Sama-Sama Dari Kepolisian, Inilah 4 Tim Saingan Berat Bhayangkara FC

Posted on

Kemenangan Bhayangkara FC dalam liga satu musim 2017 sempat mejadi pro dan kontra di masyarakat. Ada yang setuju karena memang pihak lawan melakukan kelalaian yang fatal. Namun ada pula yang tidak membenarkan karena keputusan yang diambil PSSI dalam memenangkan Bhayangkara FC itu dibilang berat sebelah. Terlepas dari semua itu, yang pasti kini tim yang dibentuk oleh Polri ini resmi jadi juara di Indonesia.

Namun siapa sangka, ternyata di luar negeri pun ada tim yang sama dengan Bhayangkara FC, ya berasal dari lingkungan Polri. Uniknya klub-klub tersebut kualitas permainannya tidak perlu diragukan lagi. Buktinya mereka bahkan sampai jadi runner up di Liga Asia. Lalu klub mana sajakah itu?

Home United, punggawa Polisi di lapangan Hijau milik Singapura

Home United [image source]

Kalau dulu kita sempat mendengar Warriors FC, klub Singapura yang berasal dari militer, rupanya di negara itu juga ada tim bola yang dinaungi oleh Institusi kepolisian. Ya, klub yang bernama home FC ini didirikan pada tahun 1940-an dengan nama awal Police Football Club. Hingga seiring berjalannya waktu, club yang sering dipanggil the protectors ini akhirnya tidak hanya merekrut dari pihak polisi saja namun juga mulai mengambil para pemain profesional. Sama dengan Bhayangkara FC, tim Home United juga menjuarai beberapa laga serta mendapat 2 titel Singapore League dan 6 trofi Piala Singapura.

Asan Mugunwa, si kuda hitam di liga club Korea

Asan-Mugunghwa [image source]

Tepatnya pada akhir tahun yang lalu diresmikan mengenai sebuah klub baru bernama Asan Mugunawa  yang masuk dalam  ajang K-league, Korea. Siapa sangka sebelum berganti nama seperti yang sekarang, klub asal Asan ini rupanya dulu  dibentuk oleh satuan polisi. Namun makin haru klub yang satu ini berkembang tidak hanya merekrut para penegak hukum saja namun juga mereka yang bertalenta. Hingga akhirnya sekarang Asan Mungunwa masuk dalam jajaran liga kasta dua Korea Selatan dan jadi salah satu tim yang diunggulkan.

Al Shorta, tim sepak bola polisi Iraq yang dua tahun bertahta jadi juara liga

Al Shorta [image source]

Ternyata Iraq juga memiliki klub bola khusus yang beranggotakan para polisi dengan nama Al Shorta. Sejak didirikan pada tahun 1932, siapa sangka klub yang satu ini sekarang tidak hanya berfokus untuk merekrut polisi, namun juga pemain profesional. Hingga akhirnya Al Shorta menjadi salah satu tim yang disegani tidak hanya di Iraq namun juga Asia. Buktinya, klub ini sempat menjadi runner Upa dalam Liga Champions Asia, dan 10 kali memegang titel jawara dalam liga yang ada di sana.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan