Header Ad

Sebelum ‘MTMA’, 8 Program Acara Petualangan Ini juga Nggak Kalah Populer di Masanya

October 23, 2017
21 Views

Ketika ada slentingan “my trip..” rasa-rasanya semua orang bakal langsung bisa nyahutmy advanture”. Ya, program petualangan yang dipandu host tampan dan cantik serta menyuguhkan keindahan destinasi travelling itu seolah menyihir penonton. Nggak cuma itu, penonton rasa-rasanya juga buru-buru ingin berpetualang ke tempat yang ditayangkan dalam program.

Sebelum kemunculan program petualangan populer My Trip My Adventuru (MTMA) yang berbarengan dengan tren sosial media, masyarakat dulunya juga hobi mantengi program serupa yang sempat hits di masanya. Dikemas dalam berbagai bentuk, acara-acara yang bermunculan sejak tahun 2000-an ini juga jadi faktor pendorong penontonnya untuk ikut berpetualang. Yuk simak deretannya.

Jelajah

Jelajah [image: source]

Siapa yang nggak tahu acara yang identik dengan gambar  kompas alias penunjuk arah ini. Meski awalnya hanya menyajikan potongan-potongan video feature berdurasi 3 hingga 5 menit, tayangan ini berubah menjadi acara berkonten travelling. Dengan gaya penceritaaan yang ringan serta informatif, tayangan ini mulai digemari. Kemunculan  program Jelajah ini juga merupakan pelopor acara petualangan di televisi.

Mancing Mania

Mancing Mania [image: source]

Kamu yang hobi mancing, pasti nggak bakal melewatkan acara ini. Menyajikan pengalaman pengembaraan di tengah laut, sungai, dan danau, program ini berhasil memikat penonton. Slogan unik yang memorable juga jadi kekuatan program ini, kamu pasti tahu kan guys slogannya?. Yap benar, “mancing mania, mantap!!!”. Asal tahu saja, program ini juga dinobatkan sebagai fishing show pertama lho di tanah air. Keren bukan?

Si Bolang

Si Bolang [image: source]

Menyajikan kepolosan bocah-bocah cilik saat berpetualang, acara ini justru menjadi tontonan menarik bagi segala usia. Terlebih, bocah yang diekspos adalah anak-anak lokal di suatu daerah. Selain itu, host yang biasanya memandu acara diganti dengan narasi berupa bahasa lokal yang justru membuat tontonan ini istimewa di setiap episodenya.

Jejak Petualang

Jejak Petualang [image: source]

Acara petualangan satu ini pasti banyak dipantengin cowok-cowok. Ya, karena konsep acara adalah menyajikan petualangan perempuan cantik dan tangguh. Program yang cenderung dengan tayangan dokumenter ini juga digemari sebab mengangkat fenomena menarik seputar alam, kearifan lokal, kebudayaan, dan ekplorasi keindahan alam Indonesia. Nggak heran ya guys, hingga saat ini program ini awet nangkring di layar kaca.

Indonesia Bagus

Indonesia Bagus [image: source]

Kalau pengen tahu sesungguh-sungguhnya Indonesia, Indonesia Bagus merupakan program yang wajib kamu ikuti tiap episodenya guys. Sebab acara yang mulai tayang sejak pertengahan 2013 silam itu, menampilkan bentang alam, kehidupan warga lokal, bahasa, bahkan kekayaan alamnya. Nggak cuma itu, host dan narator juga menggunakan bahasa lokal sehingga penonton berasa banget sentuhan budayanya.

100 Hari Keliling Indonesia

100 Hari Keliling Indonesia [image: source]

Kalau kebanyakan petualangan hanya menyorot tempat-tempat indah, 100 Hari Keliling Indonesia justru mengungkap sebenar-benarnya kondisi suatu tempat. Mulai dari problematika masyarakat, kondisi realita yang bak tertutup tirai, dan tentu keunggulan dan potensi yang harusnya bisa dimaksimalkan. Nggak berhenti dengan tayangan di televisi yang dipandu Ramon Y. Tungka, acara ini juga sempat dibukukan dengan judul yang sama seperti program di televisi.

Lentera Indonesia

Kerap banget membuat penonton menitikkan air mata, program ini mengangkat kisah nyata anak-anak muda yang rela melepas kemapanan fasilitas kota untuk menjadi pengajar atau petugas kesehatan di daerah terpencil. Saking kerennya, program ini telah memenangkan berbagai penghargaan termasuk kategori Lembaga Penyiaran Televisi Peduli Perbatasan Terbaik dari AKPI tahun 2015

Jalan-Jalan Men

Kalau yang satu ini bolehlah kita sebut tayangan antimainstream. Yah, sebab program ini dikemas dalam tayangan web series guys. Kayak web series pada umumnya, Jalan-Jalan Men ini tayang di youtube malesbanget.com dalam 4 season. Yang bikin kaula muda betah nungguin acara ini adalah kekonyolan dan keunikan dua hostnya yaitu Naya dan Jebraw. Meski cenderung agar slengekan dan kerap menyisipkan lagu-lagu absurd, karakter Jebraw justru membuat program ini nggak membosankan.

Dikemas dengan konsep berbeda, tontonan petualangan di atas ada yang konyol, lucu, unik, menantang, seru, inspiratif, hingga mengundang tangis. Harapannya, ke depan ini acara-acara bertema travelling lebih variatif lagi biar kita para pemirsa ini juga mendapatkan berbagai macam manfaat dan hiburan. Nah, dari semua program di atas, mana nih yang paling jadi favoritmu?

sumber

You may be interested

Meneladani Perjuangan Bayi Adam Fabumi, Pengidap Penyakit ‘Trisomy 13’ yang Baru Saja Berpulang
Buzz
2 views
Buzz
2 views

Meneladani Perjuangan Bayi Adam Fabumi, Pengidap Penyakit ‘Trisomy 13’ yang Baru Saja Berpulang

Lahiya - November 24, 2017

Rupanya, belakangan ini bukan hanya pelabrakan Jedun atas isu pelakor atau pencapaian AgnezMo yang akan diajak berduet oleh Chris Brown…

Kenalan dengan 4 Putri Cantik Faisal Harris dan Sarita Korban Kehancuran Keluarga Akibat ‘Pelakor’
Buzz
3 views
Buzz
3 views

Kenalan dengan 4 Putri Cantik Faisal Harris dan Sarita Korban Kehancuran Keluarga Akibat ‘Pelakor’

Lahiya - November 24, 2017

Belum habis euphoria warga Indonesia tentang isu pelakor akhir-akhir ini. Hal ini juga dimanfaatkan oleh salah satu stasiun televisi dengan…

Inilah 4 Klub Ternama Indonesia yang Sempat “Mengancam” Hijrah ke Luar Negeri
Buzz
5 views
Buzz
5 views

Inilah 4 Klub Ternama Indonesia yang Sempat “Mengancam” Hijrah ke Luar Negeri

Lahiya - November 24, 2017

Merasa dicurangi wasit saat pertandingan berlangsung mungkin hal yang sering ditemui. Ada beragam alasan mengapa hal itu terjadi, entah wasitnya…

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan