SHARE
Gambar Via: pesonaindo.com
Loading...

Cerita Legenda Rakyat Indonesia Danau Toba – Kali ini kami akan menyajikan ringkasan cerita rakyat asal-muasal terbentuknya Danau Toba yang merupakan cerita rakyat yang berasal dari daerah Sumatera Utara.

Asal Mula Terbentuknya Danau Toba

Dahulu kala, hiduplah seorang pemuda sebatang kara disebuat pulau. Pemuda itu bernama Toba. Ia sangat rajin, ia adalah seorang patani. Tanah yang kering berhasil disulapnya menjadi sawah padi yang subur oleh karennya ia tak pernah kekurangan. Toba hidup sebatang kara, ia melakukan semuanya sendiri, dan ia suka kali memancing. Pada suatu hari, Toba pergi memancing di sungai dekat rumahnya. Toba berdoa kepada Tuhan agar kali ini ia mendapat ikan yang banyak untuk dimasak.

Pergilah Toba ke sungai dengan alat pemancingnya. Hampir seharian namun Toba belum juga mendapatkan seekor ikan pun. Hari mulai petang, Toba pun akhirnya putus asa. Ia memutuskan untuk pulang ke rumah. Namun ketika ia sedang bergegas, pancingnya bergerak-gerak, sehingga ia menarik kailnya itu. Sepertinya Toba mendapat ikan yang amat besar, Toba hampir saja hanyut gerakan yang tersangkut di kailnya itu. Walhasil benar saja, Toba mendapatkan ikan yang sangat besar. Ikan itu sangat besar tidak seperti ikan biasanya, dan sisiknya pun berkilauan, sangat cantik. Toba pulang dengan perasaan yang gembira, ia membawa ikan yang berhasil ditangkap untuk disantap.

Gambar Via: linkedin.com

Sesampainya di rumah Toba hendak memasak ikan itu, ia menghidupkan air dan mengambil air untuk merebus ikan tersebut. Namun, ketika hendak memasukkan ikan tersebut, Toba berubah pikiran setelah melihat ikan tersebut. Toba mengurungkan niatnya untuk memasak ikan tersebut. Kemilauan sisik ikan tersebut yang membuat Toba berubah pikiran. “Ikan ini begitu cantik bagaimana aku tega memakannya”, gumam Toba. Ia pun akhirnya membuat wadah yang besar untuk ikan tersebut. Toba merawatnya dan memberi ikan tersebut makan.

Loading...

Seperti biasanya, Toba pergi ke ladang untuk bertani setiap pagi. Sepulang dari ladang, ia hendak memasak untuk makan hari itu. Naun, alangkah terkejutnya ketika ia melihat beraneka macam makanan telah tersaji di meja makannya. Ia hearn, siapakah yang telah mengirimkan makanan ini. Rasa penasarannya digusur dengan rasa laparnya, ia memutuskan untuk makan terlebih dahulu setelah itu memikirkan hal tersbut. Kejadian yang sama terulang kembali esok hari, ketika ia hendak masak tapi makanan sudah tersaji di mejanya. Hingga kali ini ia tidak dapat menghilangkan rasa penasarannya itu. Dan akhirnya Toba memikirkan suatu siasat untuk dapat mengetahui siapakah yang mengirimkan makanan untuknya.

Esok harinya, agar berjalan sesuai rencana, Toba pura-pura pergi ke ladang, namun ia sebenarnya bersembunnyi di balik pohon dekat rumahnya. Hampir seharian ia menunggu, naun tak kunjung satupun orang terlihat mendatangi rumahnya. Hingga akhirnya menjelang sore hari, ia melihat asap yang datang dari rumahnya. Toba merasa penasaran, karena diumahnya tak ada seorang pun. Toba merasa penasaran dan khawatir, oleh karenanya Toba memutuskan untuk kembali ke rumah dan melihat apa yang sebenarnya terjadi.

Sesampainya di rumah, alangkah terkejutnya Toba melihat sesosok wanita cantik yang sedang memasak di dapurnya. Toba pun menanyainya, “Si.. Siapa Kau?” wanita itu terkejut dan menjawab, “A.. aku adalah putri jelmaan ikan yang kau tangkap itu Tuan”. “Jangan bohong, siapa kau sebenarnnya? Apa yang kau lakukan di rumahku?”, lanjut Toba. Puteri ikan meyakinkan Toba, “Benar Tuan, aku tidak berbohong kepadamu. Aku sangat berterima kasih kepadamu karena kau tidak memakanku dan kau memberiku makan. Oleh karena itu, sebagai imbalan aku ingin membuatkan makanan untukmusetiap hari. Lihatlah keping uang ini!!! Ini adalah jelmaan sisikku”. Akhirnya Toba pun memilih untuk percaya meski pun itu sangat sulit.

Setiap hari Putri Ikan itu memasakkan masakan enak untuknya. Toba pun jatuh cinta pada Putri Ikan itu, sampai pada suatu hari Toba memberanikan diri untuk meminang Putri ikan menjadi isterinya. Begitu senangnya Toba mengetahui bahwa sang Putri menerima lamarannya dengan satu syarat, bahwa kelak Toba tidak boleh memberitahu asal-muasal Putri Ikan tersebut kepada siapapun. Toba pun mengiyakan persyaratan yang diajukan sang Putri.

Toba dan sang Putri pun akhirnya menikah. Warga desa sangat takjub dengan kecantikan Puteri Ikan itu dan merasa iri dengan Toba karena sangat beruntung mendapat istri yang cantik. Setahun kemudian, Toba dan Putri Ikan dikaruniai seorang anak lelaki yang diberi nama Samosir. Samosir memiliki nafsu makan yang cukup besar.

Gambar Via: istockphoto.com

Suatu hari, Samosir diminta Ibunya untuk menghantarkan bekal makan untuk ayahnya. Sesampainya di ladang, Samosir memberikan pesanan Ibunya untuk ayahnya. Namun, alangkah terkejutnya Toba ketika membuka bekal, “Astaga, apa ini? Kenapa Cuma sisaan nasi saja?”, tanya Toba kepada Samosir. “Maaf ayah, perjalanan ke ladang cukup jauh, aku merasa lapar jadi aku makan sebagian bekal untuk Ayah di jalan”, jawab Samosir. Merah padam muka Toba, ia sangat kesal, sehingga ia berada di luar kendali. Toba mengumpat Samosir sejadi-jadi, “Dasar kau ini tak tau diuntung, dasar anak ikan”. Tanpa sengaja Toba menyebutkan asal muasal Ibunya. Samosir menangis dan mengadu kepada Ibunya apa yang dikatakan oleh Ayahnya. ”Ibu, Ayah marah kepadaku karena aku memakan bekalnya dan ia mengatakan kalau aku ini anak ikan” jelas Samosir kepada Ibunya. Bagai tersambar petir, Ibu Samosir tak kuasa menahan air mata yang jatuh membasahi bumi. “Nak, pergilah kau ke puncak bukit, dan jangan pernah kembali”, terang Ibunya. Mereka pun pergi, Samosir menuruti perintah Ibunya. Seketika itu, Ibunya masuk ke dalam sungai dan menghilang seketika.

Badai hujan menerjang datang menenggelamkan pulau itu, bahkan Toba yang menyesal akan yang telah diperbuatnya ikut tenggelam. Sejak dari itu terbentuklah danau Toba yang mengelilingi bukit yang didaki Samosir, dikenal dengan pulau Samosir.

Dan itulah pembahasan kami mengenai Ringkasan Cerita Legenda Danau Toba, kami harap semoga Postingan kali ini mengenai Contoh Ringkasan Cerita Legenda Danau Toba di atas sedikitnya dapat membantu kalian yang sedang mencari contoh-contoh Ringkasan Cerita Legenda Danau Toba untuk lebih mengerti lagi pelajaran Bahasa Indonesia tentang Ringkasan Cerita Legenda. Dan, semoga kamu juga jadi semakin mencintai Bahasa Indonesia, ya.

Loading...
Loading...