Tempat Wisata di Malang Jawa Timur

Tempat Wisata di malang Jawa Timur-Kota/kabupaten di Propinsi Jawa Timur ini sangatlah populer sebagai satu diantara destinasi wisata favorite di Pulau Jawa. Cuaca sejuk di kotanya serta di dukung dengan bermacam atraksi wisata jadi daya pikat paling utama untuk Malang. Kota ini berjarak sekitaran 90 km arah selatan dari Ibukota Propinsi Jawa Timur di Kota Surabaya.

Sebagai satu diantara kota besar, menuju Malang sudah pasti bukanlah hal yang merepotkan. Ada beragam pilihan transportasi umum mulai dari Bus, Kereta, sampai Pesawat. Telah cukup banyak penerbangan segera dari Jakarta atau kota lain menuju Malang, begitu juga dengan memakai kereta (dari staisun pasar senen bila dari Jakarta) serta bus (dari terminal Lebak Bulus bila dari Jakarta). Dari Surabaya juga pilihannya dapat dengan Bus, Mobil travel, atau kereta.

Sebagai satu diantara destinasi wisata andalan di Jawa Timur, pastinya terdapat beberapa rentetan daftar obyek wisata, baik di kota ataupun kabupaten Malang.

  • Coban Rondo
  • Museum Angkut
  • Wisata Paralayang di Bat
  • Air Terjun Sumber pitu,
  • Pantai Sipelot,
  • Pantai Balekambang
  • Pantai Ngeliyep,
  • Pulau Sempu
  • Selecta di Batu
  • Agrowisata Wonosari
  • Wisata Petik Apel di Batu
  • Taman Safari Prigen
  • D’Topeng Museum
  • Museum Brawijaya
  • Alun-alun Kota Malang
  • Museum Malang Tempo Doeloe
  • Museum Bentoel
  • Batu Night Spectacular
  • Secret Zoo, Eco Green park

Seperti banyak pilihan transportasi menuju Malang, jadi begitu juga untuk masalah akomodasi. Di kota ataupun kabupaten Malang serta sekitarnya banyak terdapat pilihan hotel/penginapan. Sebagian salah satunya adalah

Hotel Bunga Matahari (Jl Untung Suropati no. 49 Batu), Kertanegara Premium Guest House (Jl Semeru No. 59 Malang), Nat Nat Hoemstay (Jl Raung 2, Kota Malang),

  • Hotel Arjosari (Jl Raden Intan No. 49, Malang)
  • Wisma Bhayangkara (Jl Pahlawan No. 1 Malang),
  • Hotel Camelia (Jl Dr Cito No, 24 Malang),
  • Hotel Kalpataru (Jl Kalpataru No. 41 Malang), Jonas Homestay (Jl Dr Sutomo No. 4 Malang),
  • Darmo Homestay (Jl Panderman no. 250 Batu),
  • serta masihlah beberapa pilihan yang lain.

Untuk masalah transportasi dalam kota, ada cukup banyak angkutan kota (angkot) /mikrolet yang lewat jalanan kota serta kabupaten Malang dengan terminal paling utama di Terminal Arjosari. Sedang untuk kuliner, terdapat beberapa tempat makan legendaris di Malang seperti Toko Oen yang jual bermacam menu es cream, Warung Lama Haji Ridwan yang menghidangkan masakan jawa kuno, Mie Gajah Mada, Surabi Gendud, Ronde Titoni, Bakso President, Bubur ayam agus, Bakso Geprak Mbah Djo, serta lain sebagainya.

Tidak bisa tertinggal selanjutnya adalah mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang, Di Malang terdapat banyak oleh-oleh khas yang dapat diambil seperti Sari Apel, Strudel, Keripik Buah, Keripik Tempe, Keripik Ceker, Pia Mangkuk, serta Bakso beku. Terkecuali makanan, bisa pula beli kerajinan keramik khas Malang. Tempat paling baik untuk beli souvenir keramik ini adalah di Jl MT Haryono XI. Di sana ada banyak toko yang jual keramik khas itu.

Alamat : Malang, Jawa Timur, Indonesia.

Banyak sekali bukan? Lalu kamu bingung mau beriwata kemana? Tenang, berikut ini kami sajikan 10 tempat wisata terbaik di Malang Jawa Timur yang wajib kamu datangi.

1. Masjid Jami Agung Malang

Masjid Jami Agung Malang

loading...

Masjid Jami Agung Malang Masjid Jami Agung Malang dapat dikatakan sebagai masjid paling prestisius di malang. Masjid Jami Agung kerap dipakai sebagai pusat aktivitas agama Islam di Malang. Letaknya benar-benar sangat strategis. Pas di depan Alun-Alun Kota Malang, dekat dengan beragam pusat perbelanjaan, dan ada di lintasan semuanya angkutan umum.

Usia Masjid

Umur masjid ini luar biasa tua. Pembangunan akhir tuntas pada 1903 atau sekitaran satu abad silam. Semua bagian Masjid Jami Agung Malang juga masih tetap dipertahankan keasliannya mulai sejak saat kali pertama berdiri. Sebagai cagar budaya yang ada di dalam pusat perbelanjaan yang glamor serta moderen, masjid ini tetaplah berdiri kokoh dengan arsitekturnya yang seakan tak pernah berkesan kuno.

Bahkan juga makin disukai oleh beberapa pemerhati budaya serta arsitektur. Masjid Jami Agung Malang pertama kalinya di bangun pada 1890 diatas tanah punya pemerintah Belanda saat itu. Masjid ini memanglah diperuntukkan bukan sekedar untuk tempat beribadah umat islam, semua aktivitas yang terkait permasalahan sosial masyarakat sosial saat itu dipusatkan di masjid ini.

Masjid Jami Agung Malang jadi saksi bisu pergolakan pribumi saat zaman penjajahan, perjuangan kemerdekaan, sampai merdeka seperti saat ini. Seluruh histori mengenai pembangunan Masjid Jami Agung Malang ini tertuang dalam prasasti yang dapat dijumpai didalam ruang masjid. Prasasti ini masihlah tertangani dengan baik.

Seperti telah disinggung terlebih dulu, arsitekturnya mengagumkan. Kombinasi arsitektur khas Jawa dengan ukiran-ukiran dan lengkungan serta kubah khas arsitektur khas jazirah Arab. Dua puluh kolom kokoh menyangga Masjid Jami Agung Malang. Kolom-kolom ini mempunyai ukiran khas Jawa serta memberi kesan elegan khas aristrokat pribumi.

Tidak hanya keduapuluh kolom itu, diluar masjid ada banyak pilar yang berdiameter lebih kurang 60 cm. tidak sama dengan kolom yang menyokong didalam, pilar di ruang halaman Masjid Jami Agung Malang ini lebih menghadap ke budaya Arab berdasar pada hiasannya. Warna yang menguasai masjid ini yaitu putih serta hijau, warna yang sama dengan agama Islam.

Lengkungan-lengkungan dipadukan dengan bentuk geometri kaku membuat harmonisasi yang cantik. Lembut tetapi kokoh. Seperti kepribadian khas pribumi Jawa. Dari luar, Masjid Jami Malang memanglah tampak seperti istana Raja Harun Al-Rasyid yang kerap Anda jumpai di dongeng 1001 malang.

Suasana di dalam masjid

Begitu menginjakkan kaki kedalam, tak terlalu berlebih memanglah bila menyebutkan Masjid Jami Agung Malang sepatutnya istana raja-raja Jawa. Pintu masuk memiliki bahan kayu dengan ukiran yang elegan, jendela-jendela dengan ornament bunga-bunga, dan atap yang tinggi menjulang. Belum lagi plafonnya yang terbuat dari kayu yang disusun sedemikian rupa.

Seakan keajaiban temukan bangunan seindah ini pas di dalam kota. Selayaknya masjid-masjid kuno yang lain, di Masjid Jami Agung Malang juga ada banyak makam pendiri masjid ini. Tepatnya di belakang mihrab.

Hanya bukanlah untuk mendewakan leluhur, tetapi lebih ke arah memberi penghargaan serta penghormatan atas layanan mereka sudah meninggalkan karya seni yang mengagumkan serta masihlah dapat di nikmati sampai satu era sesudahnya.

Walau selalu melindungi keaslian bangunan, pengelola Masjid Jami Agung Malang tak berhenti untuk memberikan beberapa poin pendukung kenyamanan pemakai masjid. Yang paling baru, pengelola sukses bangun sumur artesis. Sumur air tanpa pompa. Air dari sumur artesis dapat naik sendiri murni lantaran desakan dari bumi. Makanya lebih irit listrik.

Air sumur artesis dari Masjid Jami Agung Malang diklaim dapat langsung diminum lantaran telah penuhi standard dari PDAM Kota Malang. Menuju Masjid Jami Agung Malang begitu gampang. Nyaris semua angkutan umum melalui majid tertua di Malang ini. Anda dapat turun di Alun-Alun Kota Malang serta tinggal jalan beberapat ratus mtr. untuk dapat meraih masjid ini.

Selain masjid

Sesudah senang nikmati kemegahan Masjid Jami Agung Malang, Anda dapat untuk melepas dahaga serta lapar dengan bermacam jajanan yang berjejer di depan masjid. Umumnya menjual bakso khas Malang sebagai favorite kebanyakan orang.

Tetapi sayang, banyak pengamen, pengemis dan pencopet berkeliaran disini. Jagalah baik-baik barang bawaan Anda. Siapa kira, leluhur kita yang hidup di dalam kepenatan penjajahan dapat membangun bangunan yang sekian mengagumkan. Kokoh, cantik, serta tak pernah berkesan kuno.

Pada waktunya kelak bakal waktu kita, untuk meninggalkan jejak budaya serta kearifan lokal dalam bentuk karya seni yang bermanfaat. Bukanlah penuhi kota dengan bermacam mall, tetapi memberi sebagian spot yang mengajarkan pada beberapa penerus kita utamanya kearifan yang dibalut dengan wisata mengasyikkan.

2. Museum Satwa Malang

museum-satwa-malang-batu

Museum Satwa-Batu Satu lagi suguhan obyek wisata dari Kota Batu, Malang. Seakan makin mengukuhkan diri sebagai Kota Wisata, Batu memanglah tak pernah berhenti berinovasi. Satu diantara karya Kota Batu yang juga jadi kebanggaan Indonesia yaitu Museum Satwa yang terdapat di Jalan Oro-Oro Ombo, buka oro-oro ombo yang biasa kamu naik gunung ya.

Museum yang mendatangkan harmonisasi cantik bermacam bermacam satwa dengan pencahayaan yang cantik ini bahkan juga pernah memetik pujian dari Menteri Pariwisata serta Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu. Ibu Mari Elka menyebutkan kalau Museum Satwa Batu bukan sekedar berkelas nasional, tetapi layak disejajarkan dengan museum-museum yang lain didunia.

Sungguh tak terlalu berlebih. Bila Anda pernah melihat film Night at The Museum, nah, museum yang di buka mulai sejak 2009 ini tak kalah mengesankan dengan setting film yang di bintangi oleh Ben Stiller itu. Beragam tiruan dan hewan-hewan yang diawetkan diatur cantik dalam bermacam diorama. Komplit dengan info yang memperkaya pengetahuan.

Bukan sekedar anak-anak, orang dewasa juga ditanggung bakal begitu nikmati menggunakan saat di Museum Satwa Batu. Museum Satwa Batu berdiri dalam satu kompleks Jawa Timur Park II, berbarengan dengan Batu Secret Zoo serta Pohon Inn di tanah seluas 15 hektar.

Anda yang pernah bertandang ke Jawa timur Park II, tentu tahu kalau Museum Satwa yaitu dessert yang mengesankan sesudah sepanjang hari menggunakan saat di Batu Secret Zoo. Apabila Batu Secret Zoo penuh dengan hewan-hewan hidup yang ditangkarkan sesuai sama habitat aslinya, Museum Satwa diisi dengan hewan-hewan unik dari semua belahan dunia dan fosil-fosil yang mustahil bila dipamerkan di ruang terbuka.

Dari luar, Museum Satwa telah cukup mentereng dengan penampilan depan serupa seperti Parthenon, kuil yang ditujukan untuk Athena di Yunani. Enam buah pilar berwarna gading menjulang tinggi diapit dua patung gajah raksasa menyongsong dimulainya petualangan Anda mengungkap rahasia fauna dunia.

Ya, begitu Anda masuk satu dari tiga pintu yang ada, Anda telah resmi mengawali asiknya pelajari seni keindahan dunia satwa. Begitu masuk, yang pertama kali mencolok perhatian yaitu satu sangkar burung berukuran besar yang diisi bermacam burung yang sudah diawetkan.

Museum Satwa Malang

Burung-burung itu bertengger dengan indah dalam sangkar berwarna hijau cerah. Rute setelah itu yaitu Dome Dinosaurs. Bisa yakin atau tak, “kandang” dinosaurus ini betul-betul serupa dengan museum yang umum Anda saksikan di film-film Hollywood. Yang paling menarik yaitu fosil Steqosaurus.

Begitu besar serta memukau. Anda tentu akan tidak tahan untuk tergoda berfoto di depannya. Tidak cuma fosil itu sesungguhnya yang menarik. Ada banyak lagi hal yang mengagetkan sekalian mengasyikkan di Museum Satwa Batu. Di ruangan diorama umpamanya, Anda bakal menjumpai banyak spot untuk berfoto, begitu banyak.

Di satu pojok, disiapkan dinding yang dimodifikasi seperti tebing gunung es sehingga saat difoto, Anda bakal tampak seperti tengah memanjat Mount Everest. Ada juga kandang sapi dengan sapi yang agak lucu dengan totol hati berwarna merah serta pink.

Ada juga diorama khas danau di pegunungan Alpine, komplit dengan lukisan salju serta bebatuan besar. Khazanah Pengetahuan juga tak kalah asiknya. Walau sesungguhnya diperuntukkan untuk anak-anak, namun janganlah kaget bila Anda juga turut banyak belajar disini.

Bentuk pembelajarannya berbentuk kuis-kuis interaktif dan buku-buku yang membahas hal fauna. Tiap-tiap jam 11. 00, Museum Satwa mengadakan live show bermacam robot hewat yang menceritakan mengenai kehidupan zaman es. Pertunjukan ini makin dramatis dengan permainan laser serta latar belakang yang lebar.

Awetan hewannya juga tak kalah cantik. Anda bakal di ajak lihat bagaimana kehidupan liar savana seperti peristiwa sebenarnya. Dalam kotak kaca, digambarkan seekor singa yang tengah menerkam zebra. Ada juga seekor cheetah yang tengah diawetkan dengan posisi siap mengincar mangsa.
Ikan yang tengah berkoloni serta dibayangi hiu besar dibelakangnya, sekumpulan burung unta yang tak tahu mengapa di museum ini jadi terlihat demikian lucu, serta ada banyak yang lain. Jadi, walau bertopik museum, Museum Satwa Batu ini tak semembosankan museum biasanya.

Demikian sebaliknya, di sini begitu mengasyikkan. Walau Anda tak masuk Batu Secret Zoo serta cuma menggunakan saat di Museum Satwa, rasa-rasanya akan tidak kalah seru. Sebagai penutup, Anda dapat nikmati panorama kompleks Jawa timur Park dari satu bianglala memiliki ukuran besar. Lengkaplah perjalanan Anda.

Tiket masuk

Ticket masuk Museum Satwa Batu begitu terjangkau. Cuma Rp. 25. 000 untuk rangkaian pengalaman mempesona. Pastinya Rp. 25. 000 itu cuma untuk nikmati Museum Satwa. Bila Anda juga tertarik coba serunya Batu Secret Zoo, pengelola juga sediakan ticket terusan untuk Batu Secret Zoo sekalian Museum Satwa Batu.

Untuk menuju Museum Satwa Batu, rutenya sama juga dengan rute menuju Batu Secret Zoo, lantaran memanglah letaknya bersebelahan. Bila Anda memakai kendaraan pribadi, Anda tak perlu cemas bakal tersesat. Banyak papan panduan yang bakal mengarahkan Anda menuju tempat. Bila masihlah sangsi, tanyakan pada masyarakat setempat.

Transportasi

Mereka bakal dengan suka hati menolong Anda. Bila memakai angkutan umum, dari Terminal Landungsari Malang, ambillah angkutan umum menuju Batu yang berwarna merah muda. Turun di Terminal Batu, pemberhentian paling akhir angkutan umum. Setelah itu, oper dengan ojek yang tersedia banyak di terminal. Bila tidak ingin ribet, nego saja dengan sopir angkot, siapa tahu pak sopir bersedia mengantarkan Anda dengan tarif miring.

Baca juga: Tempat Wisata Paling Menarik di bangkok Thailand

3. Batu Secret Zoo, Malang Jawa Timur

Wisata-Batu-Secret-Zoo-Malang-Jawa-Timur

Batu Secret Zoo Ini dia, satu diantara bagian dari Jawa timur Park II, Batu Secret Zoo. Jawa timur Park II yaitu “adik” dari Jawa timur Park I yang di bangun bersebelahan dengan “kakak”nya. Jawa timur Park II sendiri terbagi dalam tiga sisi. Museum Satwa, Pohon Inn, serta sudah pasti, Batu Secret Zoo.

Janganlah berasumsi sepele dahulu, Batu Secret Zoo lebih dari sebatas kebun binatang umum. Banyak rahasia-rahasia mengagetkan nan mengasyikkan yang bakal membawa atmosfir berlibur Anda jadi lebih mengasyikkan. Buang jauh-jauh kesan kebun binatang yang menyedihkan dalam benak Anda. Hewan-hewan disini tampak begitu nyaman dengan habitat bikinannya.

Tak tampak hewan-hewan yang mengenaskan lantaran diserang borok maupun cacat fisik. Lingkungan kebun binatangnya juga bersih. Petugas kebersihan senantiasa berputar-putar tanpa ada henti. Sepatutnya kebun binatang lain, Anda bakal jalan kaki sesuai dengan rute yang sudah ditetapkan. Pertama, Anda bakal disambut oleh kebun primata.

Bermacam primata dari mulai yang paling kecil sampai yang paling unik dapat Anda jumpai disini. Yang paling menarik pengunjung yaitu Ring Tailed Lemur. Lemur lucu ini memanglah sama dengan satu diantara tokoh favorite di film anak-anak, Madagascar. Setelah itu, satu persatu zona juga siap menyongsong Anda. Aquarium, Savannah, Hippo and Croc Garden, serta ada banyak lagi.

Tiap-tiap kandang dilengkapi dengan papan info mengenai asal serta kerentanan kepunahannya. Mempermudah Anda waktu mengajak anak kecil untuk mengajarkan utamanya melindungi ekosistem. Di sebagian pojok juga disiapkan papan-papan diisi trivia. Papan-papan ini sungguh unik serta jadi favorite pengunjung, terlebih anak-anak.

Di papan ini, Anda disuruh untuk menebak, binatang apa dengan kulit yang mana, menyamai bentuk kuku dengan hewan pemiliknya, dan pertanyaan sarat pengetahuan yang lain. Karena sangat luasnya, jalan melingkari sepanjang Batu Secret Zoo mungkin saja bakal begitu melelahkan.
Nah, sebagai alternatif, pengelola sediakan E-Bike yang dapat disewa dengan tarif Rp. 100. 000/3 jam. E-Bike ini nyaris sama juga dengan motor matik, tetapi memakai roda tiga serta sumber daya dari baterai. Begitu gampang dipakai, bahkan juga untuk Anda yg tidak dapat mengendarai motor meskipun.

Tetapi bila Anda lebih suka pada jalan kaki sembari olah raga, yakinlah, Anda akan tidak terasa jemu. Karena sangat banyak spot menarik di Batu Secret Zoo, akan tidak ada habisnya untuk bercerita begitu hebatnya kebun binatang satu ini. Rasakan serunya jalan dibawah kandang macan yang terbuat dari kaca, sensasi menegangkan di dalam padang savana.

Sampai berikan makan burung-burung parkit dengan biji kuaci yang di jual seharga Rp. 10. 000 per paket. Keseluruhan ada 510 ekor hewan yang dapat Anda jumpai di Batu Secret Zoo. Selesai jalan jauh serta nikmati pesona hewan-hewan dunia, saat ini waktunya untuk bermain sepuasnya.
Asiknya, seluruh wahana gratis! Ticket masuk yang Anda beli telah termasuk juga ticket untuk nikmati tiap-tiap permainan yang disiapkan. Boom boom car, Mini Coaster, Tempat tinggal Boneka, dan satu arena basket bila Anda penggemar olah raga fisik. Ada juga Columbus seperti yang ada di taman bermain yang lain. Cuma saja Columbus ini lebih tinggi serta lebih ekstrim saat berputar.

Favorite pengunjung yang senantiasa ditandai oleh antrian yang mengular yaitu Safari Satwa. Disini, Anda bakal di ajak berkeliling memakai bus di satu taman yang diset begitu serupa dengan habitat aslinya. Namun bukanlah di situ poin intinya. Anda dipersilahkan untuk beli sebungkus sayur diisi wortel serta kentang untuk Anda berikanlah pada hewan-hewan itu. Segera. Dengan tangan Anda sendiri.

Bungkusan sayur di jual seharga Rp. 5000. Sambil bus jalan, Anda bakal dikepung oleh bermacam hewan. Ada onta, Ilama, serta mamalia-mamalia besar yang lain. Titik-titik untuk mengabadikan masa lalu indah Anda juga cukup banyak. Semuanya yang diimpikan pengunjung mengenai indahnya berlibur seakan dikemas dengan baik oleh pengelola.

Toilet juga dengan gampang diketemukan di tiap-tiap pojok Batu Secret Zoo. Serta tenang saja, toilet disini begitu terjaga kebersihannya. Mungkin saja lantaran inspirasi awalannya adalah kebun binatang, umumnya permainan di sini spesial diperuntukkan untuk anak-anak. Walaupun permainan segala usia juga banyak juga disiapkan.

Dapat di pastikan, si kecil akan terus menerus merengek untuk kembali nikmati dunia fantasi di Batu Secret Zoo. Pada saat pulang, Anda dapat pilih untuk segera kembali lagi rumah atau meneruskan ke Museum Satwa.

Tiket

Di loket pembelian, Anda dapat pilih paket terusan untuk sekalian nikmati Museum Satwa seharga Rp. 75. 000 waktu weekend serta Rp. 60. 000 waktu weekdays. Ada juga paket untuk cuma nikmati Batu Secret Zoo.

Paket Museum Satwa juga dapat di nikmati terpisah dengan tarif Rp. 20. 000. Mau lebih murah serta puas? Silakan mengambil ticket all in seharga Rp. 120. 000 waktu weekend untuk nikmati Jawa timur Park 1 serta II sekalian. Untuk meraih Batu Secret Zoo, rute yang Anda tempuh sama juga dengan rute menuju Jawa timur Park I.

Transportasi

Dari Terminal Batu, Anda dapat memakai layanan ojek maupun mencarter mobil angkutan umum. Tarifnya, pakai kekuatan negosiasi paling baik Anda. Yakinkan juga Anda tak terjerat makelar terminal yang umumnya memberi tarif angkutan tak manusiawi.

Kunjungi juga: Tempat Wisata paling Asyik di Purwakarta

4. Jawa Timur Park I, Malang Jawa Timur

Jawa Timur Park I

Jawa Timur Park I Dapat disebut, Jawa timur Park yaitu obyek wisata yang paling banyak dikunjungi di Kabupaten Malang, tepatnya di Kota Batu. Terlebih mendekati berlibur sekolah. Wah, ke-2 tempat ini tentu penuh sesak dengan bis-bis dan mobil pribadi yang berderet ditempat parkirnya.
Dinginnya Kota Batu yang nyaman serta bermacam wahana seru sebagai satu paket yaitu garansi berlibur yang mengasyikkan. Terlebih untuk anak-anak sesudah capek enam bln. hadapi pelajaran sekolah.

Jawa timur Park yaitu destinasi yang pas untuk rekreasi Anda sekeluarga. Seperti satu taman bermain, disini Anda bakal dipusingkan untuk pilih wahana mana dahulu yang bakal Anda cicipi serunya. Begitu masuk ruang wahana Jawa timur Park I, Anda bakal disambut dengan satu gong raksasa.

Untuk menandai dimulainya petualangan Anda, janganlah sangsi untuk memukul gong itu keras-keras. Boleh-boleh saja. Bahkan juga dianjurkan! Pemukulan gong berlanjut ke bermacam galeri serta taman evaluasi. Macam hiburan di rute awal memanglah bakal sedikit menjemukan untuk Anda yang suka pada wahana yang meningkatkan adrenalin.

Tetapi tenang saja, banyak yang dapat Anda petik dari bermacam galeri serta taman evaluasi ini. Bahkan juga seringkali Anda bakal terkaget-kaget lantaran nyatanya banyak yang belum Anda kenali serta baru Anda sadari saat mendalaminya di Jawa timur Park I.

Satu diantara demikian banyak galeri serta taman evaluasi itu yaitu Anjungan Jawa Timur yang diisi diorama baju tradisional serta budaya sebagian kota di Jawa Timur. Diorama ini dilengkapi dengan backsound penjelasan yang diisi banyak beberapa info menarik. Setelah itu, yaitu tempat favorite untuk photo, Galeri Etnik Nusantara (GEN).

GEN diisi sebagian tiruan koleksi kebudayaan nusantara. Sebut saja tempat tinggal khas Papua yang komplit dengan patung beberapa orang Papua dan senjata berburu mereka, topeng-topeng khas yang dipasang berderet serta mempunyai bulatan kosong di tengahnya.

Anda dipersilahkan untuk memasukkan muka Anda kedalam bulatan itu serta memohon rekanan Anda untuk mengabadikan muka Anda di dalam jejeran topeng-topeng unik. Terkecuali ke-2 galeri itu sudah pasti ada banyak lagi galeri evaluasi. Lantaran Jawa timur Park I memanglah difokuskan untuk rekreasi keluarga.

Ada Taman Fisika yang diisi banyak permainan interaktif sarat pengetahuan, Taman Histori yang diisi bermacam diorama dari mulai miniatur manusia purba waktu mereka berburu, sampai zaman beberapa wali komplit dengan miniatur pesantren mereka. Sesudah melalui perjalanan rute awal yang tenang serta enjoy, tibalah waktunya untuk memberi adrenalin Anda saat untuk berpacu.

Satu diantara wahana pemacu adrenalin paling disukai di Jawa timur Park I yaitu Flying Tornado. Satu kotak panjang yang diisi lebih kurang lima puluh orang serta bakal bikin Anda rasakan serunya berjungkir balik di hawa. Karena sangat ramenya wahana ini, seringkali Anda mesti menanti dibalik antrian yang mengular.

Tetapi tenang saja, dapat dijamin waktu mengantri Anda akan tidak terbuang sia-sia. Wahana ini betul-betul seru serta mendebarkan! Wahana lain yang juga tak kalah mendebarkan yaitu Aero Test. Dari namanya mungkin saja dapat ditebak, Anda bakal rasakan debaran ala astronot yang tengah terlepas landas dari bumi.

Wahana berwarna hijau ini berupa seperti tangan robot raksasa yang bakal berputar balik sampai 360°. Ada banyak lagi wahana-wahana yang akan tidak henti bikin Anda berteriak girang sekalian berdebar kencang. Ada Spinning Coaster, Sky Swinger, Columbus, serta banyak yang lain.

Capek serta berkeringat sesudah berteriak memompa adrenalin, waktunya Anda mendinginkan tubuh di Water Boom yang terdapat di dalam Jawa timur Park I. Water Boom ini dibagi jadi bagian-bagian, bergantung tingkat kedalamannya. Pas di depan Water Boom, berjejer stand penjual makanan yang tergabung dalam satu food court. Selesai telah perjalanan Anda menjelajah Jawa timur Park I.

Dalam perjalanan pulang, Anda bakal melalui Pasar Wisata yang jual bermacam oleh-oleh khas Batu. Uniknya, terdapat banyak stand yang juga sediakan layanan tato temporari yang bakal hilang dalam periode waktu 2 minggu. Harga nya variasi, dari mulai Rp. 15. 000 untuk bentuk serta ukuran paling simpel.

Transportasi

Untuk menuju Jawa timur Park I, semakin lebih gampang memakai kendaraan pribadi. Begitu Anda masuk lokasi Kota Wisata Batu, janganlah cemas bakal tersasar. Banyak panduan arah untuk menuju ke Jawa timur Park I. Bila memakai kendaraan umum, demikian turun di Terminal Batu, Anda dapat memakai layanan ojek yang banyak menyebar di terminal.

Layanan ojek sekitaran Rp. 15. 000. Dapat pula Anda bernegosiasi dengan sopir angkutan untuk mengantarkan Anda segera ke Jawa timur Park I. Jawa Timur Park memanglah saat ini mempunyai “adik” yang berlokasi pas disampingnya, Jawa Timur Park II.

Bedanya, bila Jawa timur Park I lebih banyak memberi edukasi mengenai nusantara, Jawa timur Park II memercayakan keasrian alam Indonesia komplit dengan hewan-hewan uniknya dengan habitat yang di buat semirip mungkin saja dengan lingkungan asli hewan-hewan itu.

Tiket

Bila Anda sayang untuk melupakan keduanya, Anda dapat untuk beli ticket terusan untuk Jawa timur Park I serta II sekalian. Untuk weekdays, ticket terusan di bandrol Rp. 100. 000 serta Rp. 120. 000 waktu weekend. Anda juga diperbolehkan bila memanglah cuma menginginkan mengeksplor Jawa timur Park I saja. Ticket di jual dengan harga Rp. Rp. 60. 000 untuk weekend serta Rp. 50. 000 untuk weekdays. Dengan ticket berbentuk gelang itu, Anda tak perlu membayar lagi untuk tiap-tiap wahana yang Anda nikmati.

5. Kusuma Agrowisata Batu, Malang Jawa Timur

Java, East Java, Batu. Kusuma AgroWisata hotel in Batu.

Java, East Java, Batu. Kusuma AgroWisata hotel in Batu.

Kusuma Agrowisata Batu Tak komplit rasa-rasanya mengulas Malang tanpa mengulas apelnya. Ya, Malang, terutama Kota Batu memanglah populer dengan buah apelnya yang lezat. Kota Batu bahkan juga menempatkan apel sebagai maskot kotanya.

Apel Batu memanglah cukup khas. Warnanya hijau fresh dengan semburat warna merah. Begitu digigit, daging buah apel Batu begitu renyah serta rasa-rasanya manis-manis asam. Begitu fresh untuk mengganjal perut yang keroncongan waktu hawa tengah terik. Bukan Kota Wisata Batu namanya bila komoditi sebaik ini tak jadikan tempat wisata.

Satu diantara obyek wisata yang cukup unik di Kota Batu, Malang yaitu Kusuma Agrowisata yang terdapat di Jalan Abdul Gani Atas, Batu, Malang. Kusuma Agrowisata memanglah tak setenar Jawa timur Park atau BNS yang seringkali jadikan jujukan pelancong lokal. Tetapi malah di Kusuma Agrowisata ini pengalaman unik siap menunggu kunjungan Anda.

Seperti namanya, Kusuma Agrowisata bukan sekedar tawarkan panorama cantik perkebunan luas nan hijau, didalam ruang perkebunan banyak kesibukan seru yang dapat Anda kerjakan. Andalan Kusuma Agrowisata yaitu pengalaman segera terjun di dalam kebun apel serta strobery.
Anda dipersilahkan untuk berkeliling kebun serta menuai buah segera dari pohonnya. Boleh-boleh saja Anda mengonsumsi segera hasil cuplikan Anda, lantaran memanglah disitulah asiknya. Anda dapat pilih untuk berkunjung ke kebun apel atau kebun strobery. Bila bingung, tentukan saja keduanya. Harga nya cukup terjangkau bila dibanding obyek wisata yang lain di Batu.

Begitu sampai di Kusuma Agrowisata serta merampungkan pembelian ticket, Anda dipersilahkan untuk mencicipi welcome drink berbentuk sari apel yang disebut oleh-oleh khas Kota Batu. Sari apel yang Anda nikmati datang dari apel fresh di kebun yang kelak bakal Anda kunjungi.

Sembari dengarkan pengarahan awal dari petugas, Anda bakal dibawa menuju kebun tanaman hias yang diisi beragam jenis anggrek, mawar, serta tanaman hias yang lain. Pastinya Anda tak diperbolehkan untuk menuai bunga disini. Namun Anda diperbolehkan untuk membelinya serta merawatnya dirumah.

Kusuma Agrowisata Batu-

Setelah itu, waktu yang dinanti-nantikan, masuk kebun apel. Petugas bakal memberi info langkah menuai buah apel dengan benar dan langkah pilih apel termanis. Pohon-pohon di kebun ini rata-rata setinggi orang dewasa. Hingga mempermudah Anda untuk pilih apel paling baik.

Bahkan juga anak-anak juga akan tidak kesulitan untuk menuai sendiri apel incaran mereka. Tarif untuk Paket Agro Apel dibanderol dari mulai Rp. 32. 000 waktu weekdays. Capek berkeliling kebun serta pilih apel, setelah itu Anda bakal di ajak untuk nikmati bermacam olahan memiliki bahan basic apel di Kedai Apel atau yang juga sering dimaksud dengan Apple House.

Disini, Anda bakal menjumpai bermacam sajian yang kelihatannya bakal sulit didapati ditempat lain. Siapa kira, apel yang umumnya cuma di proses jadi pie atau juice, di Apple House bakal Anda jumpai dalam format nasi goreng. Yang lebih mengagetkan, nyatanya apel juga dapat di proses dalam beef steak dan mie. Untuk rasa, janganlah di tanya.

Koki di Kusuma Agrowisata kelihatannya begitu mengerti rasa serta struktur apek. Semua sajian di sini menggoda untuk dicicipi. Harga nya juga cukup terjangkau untuk menu di satu tempat wisata. Untuk sepiring Nasi Goreng Apel dengan penambahan sepotong ayam serta taburan abon sapi, dapat ditebus dengan harga Rp. 15. 000.

Sajian yang lain juga ada di kisaran harga sama. Dengan keeksotisan serta kelezatan rasa-rasanya, harga itu tampak cukup masuk akal. Bila Anda kurang senang cuma bergelut dengan apel, Kusuma Agrowisata juga sediakan sebagian paket wisata lain yang dapat Anda tentukan.

Paket Agro Strawberry yang memberi pengalaman berkeliling kebun plus serunya memisah serta menuai strawberry, paket outbond untuk pemburu adrenalin, dan beragam paket workshop untuk praktisi perkebunan. Outbond di Kusuma Agrowisata cukup komplit.

Di ruang yang cukup luas, Anda bakal rasakan serunya Flying Fox, Bridge Wood, dan beragam game seru yang difasilitasi oleh Kusuma Agrowisata. Paket outbond di bandrol Rp. 150. 000 per orang dengan durasi ± 6 jam. Paket outbond untuk anak-anak juga ada. Untuk argumen keamanan, outbond anak-anak serta dewasa memanglah dibedakan.

Paket outbond anak-anak dibanderol tarif Rp. 75. 000 per anak. Asiknya, tiap-tiap paket telah termasuk juga satu gelas juice buah nikmat serta menuai buah di kebun secara gratis. Semasing paket outbond dapat dipesan dengan minimum kuota 30 paket.

Bila Anda mau rasakan Flying Fox saja tanpa ikuti outbond secara komplit, Anda dapat menebusnya dengan harga Rp. 20. 000 per orang. Tidak hanya Flying Fox serta paket outbond, penggemar pancing juga dapat menyewa peralatan pancing komplit dengan umpan seharga Rp. 10. 000.
Disiapkan juga ATV untuk berkeliling dengan harga Rp. 50. 000 untuk orang dewasa serta Rp. 25. 000 untuk Mini ATV yang ditujukan spesial untuk anak-anak. Sehari Anda bakal betul-betul mengasyikkan. Di dalam hawa Batu yang sejuk, Anda memperoleh banyak info tentang perkebunan, rasakan serunya Flying Fox serta High Ropes Games, serta berkeliling dengan ATV.

Pastinya tak komplit tanpa ada membawa oleh-oleh berbentuk sari apel Kusuma Agrowisata yang nikmat. Anda dapat membelinya sesudah petualangan Anda usai. Anda yang dari luar kota juga tak perlu kuatir, di kompleks yang sama, Kusuma Agrowisata juga sediakan hotel untuk Anda beristirahat.

yang dari jakarta baca juga ini: Tempat Nongkrong Pilihan di Jakarta

6. Malang Tempo Doeloe

Malang Tempo Doeloe

Malang Tempo Doeloe – The Moderen Living Malang Heritage Bila disuruh mengatakan apa yang paling populer dari Malang terkecuali apel, hawa dingin, serta gadisnya yang ayu-ayu? Jawabannya pastinya, Malang Tempo Doeloe (MTD). Festival tahunan yang menyeret kita ke zaman oma opa komplit dengan pasar tradisional yang juga di-setting khas tempo dahulu.

Apa yang menarik dari festival? Kenapa beberapa ribu orang dari beragam kota ikhlas berdesakan serta menyempatkan waktunya? Mari kita bedah selanjutnya, oase Indonesia sejati di dalam gempuran globalisasi. Malang Tempo Doeloe di gelar tiap-tiap pertengahan th., sekitaran bln. April-Mei. MTD sendiri dapat disebut masihlah baru, lantaran festival pertamanya diawali th. 2005 silam.

Serta ya, kekhasan MTD sukses menyedot beberapa ribu orang dalam kurun saat empat hari untuk memadati Jalan Ijen, tempat MTD di gelar. Tak tanggung-tanggung, jalanan selama lebih kurang 1, 5 km berubah wajah jadi jejeran warung-warung yang terbuat dari anyaman bambu komplit dengan atap dari daun kelapa kering.

Malang Tempo Doeloe-

Totalitas penyelenggara MTD tampak dari banyak ketentuan yang harus dipatuhi beberapa pengisi standnya. Pengisi stand dilarang untuk memakai listrik sepanjang MTD berjalan, penerangan cuma datang dari lampu jalan serta penerangan tradisional, seperti lampu teplok, obor, dan lilin. Pengisi stand juga dilarang keras memakai baju moderen. Bahkan juga baju batik juga tak diperbolehkan.

Dari ketertiban pengisi stand ini, diinginkan pengunjung rasakan atmosfir Malang tempo dahulu yang sebenarnya. Benar saja, stand-stand yang berderet selama Jalan Ijen jadi seperti diorama hidup Malang 70 th. waktu lalu.

Beberapa pengisi stand berlomba untuk menghadirkan tidak cuma bentuk stand yang unik, namun juga dandanan ramai namun masih tetap merujuk pada ke-ndeso¬-an serta ketradisionalan. Serta sudah pasti, dagangan yang bakal susah didapati diluar MTD. Banyak stand-stand yang spesial jual batu akik, wayang, duit kuno, bahkan juga kopian pidato asli Bung Karno waktu memproklamasikan kemerdekaan.

Sungguh begitu disayangkan. Mengulas mengenai festival, tak komplit rasa-rasanya bila tak mengulas jajanan apa sajakah yang ada. Nah, bila Anda mempunyai lidah jowo, berikut surga kuliner untuk Anda. Sebaiknya juga, Anda datang dengan keadaan perut kosong, supaya dapat mencicipi banyak jajanan yang semua tampak menggoda.

Dari mulai yang paling murah, gulali warna hitam yang terbuat dari gula yang dikaramelkan dapat Anda peroleh cuma dengan Rp. 1000. Banyak juga yang menjual potongan tebu. Yap, tebu fresh yang dipotong kecil-kecil di bandrol cuma Rp. 1000 per porsinya. Dari semuanya jajanan, favorite pengunjung yaitu es gandoel.

Es ini sesungguhnya terbuat dari serutan es batu yang dipadatkan serta di beri siraman sirup melon maupun pandan. Yang bikin es ini unik yaitu penyajiannya. Es serut dipadatkan serta di beri tali dari batang padi di tengahnya. Langkah makannya? Tarik batang padinya serta hisap esnya dalam keadaan bergantung. Nyaris sama juga dengan penyajian lomba makan krupuk! Lucu serta unik.

Untuk Anda yang belum pernah coba, mungkin saja Anda bakal geli sendiri rasakan susahnya mengisap es gandoel ini. Es unik ini dapat ditebus cuma dengan Rp. 1. 500. Cenil, gatot, lupis, juga dijajakan berderet. Tinggal intuisi Anda yang bermain, ingin pilih yang mana. Sesudah capek jalan, waktunya untuk isi perut dengan makanan berat.

Anda juga bebas pilih makanan Jawa favorite Anda. Nasi Gudeg, Lodeh, Rames, serta ada banyak lagi yang lain. Minumnya? Apa lagi yang lebih fresh dari dawet yang di jual oleh gadis desa yang cantik. Nikmati lezatnya sepiring lontong sayur ditemani indahnya lantunan gending serta satu gelas es beras kencur. Betul-betul tak ada duanya.

Yang paling baik dari keseluruhnya Malang Tempo Doeloe yaitu kita sekalipun tak dipungut cost untuk nikmati uniknya hidup di zaman baheula. Semuanya gratis. Terkecuali, sudah pasti, waktu kita mengambil keputusan untuk beli kerajinan atau jajanan di stand. Tak sabar rasa-rasanya untuk menanti festival tahunan ini kembali di gelar.

7. Candi Kidal, Malang Jawa Timur

Candi Kidal, Malang Jawa Timur

Mungkin saja sedikit yang mengetahui Candi Kidal. Candi yang terdapat di Desa Rejokidal ini tak seterkenal Candi Singosari. Tetapi janganlah salah, Candi Kidal ini tak kalah menarik. Walau terdapat agak tersembunyi di pelosok pedesaan, Candi Kidal dapat jadi pilihan wisata yang mengasyikkan, terlebih untuk Anda yang suka pada wisata sarat budaya serta histori.

Candi ini konon di bangun pada saat peralihan kekuasaan dari Kerajaan Airlangga ke Kerajaan Kediri, atau sekitaran pertengahan era 12. Candi Kidal adalah makam Raja Anusapati yang di bangun dengan relief-relief khas candi ala Jawa Timur. Yang menarik dari Candi Kidal yaitu relief cerita garuda yang dipahat paling komplit dibanding dengan candi-candi di Jawa yang lain.

Hanya satu akses menuju Candi Kidal yaitu dengan memakai kendaraan pribadi. Anda dapat juga memakai angkutan umum, tetapi mesti mencarter angkutan itu agar bersedia untuk mengantar Anda menuju candi yang unik ini.

8. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang

Walau Malang populer dengan adanya banyak spot wisata di daerah pegunungan, siapa kira, Malang juga nyatanya mempunyai banyak pantai indah. Dua yang populer yaitu Pantai Sendang Biru, Pantai Populer Merak, serta Pantai Balekambang.

Ketiganya terdapat di Malang Selatan, daerah yang sesungguhnya cukup ketinggalan bila dibanding dengan daerah yang lain di lokasi Malang Raya. Tetapi di daerah ini lah, ketiga pantai ayu kebanggaan kera Ngalam (Arek Malang) berkumpul jadi satu.

Seperti telah dijelaskan diatas, satu diantara pantai yang cukup tenar diantara beberapa pelancong Jawa Timur yaitu Pantai Balekambang yang terdapat di Kecamatan Bantur, Malang Selatan. Bantur cukup jauh dari pusat Kota Malang, sekitaran dua jam perjalanan atau lebih kurang 65 km.

Nama Balekambang sendiri di ambil dari Pura Mulia Amertha Jati di Pulau Ismoyo. Bale dalam bhs Jawa bermakna tempat tinggal atau tempat berkumpul. Sedang Kambang bermakna mengapung. Balekambang yaitu arti yang dipakai di bhs Jawa untuk menerangkan tempat tinggal atau bangunan yang terdapat di dalam perairan.

Tiap-tiap th., Pantai Balekambang penuh baik oleh umat Hindu ataupun wisatawan yang menginginkan melihat indahnya Upacara Jalanidhi Puja. Upacara ini dikerjakan untuk menyingkirkan kotoran batin yang menempel pada diri manusia yang disimbolkan dengan melarung sesajen.
Jalanidhi Puja diawali pada jam 10. 00 pagi yang pembukaannya ditandai dengan sekumpulan penari kebiasaan. Umat juga lalu bersama-sama menuju Pura Mulia Amertha untuk sembahyang. Upacara ditutup dengan pelarungan sesajen.

Diluar Hari Raya Nyepi, bakal begitu mengasyikkan bertandang ke Balekambang bila Anda termasuk juga orang yg tidak demikian suka pada keramaian. Anda juga dapat senang bermain pasir serta air tanpa ada banyak diganggu hilir mudik orang.

Terlebih bila Anda membawa kamera dengan resolusi cukup. Waktu sepanjang hari rasa-rasanya kurang untuk menangkap keindahan Pantai Balekambang. Untuk menuju Pantai Balekambang yang eksotis ini Anda dapat mengarahkan kendaraan menuju Kecamatan Gondanglegi lalu ke arah Kecamatan Turen.

Dari sini telah banyak papan penunjuk yang bakal mempermudah Anda untuk hingga di Balekambang. Perjalanan menuju Balekambang dihiasi dengan jalanan yang berbelok-belok dan naik turun. Seperti jalanan di daerah pegungunan. Dahulu, jalanan menuju Pantai Balekambang rusak kronis dengan lubang-lubang yang siap menguji ketrampilan mengemudi Anda.

Penuh dengan warna hijau yang menyejukkan mata. Waktu Anda dalam perjalanan bakal merasa lebih singkat. Sesampainya di Balekambang, Anda mesti membayar ticket masuk sebesar Rp. 20. 000. Cukup murah, mengingat pengalaman yang bakal Anda bungkus pulang nanti.

Bila Anda datang dari luar Malang, Anda dapat untuk bermalam di sekitaran Balekambang. Terlebih apabila Anda memanglah mengutamakan berlibur Anda untuk nikmati eksotisnya Upacara Jalanidhi Puja. Satu bungalow dapat Anda sewa untuk meniadakan capek.

Anda juga dapat membangun tenda di ruang yang sudah disiapkan bila lebih suka pada pengalaman menantang khas penggemar alam. Sebagian warung juga berjejer didalam ruang Balekambang, jadi Anda tak perlu dipusingkan dengan kepentingan logistik sepanjang liburan. Waktu menyiapkan keberangkatan, yakinkan Anda membawa pakaian yang enak dipakai untuk bergerak.

Lantaran walau ada di Malang, Pantai Balekambang cukup terik. Janganlah lupa juga untuk membawa kacamata hitam dan sunblock. Sebaiknya juga Anda menyiapkan kendaraan Anda, lantaran bakal cukup menyusahkan bila kendaraan Anda mogok di dalam jalan.

Letak Balekambang ada di daerah yang cukup terpencil. Tak gampang untuk temukan tempat servis kendaraan, terlebih mobil. Paling akhir, untuk lengkapi berlibur Anda, Anda harus bertandang ke kios-kios cinderamata untuk membawa pulang oleh-oleh. Lengkaplah berlibur Anda. Berlibur murah yang nyatanya tak kalah indah dibanding beberapa tempat wisata mahal.

Kalau suka pantai banyak juga di Yogya, jadi baca ini: Tempat Wisata Yogya Favorit Traveller

9. Alun – Alun Batu, Malang Jawa Timur

Alun – Alun Batu, Malang Jawa Timur

Sungguh mengagumkan perubahan yang terjadi di Kota Batu, Malang. Sesuai sama visinya untuk menjadi satu kota wisata, kelihatannya pemerintah Kota Batu tak main-main. Tiap-tiap potensi daerah yang dapat digunakan, digali serta dikemas dalam bentuk spot wisata menarik. Alun-alun kota juga tak luput dari pemugaran.

Bila dahulu Alun-alun Batu sedikit beda dengan alun-alun yang lain, saat ini, Alun-alun Batu dapat Anda masukan dalam daftar layak kunjung. Alun-alun ini begitu cantik. Penuh dengan beragam ornament dan kesibukan. Tempat ini jadi begitu mengasyikkan untuk menggunakan saat di Batu waktu biaya Anda tengah mepet.

Terlebih untuk anak-anak, banyak permainan seru yang dapat mereka kerjakan di ruang seluas satu hektar ini. Untuk orang dewasa, berfoto-foto juga di lampion cantik juga cukup mengasyikkan. Lantaran Kota Batu khas dengan buah apelnya, jadi tak heran banyak apel-apel buatan yang menghiasi alun-alun ini.

Yang paling menonjol yaitu dua buah bangunan raksasa berbentu apel serta strobery yang nyatanya yaitu toilet. Cukup unik. Satu bianglala memiliki ukuran besar juga menarik perhatian. Cuma dengan Rp. 3. 000 Anda dapat nikmati view Batu dari ketinggian lebih kurang 60 m.

Dapat disebut kalau bianglala berikut sarana favorite pengunjung. Rp. 3. 000 yang Anda mengeluarkan bakal dikompensasi dengan sekali putaran bianglala. Janganlah cemas akan tidak senang, lantaran bianglala ini berputar begitu pelan. Selama lebih kurang 10 menit Anda bakal dibawa melambung ke angkasa.

10. Candi Singosari, Malang Jawa Timur

Candi Singosari, Singosari, Malang, Jawa Timur.

Candi Singosari, Singosari, Malang, Jawa Timur.

Candi Singosari Satu lagi peninggalan kejayaan nusantara yang tersisa serta bisa kita nikmati di lokasi Malang Raya. Satu bukti otentik begitu bangsa kita memanglah mempunyai nilai seni yang begitu tinggi. Pada kisaran era 13, satu candi yang megah serta sarat dengan filosofi berdiri di Singosari.

Tepatnya di pusat Kerajaan Singosari pada saat itu Dari namanya mungkin saja gampang ditebak kalau candi ini ada di lokasi Singosari, Kabupaten Malang. Tepatnya di Desa Candirenggo, candi yang disebut jejak peradaban dari zaman Kerajaan Singosari ini sesungguhnya diperuntukkan sebagai tempat pemujaan Dewa Syiwa.

Nah, itulah 10 tempat wisata terbaik di Malang Jawa Timur yang wajib kamu datangi. Yuk berlibur ke Malang!

 

1

6 Responses

  1. dani
    September 3, 2016
  2. arni
    September 3, 2016
  3. Khoirur Rohmah
    September 3, 2016
  4. April Hamsa
    September 3, 2016
  5. Diah
    September 5, 2016

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan