Seperti Apa Penampakan Rumah Vertikal DP 0 Rupiah dari Anies-Sandi?

Posted on

Lahiya – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama) pembangunan rumah DP 0 rupiah di kawasan Klapa Village, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Dilansir dari Tribunnews.com, di kawasan tersebut untuk tahap awal bakal dibangun 703 unit hunian yang terdiri dari 513 unit tipe 36 dan 190 unit tipe 21.

Menurut Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoan, pembangunan rumah dengan DP 0 rupiah akan didesain secara vertikal serupa dengan apartemen.

Baca juga: Jalan Raya Anyer-Panarukan, 1.000 Kilometer Saksi Kejamnya Pembangunan di Era Kolonial

Sebagai penanggung jawab program yakni PD Pembangunan Sarana Jaya, sementara kontraktor pembangunan untuk membuat instalasi unit hunian murah tipe 36 adalah PT Totalindo Eka Persada.

Dilansir dari Tribunnews.com yang menghimpun  foto-foto instalasi rumah, berdasarkan yang diterima Kompas.com dari tim internal Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, untuk unit hunian bertipe 36 terdiri dari dua kamar tidur, satu kamar mandi, serta dapur yang menjadi satu dengan ruang keluarga.

Terlihat dalam foto rumah contoh unit hunian itu, dua kamar tidurnya memiliki ukuran berbeda. Satu kamar ukurannya lebih besar sehingga dapat menempatkan tempat tidur yang berukuran king size.

Sedangkan, kamar lainnya berukuran lebih kecil dan hanya memungkinkan untuk tempat tidur yang berukuran single bed.

Baca juga: Demi Sekolah di Cambridge Model Cantik Italia Rela Jual Keperawanan Rp 16,2 M

Jika dilihat dalam foto, ada hiasan berbagai macam dekorasi dalam ruangan kamar tidur. Ada pula hiasan perabot rumah yang menarik jadi memberi kesan nuansa yang elegan dan cenderung mewah.

Letak kamar mandi adalah samping kamar yang berukuran kecil. Ukuran kamar mandi tidak begitu luas, namun sudah dilengkapi dengan keramik dinding serta kloset duduk sehingga terlihat mewah.

Untuk dapur letaknya berada di depan pintu kamar mandi. Dapur yang terlihat di dalam foto itu didesain dengan sangat minimalis. Di salah satu sisi terdapat sebuah kompor satu tungku dan di sisi yang lain ada tempat untuk mencuci piring.

Di sekitar dapur ada bagian kosong yang bisa digunakan untuk menaruh meja makan atau kursi tamu. Terlihat di dalam foto, tiap sisi ruang tamu sampai dapur dilengkapi dengan perabot modern jadi tampilannya benar-benar seperti apartemen.

Baca juga: KPK Sebut Punya Bukti Visual Tentang Rumah Sakit yang Sudah Dipesan Sebelum Setnov Kecelakaan

Untuk harga unit hunian tipe 36 dibandrol Rp 320 juta. Sedangkan, per unit tipe 21 yang hanya memiliki satu kamar tidur, kamar mandi, dapur dan ruang tamu dipatok Rp 185 juta.

Walau begitu, belum ada penjelasan dari Pemprov DKI Jakarta tentang rincian syarat dan juga prosedur cicilannya. Untuk merumuskannya, Pemprov DKI sendiri menunggu hingga terbentuknya badan layanan umum daerah (BLUD) pada April mendatang.

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan