Tak Hanya di Masjid, Pria Ini Juga Buang Kotoran di Gereja dan Vihara

Posted on

Lahiya – Jumat (22/12/2017) lalu, pria bernama Suharmin Lias menghebohkan warga karena menyiram sajadah masjid menggunakan air kencing.

Aksi tersebut dilakukan Suharmin di Masjid Kubah Emas, Limo, Kota Depok, sekitar pukul 10.00 WIB. Pengurus masjid awalnya tak ada yang curiga terhadap pelaku.

Ketika datang, Suharmin langsung duduk bersila menghadap mimbar. Namun, tiba-tiba pria 34 tahun ini menyiramkan sesuatu yang disimpannya dalam botol air mineral ke sajadah.

Sontak, peristiwa ini langsung menghebohkan pengurus masjid. Bahkan, Suharmin sempat diamuk warga setempat.

Baca juga: Siram Sajadah Masjid Pakai Air Kencing, Ternyata Pria Ini Adalah…

Setelah diamankan polisi, pengakuan mengejutkan datang dari Suharmin. Ternyata ia tak hanya membuang kotoran di Masjid Kubah Emas, tapi juga berulang kali melakukannya di tempat lain.

“Dari keterangan pelaku, bahwa perbuatan menyemprotkan dengan air seni tersebut sebelumnya pernah dilakukan di vihara di Ancol, Jakarta Utara,” tutur Kasat Reskrim Polresta Depok Kompol Putu Kholis Aryana, Senin (25/12/2017) kemarin, dilansir detik.com.

Menurut Putu, perbuatan ini dilakukan Suharmin sekitar setahun yang lalu. Kala itu ia menyiramkan air seni ke patung Buddha di vihara tersebut. Aksi serupa diulanginya lagi di gereja sekitar 3 bulan lalu.

“Kemudian sekitar 3 bulan yang lalu, juga dilakukan di gereja di daerah Kedoya, di mana yang disemprot (air seni) adalah patung Yesus,” lanjut Putu.

Saat ini, Suharmin telah ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat dengan pasal penistaan agama. “Yang bersangkutan sudah kami tetapkan sebagai tersangka dengan dugaan Pasal 156 KUHP tentang penistaan agama dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara,” lanjut Putu.

Selain itu, polisi juga akan melakukan tes kejiwaan terhadap Suharmin di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur. Pasalnya, ada kemungkinan bahwa pelaku mengalami gangguan jiwa. Apalagi telah melakukan aksinya berulang kali.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan