Tak Disangka! Sikap Menteri Susi Saat Temui Pendemo Jadi Sorotan

Posted on

Lahiya – Ribuan nelayan yang tergabung dalam Aliansi Nelayan Indonesia mendemo Susi Pudjiastuti yang merupakan Menteri Kelautan dan Perikanan. Pada Rabu (17/01/2018), mereka menolak kebijakan Menteri Susi yang melarang penggunaan cantrang untuk menangkap ikan. Hingga pukul 15.00, massa masih berkumpul di depan Istana Negara, Jakarta Pusat. Namun netizen dibuat takjub oleh reaksi dari sang menteri.

Seperti dikutip dari Tribunnews.com, Kamis (18/01/2018), Susi pun keluar dari istana dan menemui massa pada pukul 16.40. Hal ini dilakukannya usai berdiskusi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta lima orang perwakilan pendemo di Istana Merdeka.

Sementara itu, dilansir dari laman Kompas.com, kelima orang itu mewakili beberapa kabupaten di Jawa Tengah, antara lain Batang, Pati, Rembang, dan Tegal. Video saat Susi berbicara di hadapan ribuan pasang mata nelayan pun diunggah oleh pengguna akun Twitter @nrg07.

Tampak dalam cuplikan tersebut, tak disangka-sangka Menteri Susi berhasil menaklukkan para pendemo. Hal ini tak pelak menjadi sorotan para warganet.

Baca juga: Misterius! Kapal Berbendera Amerika Terdampar di Pulau Tambelan

“Kalau masih ada yang bohong, tahun depan ditenggelemin,” tegas Susi. Ucapan tersebut langsung disambut dengan teriakan setuju oleh massa.

“Saya ingin Anda menguasai laut Indonesia, bukan kapal-kapal ikan asing. Kapal asing diapain?” lanjutnya.

“Tenggelamkan!” jawab para pendemo kompak.

Netizen pun dibuat heran oleh ketangkasan Susi dalam menghadapi para pendemo tersebut.

@cookiegig88: Dia langsung kuasai panggung dan massa. She’s da real boss!

@Adiyooo: Lah yang demo langsung nurut sama yang didemo.

@azhari_rangguci: Hebat Bu Susi, kalau pejabat lain didemo ngumpet.

@idarina_69: Bu Susi memang keren!

Berdasarkan keterangan dari Bupati Tegal Enthus Susmono, sebelum melakukan unjuk rasa, para nelayan telah melakukan uji petik bersama pakar. Dari situ diketahui bahwa cantrang tidak merusak lingkungan hidup seperti yang disampaikan Susi.

“Soal cantrang ada dua persepsi. Ibu Susi menyatakan cantrang sama dengan trawl. Nah, nelayan menyatakan cantrang bukan trawl. Ya, orang Jawa menyebut cantrang,” beber Enthus sebelum bertemu Presiden.

Selain itu, lima perwakilan nelayan itu juga membicarakan masalah perizinan kapal nelayan dengan Jokowi.

Baca juga: Mengungkap Penyebab Pemerintahan Jokowi Impor 500.000 Ton Beras

“Perizinan kapal itu mbulet. Masak ada 27 lapisan. Ini yang Presiden enggak suka dan akan dibuat ringkas,” pungkas Enthus.

Simak videonya seperti dilansir dari TribunVideo via YouTube.

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan