Pria Tiongkok Berbaju Tentara Berkeliaran di Pasar, Kapolsek dan Danramil Langsung Menemuinya. Hasilnya?

Posted on

Lahiya – Netizen belakangan ini heboh memperbincangkan foto pria mengenakan seragam pakaian tentara Tiongkok yang keluyuran di pasar. Muncul berbagai spekulasi lantaran aksi pria tersebut, khususnya dalam kalangan kelompok-kelompok yang menyerukan sentimen ’’anti-China”.

Kamera menangkap pria berpakaian tentara Tiongkok itu saat tengah berada di Pasar Ulul Albab, Jalan Pasir Putih, Kabupaten Kampar, Riau. Tak diketahui siapa yang pertama kali mengunggahnya. Yang jelas, foto tersebut sudah beredar di Facebook narasi yang beragam.

Dilansir dari Jawapos.com, penyebar informasi itu salah satunya adalah akun Facebook Ernie Putri Tasina. Dia membagikan foto pria berpakaian tentara Tiongkok pada 24 Desember 2017. Menurut pengakuannya ia mendapat foto tersebut dari temannya.  ”Lokasi Pasar Ulul Albab Jalan Pasir Putih, Kabupaten Kampar, Riau. Logika: masak ada tentara Indonesia jalan-jalan ke negara lain pakai seragam,” tulis akun tersebut.

Baca juga: Tegas! Sri Mulyani Tegur Anies Beswedan Soal Perubahan Perjalanan Dinas

Komentar bernada hasutan juga turut disampaikan oleh pengguna Facebook Akhyar Anis saat dirinya membagikan foto yang sama. ”APA MEREKA MAU MENGHANCURKAN REPUBLIK INI DARI DALAM DENGAN MENYAMAR SEBAGAI TENAGA KERJA,” tulis Akhyar Anis pada 24 Desember 2017.

Kabar yang merebak dengan bumbu penuh penafsiran dan spekulasi tersebut langsung direspon oleh polisi dan juga TNI. Dikutip dari Jawapos.com, Kapolsek Siak Hulu Kompol Vera Taurensa langsung memberi perintah kepada anggotanya untuk menyelidiki agar dapat memastikan kebenaran foto itu.

”Kemudian, didapatlah informasi bahwa warga negara asing (WNA) tersebut adalah karyawan di PT Riau Perkasa Steel (PT RPS) yang beralamat di Desa Baru, Kecamatan Siak Hulu, Kampar,” terang Kompol Vera.

Vera kemudian melakukan koordinasi dengan Danramil 06 Siak Hulu Kapten Hadi Prayetno. Mereka lalu bersama pergi menemui WNA itu di PT RPS dengan tujuan mengecek secara langsung kebenaran informasi tersebut pada Sabtu (23/12).

Baca juga: Kejam! 68 Warga Sipil Tewas Jadi Korban Serangan Saudi Sehari

PT RPS menerangkan kepada Kapolsek dan Danramil bahwa sosok yang mengenakan pakaian mirip seragam TNI itu memang benar merupakan karyawannya. Berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan (IMTA), pria itu bernama Tan Jianwu, 37.

Pria tersebut bekerja sebagai mechanical engineer yang tinggal di Jalan Raya Pasir Putih KM 6,5, Desa Baru, Siak Hulu. Tan Jianwu juga mengaku bahwa dirinya memakai seragam tentara pada hari Minggu 17 Desember 2017. Dia ketika itu tengah berbelanja keperluan sehari-hari yakni sembako.

Dia mengatakan bahwa baju itu ia dapat saat berada di Tiongkok. Tan Jianwu mengaku kalau ia tak tahu bahwa baju itu tidak boleh dipakai lantaran serupa dengan seragam TNI. Sementara, dia sendiri sudah biasa mengenakan baju itu ketika di lokasi kerja.

Baca juga: Jokowi Beri Pesan Natal Umat Kristiani: Jangan Pernah Lelah Bekerja di Ladangnya Tuhan

Danramil 06 Siak Hulu lalu meminta PT RPS supaya melarang karyawannya mengenakan pakaian yang menyerupai seragam TNI. Itu harus, baik di lingkungan perusahaan maupun juga ketika keluar. ’’Yang bersangkutan bukan tentara, melainkan pekerja legal di salah satu perusahaan yang berada di Siak Hulu #bacadulubarukomen,’’ tulis Kapolsek Vera Taurensa melalui akun resmi Facebook-nya, www.facebook.com/taurensa.

Jadi, memang benar ada WNA asal Tiongkok yang memakai seragam tentara ketika sedang berbelanja di sebuah pasar di Riau. Namun, dia bukanlah anggota militer Tiongkok. Pria itu bernama Tan Jianwu dan ia merupakan salah satu pekerja PT Riau Perkasa Steel.

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan