Persebaran Flora dan Fauna Di Indonesia

Posted on

Persebaran Flora dan Fauna Di Indonesia Selamat datang di Lahiya, situs (blog) sederhana yang berbagi ilmu dan pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Dan, pada kesempatan kali ini, kami bakal sharing pengetahuan mengenai Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia, bahasannya cukup singkat, semoga saja dapat bermanfaat bagi sahabat. Langsung saja ya.

Persebaran Flora Di Indonesia

Flora yaitu kumpulan suatu jenis tumbuh-tumbuhan yang ada dalam suatu daerah tertentu. Flora Indonesia termasuk juga kawasan Malesiana. Yang terdiri dari Indonesia, Filipina, Semenanjung Malaya, serta Papua Nugini.
Tumbuh-tumbuhan yang hidup disuatu tempat ada yang tumbuh secara alami serta ada pula yang dibudidayakan oleh manusia, hal semacam ini di pengaruhi oleh beberapa aspek seperti iklim, jenis tanah, relief atau tinggi rendah permukaan bumi, biotik (pengaruh makhluk hidup).

Iklim memiliki dampak yang amat besar terutama suhu udara serta curah hujan. Daerah yang curah hujannya tinggi mempunyai hutan yang lebat serta bentuk tanamannya lebih beragam, contohnya seperti di Pulau Kalimantan, serta Sumatera. Sedangkan daerah yang curah hujannya rendah tidak mempunyai hutan yang lebat serta keanekaragaman tanaman seperti di Nusa Tenggara.

Suhu udara suatu tempat juga jadi aspek penting untuk penyebaran tanaman disuatu tempat. Zonasi (pembatasan lokasi) tumbuh-tumbuhan di Indonesia yaitu sebagai berikut ini:

  • Daerah panas (0-650 meter), tumbuhan yang pas di daerah ini yaitu kelapa, padi, jagung, karet, tebu
  • Daerah sedang (650-1500 meter), tumbuhan yang pas di daerah ini yaitu kopi, tembakau, teh, sayuran
  • Daerah sejuk (1500-2500 meter), tumbuhan yang pas di daerah ini yaitu teh, kina, pinus, sayuran
  • Daerah dingin (di atas 2500 meter) tidak ada tanaman budidaya

Penyebaran flora di Indonesia terbagi jadi lima, yakni:

Hutan hujan tropis

Indonesia beriklim tropis serta dilewati garis khatulistiwa hingga indonesia banyak mendapatkan cahaya matahari tiap tahun. Hutan hujan tropis ada di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, serta sedikit di Jawa (dibagian selatan). Daerah ini mempunyai ciri-ciri hutan lebat, heterogen, serta lembab. Hutannya ditumbuhi beragam jenis pohon besar serta kecil dengan ketinggian mencapai 60m. Jenis pohon yang bisa ditemui diantaranya pohon kamper, meranti, damar, eboni, kemenyan, serta rotan.

Sabana

Ada di daerah yang curah hujannya sedikit, sabana berbentuk padang rumput yang diselingi rumpun pohon rendah atau semak-semak yang berkelompok. Sabana rata-rata ada di Madura serta Dataran Tinggi Gayo (Aceh).

Stepa

Yaitu padang rumput yang amat luas, di tempat yang curah hujannya rendah. Stepa ada di Pulau Sumba, Sumbawa, Flores, serta Timor. Daerah ini mempunyai musim kemarau yang panjang serta punya potensi untuk peternakan sapi, kuda sandel, serta kuda bima. Daerah terkering yaitu Palu, yang cuma ditumbuh kaktus.

Hutan musim

Hutan ini mempunyai ciri cuma ditempati oleh satu jenis tumbuhan (homogen) dengan daun-daunnya yang gugur di musim kemarau. Jenis tumubuhannya yaitu seperti jati serta cemara. Hutan musim ada di Pulau Jawa (dari Jawa Barat sampai Jawa Timur).

Hutan Bakau (Mangrove)

Hutan bakau adalah hutan yang cuma bisa tumbuh di pantai yang berlumpur. Hutan bakau atau mangrove banyak terdapat di pantai Sumatera sisi timur, Papua, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Selatan.

Indonesia memiliki tanah yang subur hingga banyak terdapat beragam jenis tanaman dapat tumbuh dengan baik. Indonesia mempunyai flora yang kurang lebih sekitar 4. 000 jenis pohon, 1. 500 jenis paku pakuan, dan 5. 000 jenis anggrek.

Flora Indonesia Sisi Barat

Flora Indonesia barat yakni flora yang tumbuh di Sumatra, Jawa, Kalimatan, dan pulau-pulau kecil yang ada di sekelilingnya. Flora Indonesia barat memiliki persamaan dengan tumbuhan-tumbuhan yang ada di Asia. Flora Indonesia barat memiliki kawasan mangrove yang banyak di sekitar pantai. Memiliki jenis tumbuhan yang amat bermacam atau heterogen. Pada tiap tahun hutannya senantiasa hijau. Kayu didalam hutannya bisa berguna serta banyak tumbuhan di hutan yang memiliki ketinggian 60 meter.

  • Sumatera: pinus, kayu manis, beringin, kamper, meranti, kayu besi, serta raflesia
  • Jawa: pinang, bunga anggrek, jati meranti, mahoni, beringin, serta bugenvil
  • Kalimantan: meranti, besi, jelutung, bakau, ramin, kamper, pinus, serta rotan

Ciri-Ciri Flora Indonesia Sisi Barat

  • Ada banyak tumbuhan jenis meranti-merantian
  • Ada beragam jenis tumbuh-tumbuhan rotan
  • Tidak memiliki hutan kayu putih
  • Memiliki jenis tumbuhan sagu yang sedikit

Flora Indonesia Bagian Tengah

Flora Indonesia tengah yakni tumbuhan yang tumbuh di Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Maluku. Nusa Tenggara memiliki padang rumput yang alami serta baik untuk daerah peternakan. Hal semacam ini lantaran di Nusa Tenggara mempunyai curah hujan yang rendah. Hingga apabila di Nusa Tenggara pada musim saat kemarau banyak menjumpai di daerah itu yang mengalami kekeringan. Tidak hanya itu, di sana juga banyak pegunungan kapur.

  • Sulawesi: eboni, kayu besi, rotan, pinus, kayu hitam, serta beragam bentuk bunga anggrek
  • Nusa Tenggara: jati, akasia, cendana, sandelwood, serta beragam bentuk bunga anggrek
  • Maluku: gotasa, kayu besi, lenggua, jati, sagu, meranti, kayu putih, serta anggrek

Ciri-Ciri Flora Indonesia Bagian Tengah

  • Ada banyak jenis tumbuhan palem
  • Ada banyak tumbuhan paku serta anggrek

Flora Indonesia Sisi Timur

Flora Indonesia timur yakni tumbuhan yang hidup di pulau Papua dan pulau-pulau yang ada di sekelilingnya. Tanaman yang bisa ditemui di Papua yaitu tanaman jenis conifera seperti agatis alba dan obi.

Flora di wilayah Indonesia timur memiliki kemiripan dengan flora yang ada di benua Australia. Mempunyai ketinggian pohonnya yang lebih rendah dibandingkan di flora Indonesia sisi barat. Ada Banyak tumbuhan semak belukar, serta pohon-pohon yang masih jarang. Di daerah dataran rendah Papua ada pohon sagu, bakau, serta nipah.

Ciri-Ciri Flora Indonesia Sisi Timur

  • Memiliki jenis tumbuhan meranti-merantian yang sedikit
  • Ada hutan kayu putih
  • Tidak memiliki tumbuhan rotan
  • Memiliki banyak tumbuhan sagu

Persebaran Fauna Di Indonesia

Fauna atau dunia hewan di pengaruhi oleh kondisi alam, gerakan hewan serta rintangan alam. Fauna di Indonesia dibagi jadi tiga type berdasarkan pengelompokan oleh Alfred Russel Wallace serta Max Wilhel Carl Weber, yakni:

Fauna type asiatis

Ada di bagian Indonesia hingga Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Selat Makassar serta Selat Lombok. Di daerah ini ada beragam jenis hewan yang menyusui serta memiliki ukuran besar dan bermacam kera serta ikan air tawar.

Contoh jenis fauna yang ditemukan yaitu gajah, badak, harimau, beruang matahari, burung heron, burung merak serta orang utan.

Ciri-Ciri Fauna Indonesia Sisi Barat

  • Mempunyai spesies mamalia yang berukuran besar, seperti gajah, harimau, dan sebagainya. Tetapi, jumlah mamalia berkantung sedikit, atau nyaris tidak ada.
  • Ada beragam jenis kera, seperti bekantan, tarsius, dan orang utan.
  • Ada banyak hewan endemik, seperti badak bercula satu, binturong, monyet, tarsius, serta kukang.
  • Ada jenis burung yang memiliki warna bulu kurang menarik, namun bisa berkicau. Seperti: jalak bali, elang jawa, elang putih, dan sebagainya.
  • Memiliki banyak ikan air tawar.

Fauna peralihan (australia-asiatik)

Ada di bagian tengah Indonesia, yakni Sulawesi serta daerah Nusa Tenggara. Karakteristik hewannya serupa dengan Asia ataupun Australia. Di daerah ini juga ada jenis hewan seperti kera, babi rusa, burung maleo, anoa, serta kuskus.

Ciri-Ciri Fauna Indonesia Bagian Tengah

  • Terdapat banyak hewan asli Indonesia.
  • Mempunyai kemiripan dengan fauna type asiatis serta australis.
  • Ada beragam jenis hewan langka.
  • Faunanya sebagai sisa dari hewan purba yang masih mampu untuk bertahan.

Fauna type australis

Ada di bagian timur Indonesia, seperti Papua serta Kepulauan Aru (sisi timur). Jenis hewan di daerah ini yaitu hewan yang menyusui serta memiliki ukuran kecil, tidak ada kera, sedikit ikan air tawar, serta banyak jenis burung berwarna. Di daerah ini ada hewan seperti kangguru, burung kasuari, kakaktua, serta cenderawasih.

Ciri-Ciri Fauna Indonesia Sisi Timur

  • Banyak binatang yang berkantung.
  • Memiliki beragam jenis burung yang mempunyai bulu warna-warni.
  • Ikan air tawar jumlahnya sedikit.
  • Type ikan laut rata-rata mempunyai bentuk yang bulat panjang.

 

Nah, sampailah kita di akhir pembahasan kali ini, Mengenai Persebaran Flora dan Fauna Di Indonesia. Mudah-mudahan ilmunya bisa bermanfaat untuk kita semua, ya. Dan, jika masih ada yang belum dimengerti, silakan sahabat menyampaikan pertanyaan pada kotak komentar di bawah ini. Terimakasih sudah bertandang ke Lahiya, jangan lupa like, follow, dan komentarnya, ya.

Sumber:
http://www.softilmu.com/2015/11/Persebaran-Flora-Dan-Fauna-Di-Indonesia_3.html
http://woocara.blogspot.co.id/2015/10/persebaran-flora-dan-fauna-di-indonesia.html