Home Kabar Pria Ini Jadi Lebih Tinggi dan Muda Setelah Pulang Dari Luar Angkasa

Pria Ini Jadi Lebih Tinggi dan Muda Setelah Pulang Dari Luar Angkasa

SHARE
Scott Kelly kembali ke Bumi setelah menghabiskan 342 hari di luar angkasa
Scott Kelly kembali ke Bumi setelah menghabiskan 342 hari di luar angkasa © Bill Ingals /NASA

Apa dampaknya jika manusia menghabiskan terlalu banyak waktu di luar angkasa?

Scott Kelly (52), seorang astronaut asal Amerika Serikat yang kembali ke Bumi pada 3 Maret 2016 setelah menghabiskan 342 hari di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), tahu jawabnya.

Secara fisik, Kelly mengalami penambahan tinggi badan hingga 2 inci, atau sekitar 5 cm, dan usianya lebih muda sekitar 1/100 detik dari yang seharusnya.

Penambahan tinggi tersebut, seperti dijelaskan di blog resmi NASA, disebabkan tulang belakang para astronaut tidak terkenda dampak gravitasi.

Namun kenaikkan tinggi badan tersebut hanya bersifat sementara. Umumnya seorang astronaut yang pergi ke ISS akan mengalami kenaikkan tinggi badan hingga 3 persen.

Kelompok peneliti ISS mengatakan melalui Twitter, hanya dibutuhkan beberapa menit saja untuk Kelly kembali ke tinggi badan normalnya.

Tak hanya lebih tinggi, kini Kelly juga lebih muda sekitar 1/100 detik dari umur seharusnya, seperti yang disebutkan oleh seorang ahli astrofisika terkemuka, Neil deGrasse Tyson.

Hal ini dapat dijelaskan dengan menggunakan teori khusus relativitas Einstein dan fenomena nyata yang dikenal sebagai dilatasi waktu.

ISS mengorbit dengan kecepatan sekitar 17.000 mil/jam (27.000 km/jam) terhadap permukaan bumi. Dalam teori khusus Albert Einstein mengenai relativitas dikenal sebagai paradoks kembar, waktu akan berjalan lebih lambat sekitar 28 mikrodetik bagi Scott dibandingkan bagi saudara kembarnya, Mark, yang tinggal di bumi, seperti dikutip dariQuartz (2/3).

Namun ISS berada sekitar 250 mil (402 km) di atas Bumi, dan, menurut teori relativitas umum Einstein, karena gaya gravitasi Bumi terhadap ISS sangat rendah maka waktu berjalan agak lebih cepat di stasiun luar angkasa itu dibandingkan di Bumi. Tetapi peningkatan tersebut hanya berkisar 3 mikrodetik.

loading...

Berarti, setiap harinya Scott akan lebih muda 25 mikrodetik dibandingkan saudara kembarnya dan setelah menghabiskan 342 hari di luar angkasa, Scott pulang ke Bumi dengan usia lebih muda 8,6 milidetik, atau kurang sedikit dari 1/100 detik, dibanding Mark.

Hal lain yang dialami Kelly, menurut TechInsider, Kamis (3/3), adalah kulitnya yang lebih sensitif. Kelly menjelaskan karena kulit di tubuhnya sudah lama tidak bergesekan dengan apapun, kulit tersebut menjadi sangat sensitif ketika ia berjalan, duduk atau tidur. Efeknya seperti ketika terbakar.

Umumnya durasi maksimal astronaut dikirim ke ISS hanya 6 bulan. Namun Kelly, ditemani kosmonaut Rusia, Mikhail Kornienko, menjalaninya dua kali lebih lama dibandingkan durasi normal tersebut.

Mark dan Scott Kelly
Mark dan Scott Kelly © Sergei Ilnitsky /EPA

Pengalaman di luar angkasa

Kelly juga menceritakan pengalaman dirinya saat memantau Bumi dari luar angkasa. Selama perjalanannya ia telah melakukan lebih dari 450 eksperimen di ISS.

Misi Kelly di luar angkasa adalah untuk mempelajari dampak dari tidak adanya gravitas, radiasi, dan lingkungan yang lambat ke manusia selama penerbangan ke luar angkasa. Hal-hal ini merupakan poin penting sebagai persiapan menerbangkan manusia untuk menjelajahi Mars.

Ia mengatakan, polusi udara sudah sangat mencemari benua Asia karena daratannya tidak dapat dilihat lagi secara jelas dari luar angkasa. Selain itu, kebakaran kerap terjadi di salah satu negara bagian di Amerika Serikat, California, sepanjang periode musim panas (Juni-September).

Yang terpenting dari hasil pengamatan Kelly adalah betapa tipis dan rapuhnya lapisan atmosfer Bumi saat ini. Hal itu menjadi peringatan bagi penduduk Bumi untuk segera memperbaiki pola hidup dan industri guna mengurangi polutan yang dilepas ke udara.

Penjelasan lengkap mengenai misi Kelly selama satu tahun di luar angkasa bisa dibaca pada laman NASA ini.

SHARE

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan