Mau Naik Gunung? Lakukan 7 Persiapan Fisik Ini Agar Sukses Mendaki

Kegiatan mendaki gunung saat ini mulai banyak digemari, bahkan tidak hanya bagi orang dewasa, tapi juga anak-anak. Banyak orang awam yang belum terlalu akrab.

Aktivitas mendaki gunung sekarang ini mulai banyak disukai, bahkan juga bukan sekedar untuk orang dewasa, namun juga anak-anak. Beberapa orang pemula yang belum sangat akrab dengan alam juga mulai menjajal kegiatan yang satu ini.

Sayangnya, beberapa pendaki pemula sering lakukan kekeliruan di awal, yakni persiapan yang kurang optimal. Dari mulai masalah perbekalan, keadaan fisik, serta alat-alat yang mensupport pendakian.

Jarak yang bakal anda tempuh dapat mencapai beberapa ribu meter dengan jalanan yang terjal, menanjak, serta curam. Pasti untuk menghadapi medan yang ekstrim seperti itu sangatlah diperlukan persiapan yang masak, khususnya fisik.

Lebih-lebih bila anda ada hasrat untuk menikmati puncak. Wah, stamina mesti kuat benar. Berikut 9 olah raga enteng yang harus anda kerjakan untuk menyiapkan pendakian. Baiknya teratur dikerjakan satu bulan sebelumnya keberangkatan.

1. Jogging

lighthouse-indonesia.com

lighthouse-indonesia.com

Jogging atau lari-lari kecil termasuk juga berolahraga kardio yang paling simpel, gampang dikerjakan, serta begitu penting supaya bisa menguatkan otot kaki. Saat mendaki gunung, kakimu tidak akan gampang capek.

Coba untuk menempuh jarak secara berkala. Umpamanya hari ini 500 meter, setelah itu ditambah jadi 700 mtr., dan sebagainya hingga otot kakimu merasa lebih kencang.

Penting baca ini: Daftar Perlengkapan Naik Gunung Pribadi dan Kelompok

2. Bersepeda dengan Rute Menanjak

marines.dodlive.mil

marines.dodlive.mil

Untuk anda yang mempunyai sepeda, olahraga kardio lainnya yang dapat anda coba selain jogging yakni bersepeda. Anda dapat bikin variasi olah raga. Umpamanya, hari ini jogging, besok sepeda, dst.

Step awal, anda dapat melingkari komplek perumahan. Dengan cara bertahap, coba jalur yang agak menanjak untuk dikayuh dengan sepeda.

loading...

Hal itu bertujuan untuk memperkuat otot kaki serta membiasakan diri melalui jalan tanjakan.

3. Naik-Turun Tangga

tips.blogsaya.com

tips.blogsaya.com

Poin utama saat mendaki serta menuruni gunung bukan sekedar ada pada kemampuan otot kaki serta stamina badan keseluruhannya. Kemantapan kaki juga perluuntuk menapak pada jalanan, baik di tanah, batu, atau pasir. Pijakan yang mantap ini bakal mempermudahmu jalan dengan keadaan medan yang ekstrim meskipun.

Untuk kelancaran mendaki baca ini: 4 Tips Memilih Sepatu Gunung

4. Squat Jumps

mensfitness.com

mensfitness.com

Tidak hanya gerakan naik-turun tangga, kemampuan otot paha serta kemantapan pijakan kaki dapat juga dilatih dengan lakukan squat jumps.

Kurang lebih kerjakan lompatan sepanjang 5 x 30 detik setiap hari sesudah jogging. Rutinlah lakukan squat jumps setiap pagi atau sore untuk memperoleh kemampuan otot paha serta memantapkan pijakan kaki.

5. Push-up

greatist.com

greatist.com

Janganlah cuma memercayakan kemampuan otot kaki saja untuk dapat lakukan pendakian dengan berhasil hingga puncak.

Kemampuan otot tangan juga butuh dilatih untuk menyeimbangkan diri, membantu merangkak atau memanjat waktu hadapi keadaan jalur pendakian yang menukik serta terjal.

Latihan push-up yang teratur dikerjakan sehari-hari dapat jadi satu diantara alternatif untuk memperkuat otot tangan. Cukup 10 x 10 hitungan saja atau dapat lebih, serta kerjakan tiap-tiap usai jogging atau bersepeda.

dbagus.com

dbagus.com

Olah raga ini pas untuk melatih punggungmu supaya kokoh saat membawa keril atau ransel yang penuh dengan barang persediaan.

Jogging, push-up, serta bersepeda saja akan tidak cukup untuk melatih otot punggungmu. Memerlukan latihan penambahan, seperti back-up ini.

6. Senam

kumpulan-artikel-olahraga.blogspot.com

kumpulan-artikel-olahraga.blogspot.com

Apakah senam cuma dikhususkan untuk kaum hawa, terutama ibu-ibu saja? Salah besar. Gerakan senam yang enerjik ini nyatanya begitu bermanfaat sebagai latihan sebelumnya mendaki gunung.

Tak perlu ada instruktur spesial yang dihadirkan cuma untuk membantumu berlatih senam. Cukup unduh saja video senam di youtube, serta teratur kerjakan setiap pagi. Gampang, kan?

7. Berenang

cardinalrec.stanford.edu

cardinalrec.stanford.edu

Ada pula langkah lain nih untuk melatih system pernafasan agar tambah baik serta teratur, yakni berenang. Tidak hanya menolong mengatur pernafasan, berenang akan memperkuat otot tangan serta kaki.

Berenanglah dengan cara teratur 2 kali satu minggu serta kerjakan minimum 1 bulan sebelum pendakian, seperti jogging, bersepeda, serta olah raga enteng yang lain.

8. Latihan Beradaptasi terhadap Udara Dingin

m.vemale.com

m.vemale.com

Setiap 3 hari sekali, coba olahraga jam 4 pagi sebagai sistem penyesuaian dengan cuaca dingin. Sebab kelak saat anda melakukan pendakian, anda mesti sudah siap dengan suhu dingin di gunung.

Anda harus juga siap saat mendaki saat malam hari untuk mencari pos untuk menginap atau jalan di saat subuh untuk menguber matahari terbit di puncak.

Pada beberapa saat tersebut, hawa di lokasi pendakian cukup dingin serta jalurnya yang berat bakal menyusahkan pernafasanmu bila tak disertai dengan persiapan masak. Kerjakan saja olah raga yang telah dijelaskan diatas sebelumnya subuh.

 

1

No Responses

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan