Sistem Pencernaan Ikan (Pisces)

Posted on

Sistem Pencernaan Ikan (Pisces) Selamat datang di Lahiya, situs (blog) sederhana yang berbagi ilmu dan pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Dan, pada kesempatan kali ini, kami bakal sharing pengetahuan mengenai Sistem Pencernaan Ikan, di sini kita akan membahas tentang Saluran pencernaan ikan, dan Kelenjar pencernaan ikan.

Saluran Pencernaan Ikan

Saluran pencernaan ikan terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus, serta anus.

Pada rongga mulut ada lidah serta gigi. Lidah pada ikan kurang berfungsi untuk pencernaan, namun cuma untuk membantu ikan untuk bernapas. Gigi runcing berbentuk kerucut bisa tumbuh pada rahang atas, bawah ataupun langit-langit. Rahang berfungsi untuk mengunyah makanan. Rongga mulut ikan banyak variasi pada berbagai jenis ikan, tergantung pada jenis makanan yang menjadi santapannya. Pada rongga mulut terdapat banyak kelenjar lendir, namun tidak memiliki kandungan kelenjar ludah. Setelah makanan dikunyah serta dilumasi lendir didalam rongga mulut, lantas makanan bakal masuk ke faring ikan yang dilengkapi dengan insang pada sisi kanan serta kirinya. Sesudah melewati faring, makanan bakal diteruskan ke esofagus (kerongkongan) ikan hingga mencapai lambung.

System Pencernaan Ikan

Pada pangkal lambung yang berbatasan dengan usus ada katup yang memisahkannya dengan usus. Uniknya pada ikan tidak mempunyai sekum pilori (usus buntu) yang menempel pada usus serta berfungsi untuk menghasilkan sekret serta absorpsi. Makanan setelah dari lambung bakal masuk kedalam usus serta terjadi penyerapan sari-sari makanan. Setelah seluruh sari makanan sudah diserap, sisa makanan lantas bakal dibuang lewat anus.

Beberapa jenis ikan memiliki panjang usus yang tidak sama serta melekuk-lekuk untuk memperbesar luas permukaan supaya penyerapan sari makanan lebih efektif serta tidak banyak terbuang.

Kelenjar Pencernaan Ikan

Kelenjar pencernaan pada ikan berbentuk hati yang menyatu dengan pankreas yang disebut dengan hepatopankreas serta empedu yang terdiri atas kantong empedu serta saluran empedu yang bermuara pada usus.

Pada beberapa ikan kelenjar hati serta pankreas ada yang menyatu, atau pankreasnya melalui kelenjar hati namun tidak menyatu, serta ada pula kelenjar pankreas yang terpisah kecil-kecil di sepanjang usus ikan.

Biasanya empedu berfungsi untuk memecah lemak yang berstruktur kompleks jadi lemak yang lebih sederhana supaya gampang diserap oleh usus.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan