wisata-makassar

19 Tempat Wisata Makassar yang Terbaik dan Terpilih

Posted on

Tempat wisata di Makassar-Kota Makassar makin hari makin tunjukkan eksistensinya sebagai kota wisata di Indonesia. Terlebih tempatnya yang strategis sertamakapintu gerbang untuk lokasi Indonesia Timur, jadikan Makassar makin diuntungkan.

Ibukota Propinsi Sulawesi Selatan yang dahulunya ditujuan Ujung Pandang ini, bisa diraih dengan memakai moda transportasi hawa dari beragam kota di Indonesia terlebih Jakarta.

Beberapa puluh penerbangan siap melayani perjalanan wisatawan menuju Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar yang arsitektural yang megah serta moderen. Tarif ticket Jakarta- Makassar sekitar pada Rp 800. 000 sampai Rp 2juta. Diluar itu, bila mau tarif irit,makabisa pula dengan memakai transportasi laut dari beragam kota sekitarnya termasuk juga dari Jakarta serta Surabaya.

Destinasi wisata harus yang telah eksis di Makassar adalah Pantai Losari. Pinggir pantai yang saat ini berbentuk plaza/pelataran ini senantiasa ramai dikunjungi wisatawan ataupun masyarakat lokal. Nikmati sore dengan sunsetnya menjadi atraksi wisata yang begitu dinanti-nantikan di pantai yangmakaikon kota ini.

Diluar itu ada pula Benteng Rotterdam yang tempatnya tak demikian jauh dari Pantai Losari. Benteng warisan Kerajaan Gowa inimakasisi utama dalam wisata andalan Kota Makassar. Ada pula wisata hiburan keluarga baru yang mungkin saja dapat kalian cobalah adalah Trans Studio Makassar, dan nikmati keindahan bahari di Pulau Samalona, Pulau Gusung, serta Pulau Kayang.

Selama di Makassar, tidak perlu cemas untuk akomodasi, lantaran sebagai kota besar, Makassar sudah siap menyongsong wisatawan dengan ketersediaan Hotel dari kelas berbintang sampai melati.

Untuk masalah transportasi umum, selama di Makassar kalian dapat memakai angkot yang dalam bhs lokal ditujuan pete-pete. Angkutan Kota satu ini ada cukup banyak dengan trayek melalui jalanan paling utama kota sampai lokasi sekitarnya.

Tidak tertinggal juga adalah masalah kuliner. Makassar mempunyai sederet menu khas yang siap menggoyang lidah, seperti Sop Konro, Konro Bakar, Sop Saudara, Coto Makassar, Pallubasa, Mie Titi, Es Pisang Ijo, Es Palu Butung, Pisang Epe, serta lain sebagainya.

Nikmati bermacam cita rasa itu bisa kalian rasakan di kurang lebih Pantai Losari. Di selama kurang lebih pantai jugamakalokasi kuliner saat malam di mana banyak gerobak yang jual camilan termasuk juga Pisang Epe.

Yang tidak bisa dilupakan sesudah senang berkeliling Makassar adalah beli oleh-oleh khas. Sebagian salah satunya yang telah populer adalah Minyak Tawon, Kacang disco, kacang sembunyi, Dangke, Sirup Markisa, serta kain tenun khasnya.

Alamat : Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia.

Parangloe

Wisata Tirta di Parangloe Susunan bebatuan yang membuat satu mozaik indah dan kejernihan air nya bikin lokasi di mana air terjun ini ada sering di cari oleh pengelana wisata alami. Parangloe, sekian nama air terjun yang ada di desa Bori ini.

Ada 2 km-an dari kantor Dinas Kehutanan yang letaknya ada di jalan poros Makassar-Malino memanglah jadikan air terjun ini ada di lokasi yang nyaris tersembunyi. Rute ke sana jugamakalicin di musim hujan tiba, moda transportasi off-road memanglah lebih pas untuk menyambanginya.

Langkah lain yang juga semakin banyak diambil oleh beberapa pengunjung yaitu jalan kaki. Pesona alam di kurang lebih air terjun yang ada di kabupaten Maros ini memanglah sebanding dengan usaha yang harus dikerjakan untuk mendatanginya. Kicauan burung-burung bakal temani perjalanan menyusuri serta mendaki jalanan tanah berkemiringan rata-rata 35 derajat.

Di musim kemarau, lokasi hutan di kurang lebih Parangloe sering di menjadikan tempat berkemah, di sebagian ruang memanglah ada ruang yang cukup lega untuk sebagian tenda untuk berdiri diatasnya. Jalan setapak yang berbatu bakal mengakhiri perjalanan, sesudah saat sebelum nya nada deburan air yang jatuh dari ketinggian kurang lebih 30 mtr. telah terdengar terang dari terlalu jauh.

Lokasi air terjun Parangloe tidaklah lokasi yang ramai serta penuh sesak dengan pengunjung seperti yang sering didapati di lokasi wisata air jatuh yang lain. Tempatnya cukup sunyi, mengingat letak lokasi nya yang jauh dari pusat keramaian.

Di musim kemarau, debit airnya memanglah lebih sedikit dibanding di musim hujan, tetapi itupun telah cukup menunjukkan keindahan yang dipunyai air terjun ini. Parangloe mempunyai 3 susun ‘lantai batu’ yang menjebatani arus air untuk mengalir ke sisi bawah. Satu kolam yang cantik terbentuk di lantai paling akhir, berisikan air jernih yang datang dari sungai yang ada di ujung atas air terjun ini.

Lebar sungainya yang sekitar 15 mtr. an cukup bikin air yang jatuh kebawah nya mengalir deras. Panorama satu diantara gunung yang berdiri di bumi ‘batara guru’makalatar belakang yang indah untuk air terjun Parangloe.

Beberapa mtr. menjauh dari air terjun, batu-batu alam tersusun rapi merangkai satu lokasi mirip teras yang tersusupi oleh aliran-aliran air yang mengalir menuju liang-liang air yang juga terbangun dengan cara alami oleh bebatuan. Pohon-pohon tinggi yang menjulang di kurang lebih air terjun berdiri berjajar seakan mau merahasiakan tempat ini dari peradaban diluar sana.

Saat sebelum meraih lokasi air terjun yang tersembunyi ini, satu bendungan bernama ‘Bili-Bili’ juga layakmakaobject persinggahan yang tidak kalah menarik. Letaknya masihlah ada di kecamatan yang sama, tepatnya di kisaran 35 km ke arah timur kota Makassar.

Bendungan paling besar se-provinsi Sulawesi Selatan ini seringmakalokasi berkunjung untuk pengunjung yang akan berwisata di lokasi Parangloe, Bantimurung atau Malino. Satu gapura serta loket tempat beli ticket masuk (lebih pas apabila ditujuan retribusi) bakal menyongsong kehadiran pelancong yang akan nikmati situasi di dalamnya.

Tidak mahal untuk beberapa besar orang, dengan 2000 rupiah* per mobil, bendungan yang cantik ini telah dapat di nikmati. Bukit memiliki ukuran kecil ada ditengah-tengah perairan yang tertahan arusnya oleh bendungan yang membatasinya,makasatu dengan lokasi perbukitan hijau yang melingkari ruang ‘Bili-Bili’.

Di bendungan yang menyuplai keperluan air untuk kota Makassar serta seputarnya ini beberapa pengunjung dapat juga berwisata dengan perahu kayu. Dengan menukar layanan beberapa yang memiliki perahu sejumlah se-lembar duit pecahan 10. 000 rupiah* perahu-perahu punya mereka telah dapat digunakan mengantarkan pengunjung berkeliling lokasi bendungan.

Pengunjung dapat nikmati keasrian lokasi ini sembari memancing ikan air tawar yang ada didalam nya. Untuk yang mau isi perut serta melepas dahaga, warung-warung yang berjejer di kurang lebih bendungan dapatmakatempat mencicipi bermacam hidangan yang nikmat. Ayam goreng atau bakar serta beragam sajian seafoodmakamenu paling utama nya.

Wisata lain: Tempat Wisata di Bandung

Bugis Waterpark

#bugiswaterpark

A post shared by Nuny Barani (@nunybarani) on

Ada di perumahan Bukit Baruga antang-Makassar, sepuluh wahana serta 3 zona permainan berstandard internasional dapat di nikmati. Tidak cuma itu, lokasi wisata ini dapat adalah satu media edukasi untuk pengunjung yang mendatanginya.

Di beberapa tempat umum, kita pastinya kerap membaca rambu-rambu maupun peringatan berbahasa Indonesia atau bhs Inggris terpampang diatas satu papan kayu atau besi, namun di Bugis Waterpark bhs Bugis digunakan sebagai bhs yang tunjukkan letak lokasi, peringatan atau panduan arah jalan.

Tidak perlu kuatir apabila anda tidak tahu berarti lantaran ada pula bhs Indonesia atau Inggris sebagai terjemahannya. mau tahu misalnya?. “Attarong Motoro” yaitu pemberi tanda yang dapat didapati di ruang tempat parkir motor Bugis Waterpark. ““Attarong Motoro” sendiri yaitu 2 kosa kata Bugis yang bermakna ‘tempat menempatkan/menitipkan motor’.

Contoh yang lain yaitu ‘Kollang Ana’ Ana’ atau bila di bhs Indonesia kan bermakna ‘kolam (khusus) anak-anak’. Diluar itu bangunan-bangunan yang ada di Waterpark ini juga semua berarsitektur daerah khas suku Bugis.

The blackhole #adventureindonesia #indonesia #instamakassar

A post shared by bugiswaterpark (@bugiswaterpark) on

Tidak kurang dari 95 pelaksanaan kolam renang di 25 negara Asia termasuk juga Australia sudah ditangani, belum lagi 730 project di nyaris semua negara Eropa, 10 negara di benua Afrika juga sudah menjajal kekuatan perusahaan ini dengan keseluruhan 150 project kolam renangnya.

 

Hari Selasa sampai s/d hari Minggu diantara jam 9 pagi s/d jam 6 petang hari. Untuk hari libur Nasional serta weekend pengelola membandrol ticket masuk seharga 125 rb* serta 75 rb* di hari umum.

Tidak hanya bermain serta menghibur, destinasi berlibur keluarga ini dapat menyuguhkan khasanah budaya lokal yang pantas dilestarikan, baik oleh kita saat ini ataupun generasi mendatang.

Baca juga: Tempat Wisata di Malang

Parepare

Gabungan dataran tinggi serta rendah nya jadikan panorama beberapa pojok kotanya lain daripada yang lain. Kota ini terdapat 200 km dibagian utara ibukota propinsi nya, Sulawesi Selatan. Kombinasi pada perbukitan serta pantai, sekianlah lebih kurang bentuk landscape dimana kota ini terbangun.

Pemandangan teluk Parepare yang eksotis dapat di nikmati dari lokasi dataran tinggi kota nya. Sesaat nuansa pesisir serta riuh rendah aktivitas di pelabuhan angkut serta pelabuhan rakyat bakal merasa di paparan ruang pantai nya. Sekurang-kurangnya ada 3 pelabuhan di kota Parepare, satu diantara nya ialah Pelabuhan Cappa Ujung.

Tidak heran apabila banyak kapal-kapal kayu yang berlabuh di Cappa Ujung, pelabuhan ini yaitu pelabuhan bongkar muat beragam keperluan rumah tangga, beberapa barang keperluan pokok bahkan juga beberapa barang yang asal nya dari luar negeri seperti Singapura, Malaysia serta Philipina.

Tidak hanya sebagai pelabuhan barang, Cappa Ujung juga adalah pelabuhan yang melayani angkutan penumpang dengan rute perjalanan antar propinsi serta antar pulau, terlebih lokasi Indonesia sisi Timur. Lantaran nya panorama hilir mudik kapal serta barisan kapal-kapal kayu tradisional yang tengah berlabuh adalah panorama keseharian di pelabuhan ini.

Parepare juga mempunyai Pantai Lumpue sebagai satu diantara pantai yang menghiasi muka kotanya. Pantai yang indah ini ada tidak jauh dari jalan paling utama atau jalan poros, tepatnya di kecamatan Bacukiki. Dari pusat kota pantai ini dapat ditempuh dalam kisaran 15 menit apabila memakai kendaraan pribadi atau sewa.

Apabila kebetulan tidak ada kendaraan pribadi atau sewa, ‘Pete-pete’ (sebutan untuk angkutan umum semacam mikrolet) atau ojek dapat di pakai. Ticket masuk ke pantai yang ada dibagian selatan kota Parepare ini di jual dengan harga yang terjangkau di 3 pintu masuk pantai Lumpue. Harga nya begitu terjangkau, cuma 2 rb rupiah* siapapun telah dapat masuk nya.

‘Bola Bale-Bale’ (gubuk-gubuk kecil) yang ada di pantai Lumpue kerap di pakai warga setempat serta pendatang untuk nikmati nuansa Pantai Lumpue. Pengunjung dapat memakai nya dengan membayar sewa sebesar 25 rb rupiah* untuk sehari penuh.

Untuk anda yang belum pernah jadikan Parepare sebagai destinasi perjalanan wisata, kota pelabuhan ini layak untuk dicatatkan nama nya di buku perjalanan anda. Siapa tahu, sajian bebek muda yang di cincang serta disajikan dengan racikan sambal khas daerah bernama ‘Paleko’ dapat bikin anda kembali berkunjung ke nya.

Mampir juga deh ke sini: Tempat Wisata di Semarang

Tanjung Bira

Terlihatnya nya bermacam hewan melalui laut di sekitar garis pantai serta perairan nya ialah salah panduan kalau ekosistem pantai itu masihlah terjaga. Kesan tersebut yang akan tampak di Pantai Tanjung Bira. Kejernihan air pantai nya tidak bakal menghambat pandangan untuk melihat ikan-ikan kecil berenang hilir mudik menunjukkan warna badan nya.

Di pantai ini dedaunan diatas pohon kelapa bergoyang syahdu ikuti alunan angin yang semilir, memberi kesejukaan situasi nya. Pulau Kambing yang tidak berpenghuni serta Pulau Liukang Loemakapanorama di seberang pantai yang berjarak lebih kurang 190 km. jauh nya dari kota Makassar ini.

Banana boat dapat juga di naiki apabila mau nikmati perjalanan singkat menyusuri garis pantai diatas air. Tempat basuh juga ada di apabila mau bersihkan diri dari air pantai yang asin. Buat persiapan diri untuk berdesakan diatas kendaraan penumpang selama lebih kurang lima jam apabila mau meraih pantai ini dengan memakai angkutan umum yang pergi dari ibukota propinsi nya, Makassar.

Empat kabupaten yakni Gowa, Takalar, Jeneponto, serta Bantaeng bakal di lewati kendaraan-kendaraan sekelas Panther atau Kijang ini saat sebelum masuk Bulukumba, kabupaten paling dekat dimana pantai yang indah ini ada.

Bukit ‘Pua Janggo’ serta jejeran pohon kelapa bakal menandai kalau perjalanan sudah masuk kecamatan Bontobahari yang yaitu juga adalah pintu masuk ‘Paloppakalaya’, demikian lah sebutan masyarakat setempat untuk menamai Pantai Tanjung Bira.

Beberapa tempat menginap di menawarkan dengan bermacam macam harga untuk beberapa pencinta pantai yang pastinya mempunyai plafon biaya nya sendiri-sendiri. “Anda Beach Resort’ dengan kebersihan serta kelengkapan sarana nya dapat di nikmati dengan rate Rp. 950. 000 per malam* komplit dengan sarapan pagi.

Atau “Sapolohe Hotel” apabila inginkan putihnya pasir pantaimakaview yang indah untuk di nikmati selepas bangun tidur pada pagi hari. Hotel yang mempunyai sarana lumayan komplit ini ber tarif Rp. 500. 000 per malam nya*.

Untuk anda beberapa backpackers, walau lokasi nya sedikit terpisah, “Ririn Bungalows” mungkin bakalmakatempat bermalam yang cocok selama nikmati Pantai Tanjung Bira. Penginapan dengan kamar-kamar nya yang berdindingkan bambu alami ini di menawarkan pada tamu nya seharga 250. 000 per malam*.

Tidak hanya beberapa tempat tadi, masihlah terdapat banyak tempat lagi yang dapat di menjadikan alternatif bermalam selama ada di pantai ini. Untuk anda yang jadikan aktivitas selam sebagai hobby, pulau Liukang Loe yang lokasi nya ada di dekat Tanjung Bira juga layak untuk di datangi.

Untuk nikmati keindahan surga bawah laut di perairan Pulau Liukang Loe atau Pulau Kambing yg tidak jauh ada di samping nya, ke-2 spot penyelaman ini dapat di jangkau dengan kapal kayu dengan daya tampung 10-12 orang per kapal. Harga sewa kapal-kapal ini sekitar pada Rp. 250. 000-300. 000 per kapal*.

Pantai-pantai lain seperti pantai Simboang, pantai Kasuso serta pantai Limbua juga mempunyai panorama yang tidak kalah indah nya dengan macam kekhasan sendiri. Pantai-pantai ini ada tidak jauh dari Pantai Tanjung Bira serta adalah destinasi bahari di propinsi Sulawesi Selatan yang layak di kunjungi.

Spesial Warga Jakarta: Tempat Wisata di Jakarta Lengkap

Watampone

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan