Presiden Jokowi atau Setya Novanto? Ini Nama yang Paling Banyak Diberitakan Sepanjang 2017

Posted on

Lahiya – Indonesia Indocator (I2) melakukan riset bertema “Nama dalam Berita” yang mencatat 100 nama yang paling banyak muncul di media online Indonesia sepanjang tanun 2017.

Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2) Rustika Herlambang mengungkapkan bahwa 100 nama tersebut berasal dari 1.909 media online berbahasa Indonesia sejak 1 Januari hingga 8 Desember 2017.

Menurut Rustika dalam keterangan tertulisnya, jumlah pemberitaan selama jangka waktu tersebut mencapai 7.492.615 berita.

“Apabila dilihat dari 100 nama tokoh lokal teratas telah terbaca bahwa isu pilkada DKI, kasus korupsi e-KTP, pro kontra di legislatif, serta infrastruktur menjadi perbincangan paling hangat di media Indonesia sepanjang 2017,” ujarnya, seperti dilansir republika.co.id.

Baca juga: Waduh! Ternyata Ini Alasan PKB Dukung Charly ST12 Dampingi Ridwan Kamil di Pilgub Jabar

Rustika menyebut, selama 2017 Presiden Joko Widodo (Jokowi) menduduki puncak Tokoh Terpegah di media online. Artinya, Jokowi merupakan tokoh yang terbanyak diberitakan media.

“Jumlahnya mencapai 376.883 berita dalam 11 bulan terakhir, atau sekitar 33.059 berita per bulan, 1.100 berita/hari. Secara framing pemberitaan keseluruhan, sentimen negatif yang ditujukan pada pemberitaan mengenai Jokowi terdapat sebesar 21 persen, dan sentimen netral positif sebesar 79 persen,” lanjutnya.

Sementara itu, diposisi kedua diisi oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), sebanyak 165.481 berita. Pemberitaan mengenai Ahok ramai dibicarakan 5 bulan pertama di 2017, setelah itu pemberitaan mengenai Ahok menurun tajam.

Di posisi ketiga ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 91.561 berita. Berita mengenai Anies cukup fluktuatif, yakni tinggi sepanjang Januari hingga April, sempat menurun, dan kembali meninggi sejak Oktober hingga November.

Sementara itu, Setya Novanto yang kini mendekam di rutan KPK menduduki posisi keempat. Sedangkan posisi kelima diduduki oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

Baca juga: Marah Besar, Prabowo: Kalian Berkhianat? Dapat Apa dari Jokowi?

“Kelimanya sebagai figur yang paling banyak dibicarakan media sepanjang 2017,” terangnya.

Sementara itu, dari 100 nama yang paling banyak diberitakan media online berbahasa Indonesia, 25 orang diantaranya berasal dari luar Indonesia. Mereka merupakan tokoh dunia seperti pemimpin negara, serta tokoh di bidang olahraga sepak bola dan balap.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan