8 Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Sepakbola adalah olah-raga yang memercayakan kecepatan, kemampuan serta strategi. Untuk dapat bermain sepakbola dengan baik, anda butuh kuasai tehnik basic dalam bermain sepakbola. Bila anda cuma memercayakan kemampuan badan serta kecepatan tanpa ada pelajari tehnik dalam bermain sepakbola, maka anda akan mengalami kesulitan.


1 Menggiring Bola


sepak bola

youtube.com

Dribbling atau menggiring bola dalam sepak bola amatlah utama. Lantaran dribbling merupakan satu diantara tehnik basic dalam sepak bola. Saat anda tak mendapatkan rekan yang dapat diumpan, Anda mesti mendribbling atau menggiring bola itu.

Demikian juga saat mengumpan dapat menyebabkan offside, Anda mungkin saja mesti menggiring. Menggiring pada intinya dibedakan jadi dua : closed dribbling serta speed dribbling. Closed dribbling dikerjakan dengan kontrol penuh atas bola, dikerjakan saat bola tak betul-betul aman dari lawan kita.

Pada closed dribbling, bola tak bisa ada lebih dari 1 meter didepan kaki kita. Adapun speed dribbling cuma mempunyai satu arah : kecepatan.

Pada speed dribbling, kita menggiring bola dengan lari secepatnya. Dapat dilakukan dengan menendang bola kedepan lantas kita kejar sekuat-kuatnya. Tetapi prasyaratnya, kita betul-betul bebas dari desakan lawan.

Panduan panduan menggiring bola yang benar

Bila anda mau membawa bola dengan cepat ke daerah kosong (tak ada lawan), lakukanlahspeed dribbling yaitu dengan menendang bola lantas mengubernya. Tetapi bila Anda membawa bola di sekitar lawan, lakukanlah closed dribbling yaitu dengan selalu melindungi supaya bola tak lebih dari 1/2 meter di depan Anda.

Dalam melakukan closed dribbling, janganlah menaikkan kecepatan lewat cara melebarkan langkah kaki Anda atau mendorong bola lebih jauh ke depan, walau demikian tingkatkanlah frekwensi langkah kaki Anda.

Janganlah terlampau banyak menggiring di sepertiga lapangan. anda bisa lebih leluasa menggiring di sepertiga lapangan lawan.

Pada saat menggiring, bila lawan membayangimu dari samping maka tehnik berbalik (turning) kerapkali dapat menolong Anda mengecohnya.

Baca juga: Peraturan Permainan Sepakbola

loading...

Saat anda membawa bola serta ada lawan di depanmu, sangatlah baik bila anda tak terburu-buru mengumpankan bola walau sebenarnya masihlah jauh dari lawan. Giringlah bola terlebih dulu mendekati sang lawan, serta ketika yang seakhir mungkin umpankanlah bola pada rekan.

Dengan hal tersebut, sang lawan pastinya akan terlambat untuk dapat menghadapi bola itu. Tetapi, bila anda terlambat dalam mengumpan maka sangat mungkin saja lawan bakal dapat merebut bola dari kakimu.

Pada saat menggiring, bila lawan menghadang di depanmu maka umpankanlah bola pada rekan atau lewatilah lawan yang menghadang itu. Ada banyak tehnik untuk melalui lawan, yang pada prinsipnya yaitu jadikan lawan susah bergerak menguber bola, mati langkah, salah antisipasi, atau kehilangan keseimbangan.

Di antara segala teknik itu yaitu matthews move, menggunting (scissors move), step over, cruyf move, melewatkan dibawah ke-2 kaki lawan (nutmeg move), berpura-pura ingin menendang (fake kick), berputar (spin move), mencungkil bola (sombrero move) serta elastico move.

Anda bisa kehilangan bola asalkan memperoleh ganti yang layak untuk itu, seperti sepakan sudut, sepakan bebas, lemparan dalam, atau bahkan juga sepakan penalti.

Menggiring dapat dikerjakan ke arah mana saja, termasuk juga ke arah belakang bila dikira butuh, umpamanya untuk mencari serta membuat gabungan yang tambah baik.

Bila rekanmu yang tengah menggiring bola ada dalam kesusahan, cepatlah datang menolong lewat cara mengambil posisi yang pas untuk dapat di beri umpan.

Anda dapat membuat ruangan untuk rekanmu untuk terima umpan secara leluasa lewat cara menggiring bola yang anda kuasai sedemikian hingga terwujud ruangan itu atau mungkin dengan memancing lawan mengubermu sesaat anda membuat ruangan untuk beberapa rekanmu. Tetapi, ini cuma dianjurkan bila anda trampil dalam menggiring.

Beberapa pemain yang dapat menggiring paling baik dianjurkan untuk di letakkan di sayap, dengan harapan dapat menyibukkan beberapa pemain lawan hingga tercerabut ke pinggir lapangan serta terwujudlah ruangan yang longgar di dalam lapangan.


2 Menendang


menendang bola

Untuk lakukan sepakan yang baik, anda mesti lakukan koordinasi pada semua anggota badan anda. Di bawah ini merupakan tehnik menendang yang benar dengan koordinasi dari semua anggota tubuh.

Posisi Kepala

Yang disebut dengan posisi kepala yakni saat sebelum menendang bola futsal lovers sebaiknya merekam keadaan lapangan, di mana posisi rekan serta lawan ada, supaya futsal lovers bisa memastikan kearah mana bola bakal ditendang. Sesudah terekam semuanya, kepala lalu menghadap ke bola serta mata mengkoordinasikan sisi dari bola mana yang bakal ditendang.

Posisi Kaki

Bila posisi kaki ada di segi depan bola, jadi bola bakal jalan lurus serta mendatar di tanah. Bila posisi kaki ada disisi samping bola jadi tidaklah terlalu kencang larinya. Sedang bila posisi ada di segi belakang bola, jadi akhirnya bola bakal melambung tinggi.

Sisi dari bola yang bakal ditendang

Dalam menendang sisi mana bola yang bakal ditendang bakal punya pengaruh pada jalannya bola. Bila menendang segi kiri bola, jadi bola bakal bergerak melengkung ke kanan. Bila menendang pas dibagian tengah bola, jadi bola bakal bergerak lurus ke depan. Bila menendang dari segi kanan bola, jadi bola bakal bergerak menlengkung ke kiri. Sedang bila menendang pas di atas bola, besar kemungkinan bola akan tidak bergerak kemana-mana. Apabila anda menendang pas dibagian bawah bola jadi bola terangkat dan melambung ke depan.

Kemampuan Kaki

Laju cepat atau lambatnya bola ditetapkan oleh seberapa kuat kaki anda sebelumnya menendang atau lakukan ancang-ancang.

Sisi kaki untuk menendang

Daerah segi dalam kaki semakin banyak dipakai pada permainan futsal. Karena tingkat keakuratannya cukup tinggi dalam lakukan passing atau umpan.

Tehnik Menendang

Ada enam tehnik langkah menendang bola. Sebagian dari tehnik itu kerap kita kerjakan, tetapi sebagian yang lain diperlukan tehnik latihan sendiri. Ketujuh tehnik itu :

  1. Menendang dengan sisi dalam kaki
  2. Menendang dengan sisi luar kaki
  3. Menendang dengan punggung kaki (kura-kura)
  4. Menendang dengan punggung sisi dalam kaki
  5. Menendang dengan tumit
  6. Menendang dengan ujung jari kaki/sepatu
  7. Mengangkat bola dengan ujung jari kaki/sepatu

3 Mengumpan


teknik mengumpan bola

 

Mengumpan serta menerima bola merupakan yang paling penting dari sepakbola. Siapa tak bisa passing, ia tak bisa bermain sepakbola. Kenapa umpan? Lantaran mengumpan lebih efektif dari pada menggiring. Camkan juga kalau pembawa bola yang baik senantiasa mengumpan bola sebelum ia ‘habis’. Jadi janganlah bila telah ‘habis’ baru mengumpankan bolanya. Sebab bila sekian, bolanya tentu bola yang ‘tidak enak’.

Sebagian kekeliruan dalam mengumpan :

  1. Laju bola tidak pas dengan jarak passing (sangat keras atau sangat lembek). Bila sangat keras, bola tidak terjangkau rekan. Bila sangat lembek, bola terpotong lawan.
  2. Umpan tak akurat.
  3. Mengumpan padahal waktunya menembak
  4. Jangan sampai asal tendang bola (terkecuali dalam kondisi genting didepan gawang). Saksikan kondisi lantas ambillah ketentuan yang paling baik. Masalah visi, posisikan diri senantiasa mempunyai pandangan terbuka pada lapangan.

Mengumpan tak mesti pas ke orangnya. Bila rekan kita tengah lari, kita memberikannya umpan pada ruang kosong didepannya. Bila kita mau rekan kita merangsek ke depan kurun waktu yang lebih cepat, kita memberikan umpan pada ruangan kosong didepannya hingga ia lari kedepan untuk menguber bola itu.

Terima bola tidak selalu mesti menghentikannya. Dapat segera diarahkan pada rekan. Diarahkan ke arah kita bakal berlari membawa bola (sehigga lebih irit waktu). Diarahkan ke arah kosong menjauh dari lawan paling dekat (untuk kurangi pressing pada diri kita).

Sebagian jenis jenis passing yaitu umpan 1-2 (wall pass), umpan terobosan (through pass), umpan silang (crossing), serta umpan diagonal.


4 Mengontrol Bola


teknik mengontrol bola

Hentikan bola adalah satu diantara tehnik basic dalam permainan sepakbola yang pemakaianya berbarengan dengan tehnik menendang bola. Maksud menghentikan bola yaitu untuk mengontrol bola, yang termasuk juga didalamnya yaitu untuk mengatur tempo permainan, mengalihkan laju permainan, serta mempermudah untuk passing.

Panduan panduan dalam mengontrol bola :

  1. Posisi tubuh segaris dengan datangnya bola.
  2. Kaki tumpu menghadap pada boladengan lutut sedikit ditekut.
  3. Kaki penghenti diangkat sedikit deengan permukaan sisi dalam kakidijulurkan kedepan segaris dengan datangnya bola.
  4. Bola menyentuh kaki persis di bagian dalam/mata kaki.
  5. Kaki penghenti ikuti arah bola. Untuk tehnik hentikan bola masihlah ada banyak langkah yang bisa dikerjakan salah satunya yakni memakai Punggung kaki, Paha, Dada, dan Kepala jika sangat mungkin.

5 Menyundul Bola


teknik menyundul bola

Maksud menyundul bola dalam permainan sepak bola yaitu untuk mengoper, cetak gol, mematahkan serangan lawan atau buang bola. Banyak gol terwujud dalam permainan sepak bola dari hasil sundulan kepala. Pemain mesti belajar untuk menyundul bola memakai dahi, bukanlah ubun-ubun kepala.

Pemain mesti sadar kalau mereka yang bakal menyundul bola, bukanlah bola yang mengenai mereka. Dilihat dari posisi badannya, menyundul bola bisa dikerjakan sembari berdiri serta sembari meloncat/melompat.


6. Gerakan Merebut Bola (Intercept)


teknik merebut bola

Teknik basic ini butuh dikerjakan bersama rekan, karena dasarnya yaitu merebut bola dari kaki lawan. Ada perlu belajar membaca gerakan lawan serta upayakan membaca gerakan bola dari pada menghadap secara fisik lawan main.

Saat anda mendalami gerak tipu tanpa ada bola anda dapat juga mengaplikasikan gerak tipu untuk merebut bola dari lawan. Hal yang paling gampang dalam intercept yaitu menghadang laju bola yang diumpan dengan cara long pass.


7. Gerakan Menyapu Bola (Sliding Tackle)


teknik sliding teckle

Sliding tackle adalah gerakan merebut bola yang sesungguhnya cukup rawan untuk dilakukan serta mendapatkan kartu. Tehnik yang butuh dipelajari yaitu meluncur dengan menjatuhkan tubuh ke rumput.

Anda juga butuh memerhatikan timing untuk melalukan sliding tackle lantaran salah sedikit perkiraan waktu bisa menghasilkan kartu dari wasit. Hal yang tidak diijinkan dalam Sliding tackle yaitu lakukan dari belakang lawan, tackle dengan tehnik menggunting serta mengangkat kaki keatas saat lakukan tackle.


8. Gerakan Menangkap Bola (untuk kiper)


teknik menangkap bola

Tehnik basic menangkap bola cuma berlaku untuk kiper, sudah pasti lantaran dalam permainan sepak bola, pemain tak bisa menyentuh bola terkecuali penjaga gawang. Latihan yang umum dikerjakan yaitu menangkap bola dari kanan atau kiri atau dapat pula dengan tembakan pinalti.

Itu tadi sebagian tehnik basic sepak bola yang baiknya anda tekuni serta kuasai supaya jadi pemain yang hebat, mungkin saja terdapat banyak tehnik basic lain yang belum pernah saya catat, umpamanya juggling. Tehnik juggling penting juga untuk beberapa pemain sepak bola, bagaimanapun saat anda telah masir dengan juggling bermakna anda telah berasumsi bola itu rekan sejati anda.

Sesudah ini anda dapat pelajari beberapa ketentuan yang berlaku dalam dunia sepak bola untuk memberi wawasan anda tentang sepak bola. Mungkin saja itu saja yang dapat saya berikan, cintai sepak bola, jagalah kesehatan serta berhasil selalu

1

10 Responses

  1. romi
    August 23, 2016
  2. Encikshino
    August 27, 2016
    • mohdkhairilazhanzakaria
      October 14, 2016
  3. zednet17
    September 5, 2016
  4. pastiguna
    September 14, 2016
  5. tekoneko
    September 27, 2016
  6. intan
    September 27, 2016
  7. dede santi
    November 1, 2016

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan