SHARE
Loading...

Seorang remaja lelaki asal India merasa terkejut saat mengetahui ada 232 gigi tambahan dalam mulutnya. Hal ini diketahui saat dia memeriksakan diri ke dokter gigi. Mengutip laman Boldsky, Kamis (31/8/2017), Ashik Gavai tidak menyadari bahwa dirinya telah memiliki gigi tersebut selama 18 bulan.

Ashik mengaku merasakan nyeri parah di rahang dan mulutnya. Dia pergi ke kota setelah dokter dari desanya gagal mengidentifikasi penyebab masalah yang dialaminya itu.

Menurut medis, kondisi yang dialami Ashik disebut odontomas, yaitu ada pertumbuhan seperti gigi yang berantakan. Pertumbuhan ini terdiri dari enamel dan dentin, yang merupakan jaringan kekuningan yang umumnya membentuk sebagian besar gigi manusia.

Harus Melakukan Operasi

Setelah mendapatkan diagnosa, Ashik menjalani operasi untuk mengeluarkan gigi tersebut. Dokter yang menanganinya mengaku sempat merasa kesulitan. “Awalnya, kami tidak bisa memotongnya jadi kami harus menggunakan pahat dasar dan palu untuk mengeluarkannya,” ucap dokter yang menangani Ashik.

“Setelah berhasil membukanya, gigi seperti mutiara kecil mulai keluar satu per satu. Awalnya, kami mengumpulkannya, mereka benar-benar seperti mutiara putih kecil. Tapi kemudian kami mulai lelah karena terdapat 232 gigi,” lanjutnya.

Untungnya, operasi tersebut berjalan lancar dan para ahli bedah mampu mengeluarkan seluruh gigi dan mempertahankan struktur tulang rahang remaja tersebut.