Soal Ucapan Selamat Natal, Begini Nasehat Tegas MUI

Posted on

Lahiya – Sebagian umat Muslim menganggap bahwa mengucapkan Selamat Natal hukumnya haram atau dilarang oleh agama Islam. Sementara sebagian lain menganggapnya diperbolehkan.

Terkait perbedaan pendapat ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau agar masyarakat bijaksana menyikapinya. MUI juga menyatakan bahwa pihaknya tak melarang siapapun mengucapkan Selamat Natal pada umat Kristiani.

Menurut MUI, ucapan ini hanyalah sebatas memberikan penghormatan atas dasar hubungan kekerabatan, bertetangga, teman sekerja, ataupun relasi antar umat beragama.

Lebih lanjut, Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tahud Sa’adi menerangkan bahwa perbedaan pendapat ini tak hanya terjadi di masyarakat, tapi juga di kalangan ulama. Oleh karena itu, MUI mempersilakan umat Islam melakukan sesuai keyakinan dirinya.

Baca juga: Ustad Somad Dipulangkan Paksa dari Hongkong, Ini Kronologinya

“MUI mempersilakan kepada umat Islam untuk memilih pendapat mana yang paling sesuai dengan keyakinan hatinya. MUI sendiri belum pernah keluarkan fatwa tentang hal ini,” terang Zainut dalam sebuah keterangan resmi, seperti dilansir cnnindonesia.com.

Mengenai perbedaan ini, MUI mengembalikan kepada umat Islam sesuai pendapat ulama yang sudah ada. Baik yang melarang ataupun mengizinkannya.

Sebelumnya, dikabarkan bahwa sebuah toko kue menolak menuliskan ucapan Selamat Natal. Pemilik toko tersebut menganggap ucapan ini hukumnya haram.

Pemiliknya, Fika Kurniawaty, juga sempat meminta maaf atas keputusan tersebut. Agar para pelanggan tak kecewa, ia juga mengizinkan mereka membawa kartu ucapan natal, asalkan bukan karyawannya yang menuliskannya.

Terkait kejadian ini, MUI menegaskan tak bisa melarang apa yang dilakukan pemilik toko tersebut. Selain itu, MUI juga berharap agar peristiwa ini tak menjadi polemik yang dapat mengganggu kerukunan hubungan antar umat beragama.

MUI menegaskan, dibanding memperdebatkan boleh atau tidaknya mengucapkan Selamat Natal pada umat Kristiani, sebaiknya seluruh umat menjaga persaudaraan yang selama ini terjalin.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan