Tak Hanya Ahok yang Gugat Cerai, 5 Pemimpin Dunia Ini juga Mengalaminya

Posted on

Lahiya – Sejak Minggu (07/01/2018), lini massa media sosial diwarnai oleh kabar perceraian mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama. Seperti diketahui, Ahok telah melayangkan gugat cerai kepada istrinya, Veronica Tan. Kabar yang kini menjadi viral tersebut juga telah dibenarkan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Pihak kuasa hukum Ahok mendaftarkan gugatan tersebut pada 5 Januari lalu.

Melansir laporan Tempo.co, Senin (08/01/2018), Josefina Agatha Syukur  selaku kuasa hukum mantan Gubernur DKI Jakarta Ahok menyebutkan, ada dua tuntutan dalam surat gugatan cerai. Tuntutan pertama, katanya, bahwa Ahok menuntut cerai istrinya, Veronica Tan.

“Kedua Pak Ahok meminta hak asuh anak diberikan padanya,” tutur Josefina di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Senin (08/01/2018).

Sebagaimana diketahui, Ahok dikaruniai tiga orang anak dari 20 tahun pernikahannya dengan Veronica. Ketiga anak tersebut yaitu Nicholas Sean Purnama, Nathania Purnama dan Daud Albeenner Purnama.

Baca juga: Insiden Aneh! Seorang Pilot Tewas Dihantam Pintu Pesawat yang Lepas

Tak ayal, gugatan perceraian tersebut menggegerkan kalangan masyarakat. Mungkin hal ini dikarenakan selama ini perceraian lebih banyak terjadi di dunia selebriti ketimbang dalam lingkungan politik. Meski demikian, banyak juga kasus perceraian yang terjadi menimpa kalangan politikus dunia. Siapa saja? Mari simak ulasan dari lima tokoh politik dunia yang kehidupan rumah tangganya sempat kandas.

  1. Paul Keating

Mantan Perdana Menteri Australia, Paul Keating berpisah dari istrinya Anita van Iersel pada 1998, namun baru resmi bercerai 2008. Saat berpisah, Keating sudah tidak lagi menjadi pemimpin pemerintahan Australia, ia menjabat pada 1991-1996.

Halaman Sydney Morning Herald melaporkan pada 2004 lalu, dalam wawancara dengan van Iersel, dieritakan bahwa Keating mengumumkan perpisahan mereka saat acara makan malam di rumah seorang teman.

  1. Nicolas Sarkozy

Mantan Presiden Prancis, Nicolas Sarkozy menikah dengan istri pertamanya, Marie-Dominique Culioli pada 1982, keponakan dari Achille Peretti yang saat itu menjabat sebagai wali kota Neuilly-sur-Seine, yang juga merupakan salah seorang mentor politiknya.

Mereka resmi bercerai pada 1996. Tak lama berselang, Sarkozy, yang waktu itu menjadi wali kota Neuilly-sur-Seine, menikah dengan mantan model Cecilia Ciganer-Albeniz.

Keberuntungan masih belum berpihak. Sarkozy kembali harus bercerai dengan istri keduanya. Ia berpisah dengan Albeniz tak lama setelah ia terpilih menjadi presiden Prancis pada 2007. Dimuat dalam The Independent, Albeniz menyatakan ia meninggalkan Sarkozy karena “sepertinya dia lupa pada saya”.

Selanjutnya Sarkozy menikah untuk ketiga kalinya dengan penyanyi sekaligus mantan model asal Italia, Carla Bruni pada 2008 di Istana Elysee, istana presiden Prancis.

  1. Nelson Mandela

Almarhum Presiden pertama Afrika Selatan, Nelson Mandela, menikah dengan Winnie Madikizela pada 1958, setelah ia berpisah dengan istri pertamanya Evelyn Ntoko Mase.

Madikizela mendampingi perjalanan karier politik Mandela, sekalipun saat ia dipenjara pada periode 1962-1990. Keluar dari penjara, Mandela menjadi presiden pertama negara tersebut periode 1994-1999.

Berita salah satu sidang perceraian Mandela dengan Madizikela pada 1996 setelah mereka menikah selama 38 tahun juga dimuat dalam reportase The Independent. Dalam berita tersebut, Mandela menyatakan tetap ingin bercerai dengan Madizikela karena tidak bisa lagi dipertahankan.

Setelah bercerai, Mandela menikahi perempuan dengan perbedaan usia yang cukup besar yakni 27 tahun, Graca Machel. Machel adalah politikus sekaligus janda dari Presiden Mozambik Samora Machel, yang tewas karena kecelakaan pesawat saat masih menjabat. Machel mendampingi sang Mandela hingga Mandela meninggal pada 2013 lalu di usia 95 tahun.

  1. Pangeran Charles

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan