Cara Membuat Cilok Mudah dan Lezat | Resep Cilok

Resep cara membuat cilok tidaklah sulit. Makanan ini bahkan termasuk paling mudah sederhana pembuatannya. Tapi soal rasa, tetap enak dan juga mengeyangkan di perut.

Cilok ini makanan khas dari Jawa Barat. Biasa disebut aci dicolok yang disingkat menjadi cilok. Makanan ini tersaji berupa aci matang rebus kemudian ditusuk bambu dan ditaburi saus, bisa saus kacang atau saus sambal.

Cilok ini merupakan makanan tradisional yang sangat dekat dengan masyarakat sunda sejak dulu hingga sekarang. Camilan ini kini sudah berkembang tidak hanya variasi bahan dan saus cocolannya, tapi juga rambahannya tidak sebatas di daerah Jawa Barat saja.

Ini berarti, cilok sudah dapat dinikmati oleh lidah dari berbagai wilayah di Indonesia. nah, oleh karena itu mari kita coba membuat makanan sederhana ini. Kamu bisa jadikan makanan ini sebagai hidangan kuliner di rumah untuk disajikan ke tamu atau untuk sajian keluarga.

Yuk kita membuat cilok!


Bahan membuat cilok:


  1. 200gr tepung kanji
  2. 200gr tepung terigu
  3. 1 sdt kaldu bubuk
  4. ¼ sendok teh merica bubuk
  5. 2 siung bawang putih, haluskan
  6. 2 batang daun bawang, iris tipis
  7. 400ml air hangat kuku
  8. Garam secukupnya
  9. Air untuk merebus secukupnya

Bahan membuat saus kacang:


  1. 150 gr kacang tanah, digoreng
  2. 1sdt gula pasir
  3. 1sdt cuka
  4. Garam secukupnya
  5. Air secukupnya

Cara membuat saus kacang:


1. Haluskan kacang yang sudah di goreng terlebih dahulu.

2. Tambahkan gula pasir dan garam.

3. Siapkan panci, tambahkan air, masak hingga mendidih. Tuangkan bumbu halus saus kacang, masak hingga agak mengental di atas api sedang selama 5-10 menit. Angkat.


Cara membuat cilok


1. Ayak tepung kanji dan terigu. Aduk.

2. Tambahkan kaldu bubuk, merica, bawang putih yang telah dihaluskan dan garam. Aduk rata.

loading...

3. Tuangkan air hangat kuku sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan tangan hingga rata dan kalis.

4. Bentuk bahan bulat-bulat kecil. Masukkan cilok ke dalam air mendidih hingga cilok-cilok itu terlihat mengapung lalu angkat.

5. Campurkan cilok dengan saus kacang atau cukup dicocol saja.

Untuk variasi sajian, cilok dapat digoreng terlebih dahulu baru dihidangkan. Selain direbus, cilok juga bisa dimatangkan dengan cara dikukus. Untuk menambah kandungan gizi, resep turunan dapat dilakukan dengan menambahkan daging ayam, ikan atau telur. Sehingga cemilan cilokmu bukan hanya nikmat tapi juga sehat.

Jangan salah, cilok bisa membuka peluang bisnis buat kamu yang ingin menambah penghasilan. Seperti disinggung di atas tadi, kini banyak orang telah mengenal rasa cilok, hal itu bisa memudahkan kamu untuk memasarkan camilan ini. cilok juga makanan untuk segala usia, lho.

Buat kamu yang suka ngemil, tunggu apa lagi? Ayo, segera eksekusi!

1

No Responses

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan