SHARE

Prinsip, Manfaat, dan Cabang Ilmu Geografi Selamat datang di Lahiya, situs (blog) sederhana yang berbagi ilmu dan pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Dan, pada kesempatan kali ini, kami bakal sharing pengetahuan mengenai Prinsip, Manfaat, dan Cabang Ilmu Geografi. Langsung saja kita masuk ke pembahasannya, ya.

Prinsip Geografi

Terdapat 4 prinsip yang ada didalam pengetahuan geografi, yakni:

Prinsip Persebaran/Distribusi

Artinya adalah persebaran bentang alam yang ada di permukaan bumi itu tidak sama di tiap lokasi. Contoh: Masyarakat di daerah perkotaan biasa membuat pemukiman padat atau berkelompok, lain halnya dengan masyarakat di pedesaan membuat pemukiman yang jarang, atau letaknya berjauhan.

Prinsip Interelasi

Prinsip ini menekankan kalau fenomena serta tanda-tanda yang terjadi di lokasi tertentu memiliki hubungan dengan fenomena serta tanda-tanda yang lain. Contoh: masyarakat di lokasi pantai bermata pencaharian sebagai nelayan, lantaran mereka dekat dengan laut sebagai tempat untuk mencari ikan.

Prinsip Deskripsi

Deksripsi di sini menerangkan kalau sebuah fenomena serta tanda-tanda yang terjadi mengharuskan adanya pendeskripsian mencakup tulisan, tabel, gambar atau grafik. Contoh: peta persebaran gunung api di dunia.

Prinsip Korologi (Gabungan)

Artinya dengan mendeskripsikan ketiga prinsip di atas serta menggabungkannya, sebuah lokasi mempunyai akan memiliki karakteristik atau ciri-ciri spesifik. Prinsip ini adalah symbol dari geografi modern. Contoh: suhu udara di pegunugan lebih sejuk dari pada di perkotaan, karena adanya dampak ketinggian tempat pada lokasi pegunungan.

Manfaat Geografi

Ada banyak sekali khasiat mempelajari pengetahuan geografi. Berikut ini yaitu beberapa khasiat pengetahuan geografi, yakni:

Wawasan dalam ruang

Geografi melatih makhlup hidup untuk memproyeksikan atau memposisikan dirinya di dalam sebuah ruang yang disebut dengan bumi. Tujuan itu mencakup semua segi ruang, yakni arah, jarak, luas, serta bentuk.

Persepsi Relasi Antar Gejala

Dalam mempelajari geografi, kita dituntut untuk sama-sama mencermati fenomena serta tanda-tanda yang terjadi pada sebuah bentang alam atau lokasi hingga bisa menyimpulkan hubungan-hubungannya.

Pemetaan potensi daerah

Dengan mempelajari geografi, manusia bisa melakukan pemetaan beberapa lokasi yang memiliki karakteristik tertentu sesuai dengan prinsip dalam pengetahuan geografi yang sudah dijelaskan di awal.

Pemahaman Global

Geografi menuntut seseorang untuk mengetahui wsemua lokasi yang ada di bumi. Artinya, seseorang tidak cuma mengetahui mengenai lokasi tempat tinggalnya saja, akan tetapi bisa mengetahui semua segi yang ada di permukaan bumi ini.

Muncul Rasa Kecintaan serta ingin Menjaga

Sesudah mengetahui semua potensi lokasi berikut ini semua segi yang dimilki oleh bumi ini, pastinya bakal muncul sebuah rasa kecintaan terhadap ciptaan Tuhan yang amat indah. Rasa kecintaan ini bisa menyebabkan rasa ingin memiliki hingga seseorang bakal cenderung untuk melindungi wilayahnya supaya tidak terganggu.

Cabang Ilmu Geografi

Secara garis besar, cabang pengetahuan geografi mempunyai dua disiplin ilmu, yakni:

Geografi Fisik

Kajian geografi fisik mempelajari beberapa gejala fisik bumi yang mencakup tanah, air, serta udara, dan semua proses yang terjadi di dalamnya. Kajian geografi fisik ditunjang lagi oleh pengetahuan Geologi, Geomorfologi, Pengetahuan Tanah, Meteorologi, Klimatologi serta Oseanografi.

Geologi

Geologi mempelajari bagaimana proses bumi terbentuk serta mengalami perubahan dari masa ke masa.

Geomorfologi

Pengetahuan geomorfologi mempelajari mengenai bentuk permukaan bumi atau lahan serta beberapa sejarah terbentuknya.

Ilmu Tanah

Sesuai dengan namanya, pengetahuan tanah mempelajari mengenai semua aspek tanah baik itu fisik, bentuk serta segala hal yang terkait dengan permukaan tanah.

Metereologi serta Klimatologi

Metereologi serta klimatologi mempelajari mengenai fenomena cuaca serta iklim yang terjadi di bumi.

Oseanografi

Oseanografi mempelajari mengenai seluk beluk kelautan yang mencakup beberapa karakter salinitas, arus laut, sedimen laut, serta segala hal yang berhubungan.

Geografi Manusia

Geografi manusia adalah cabang pengetahuan geografi yang mempelajari mengenai segi keruangan manusia serta semua aktivitasnya. Geografi manusia terbagi jadi beberapa cabang, yakni:

Geografi Ekonomi

Ekonomi yaitu ilmu dan pengetahuan yang mempelajari mengenai bagaimana usaha-usaha manusia dalam menciptakan kemakmuran hidupnya, gejala-gejalanya, dan hubungan timbal balik dari usaha itu.

Adapun geografi ekonomi mengulas tentang bagaimana usaha manusi untuk mengeksploitasi (memproses) sumber daya alam yang ada di bumi hingga bisa terwujud kemakmuran hidup.

Geografi politik

Politik yaitu sebuah aktivitas yang merencanakan sebagian tujuan sebuah negara untuk dikerjakan hingga tercapailah tujuan itu. Hingga dapat dikatakan kalau geografi politik yaitu cabang yang mempelajari unit-unit politik, wilayah, kekuasaan, perbatasan, serta region dan unsur-unsur politik internasional.

Geografi penduduk

Cabang pengetahuan geografi penduduk membahas mengenai kondisi, dinamika serta beberapa perubahan yang terjadi pada masyarakat. Tidak hanya itu, geografi penduduk juga mempelajari mengenai konsekwensi-konsekuensi social serta ekonomi yang terjadi lewat proses interaksi antar manusia atau masyarakat.

Geografi teknik

Mempelajari mengenai beberapa cara memvisualisasikan, menganalisa, serta memproses informasi geografis dalam bentuk peta, diagram, photo udara, serta citra hasil penginderaan jauh. Geografi tehnik terbagi lagi jadi beberapa cabang, yakni:

Kartografi

Yaitu pengetahuan serta seni dalam membuat peta. Peta di buat berdasarkan penilaian serta analisis yang sudah dilakukan.

Penginderaan Jauh

Yaitu pengetahuan serta seni yang menghasilkan informasi tentang objek, daerah, atau tanda-tanda serta fenomena. Dikerjakan lewat cara mengkaji data memakai alat, dengan kata lain tanpa menyentuh objek, daerah, atau tanda-tanda serta fenomena yang dikaji.

System informasi geografis

Yaitu system geografis berbasis computer yang menyediakan informasi secara terpadu.

9 Cabang Geografi Berdasarkan Bidang Kajiannya

Pitogeografi

Pitogeografi yaitu cabang pengetahuan geografi yang mempelajari tentang tanaman.

Zoogeografi

Zoogeografi yaitu cabang pengetahuan geografi yang mempelajari tentang hewan.

Antropogeografi

Antropogeografi yaitu cabang pengetahuan geografi yang mempelajari tentang manusia.

Geofisika

Geologi yaitu cabang pengetahuan geografi yang mempelajari tentang beberapa karakter bentuk bumi, seperti reaksi pada gaya, bentuk-bentuk bumi, serta medan mungkin bumi (medan magnet serta gravitasi). Serta tidak hanya itu geofisika juga menganalisis interior bumi seperti inti, mantel bumi, kulit bumi serta kandungan-kandungan alaminya.

Geodesi

Geodesi yaitu cabang pengetahuan yang mempelajari tentang pengukuran dan pemetaan permukaan bumi serta dasar laut.

Glasiologi

Glasiologi yaitu cabang pengetahuan yang mempelajari tentang mengenai beberapa sifat fisika serta kimia yang datang dari es serta salju.

Pengetahuan atmosfer

Pengetahuan atmosfer yaitu cabang pengetahuan yang mempelajari mengenai bagian gas dari bumi atau atmosfer yakni di antara permukaan bumi hingga ke lapisan eksofer. Pengetahuan atmosfer mempunyai cabang paling utama yakni klimatologi, meteorologi, aeronomi.

Kimia atmosfer

Kimia atmosfer yaitu cabang pengetahuan yang mempelajari mengenai kimia atmosfer bumi serta planet-planet lain. Dalam bidang multidisiplin atmosfer melibatkan fisika, meteorologi, kimia lingkungan, pemodelan computer, geologi, oseanografi, vulkanologi serta sebagian bidang yang lain. Riset yang dilakukan terkait dengan bidang pengetahuan lain seperti klimatologi (cuaca).

Hidrometeorologi

Hidrometeorologi yaitu cabang pengetahuan yang mempelajari tentang perubahan ilkim yang terjadi yang meliputi luas seluruh rentan sejarah bumi.

 

Nah, sampailah kita di akhir pembahasan kali ini, Mengenai Prinsip, Manfaat, dan Cabang Ilmu Geografi. Mudah-mudahan ilmunya bisa bermanfaat untuk kita semua, ya. Dan, jika masih ada yang belum dimengerti, silakan sahabat menyampaikan pertanyaan pada kotak komentar di bawah ini. Terimakasih sudah bertandang ke Lahiya, jangan lupa like, follow, dan komentarnya, ya.

 

Sumber:

http://www.softilmu.com/2015/11/prinsip-manfaat-dan-cabang-ilmu-geografi.html

62 Cabang Cabang Ilmu Geografi dan Pengertiannya

Loading...
Loading...