Posting Berita “Umat Islam yang Ada di PDIP Dihimbau Keluar,” Begini Nasib Tragis Jhony

Posted on

Lahiya – Pengelola portal online Harokah.com, Jhony Kenedy Sinaga (35) mendapatkan masalah lantaran sebuah unggahan di portal media yang dikelolanya. Jhony ditangkap oleh Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.

Pihak yang berwajib langsung bergerak cepat setelah mendapat aduan jika Jhony diduga mengunggah konten informasi berupa imbauan bagi anggota Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDI-P yang beragama Islam untuk hengkang dari partai tersebut.

“Iya benar, telah diamankan pelaku penyebar berita terkait sebagai pengelola akun Harokah,” ujar Kasubdit II Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Kombes Asep Safrudin saat dihubungi, Jumat (29/12/2017), seperti yang diwartakan oleh Detik.com

Jhony dilaporkan oleh Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Krstianto pada Rabu (20/12/2017). Hasto mempolisikan Jhony lantaran pemberitaan di dalam portal berita Harokah.com.

Baca juga: Dituding Hina Rizieq Shihab Lewat Postingannya di Facebook, Begini Klarifikasi Ade Armando

“Kemudian hari Kamis, 28 Desember 2017 pukul 15.30 WIB telah dilakukan penangkapan terhadap Pelaku yang memposting berita berjudul “Umat Islam Yang Ada PDIP Dihimbau Keluar,” ujar Asep.

Dari pengamanan tersebut, polisi turut menyita 1 unit komputer jinjing merek Compaq, 1 buah HP merek Advan, 2 buah kartu ATM Bank Mandiri Syariah dan juga 1 buah Kartu Tanda Penduduk.

Dan atas perbuatannya itu, pelaku diduga melakukan tindak pidana sesuai dengan Pasal 45 ayat (3) jo Pasal 27 ayat (3) dan atau Pasal 45a ayat (2) jo 28 ayat (2) UU RI nomor 19 tahun 2016 mengenai perubahan atas UU nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan atau Pasal 310 dan atau Pasal 311 KUHP tentang Penghinaan/Pencemaran Nama Baik dan atau SARA. Karena ancama hukumannya di bawah 5 tahun penjara, tidak dilakukan penahanan.

Baca juga: Dikenal Tak Pernah Bicara, Limbad Dikabarkan ‘Banting Setir’ Jadi Pendakwah. Begini Penampilannya Sekarang

“Tidak dilakukan penahanan karena ancaman hukumannya di bawah 5 tahun penjara,” ucapnya.

Dari penelusuran Lahiya, postingan yang berjudul ‘Umat Islam yang Ada di PDIP Dihimbau Keluar’ yang sudah diposting sejak tanggal 30 Okober 2017. Postingan tersebut sudah dikomentari ratusan warganet.

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan