Seberapa Sering Bercinta Agar Bisa Kurus?

Posted on

Lahiya – Kita semua pasti tahu bahwa salah satu cara untuk menurunkan berat badan adalah dengan berolahraga. Namun tahukah Anda, opsi olahraga yang menyenangkan untuk menguruskan badan adalah bercinta?

Apabila Anda dan pasangan termasuk orang yang terlalu sibuk sehingga tak ada waktu untuk berolahraga, Anda berdua dapat memilih alternatif ini. Tak  banyak yang tahu bahwa ternyata bercinta termasuk jenis olahraga yang cukup membakar kalori. Harus seberapa sering Anda melakukannya guna menurunkan berat badan? Posisi apa saja yang ampuh membuat badan langsing? Mari simak selengkapnya menyoal olahraga ranjang ini.

Mengutip laman LifestyleKompas.com, Kamis (11/01/2018), bercinta sendiri terbilang merupakan aktivitas yang membutuhkan banyak energi. Tubuh akan membakar kalori dari simpanan karbohidrat. Semakin banyak kalori yang terbakar, makin cepat pula metabolisme tubuh bekerja untuk membakar timbunan lemak.

Selain mempercepat metabolisme tubuh, berhubungan intim juga rupanya melatih kebugaran. Saat bercinta, berbagai kelompok otot pada tubuh akan bekerja. Umumnya otot-otot yang bekerja saat berhubungan intim yaitu otot lengan, abdomen, hamstring, bokong, dan betis.

Baca juga: Menohok! Begini Saran FPI Buat Joshua yang Dituding Menistakan Agama

Melatih otot-otot tersebut bisa membentuk dan menambah massa otot tubuh seperti berolahraga di gym. Bila dibandingkan dengan lemak tubuh, massa otot yang bertambah berpotensi membakar lebih banyak kalori, bahkan sewaktu otot-otot tersebut sedang tidak bekerja sekalipun.

Serupa Kardio

Terlebih, bercinta juga termasuk jenis olahraga kardio yang dapat meningkatkan detak jantung. Jika otot jantung kuat, maka pembuluh darah dapat mengalirkan darah lebih banyak dan lebih cepat. Dengan demikian, niscaya oksigen pun dapat dialirkan lebih banyak lagi ke dalam sel-sel otot. Hal ini memungkinkan sel untuk membakar lemak lebih banyak selama “olahraga” dan saat istirahat.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi jumlah kalori yang terbakar lewat bercinta. Misalnya saja, seberapa lama Anda berhubungan intim dan apa saja yang dilakukan bersama pasangan saat bersenggama. Sebagai informasi, berciuman saja sudah mampu membakar 2-6 kalori per menitnya. Jadi, semakin lama Anda mencium pasangan, maka akan semakin banyak pula kalori yang terbakar.

Saling bercumbu atau foreplay selama satu jam bisa membakar kira-kira 58 sampai 80 kalori. Angka ini setara dengan berjalan kaki sejauh 1,5 kilometer atau berolahraga selama 23 menit. Sesi bercumbu mesra selama satu jam ini juga mampu membakar kalori dari setengah kaleng minuman soda yang Anda konsumsi.

Sementara itu, kalori jika dilakukan selama 45 menit, berhubungan s**s akan membakar sekitar 100-140. Ini sama seperti berlari sejauh dua kilometer atau berolahraga selama 40 menit. Bersenggama itu sendiri bisa berlangsung mulai dari dua menit hingga lebih dari satu jam.

Desahan Nafas Membantu Bakar Kalori

Jaiya Kinzbach yang adalah seorang ahli seksologi dari Amerika Serikat juga mengungkapkan bahwa desahan dan tarikan napas yang dalam selama berhubungan s*eks akan membantu membakar sebanyak 18 sampai 30 kalori.

Menurut para ahli, tak ada patokan angka untuk memastikan berapa kali berhubungan s**s yang bisa menurunkan berat badan. Ini dikarenakan bercinta memang tidak benar-benar ampuh untuk membuat tubuh langsing dan kurus. Berhubungan intim hanya mampu membakar kalori.

Kendati memang kalori yang dibakar lewat s*eks termasuk banyak, namun ternyata hal ini tidak begitu memengaruhi angka di timbangan.

Meski demikian, Howard Shapiro yang merupakan dokter pakar penurunan berat badan di New York menuturkan, untuk seseorang yang kehidupan seksualnya baik akan membuat stres yang ia alami semakin berkurang—sehingga nafsu makan pun jadi menurun dan tak sebesar seperti sewaktu dirinya tengah mengalami stres tinggi.

Penurunan nafsu makan dan tingkat stres rendah inilah yang sebenarnya lebih memainkan peran penting dalam penurunan berat badan.

Nah, apabila kehidupan s*eks Anda dan pasangan memang berkualitas, tentu tak ada salahnya untuk bercinta berkali-kali dalam semalam demi tercapainya pembakaran kalori yang diinginkan. Harap perhatikan ketahanan tubuh, kondisi kesehatan, dan gairah seksual masing-masing.

Hakikatnya, semakin lama durasi Anda bercinta dan semakin banyak variasi posisi dan manuver yang Anda lakukan, maka semakin banyak juga kalori yang bisa terbakar. Riset menemukan bahwa semakin tinggi intensitas kardio, semakin besar juga kalori yang terbakar.

Dengan demikian, jika Anda hendak bercinta untuk menurunkan berat badan, usahakan untuk memperlama foreplay, berganti posisi, menambah gerakan, hingga menaikkan suhu ruangan.

Suhu ruangan yang lebih hangat bisa membuat tubuh jadi lebih mudah berkeringat, sehingga membantu membakar kalori lebih banyak. Selain itu, sebagian orang juga akan merasa lebih bergairah sewaktu melakukan s*eks yang berkeringat.

Posisi Menentukan

Berbeda posisi berhubungan intim, berbeda juga jumlah kalori yang dibakar. Posisi tertentu seperti cowgirl (wanita di atas) dan doggy style cenderung membakar kalori lebih banyak ketimbang posisi misionaris yang klasik.

Pria dapat membakar sekitar 350 kalori per jam saat melakukan posisi misionaris. Sedangkan, wanita dapat membakar sekitar 200 kalori saat melakukan posisi cowgirl selama 30 menit.

Sementara itu, posisi berdiri atau menggendong yang menggunakan tumpuan otot bokong dan betis bisa membakar sebanyak 51 kalori per menit.

Baca juga: Aturan Minum 8 Gelas Tiap Hari Ternyata Salah! Cara Ini Lebih Dianjurkan

Namun harap diingat, kendati tak ada salahnya mencoba berhubungan s**s untuk menurunkan berat badan, tentu olahraga di ranjang ini tak dapat menggantikan manfaat ‘olahraga yang sebenarnya’.

Manfaat penurunan berat badan dari sesi intim akan lebih besar apabila dibarengi dengan olahraga rutin di luar kamar tidur. Sehingga tak ada salahnya juga untuk berolahraga dengan pasangan di akhir pekan guna menambah keintiman emosional di antara Anda berdua.

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan