Proses, Siklus, dan Sistem Termodinamika

Posted on

Proses, Siklus, dan Sistem Termodinamika Selamat datang di Lahiya situs (blog) sederhana yang berbagi ilmu dan pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Dan, pada kesempatan kali ini, kami bakal sharing pengetahuan mengenai Termodinamika. Beberapa pembahasan utamanya adalah Proses Termodinamika, Siklus Termodinamika, dan Sistem Termodinamika. Yuk langsung saja kita masuk ke pembahasannya, ya.

Termodinamika datang dari bahasa Yunani di mana Thermos yang artinya panas serta Dynamic yang artinya perubahan. Termodinamika adalah pengetahuan yang menggambarkan usaha untuk merubah kalor (perpindahan daya yang dikarenakan ketidaksamaan suhu) jadi daya dan beberapa karakter pendukungnya. Termodinamika berhubungan erat dengan fisika daya, panas, kerja, entropi serta kespontanan proses. Termodinamika juga berhubungan dengan mekanika statik. Cabang pengetahuan fisika ini mempelajari pertukaran daya dalam bentuk kalor serta kerja, system pembatas serta lingkungan. Aplikasi serta penerapan termodinamika bisa terjadi pada tubuh manusia, peristiwa meniup kopi panas, perkakas elektronik, Refrigerator, mobil, pembangkit listrik serta industri.

Proses Termodinamika

Proses Isotermal

Selama proses isotermal, temperatur system tetap konstan. Namun pada temperatur rendah bentuk isotermal lebih komplek lantaran gas tidak lagi ideal.

Proses Isokhorik

Selama proses ini, volume system tidak mengalami perubahan. Proses ini terjadi pada system yang memiliki volume (wadah) yang kuat, tertutup serta tidak bisa berubah (konstan).

Proses Isobarik

Selama proses isobarik tidak terjadi perubahan tekanan pada system. Proses ini biasanya terjadi pada system yang memiliki kontak langsung dengan tekanan atmosfer bumi yang dianggap konstan.

Proses Adiabatik

Selama proses adiabatik tidak terjadi transfer panas yang masuk atau keluar system. Proses initerjadi pada system terisolasi.

Proses Siklik

Proses yang satu ini system kembali secara periodik ke kondisi termodinamika yang sama. Proses ini bisa dilihat bila diamati pada system natural serta tehnologi. Umpamanya: mesin, compresor udara, osilasi gelombang suara.

Proses siklik kerap kali melibatkan proses sederhana ini:

Dan

Siklus Termodinamika

Pengetahuan tentang siklus termodinamika penting dalam system pembangkit tenaga. Mesin-mesin ini memakai kombinasi bahan bakar udara untuk operasinya.  

Siklus termodinamika bisa diklasifikasikan secara umum, yakni:

Siklus reversibel (bolak balik)

Siklus ini adalah satu siklus di mana perubahan bisa dibalikkan ke kondisi semula tanpa merubah kondisi sekelilingnya. Pada siklus ini semestinya tidak ada kerugian panas lantaran gesekan, radiasi atau konduksi. Siklus bakal reversibel bila seluruh proses yang membuat siklus juga reversibel.

Siklus irreversibel (tidak kembali)

Siklus ini adalah siklus tidak terbalikkan. Untuk mengembalikan ke kondisi semula mesti merubah kondisi sekelilingnya. Pada siklus ini ada kerugian panas lantaran gesekan, radiasi atau konduksi. Siklus ini dapat terjadi bila proses pembentukannya juga proses irreversibel.

Siklus Carnot

Siklus yang satu ini di buat oleh Carnot yang merupakan ilmuan pertama yang mengkaji persoalan efesiensi mesin kalor. Pada mesin carnot, zat kerja melakukan operasi siklus yang terdiri dari dua operasi termal serta dua operasi adiabatik. Mesin Carnot yaitu mesin kalor hipotesis yang beroperasi dalam sebuah siklus reversibel.

Sistem Termodinamika

Dalam termodinamika pembahasan system yaitu hal yang kerapkali kita dengar. System itu sendiri yaitu benda atau beberapa kumpulan apa sajakah yang bakal di teliti. System juga digambarkan dengan jumlah besaran fisis yang menggambarkan kondisinya. Kondisi system yang dilihat yaitu kondisi makroskopik yang bisa berbentuk kondisi rata-rata dari partikel atau kondisi keseluruhan dalam system. Contoh dari kondisi ini yaitu temperatur T, jumlah partikel N, volume V, energi dalam U, tekanan P serta yang lain. Bila bicara mengenai system, tidaklah terlepas dari konsep lingkungan. Lingkungan yaitu beberapa hal yang ada di luar system.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan