh dan tak boleh diucapkan.

“Kalau terlepas dari kondisi politik, kondisi apapun, selalu harus siap bertanggung jawab. Sesimple itu saja sih. Aku mau ngomong apapun, aku pikirin dulu. Ini nanti ada yang tersinggung kah, ada yang mempermasalahkan atau enggak, kita harus siap sama reisikonya,” lanjutnya.

Ernest menegaskan, seorang seniman memiliki kebebasan untuk berekspresi. Namun, kebebasan ini dibarengi dengan tanggung jawab dari diri masing-masing. Karena itu, menurut Ernest jika seseorang berani mengungkapkan sesuatu di hadapan publik, maka dia juga harus berani mempertanggungjawabkannya.

“Ya itu, kita tuh seniman bebas berekspresi, tapi bebasnya bebas bertanggung jawab. Jadi kalau ada dampak dari apa yang kita lakuin, ya kita harus siap, itu aja. Siap ngomong, siap tanggung jawab,” tukasnya.

Sebelumnya, Ernest juga pernah dituding melecehkan agama karena cuitannya di Twitter. Bahkan, kala itu ia sempat bersitegang dengan penulis Asma Nadia.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan