Postingannya Dinilai Tak Cerminkan Kualitas Akademis, Begini Klarifikasi Ade Armando

Posted on

Lahiya – Postingan dari akun Facebook atas nama Ade Armando yang melecehkan hadis dinilai sangat tidak beretika serta sama sekali tidak menunjukkan kualitas seorang Akademisi. Demikian dinyatakan oleh Pimpinan Pusat Front Mahasiswa Islam (FMI). Pasalnya, seperti diketahui Ade merupakan akademisi dari institusi pendidikan tinggi ternama, Universitas Indonesia.

Seperti dikutip dari reportase Republika.co.id, Minggu (31/12/2017), Ketua Umum PP FMI, Ali Alatas menuturkan, pihaknya bersama Pusat Hak Asasi Muslim Indonesia telah melaporkan akun Facebook Ade Armando kepada pihak kepolisian. Laporan dilakukan pada Jumat (29/12/2017).

“Ade telah menyebarkan ujaran kebencian lewat media sosial dengan menghina Hadits Rasulullah SAW serta melecehkan Ulama,” katanya dalam keterangan tulis yang diterima tim media di Jakarta, Minggu (31/12/2017).

Ia melanjutkan, al hadis atau as sunnah adalah sumber kedua setelah Alquran, yang menjadi rujukan umat Islam dalam beribadah. Dengan demikian, sumber itu memiliki kedudukan mulia pada keyakinan umat Islam.

Baca juga: Hangat! Peluk dan Tawa Warnai Pertemuan Ustaz Somad-Habib Rizieq di Mekkah

Di sisi lain, tindakan Ade Armando yang memposting gambar ulama yang diedit dengan menggunakan atribut natal amatlah berbahaya.

“Dapat memicu rasa saling curiga antarumat beragama serta dapat memperuncing permusuhan antarelemen Bangsa,” tambah Ali Alatas.

Klarifikasi Ade Armando

Setelah dilaporkan oleh salah seorang murid Habib Rizieq Shihab, pegiat media sosial Ade Armando p0unakhirnya angkat bicara. Sebelumnya, unggahan Ade Armando dianggap telah menghina Habib Rizieq Shihab dan sejumlah ulama lainnya.

Menyatakan klarifikasinya, Ade mengaku justru bingung dengan tuduhan yang ditujukan kepadanya. Pasalnya, dalam foto yang diunggahnya di akun Facebook atas nama Ade Armando itu, justru dilengkapi keterangan bahwa foto tersebut adalah hoax.

“Saya mau bilang gini, kalau di status saya ada tulisan ini hoax ya,” ujar Ade saat dihubungi wartawan pada Kamis (28/12) malam, melansir reportase Detik.com.

Dari penelusuran redaksi Lahiya, memang benar adanya unggahan yang dimaksudkan pelapor. Unggahan tersebut berupa foto Rizieq Shihab yang disunting tampak mengenakan atribut natal. Namun, keterangan yang diberikan Ade Armando dalam caption pun sesuai pengakuan Ade. Tertulis “It’s a hoax” di-caption foto yang diunggah pada 20 Desember 2017 pukul 23.44.

Ade menyebutkan, adanya caption tersebut justru menjelaskan jika gambar yang diunggahnya hoax. Dosen Universitas Indonesia itu pun menduga adanya kemungkinan kesalahpahaman dari pelapor yang tidak memahami konteks unggahannya.

“Lain halnya kalau si pengadu itu dikirimi orang lain. Misalnya mengatakan Ade Armando menyebarkan gambar ini, kalau itu bisa saja salah. Misalnya, menyangka saya memuat gambar tersebut tanpa penjelasan apa-apa kan,” papar Ade.

Kemungkinan Menuntut Balik?

GARA-GARA SAYA MENGKLARIFIKASI BAHWA FOTO RIZIEQ DKK MENGENAKAN PAKAIAN SINTERKLAS ADALAH PALSU, SAYA JUSTRU DIADUKAN KE…

Posted by Ade Armando on Thursday, December 28, 2017

Justru Ade mengungkapkan, pihaknya ingin mengetahui alasan apa yang melatarbelakangi pelapor tersebut melaporkannya. Pasalnya, jika pelapor memiliki niat jahat, maka bisa dituntut balik oleh Ade.

Meski begitu, Ade mengaku belum ada niatan untuk melakukan hal tersebut.

“Tapi saya sih nggak belum ke arah sana lah. Pengin tau aja dari pihak mereka menuntut saya, padahal kan saya klarifikasi,” tandas Ade.

Ade juga mengakui, unggahan tersebut bukan buatan dirinya. Sebagai pegiat media sosial, ia menambahkan, dirinya tak ada maksud khusus dalam unggahan tersebut. Ia menilai unggahan tersebut hanya sekadar menarik saja, sehingga ia pun membagikan dengan keterangan pada caption yang menyatakan gambar tersebut adalah hoax.

Ade menyatakan, ia tidak akan gentar menghadapi proses hukum oleh Badan Reserse Kriminal Polri. Ia menambahkan, dirinya siap memberikan keterangan yang sebenarnya pada penyidik bila ia dipanggil nantinya.

“Mereka (Bareskrim) kan minta keterangan Kita tinggal memberikan keterangan sejujurnya,” tegas Ade.

Sebelumnya, Dosen Universitas Indonesia Ade Armando dilaporkan ke Badan Reserse Kriminal Polri oleh seorang wanita yang mengaku sebagai murid Habib Rizieq. Ia bernama Ratih Puspa Nusanti. Ade dituduh melakukan penghinaan terhadap Rizieq Shihab melalui suatu unggahan konten di Facebook.

Ratih menyebutkan, Ade menghina Rizieq Shihab melalui media sosial Facebook. Menurut Ratih, Ade mengunggah foto suntingan bergambar Rizieq Shihab dan sejumlah ulama lain mengenakan atribut bernuansa Natal.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan