Sistem Rangka Tubuh Manusia

Posted on

Sistem Rangka Tubuh Manusia Selamat datang di Lahiya, situs (blog) sederhana yang berbagi ilmu dan pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Dan, pada kesempatan kali ini, kami bakal sharing pengetahuan mengenai unsur yang memberi bentuk tubuh dan penunjang tubuh dapat berdiri tegak, yakni Rangka Tubuh Manusia. Adapun yang menjadi fokus pembahasan kita ialah Pengertian, Fungsi, Macam-macam Rangka, Macam-macam Tulang Penyusun Rangka, Persendian, dan Pemeliharaan Rangka. Mari simak ulasan lengkap berikut ini.

Pengertian Rangka Tubuh Manusia

Rangka (skelet) adalah susunan tulang-tulang yang berkesinambungan, tidak bisa diliat dari luar tubuh lantaran ditutupi oleh daging (otot) yang bertindak dalam melindungi organ dalam tubuh yang lunak. Jumlah tulang pembentuk rangka pada manusia kurang lebih 206 ruas tulang. Rangkaian tulang-tulang inilah yang bikin manusia bisa berdiri tegak.

Fungsi Rangka Tubuh Manusia

Tidak hanya sebagai penunjang tubuh manusia untuk berdiri tegak, rangka mempunyai beberapa peran penting yang lain, yaitu:

  1. Memberi bentuk pada tubuh;
  2. Tempat perlekatan daging (otot) serta jaringan;
  3. Area untuk menyimpan mineral (terlebih fosfor serta kalsium) serta energi;
  4. Tempat pembentukan sel darah merah (eritrosit) , sel darah putih (leukosit), serta keping darah (trombosit);
  5. Sebagai alat gerak pasif. Artinya rangkaian tulang ini tidak bergerak, tetapi gerakan bisa terjadi bila adanya
  6. kontraksi atau relaksasi dari otot yang menempel pada tulang;
  7. Melindungi organ-organ vital tubuh, seperti:
  • Jantung, paru-paru dilindungi oleh tulang rusuk (costae) serta tulang dada (sternum)
  • Otak dilindungi oleh tulang kepala (cranium)

Macam – Macam Rangka Tubuh Manusia

Rangka tubuh manusia dibedakan jadi dua jenis, yakni rangka aksial serta rangka apendikular. Berikut ini penjelasan lanjut tentang kedua jenis rangka itu, diantaranya:

  • Rangka Aksial, adalah susunan tulang yang letaknya sejajar dengan sumbu tubuh. Rangka Aksial terdiri atas:

1.  Tulang tengkorak (Cranium), terdiri dari tulang tempurung kepala, tulang wajah, serta tulang telinga.
Tulang tempurung kepala berperan sebagai pelindung otak, terdiri dari:

  • 1 tulang dahi
  • 2 tulang ubun-ubun
  • 2 tulang pelipis
  • 1 tulang kepala belakang
  • 2 tulang baji
  • 2 tulang tapis

Tulang-tulang penyusun tulang wajah, mencakup:

  • 2 tulang rahang atas
  • 2 tulang rahang bawah
  • 2 tulang air mata
  • 2 tulang langit-langit
  • 2 tulang pipi
  • 2 tulang hidung

2. Tulang belakang (Verterbrae), terdiri dari 7 ruas tulang leher (servikal), 12 ruas tulang punggung (toraks), 5 ruas tulang pinggang (lumbal), 5 ruas tulang kelangkang (sacrum), serta 4 ruas tulang ekor (coccigeus). Walaupun tulang kelangkang serta tulang ekor terdiri atas beberapa ruas, tetapi masing masing tulang menyatu seolah membentuk satu ruas.

3. Tulang rusuk (Costae) serta tulang dada (Sternum), kedua tulang ini bertindak dalam melindungi susunan lunak yang terdapat didalam rongga dada (thoraks). Tulang rusuk terdiri atas 7 pasang tulang rusuk sejati (costae vera), 3 pasang tulang rusuk palsu (costae spuria), serta 2 pasang tulang rusuk melayang (costae fluctuantes).

Sedangkan tulang dada terdiri atas tiga bagian yaitu taju pedang (xifoid), bagian hulu (manubrium) yang berperan sebagai tempat menempelnya tulang selangka, serta bagian tubuh (gladiolus) yang berperan sebagai tempat menempelnya tulang rusuk sejati.

  • Rangka Apendikular, adalah susunan tulang anggota tubuh yang terdiri atas rangka apendikular bagian atas serta bagian bawah.

1. Rangka apendikular atas, terdiri atas gelang bahu (pectoral girdle) serta tulang tangan. Gelang bahu terdiri atas 2 tulang belikat (scapula) yang terkait dengan tulang rusuk serta 2 tulang selangka (clavicula) yang menghubungkan tulang selangka dengan tulang dada. Tulang tangan sendiri terdiri dari 2 tulang tangan atas (humerus), 2 tulang hasta (ulna), 2 tulang pengumpil (radius), 16 tulang pergelangan tangan (carpal), 10 tulang telapak tangan (metacarpal), serta 28 tulang jari tangan (phalanges).

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan