Presiden Jokowi Tiba-Tiba Melantik Idrus Marham, Agum Gumelar dan 2 Pejabat lainya

Posted on

Lahiya – Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini, Rabu (17/1/2018) melantik sejumlah pejabat tinggi negara. Hal ini cukup mengejutkan, sebab sebelumnya tidak ada tanda-tanda mengenai agenda Presiden tersebut.

Seperti diwartakan kompas.com, Presiden Jokowi melantik sejumlah menteri dan pejabat setingkat menteri.

Presiden melantik politisi Partai Golkar Idrus Marham sebagai Menteri Sosial. Idrus menggantikan Khofifah Indar Parawansa yang saat ini berstatus sebagai calon gubernur dalam kontestasi Pilkada Jawa Timur 2018.

Idrus Marham saat ini tercatat sebagai Sekretaris Jenderal Partai Golkar. Pengangkatan Idrus tersebut tertuang pada Surat Keputusan Presiden Nomor 10p Tahun 2018 tentang Pengangkatan sebagai Menteri Sosial.

Baca Juga: Fantastis! Gaji PNS Pajak Bisa Tembus Rp 100 Juta Per Bulan

Selain itu, Presiden Jokowi juga menggeser Kepala Kantor Staf Presiden, Teten Masduki. Ia digantikan oleh Jenderal TNI (Purn) Moeldoko. Pelantikan Moeldoko didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 11p Tahun 2018 tentang Pengangkatan Kepala Kantor Staf Presiden.

Selanjutnya, Presiden Jokowi mendaulat Agum Gumelar sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden. Posisi ini ditinggal oleh Hasyim Muzadi yang tutup usia beberapa waktu lalu.

Pelantikan Agum didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 12p Tahun 2018 tentang Pengangkatan Anggota Wantimpres.

Pejabat lain yang juga dilantik pada hari ini adalah Marsekal Madya TNI Yuyu Sutisna menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Udara. Ia menduduki posisi yang sebelumnya dijabat oleh Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang kini telah menjadi Panglima TNI. Pelantikan Yuyu didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 2TNI Tahun 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan KSAU.

Setelah keempat pejabat tersebut mengucapkan sumpah jabatan, Presiden dan Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta tamu undangan memberikan selamat kepada pejabat negara yang baru dilantik.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan