Saat Nyawa di Ujung Tanduk, Ini 7 Cara Selamatkan Diri Dari Bencana Gedung Runtuh

Posted on

Beberapa waktu yang lalu, insiden runtuhnya balkon lantai 1 tower II gedung BEI menjadi pembicaraan dan trending di kalangan warganet. Bagaimana tidak, teras bangunan 32 lantai ini runtuh tak terduga dan tanpa sebab. Puluhan pegawai yang sedang berjalan di atas balkonpun menjadi korban dan dilarikan ke rumah sakit, untungnya insden ini tidak menelan korban jiwa.

Nah, kalau berbicara tentang gedung yang runtuh tentu tidak ada yang ingin megalami kejadian menakutkan tersebut. Tapi, yang namanya bala bisa datang kapan saja dan di mana saja. bagaimana jika misalnya kita yang sedang berada dalam kondisi seperti itu? Apa yang sebaiknya kita lakukan untuk menghindar dari maut? Di ulasan kali ini, Boombastis akan memberikan trik jitu bagaimana bisa selamat dari gedung yang runtuh mendadak.

Baca Juga
4 Fakta Balo Lipa, Lagu Mencekam yang Membuat Mantan Susah Makan
9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen

1. Tetap tenang dan jangan panik

Tenang dan cari tempat berlindung [Image source]

Dalam segala jenis marabahaya, tidak bertindak gegabah adalah kunci utama. Sebaliknya, panik akan mengahabiskan tenagamu saja. Cobalah untuk tenang dan mencari perlindungan, jika memungkinkan untuk segera menyelamatkan diri, keluarlah dari bangunan sehingga kamu terhindar dari segala kemungkinan marabahaya yang bisa merenggut nyawa.

2. Sebisa mungkin mengerti jalur evakuasi

Pahami jalur evakuasi [Image source]

Jalur evakuasi menghubungkan semua area ke tempat yang aman (Titik Kumpul). Dimanapun kamu berada, cobalah untuk menghafal rambu-rambu jalur evakuasi yang ada. Memahami jalur evakuasi akan sangat bermanfaat untuk mengantar kamu ke tempat aman apabila di dalam sebuah bangunan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti contoh gempa, kebakaran, serta gedung runtuh.

3. Menunduk dan mencari tempat untuk berlindung

Berlindung di bawah meja kerja [Image source]

Ini adalah standar nasional keselamatan yang disarankan ketika kamu berada dalam sebuah bangunan. Beradalah di sebelah perabotan yang kuat, sehingga apabila dinding ambruk, akan ada sisa ruang untukmu meringkuk dan melindungi diri. Contohnya berlindung di bawah meja kerja atau benda lain.

4. Pastikan kamu selalu membawa ponsel

Selalu siaga dengan ponsel [Image source]

Saat bencana gedung runtuh, akan ada banyak orang dengan kondisi sama sepertimu. Inilah gunanya selalu membawa ponsel kemanapun, jika kebetulan ada yang terluka, kamu dapat menghubungi 112 untuk memanggil ambulans, atau meminta pertolongan dengan rekan yang lain.

5. Gunakan tangga darurat, bukan lift

Jangan gunakan lift [Image source]

menggunakan lift ketika terjadi bencana seperti gedung runtuh malah akan menambah buruk suasana, sama saja artinya kamu menjemput maut. Saat gedung runtuh, sebisa mungkin hindari lift karena kabel lift sewaktu-aktu bisa putus dan kamu bisa saja terjebak di dalamnya. Gunakan tangga melalui jalur evakuasi dan segera selamatkan diri menuju area titik kumpul.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan