Home Opini SDM Indonesia

SDM Indonesia

SHARE
Membangun SDM Indonesia
Kultweet hendry Satriago
Berbicara mengenai SDM Indonesia, kita memerlukan perlawanan untuk belajar tak kenal lelah. Stop blaming! Karena learning is individual responsibility. Jika sistem pendidikannya belum baik, pengajarnya belum hebat, tak berarti berhenti atau kurang belajar. We need to run extra miles. Gerakan komunitas untuk belajar, sharing, dan mengajar merupakan salah satu kunci untuk menghasilkan SDM Indonesia yang lebih baik.
Kita tak bisa menunggu sampai ada sistem pengajaran dan sekolah yang lebih baik untuk mendapatkan SDM Indonesia yang lebih baik. Kelamaan! Jika setiap orang Indonesia memiliki mindsetuntuk belajar, membaca, dan sharinglebih banyak, maka kita dapat “melawan” keterbatasan yang ada. Memajukan SDM Indonesia tak bisa menunggu adanya sistem yang lebih baik, setiap orang harus “melawan” agar kita dapat berkompetisi di global market.
Menjadi lebih pintar tidak bisa berdasarkan konsep itu adalah “hak”, tapi perlu menjadi “kewajiban” tiap individu. Find a way to get smarter. Betul, pemerintah harus menyiapkan infrastruktur dan sistem pendidikan yang baik, tapi jika belum ada tak berarti kita harus diam dan menunggu. Karena dunia global bergerak terus maju. Saat ini, kita juga bergerak, tapi belum secepat pergerakan dunia. Jadi tak cukup kompetitif.
SDM Indonesia membutuhkan mindset: belajar is responsibility, mindset untuk berkompetisi di dunia global, serta gerakan sharingdan mentorship. SDM Indonesia harusnya bangga jika dapat menghasilkan sesuatu yang berbeda, bukan bangga jika dapat mengikuti dan meniru. SDM Indonesia seharusnya asyik, fun, dan tidak saling membenci hanya karena berbeda pendapat. Jadi, PR untuk menjadi lebih pintar masih banyak nih
SHARE