Tak Pernah Lulus Kuliah, Megawati Punya 5 Gelar Doktor. Kok bisa?

Posted on

Lahiya – Hari ini, 23 Januari 2018, Mantan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarno Putri merayakan hari ulang tahun ke-71.

Putri Presiden Soekarno ini memiliki lima gelar doktor kehormatan dari berbagai universitas di dalam dan luar negeri. Namun, ternyata Megawati tak pernah menyelesaikan pendidikannya di perguruan tinggi.

Megawati mengatakan, dia sempat berkuliah di Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung pada 1965. Namun, tak pernah bisa menyelesaikan kuliahnya karena kondisi politik kala itu.

“Hanya dua tahun kesempatan saya untuk belajar di Unpad. Kesemuanya memaksa saya untuk tidak melanjutkan kuliah di kampus ini,” ujarnya saat menerima gelar doktor dari Unpad, 25 Mei 2016 silam.

Baca juga: Tegas! Rektor Larang LGBT Lakukan Kegiatan di Kampus UGM

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini juga pernah kuliah di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia pada 1970. Namun, lagi-lagi ia tak menyelesaikan pendidikan tingginya.

Meski begitu, wanita yang memiliki nama lengkap Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri ini mendapatkan sejumlah gelar kehormatan dari berbagai universitas.

Selain gelar doktor kehormatan dari Unpad pada tahun 2016, Megawati juga menerima gelar kehormatan dari Universitas Waseda, Tokyo, Jepang. Gelar yang sama juga diperolehnya dari dua kampus ternama, yakni Korea Maritime and Ocean University, Moscow State Institute of International Relation.

Terakhir, pada 27 September 2017 lalu Megawati medapatkan gelar doktor kehormatan di bidang politik dari Universitas Negeri Padang.

Meski tak pernah lulu kuliah dan menamatkan pendidikan tingginya, Megawati telah berhasil menjadi presiden wanita pertama di Indonesia.

Baca juga: Innalillahi! Pendiri Partai Demokrat Sys NS Meninggal Dunia

Sementara itu, dalam rangka perayaan ulang tahun Megawati ke-71, Taman Ismail Marzuki (TIM) disulap menjadi serba hijau dengan beragam tanaman.

Menurut panitia acara, tanaman serba hijau yang menghias TIM ini merupakan permintaan Megawati. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, hal ini menandakan bahwa Megawati peduli pada lingkungan hidup.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan