pola-hidup-sehat-alami

8 Pola Hidup Sehat dan 5 cara Hidup Sehat Ala Rasulullah

Posted on

Pola hidup sehat dan cara hidup sehat-Kesehatan adalah anugerah yang tak ternilai harga nya yang Tuhan berikan pada kita tetapi kadang kala, kita lupa untuk menjaga serta mensyukurinya. Cara menjalankan gaya hidup sehat sesungguhnya tidak sulit, simpel dan mudah saja untuk dikerjakan.

Anda hanya perlu memerhatikan kebiasaan kecil sehari-hari apabila ingin merubahnya agar lebih berguna untuk kesehatan tubuh.

Memiliki tubuh sehat tidak melulu mengeluarkan biaya yang mahal. Namun realitanya, beberapa orang rela membayar lebih mahal untuk menjaga penampilan dan kesehatan badannya.

Buat anda yang tidak ingin mengeluarkan banyak uang, lakukan gaya hidup sehat mulai dari yang paling simpel hingga yang terpenting, mulailah dari sekarang!

Oleh karena itu, perlu untuk mengoreksi rutinitas Anda sehari-hari karena bisa jadi hal tersebut tidak termasuk pola hidup sehat. Gaya hidup ini butuh komitmen jangka panjang. Seperti apa gaya hidup sehat itu?

pola hidup sehat

Mengetahui kondisi kesehatan Anda sekarang.

Anda dapat memperbaiki gaya hidup dengan apakah Anda mengalami problem kesehatan atau resiko penyakit tertentu. Oleh karena itu, periksakan diri ke dokter umum serta dokter gigi Anda secara teratur dan berkala.

Gunakan kesempatan ini untuk berkonsultasi pada dokter. Banyak penyakit bersumber dari gaya hidup yang tidak baik. Pola ini terbentuk dari kegiatan sehari-hari yang berulang dan menjadi rutinitas.

Evaluasi kegiatan fisik Anda.

Apakah Anda rajin olahraga? Atau apakah kegiatan Anda sehari-hari didominasi dengan duduk di depan komputer sepanjang hari dan kurang aktif menggerakkan badan?

Para ahli menganjurkan untuk rajin berolahraga dengan durasisedikitnya 75 menit tiap minggu dan bergerak aktif untuk mengencangkan otot minimal dua hari dalam sepekan. Pilih aktivitas yang mengasyikkan sebagai kegiatan fisik yang menyehatkan.

Berolahraga secara teratur menjadi bagian dari cara hidup sehat yang perlu ditunaikan. Tak perlu latihan berat yang menguras energi serta waktu, tak perlu menghambur-hamburkan uang dengan pergi ke pusat kebugaran, cukup berjalan-jalan secara rutin di sekitaran halaman rumah anda. Atau mungkin bisa juga Anda lakukan dengan naik gunung.

Ingat! Bergerak akan membuat jantung selalu sehat, metabolisme terjaga dan terbebas dari stres. Olah-raga ringan yang sering dan teratur adalah cermin seseorang melakukan gaya hidup sehat sederhana.

Catat makanan yang Anda konsumsi.

Jika anda mempunyai problem berat badan berlebih atau kebiasaan pola makan tidak sehat, Anda harus mulai mencatat semua makanan yang anda konsumsi sehari-hari. Catatan ini berguna untuk menyadarkan dan menjadi alat pengingat untuk mengurangi asupan makanan anda, hal ini pun membantu menjaga badan menjadi lebih sehat.

Apabila anda mendambakan penampilan yang tetap awet muda, pilih makanan berkalori sebagai asupan energi dan untuk menjaga suasana hati serta cukupi makanan yang dapat menambah metabolisme, kesehatan jantung dan bisa mengontrol stres.

Memperbanyak makan sayuran beserta akarnya, buah-buahan dengan glikenik rendah (pisang, apel, anggur, jeruk, kiwi, pear), dan makanan yang mengandung protein nabati serta protein tanpa lemak. Jangan memperhatikan kalori akan tetapi perhatikanlahkualitas. Kulit, rambut, kuku, berat tubuh serta suasana hati akan di pengaruhi oleh pola makan sehat.

Kurangi Minuman Bersoda

Minuman berkarbonasi atau bersoda memang memberi sensasi kesegaran yang menakjubkan. Terlebih ketika panas terik menyengat, anda serasa terjun bebas ke kolam penuh air yang menyegarkan seluruh tubuh anda.

Itulah bayangan yang coba mempengaruhi penonton melalui iklan di tv. Supaya anda melupakan kebiasaan hidup sehat serta menimbun gula pemicu kegemukan dalam minuman berkarbonasi.

Check kesehatan relasi sosial Anda.

Apakah hubungan Anda dengan pasangan berjalan harmonis? Bagaimana dengan rekan kerja atau atasan? semua hal tersebut menentukan kesehatan pikir, jiwa, dan tentunya tubuh.

Bertemanlah dengan orang-orang dari lingkungan mampu memotivasi anda menjadi lebih baik serta membuat anda nyaman dan bahagia. Mulailah untuk tidak memikirkan kebiasaan buruk yang dapat membahayakan kesehatan.

Pikirkanlah untuk berhenti merokok atau mengkonsumsi minuman keras, terlebih untuk Anda yang berisiko atau menderita penyakit diabetes, depresi, artritis, atau sakit jantung.

Buang Jauh Rutinitas Buruk

Tiap-tiap orang pasti tahu beberapa rutinitas buruk apa saja yang masih dilakukan, demikian juga dengan anda. Berhenti merokok, minum alkohol, begadang setiap malam hingga konsumsi makanan cepat saji.

Awalilah dengan mengurangi rutinitas tidak baik anda serta jauhkan bila anda ingin menjalankan gaya hidup sehat.

Konsumsilah makanan sehat.

pola-hidup-sehat1

Ubah kata-kata “saya harus” dengan “saya memilih” untuk mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah secara teratur. Hal semacam ini merefleksikan kesadaran untuk hidup sehat lantaran menyadari manfaat serta efek samping bila tidak menerapkan pola makan sehat. Membuat makanan sendiri adalah salah satu cara menjaga kesehatan dan kebersihan makanan.

Minum Lebih Banyak Air

Sudah berapa gelas air putih yang anda konsumsi hari ini? Saya harap jawabannya adalah 8 gelas. Ya! 8 gelas adalah jumlah minimum air yang wajib anda minum? Serta tahukah anda arti kata minimum?

Sebenarnya, tanpa sadar selama ini kita semua masih kurang banyak meminum air putih dalam sehari. Mengkonsumsi minimal 8 gelas air putih dalam sehari merupakan cara hidup sehat yang murah, gampang dan ampuh untuk melindungi kesehatan badan.

Mulailah Membuat Juice

Juice buah ataupun sayur dapat menjadi cara efektif buat anda atau anggota keluarga yg tidak gemar mengkonsumsi buah serta sayuran secara langsung. Telah banyak kreasi resep juice buah dengan rasa yang nikmat tanpa megurangi kadar vitamin atau mineral bermanfaat yang terkadung di dalamnya.

Nikmati juice secara teratur yaitu salah satu langkah gaya hidup sehat yang gampang untuk dilakukan selain meminum air putih.

Juice Tomat Wortel
Waktu penyajian selama 10 menit
Resep untuk : 1 porsi
Ukuran sajian : 1 gelas saji
Kalori per sajian : 74 kkal
Bahan-bahan
 50 gr tomat merah
 50 gr wortel segar
 1 sdm air gula
 Potongan es batu
Cara membuat juice :

Setelah dicuci menggunakan air mengalir, kupas dan potong-potong wortel. Lalu iris tomat menjadi beberapa bagian. Masukkan semua bahan ke dalam blender, dan haluskan. Tuang ke gelas, hidangkan dengan tambahan potongan es batu agar juice lebih segar.

Catatan :
Kegunaan juice tomat campur wortel ini yaitu untuk melindungi kesehatan darah, hingga terbebas dari masalah darah rendah (kerap pusing, pandangan kabur, serta mudah pingsan).

Pilih Yang Alami

Menjaga tampilan fisik mulai dari muka, rambut hingga area badan lain memanglah sudah menjadi kewajiban. Beberapa produk kecantikan maupun kesehatan yang anda konsumsi mungkin tidak bersahabat dengan badan anda di masa depan.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan