Header Ad

Ruang Lingkup Ekologi dan Konsep Klimaks

November 2, 2017
20 Views

Ruang Lingkup Ekologi dan Konsep Klimaks

Pada dasarnya istilah ekologi berasal dari kata dalam bahasa Yunani yaitu Oikos; Rumah atau Rumah Tangga dan Logos; Ilmu. Istilah ini mula-mula diperkenalkan oleh Ernest Haeckel pada tahun 1869.

Ruang Lingkup Ekologi dan Konsep Klimaks

Tetapi jauh sebelurmya, studi dalam bidang-bidang yang sekarang termasuk dalam ruang lingkup ekologi telah dilakukan oleh para pakar.Secara harfiyah Ekologi adalah pengkajian hubungan organisme-organisme atau kelompok organisme terhadap lingkungannya.

Ruang Lingkup Ekologi dan Konsep Klimaks

Ada juga yang mengatakan bahwa ekologi adalah suatu ilmu yang mencoba mempelajari hubungan antara tumbuhan, binatang, dan manusia dengan lingkungannya di mana mereka hidup, bagaimana kehidupannya, dan mengapa berada di tempat tersebut.

Ruang Lingkup Ekologi dan Konsep Klimaks

Ekologi merupakan salah satu cabang Biologi yang hanya mempelajari apa yang ada dan apa yang terjadi di alam dengan tidak melakukan percobaan.

Ruang Lingkup Ekologi dan Konsep Klimaks

Tetapi biasanya ekologi didefinisikan sebagi pengkajian hubungan organisme-organisme atau kelompok-kelompok organisme terhadap lingkungannya, atau ilmu hubungan timbal-balik antara organisme-organisme hidup dan lingkungannya.

Ruang Lingkup Ekologi dan Konsep Klimaks

Sebab ekologi memperhatikan terutama biologi “golongan-golongan” organisme dan dengan proses-proses fungsional di daratan dan air adalah lebih tetap berhubungan dengan upaya mutakhir untuk mendefinisikan ekologi sebagai pengkajian struktur dan fungsi alam, telah dipahami bahwa manusia merupakan bagian dari pada alam.

Ruang Lingkup Ekologi dan Konsep Klimaks

Menurut Odum (1971) ekologi mutakhir adalah suatu studi yang mempelajari struktur dan fungsi ekosistem atau alam di mana manusia adalah bagian dari alam.

Ruang Lingkup Ekologi dan Konsep Klimaks

Struktur di sini menunjukan suatu keadaan dari sistem ekologi pada waktu dan tempat tertentu termasuk kerapatan atau kepadatan, biomas, penyebaran potensi unsur-unsur hara (materi), energi, faktor-faktor fisik dan kimia lainnya yang mencirikan sistem tersebut.

Ruang Lingkup Ekologi dan Konsep Klimaks

Sedangkan fungsinya menggambarkan sebab-akibat yang terjadi dalam sistem. Jadi pokok utama ekologi adalah mencari pengertian bagaimana fungsi organisme di alam.

Ruang Lingkup Ekologi dan Konsep Klimaks

Jelaslah bahwa ekologi adalah ilmu yang mempelajari makhluk hidup dalam rumah tangganya atau ilmu yang mempelajari seluruh pola hubungan timbal balik antara makhluk hidup sesamanya dan dengan komponen di sekitarnya.

Ruang Lingkup Ekologi dan Konsep Klimaks

a. Perkembangan Ekosistem

Setiap ekosistem dalam suatu wilayah selalu mengalami perkembangan menuju ke arah keseimbangan. Perkembangan ekositem tersebut tergantung dari pola perkembangan komunitas yang ada di dalamnya.

Secara umum perkembangan eksosistem yang dikenal dengan suksesi ekologi ini melalui beberapa tahapan perkembangan yang disebut seral. Setiap seral memberikan ciri-ciri khas tersendiri bergantung dari jenis-jenis dominan yang ada dan faktor pembatas fisiknya.

Suksesi tidak hanya berlaku pada ekosistem alaminya saja, melainkan juga pada organisme hewan dan tumbuhan yang ada di dalamnya.

Bahkan dinyatakan bahwa ekosistem primer, skunder, flora, dan fauna, dan daerah sekitar merupakan faktor utama yang memberi pengaruh terhadap tipe-tipe pertumbuhan tumbuhan dan hewan yang mengalami suksesi baik melalui persebaran maupun migrasi.

Terdapat tiga hal pokok yang saling terkait dan ikut memengaruhi lanjutanlajunya perkembangan ekosistem, yaitu ketersediaan sumber daya, faktor pembatas fisik, dan kemampuan dari organismenya.

Khusus mengenai ketersediaan sumber daya, dalam hal ini makanan atau energi diberikan penekanan sendiri karena dapat mengarah pada kesempatan kenaikan biomassa, apabila laju total fotosintesis lebih besar dari laju total respirasia dapat memungkinkan kesempatan kenaikan biomassa, hal ini disebut suksesi autotrofik.

Sebaliknya jika laju totalfotosintesis lebih kecil lebih kecil dari laju total respirasi hanya akan memanfaatkan energi yang sudah ada dengan pembentukan relung-relung ekologi yang baru, dan ini disebut suksesi heterotrofik.

Suksesi pada tingkat pekembangan akhir terbentuklah puncak yang terdapat keseimbangan ekologi biomassa maksimum dengan pola-pola simbiosis yang berlangsung di dalamnya berjalan secara alami pula.

Jadi, perkembangan ekosistem tidak pernah merupakan hasil perkembangan yang terjadi begitu saja, dalam artian terjadi langsung keseimbangan ekologi pada suatu kawasan yang yang baru dibentuk.

Dibutuhkan satuan waktu tertentu, tentunya dengan kemampuan daya adaptasi yang ada untuk mencapai suatu tatanan menuju keseimbangan ekologi.

Sejalan dengan perkembangan ekosistem menuju klimaks ekologi ataupun keseimbangan ekosistem, senantiasa selalu diikuti dengan perkembangan berupa perubahan-perubahan dari segala sesuatu yang berkaitan dengan tata kehidupan organisme yang ada di dalam ekosistem tersebut.

Hanya organisme yang mampu beradaptasilah (yang mampu melakukan kompensasi terhadap faktor pembatas fisik lingkungannya) yang dapat bertahan hidup meskipun dengan harus “menciptakan” suatu relung ekologi tersendiri.

b. Konsep Klimaks

Setelah melalui beberapa tahapan perkembangan ekosistem atau seral, suatu ekosistem dapat mencapai tahapan akhir klimaks atau dapat pula dianggap sebagai puncak perkembangan ekosistem.

Salah satu ciri pada komunitas klimaks yang dengan tidak terdapatnya penumpukan zat organik neto tahunan. Hal ini disebabkan produksi tahunan komunitas seimbang dengan konsumsi tahunan.

Banyak ahli berpendapat bahwa iklim klimaks pada suatu wiilayah belum tentu dapat dicapai karena komunitas yang sudah “mantap” sekalipun masih menunjukkan adanya perubahan, penyesuaian, dan embusukan.

Hal ini didasari oleh kanyataan bahwa perubahan suatu komunitas dipengaruhi oleh kejadian-kejadian yang terdapat dalam komunitas tersebut.

Berdasarkan hal tersebut telah dipakai kesepakatan bahwa hampir tidak mungkin pada suatu wilayah mencapai iklim klimaks sehingga iklim klimaks tunggal merupakan komunitas teoretis yang dituju semua suksesi dalam perkembangan pada suatu daerah, asalkan keadaan lingkungan fisik secara umum tidak terlalu ekstrem sehingga dapat memengaruhi iklim ingkungan.

Umumnya suksesi berakhir pada klimaks edafik, dengan hanya terkait pada masing-masing pengaruh faktor pembatas fisik pada wilayah setempat.

Meskipun suksesi pada suatu ekosistem untuk dapat mencapai klimaks membutuhkan waktu yang tidak sebentar, tetapi cepat lambatnya masih bergantung pula pada tingkatan suksesi yang terjadi kepadanya.

Secara umum terdapat dua macam ekosistem suksesi yaitu ekosistem suksesi primer dan ekosiste suksesi skunder. Ekosistem suksesi primer labih dinyatakan pada berkembangnya ekosistem tersebut setelah perlakuan benar-benar dimulai dari nol dan harus dimulai dari kerja organisme pionir dengan segala perlakuan dari faktor pembatas fisik yang ada.

Adapun ekosistem suksesi skunder berkembang setelah ekosistem alami rusak total tetapi dimulai dengan tidak terbentuk substrat yang baru, atau dapat dianggap sebagai dimulainya kehidupan baru setelah adanya “gangguan” pada ekosistem alami.

Itulah tadi sedikit informassi yang bisa saya berikan tentang Ruang Lingkup Ekologi dan Konsep Klimaks semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

 

Google

 

Ruang Lingkup Ekologi dan Konsep Klimaks

 

SemuaBeritaGambarVideoMapsLainnya
SetelanAlat
Sekitar 4950 hasil (0,45 detik)
Hasil Telusur
Ruang Lingkup Ekologi dan Konsep Klimaks | Belajar Biologi
wwwbelajarbiologixyz › biologi › pendidikan
Ruang Lingkup Ekologi Pada dasarnya istilah ekologi berasal dari kata dalam bahasa Yunani yaitu Oikos; Rumah atau Rumah Tangga dan Logos; Ilmu
Sejarah dan Ruang Lingkup Ekologi dan Ekosistem | CARI ILMU
https://massofawordpresscom//sejarah-dan-ruang-lingkup-ekologi-dan-ekosistem/
23 Sep 2008 – Sejarah dan Ruang Lingkup Ekologi dan Ekosistem 1 Ruang lingkup ekologi meliputi populasi, komunitas, ekosistein, Konsep Klimaks
Ruang Lingkup Ekologi | wennysilviaariska
https://wennysilviaariskawordpresscom/2013/10/27/ruang-lingkup-ekologi/
27 Okt 2013 – RUANG LINGKUP EKOLOGI Ekologi adalah cabang ilmu Wilayah tersebut bisa mencapai kondisi yang relatip stabil atau disebut komunitas klimaks, Suatu konsep sentral dalam ekologi adalah ekosistem, yaitu suatu
DIWIMOTHY BLOG: KLIMAKS
diwimothyblogspotcom/2012/04/klimakshtml
10 Apr 2012 – A PENGERTIAN KLIMAKS Tingkat terakhir dari proses (http://massofawordpresscom/2008/09/23/sejarah-dan-ruang-lingkup-ekologi-dan-ekosistem/ksesi Di dalam konsep klimaks ini Clements berpendapat: 1 Suksesi
Pengertian dan Ruang Lingkup Ekologi – Biologi – blogger
biologi-hayatiblogspotcom › lingkungan
14 Jan 2017 – Yang termasuk dalam ruang lingkup ekologi antara lain organisme waktu, hingga tercapai stabilisasi dalam bentuk vegetasi klimaks-stabil
[PDF]ekologi – Kinerja Dosen
kinerjaunnesacid/v2/kinerja/download_bukti/550809/ini_buktinyaaspx
kedudukan, ruang lingkup, pembagian, dan pemodelan ekologi BAB II sampai IV PENDAHULUAN Mata kuliah Ekologi secara deskriptif mempelajari pengertian, ciri-ciri, komunitas atau ekosistem disebut klimaks Dalam tingkat
KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP: KONSEP-KONSEP EKOLOGI
dewiajoblogspotcom/2016/10/konsep-konsep-ekologihtml
10 Okt 2016 – Ø Adapun pengertian ekologi menurut para ahli sebagai berikut : konsep distribusi dalam populasi dan konsep suksesi dan klimaks dalam
[PDF]ekologi – Repository – IAIN Syekh Nurjati Cirebon
repositorysyekhnurjatiacid/3009/1/bukuekologifixpdf
oleh D Maknun – ‎2017
PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP EKOLOGI 11 Kue Lapis B Konsep Klimaks … termasuk dalam ruang lingkup ekologi telah dilakukan oleh para
MAKALAH POPULASI, KOMUNITAS DAN EKOSISTEM – BAGI NIKMAT
baginikmatblogspotcom › MAKALAH
19 Nov 2015 – Ruang Lingkup Kajian Ekologi adalah untuk memahami atau pertumbuhan komunitas menuju komunitas klimaks diawali dengan peristiwa
[PDF]BIOL4215-TM
repositoryutacid/4305/2/BIOL4215-TMpdf
melalui pembahasan antara lain: pengertian dan ruang lingkup ekologi, pengertian dan konsep ekosistem, penyusun ekosistem, prinsip ekosistem, energi dalam ekosistem tentang Konsep Klimaks, serta Suksesi dan Implikasinya Modul 9
Penelusuran yang terkait dengan Ruang Lingkup Ekologi dan Konsep Klimaks
pengertian suksesi heterotrofik
cobalah anda rumuskan batasan syarat suatu ekosistem
jelaskan perpindahan arus energi dalam ekosistem
bagaimana pembagian suatu organisme berdasarkan nisianya
apakah usus manusia dan bakteri di dalamnya dapat disebut sebagai suatu ekosistem
jelaskan 3 jenis konsumen yang terdapat dalam ekosistem
bentuk adaptasi tumbuhan yang hidup di air tawar adalah
jelaskan tingkat trofik dalam ekosistem

Berikutnya
Indonesia Kedaung, Kota Tangerang Selatan, Banten – Dari alamat internet Anda – Gunakan lokasi yang akurat – Pelajari lebih lanjut
Bantuan Kirim masukan Privasi Persyaratan

Google

 

pengertian suksesi heterotrofik

 

SemuaBeritaGambarMapsVideoLainnya
SetelanAlat
Sekitar 4530 hasil (0,42 detik)
Hasil Telusur
Sinichikudo22: resume ekologi perairan
chaharkudoblogspotcom/2008/08/resume-ekologi-perairanhtml
5 Agt 2008 – Suksesi Heterotrofik : bila jaringan-jaringan bergantung pada pembentukan Contoh : suksesi pada perairan danau yang klasifikasikan
Suksesi | urangminang
https://gianwulandariwordpresscom/2012/10/21/suksesi/
21 Okt 2012 – Laju kemusnahan menurun dengan berlangsungnya suksesi, baik suksesi autotrofik ataupun heterotrofik, perairan maupun terrestrial
PENGERTIAN SUKSESI PRIMER,SEKUNDER,EKOSISTEM,&BIOTIK
fujiotomoblogspotcom/2013/12/pengertian-suksesi-primersekunderekosishtml
29 Des 2013 – Pengertian dan Definisi dari Suksesi Primer adalah suatu suksesi yang Konsumer adalah organisme heterotrof yang tidak bisa membuat
Ashari Romansah: MAKALAH SUKSESI
ashariromansahblogspotcom/2013/07/v-behaviorurldefaultvmlohtml
19 Jul 2013 – Pengertian suksesi Konsep ini mendasarkan suksesi pada sistem perubahan Heterotrof merupakan organisme yang memanfaatkan
Populasi, Komunitas, Suksesi dan Ekosistem | Eman Mendrofa
https://emanmendrofablogspotcom › Biologi
9 Jul 2012 – Organisme yang bersifat heterotrof adalah organisme yang tidak mampu Suksesi sekunder ialah pembentukan kembali suatu komunitas ke
Liebe Biology UMM: SUKSESI
hanumzaiiblogspotcom/2012/01/suksesihtml
4 Jan 2012 – Suksesi dapat diartikan sebagai perkembangan ekosistem tidak seimbang menuju ekosistem seimbang Suksesi terjadi sebagai akibat
SAHABAT BERSAMA: Pengertian Suksesi
sobatbarublogspotcom/2008/06/pengertian-suksesihtml
4 Jun 2008 – Pengertian Suksesi Suksesi adalah suatu proses perubahan, berlangsung satu arah secara teratur yang terjadi pada suatu komunitas dalam
Suksesi (Pengertian dan Contoh Suksesi Primer dan Suksesi Sekunder)
wwwbiomagzcom › Biology
1 Mar 2016 – Suksesi adalah perubahan atau perkembangan suatu komunitas melalui tahap-tahap tertentu Terdapat dua tipe suksesi, yaitu suksesi primer
Tidak ada: heterotrofik
EKOSISTEM – bio smanda pbun – blogger
fitri-smandablogspotcom › Kelas X
A Pengertian Ekosistem yang megkonsumsi tumbuhan atau hewan lain atau tidak bisa mengolah makanan sendiri (heterotrof) Contoh suksesi di Gunung Krakatau yang meletus 1883, organisme pertama yang muncul adalah spesies
infat ozond: Komponen Autotrofik dan Komponen Heterotrofik
infatozondblogspotcom/2012/11/komponen-autotrofik-dan-komponenhtml
30 Nov 2012 – -makhluk hidup yang mampu menyediakan makanan sendiri dan dapat mengubah sendiri zat-zat anorganik menjadi zat organik dengan
Penelusuran yang terkait dengan pengertian suksesi heterotrofik
laporan suksesi
jurnal suksesi

Berikutnya
Indonesia Kedaung, Kota Tangerang Selatan, Banten – Dari alamat internet Anda – Gunakan lokasi yang akurat – Pelajari lebih lanjut
Bantuan Kirim masukan Privasi Persyaratan

Google

 

laporan suksesi

 

SemuaBeritaGambarVideoMapsLainnya
SetelanAlat
Sekitar 158000 hasil (0,39 detik)
Hasil Telusur
Andi Aldi Matoro Putra: Laporan Praktikum Ekologi Tumbuhan “Suksesi”
andialdiempeblogspotcom/2014//laporan-praktikum-ekologi-tumbuhan_5843htm
26 Jan 2014 – Laporan Praktikum Ekologi Tumbuhan “Suksesi” BAB I PENDAHULUAN 11 Latar Belakang Di alam ini, ada begitu banyak vegetasi yang
cerpenku: LAPORAN PRAKTIKUM EKOLOGI TUMBUHAN SUKSESI
siskarian95blogspotcom/2015/11/laporan-praktikum-ekologi-tumbuhanhtml
8 Nov 2015 – Hutan adalah suatu areal yang luas dikuasai oleh pohon, tetapi hutan bukan hanya sekedar pohon Termasuk di dalamnya tumbuhan yang
laporan praktikum suksesi – Scribd
https://wwwscribdcom/doc/126848380/laporan-praktikum-suksesi
LAPORAN PRAKTIKUM EKOLOGI TUMBUHAN ACARA I “ SUKSESI TUMBUHAN ” disusun sebagai laporan praktikum mata kuliah Ekologi Tumbuhan
Praktikum Ekologi Tumbuhan: SUKSESI TUMBUHAN
praktikumektumsuksesiblogspotcom/2012/11/suksesi-tumbuhanhtml
16 Nov 2012 – Suksesi vegetasi menurut Odum adalah: urutan proses pergantian komunitas tanaman di dalam satu kesatuan habitat, sedangkan menurut
Salam konservasi untuk bumi yang lestari: Laporan Suksesi
rymamelatiblogspotcom/2016/05/laporan-suksesihtml
23 Mei 2016 – Suksesi merupakan proses perubahan yang berlangsung secara beruntun dari komunitas tumbuhan pelopor dengan biomassa kecil
laporan: LAPORAN: SUKSESI SEDERHANA
ibrahimbaiimblogspotcom/2013/12/laporan-suksesi-sederhanahtml
23 Des 2013 – Suksesi adalah suatu proses perubahan, berlangsung satu arah secara teratur yang terjadi pada suatu komunitas dalam jangka waktu tertentu
LAPORAN PRAKTIKUM SUKSESI | luqman mania bgt (Lu Roh)
luqmanmaniabgtblogspotcom/2011/12/laporan-praktikum-suksesihtml
LAPORAN PRAKTIKUM SUKSESI Selasa, 06 Desember 2011 | By LUQMAN BAB I PENDAHULUAN 11 Latar Belakang Keteraturan ekosistem menunjukkan
Batari Anindyo: Laporan Suksesi
batarianindyoblogspotcom/2013/07/laporan-suksesihtml
7 Jul 2013 – Laporan Suksesi Laporan lengkap PENGETAHUAN LINGKUNGAN MODUL III SUKSESI DISUSUN OLEH : ANDI BATARI TOJA A 221 12
laporan praktikum suksesi – Documents
https://dokumentips › Documents
10 Agt 2015 – LAPORAN PRAKTIKUM EKOLOGI TUMBUHAN ACARA I “ SUKSESI TUMBUHAN ” disusun sebagai laporan praktikum mata kuliah Ekologi
Suksesi | urangminang
https://gianwulandariwordpresscom/2012/10/21/suksesi/
21 Okt 2012 – PENDAHULUAN 11 Latar Belakang Suksesi merupakan suatu proses pengorganisasian sendiri dimana ekosistem mengembangkan struktur
Penelusuran yang terkait dengan laporan suksesi
laporan praktikum suksesi pdf
jurnal suksesi
laporan suksesi primer dan sekunder
laporan suksesi pdf
latar belakang suksesi
laporan praktikum ekologi hewan tentang suksesi
jurnal suksesi tumbuhan pdf
suksesi adalah

Berikutnya
Indonesia Kedaung, Kota Tangerang Selatan, Banten – Dari alamat internet Anda – Gunakan lokasi yang akurat – Pelajari lebih lanjut
Bantuan Kirim masukan Privasi Persyaratan

You may be interested

10 Kelakuan Kocak Para Nenek Zaman Now, Bukti Makin Tua Malah Tambah Menjadi
Buzz
5 views
Buzz
5 views

10 Kelakuan Kocak Para Nenek Zaman Now, Bukti Makin Tua Malah Tambah Menjadi

Lahiya - November 19, 2017

Ada sebuah pepetah mengatakan, tua-tua keladi, makin tua tambah jadi. Entah itu sebuah kebetulan atau tidak, namun kiasan itu seolah…

Punya Raut Wajah Dingin, 4 Seleb Tanah Air Ini Dijuluki Vampir oleh Netizen
Buzz
4 views
Buzz
4 views

Punya Raut Wajah Dingin, 4 Seleb Tanah Air Ini Dijuluki Vampir oleh Netizen

Lahiya - November 19, 2017

Menjamurnya artis tanah air membuat para audiens kadang-kadang memiliki cara pandang yang unik. Misalnya, artis cilik yang menggunakan make up…

Sama-Sama Dari Kepolisian, Inilah 4 Tim Saingan Berat Bhayangkara FC
Buzz
5 views
Buzz
5 views

Sama-Sama Dari Kepolisian, Inilah 4 Tim Saingan Berat Bhayangkara FC

Lahiya - November 19, 2017

Kemenangan Bhayangkara FC dalam liga satu musim 2017 sempat mejadi pro dan kontra di masyarakat. Ada yang setuju karena memang…

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan