pola-hidup-sehat-alami

8 Pola Hidup Sehat dan 5 cara Hidup Sehat Ala Rasulullah

Posted on

Cobalah menggunakan masker mentimun untuk membersihkan kulit, menggunakan madu untuk menyingkirkan noda hitam sisa jerawat atau mengkonsumsi juice wortel untuk menjaga mata indah anda.

Tertawalah

Percayakah anda bila tertawa dapat membuat awet muda? Tidak hanya mampu membakar kalori tanpa disadari, tertawa juga menyehatkan jantung lantaran dapat melatih otot diafragma. Anjuran gaya hidup sehat dengan tertawa telah banyak dibuktikan keampuhannya untuk membuat anda awet muda.

Mengelola stres

Stres merupakan hal yg tidak terhindarkan. Namun anda dapat mencoba mengatasinya dengan merencanakan banyak hal agar tidak terlewatkan, menyisihkan waktu untuk relaks dan melakukan hobi, bisa juga dengan yoga atau meditasi.

Selain itu, dengan mencatat momen-momen yang patut anda syukuri membuat jiwa lebih tenang.

Biasakan Berfikir Positif

Otak merupakan bagian terpenting dari tubuh manusia. Semua kegiatan akan dikoordinasikan melalui otak sebelum dijalankan oleh bagian badan. Fikiran positif akan menghindari anda dari stres, tingkatkan rasa percaya diri dan menjaga kinerja organ tubuh yang lain terus optimal.

Istirahat cukup

Istirahat cukup merupakan kunci mendapatkan pikiran dan tubuh yang sehat. Tidak hanya bertujuan mengistirahatkan badan serta mengelola stres, manfaat tidur untuk kecantikan juga begitu nyata.

Hormon anti-penuaan yang di kenal sebagai DHEA sebetulnya di produksi selagi anda sedang tidur. Delapan jam adalah saat tidur yang optimal, namun jika anda dapat tidur sampai sembilan jam, itu lebih baik! Hormon anti-penuaan DHEA di produksi tubuh selagi tidur.

Pastikan jam tidur Anda cukup dengan membiasakan tidur dan bangun di waktu yang sama. Mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan musik membantu anda untuk cepat tidur dan menolong tubuh untuk istirahat.

Gaya hidup sehat akan berhasil diterapkan jika berlandaskan kesadaran diri sendiri untuk meninggalkan kebiasaan buruk yang menimbulkan berbagai penyakit. Jadikanlah gaya hidup sehat sebagai kebiasaan beraktivitas anda setia hari agar mendapat manfaat jangka panjang.

Ikuti Cara Hidup Sehat Rasulullah

Sehat Ala Rasulullah

Ini dia 5 Cara Hidup Sehat Ala Rasulullah Yang Terbukti Ampuh! – Hidup sehat dalam menjalani hari-hari merupakan idaman setiap orang. Namun, biasanya beberapa orang tidak melakukan pola hidup yang benar dalam rangka mewujudkan idaman mereka tersebut.

Intinya, pola hidup seseorang menjadi faktor utama dalam menentukan kesehatannya. Mulailah dari hal-hal kecil yang umum dilakukan sehari-hari hingga hal besar yang juga kerap kita jalankan.

Lantaran pola hidup seseorang bisa mempengaruhi kesehatan, beberapa orang akan mengubah pola hidup mereka ke arah yang lebih baik ketika sudah terjadi sesuatu hal pada kesehatan badan mereka.

Maka dari itu, saat ini kerap kali kita temui beragam cara yang ditempuh dalam rangka mendapat kesehatan mulai dari diet menurunkan berat badan, latihan olah-raga secara ketat, therapy kesehatan secara khusus s/d konsumsi obat-obatan tertentu dalam jangka panjang.

Sebetulnya, cara-cara tersebut tidak menjadi faktor utama untuk memperoleh hidup sehat apabila sejak awal seseorang sudah menerapkan pola serta cara hidup sehat dalam keseharian mereka. Selain itu, saran medis lantas menjadi alternatif pilihan mereka untuk memperoleh kesehatan.

Namun, bagi umat muslim pola hidup sehat sebenarnya sudah tertuntun sejak Adanya Nabi Muhammad serta turunnya kitab Suci Al-qur’an. Sehingganya kemudian banyak cendikia muslim dan ilmuwan muslim yang melakukan study kesehatan dengan mengikuti cara hidup sehat ala Rasulullah SAW dan ternyata secara medispun semua gaya hidup sehat ala Rasullah itu dapat dibuktikan kebenarannya.

Berikut 5 cara hidup sehat yang di terapkan Nabi Muhammad SAW yang terbukti ampuh untuk menjaga kesehatan manusia! Cara Hidup Sehat Ala Rasulullah Yang Diaplikasikan Semasa Hidupnya

Duduk Selagi Makan Dan Minum

Saat tengah makan atau minum, Rasulullah senantiasa duduk. Secara medis, ketika seseorang duduk ketika makan atau minum ternyata rongga dalam sistem pencernaan (perut) berbeda apabila seseorang dalam keadaan berdiri.

Rongga dalam sistem pencernaan lebih terbuka sehingga saat makanan atau minuman ditelan maka sistem pencernaan tubuh telah siap menerimanya. Saat pencernaan makanan siap menerima maka tak ada paksaan pada sistem pencernaan tersebut untuk bekerja keras.

Berbeda apabila makan serta minum dilakukan secara berdiri maka katub dalam system pencernaan belum seluruhnya terbuka sehingganya saat makanan atau minuman datang maka sistem pencernaan akan bekerja keras untuk mencernanya apabila hal semacam itu tarus berlangsung semakin lama sistem pencernaan menjadi lemah dan menyebabkan beberapa gangguan kesehatan pada seseorang.

Rajin Berpuasa

Dalam menjalani hidupnya, Rasulullah SAW rajin berpuasa sunnah. Tidak hanya puasa Ramadhan umat muslim banyak yang menjalankan puasa sunnah terlebih pada hari Senin dan Kamis.

Untuk umat muslim, selain memperoleh pahala ternyata secara medis membuktikan bahwa puasa mempunyai pengaruh penting untuk kesehatan fisik serta psikologis manusia. Ketika berpuasa kinerja organ tubuh menjadi lebih rilek serta tenang sehingga emosi lebih mudah terkontrol serta fikiran jauh dari stress.

Dan secara kesehatan fisik, puasa dapat mengontrol jumlah makanan serta minuman dalam tubuh menjadi lebih teratur dan tak berlebih dengan begitu kinerja organ pencernaan dapat berjalan seimbang.

Makan Menggunakan Tangan Kanan

Kendati semasa hidup Rasulullah Saw sudah memiliki peralatan makan alami seperti bejana atau yang lain, tetapi ketika makan Rasulullah saw senantiasa menggunakan tangan kanan dan hal tersebut menjadi sunnah yang banyak diikut umat muslim.

Perlu di ketahui ternyata hasil riset medis, tangan kanan yang bergerak ketika makan maka syaraf otak kiri akan tetap bekerja dan tetap aktif. Hal semacam ini berguna untuk melatih dan melindungi otak kiri menghasilkan fikiran yang tetap fokus dan senantiasa aktif.

Keseimbangan Waktu Istirahat

Secara medis, badan sangat disarankan untuk beristirahat dengan cukup. Tahukah Anda ternyataRasulullah telah mengaplikasikan hal tersebut semasa hidupnya.

Lantas bagaimana Rasulullah melakukannya? Sehari-hari Rasullah SAW membagi waktu beraktivitasnya agar seimbang. Nabi Muhammad SAW selalu membagi waktu jadi 3 bagian, di mana 1/3 waktu dipakai untuk bekerja urusan dunia, lalu 1/3 lagi dipakai untuk urusan akhirat (melaksanakan ibadah) dan 1/3 terakhir digunakan untuk beristirahat.

Dalam kajian medis badan memerlukan waktu istirahat selama 8 jam dalam sehari dan hal itu pun berasal dari 1/3 waktu beristirahat yang diaplikasikan oleh Rasulullah saw dalam kesehariannya.

Makan Sebelum Lapar dan Berhenti Sebelum Kenyang

Tidak hanya, konsumsi makanan yang baik dan halal, Rasulullah sudah memberi teladan untuk hidup sehat dengan cara makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Hal tersebut bermakna agar seseorang tidak makan dalam porsi yang berlebihan.

Secara medis hal tersebut ampuh dalam soal untuk memelihara kesehatan organ pencernaan tubuh terlebih lambung, di mana ketika makanan dan minuman masuk secara berlebih maka organ perncernaan akan bekerja begitu keras untuk mencernanya.

Hal itu dapat melemahkan kinerja system pencernaan tubuh dan dapat menimbulkan penyakit serta gangguang kesehatan lainnya.

 

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan