Tempat Wisata di Semarang

Tempat wisata di Semarang. Semarang merupakan ibukota Propinsi Jawa Tengah, Indonesia yang terletak kurang lebih 558 km samping timur Jakarta, atau 512 km samping barat Surabaya dengan luas Kota 373. 67 km2.

Semarang yaitu kota metropolitan paling besar ke lima di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Bandung, serta Medan. Semarang juga adalah ruang Metropolitan Kedungsapur (Kendal, Demak, Ungaran Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, serta Purwodadi Kabupaten Grobogan) dengan masyarakat sekitaran 6 juta jiwa yang terdiri atas 16 kecamatan serta 177 kelurahan.

Cara paling baik menuju Kota Semarang yaitu dengan memakai angkutan kereta api menuju Stasiun tawang atau stasiun Semarang poncol. Anda dapat juga memakai pesawat menuju bandara Achmad yani Semarang.

Alternatif yang lain, anda bisa memakai kendaraan umum bus dari kelas ekonomi sampai eksekutif ada untuk maksud Kota Semarang. Bila mau lebih nayaman lagi liburan berbarengan keluarga, anda dapat memakai kendaraan pribadi untuk menuju Kota Semarang. Untuk penginapan baiknya tentukan penginapan yang ada dekat dengan jalan protokol, stasiun, serta terminal untuk mempermudah akses menuju object wisata pilihan anda.

Kota Semarang mempunyai pilihan untuk object wisata alam diantaranya wisata alam Pulau Tirangcawang di Kelurahan Tugu, Pantai Tirang di Kelurahan Tambak Harjo, Pantai Marina di Kelurahan Tawangsari, Pantai Maron di Kelurahan Tambak Harjo, Goa Kreo di Kelurahan Kandri, serta Taman Lele Semarang di Kelurahan Tambakaji. Kota Semarang juga populer dengan wisata sejarahnya diantaranya kunjungan ke Museum MURI, Museum Perubahan Islam Jawa Tengah, Museum Jamu Nyonya Meneer, Museum Jawa Tengah, Museum Mandala Bhakti, Lawang Sewu, Tugu Muda, Candi Tugu, danKota Tua Semarang.

Untuk anda yang mau lakukan wisata religius, anda bisa bertandang ke Masjid Baiturrahman Semarang, Masjid Agung Jawa Tengah, Masjid Kauman Semarang, Klenteng Sam Po Kong, Gereja Blenduk, Gereja Katedral Semarang, serta Pagoda Buddhagaya.

Semarang juga adalah kota yang cocok untuk liburan berbarengan keluarga lantaran di dalamnya ada banyak wisata keluarga serta berbelanja diantaranya Wonderia, Kebun Binatang Tinjomoyo, Taman Mini Jawa Tengah (Maerokoco), Pasar Johar, Citra Land Mall, Java Mall, Paragon Mall, Sri Ratu, DP Mall, serta M-Art Shop.

Diluar itu, yang bikin menarik, anda dapat juga menjelajahi pariwisata di Kabupaten Semarang lantaran di dukung oleh keringanan aksestabilitas jalur jalan raya ekonomi menuju semuanya object wisata. Anda bisa berkunjung ke wisata alam yang ada di Kabupaten Semarang diantaranya Bukit Cinta, Rawa Pening, Curug Lawe, Curug Benowo, Air Terjun Baladewa, Air Terjun Semirang, Air Kali Pancur, Bandungan, Umbul Sidomukti, Umbul Songo Kopeng, serta Brown Canyon.

Wisata sejarahAi??di Kabupaten Semarang diantaranya Benteng Williem II, Candi Ngempon, Gedong Songo, Candi Klero, Candi Dukuh, Museum Perjuangan Palagan Ambarawa, serta Museum Kereta Api Ambarawa. Anda dapat juga berwisata ke desa unik yang ada di Kabupaten Semarang diantaranya Agrowisata Kampung Kopi Banaran, Kampung Seni (Lerep Ungaran Barat), Desa Wisata Toga Patemon, serta Kampung Cowboy.

Alamat : Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

Karimun Jawa

Berkunjung ke Surga Wisata Tropis Sembari Snorkling Di Tengah Laut, Jawa Tengah-Indonesia

Apakah anda tengah memikirkan tentang surga ideal untuk berlibur musim panas anda? Bila yang ada pada fikiran anda itu berbentuk pasir putih, pantai yang dikelilingi oleh pohon kelapa, air berwarna hijau kebiru-biruan yang begitu jernih, atau cuaca hangat selama th..

Jadi, kepulauan Karimunjawa adalah surga buat anda. Karimunjawa ini terdapat kurang lebih 85 km dari kota Jepara Jawa Tengah sertaAi??jadiAi??satu tempat yang harus anda kunjungi waktu berlibur.

Mengapa? Lantaran di sana anda dapat nikmati peristiwa berlibur di ai???surga yang diimpikanai??i?? dengan tambah nyaman mengingat tempatnya yang sedikit terisolasi dari keramaian kota. Bila tengah bukanlah puncak kunjungan, mungkin sepanjang hari penuh anda tak menjumpai wisatawan lain.

Pulau intinya cukup besar sebagai pengawal pulau-pulau lain yang letaknya ada di dalam samudera memiliki ukuran panjang kurang lebih 25 km serta lebar 10 km, di mana sisi samping selatan banyak tertutup hutan.

Yang diapit di antara hutan serta ujung selatan yaitu kota paling utama pulau yang bernama Karimunjawa. Ini yaitu tempat terluas yang kerap ditempati oleh turis, walau anda bisa tinggal di hotel apung yang letaknya ada di dalam laut sertaAi??jadiAi??satu diantara resort unggulan.

Cuma saja bentuk akomodasi untuk penginapan paling banyak di sana yaitu homestay, di mana anda bisa tinggal dirumah penduduk serta dapat nikmati kebersamaan sembari menyantap makanan yang disajikan. Atau, anda bisa pula pergi ke warung sembari belanja.

Untuk kamar mandi, bila anda tinggal di homestayAi??jadiAi??anda mesti sharing. Namun anda janganlah cemas lantaran nyaris seluruh toiletnya bersih serta biasanya cuma dipakai untuk tamu. Jadi, mungkin saja saja cuma anda yang memakai kamar mandi di homestay.

Lantas, kegiatan apa sajakah yang menarik untuk dapat dikerjakan di Karimunjawa? Lantaran tempat ini berbentuk lautan yang jernih,makaberolahraga yang paling popular di sini yaitu snorkling, diving, berlayar, atau berkeliling pulau dengan motor.

Dengan begitu, anda dapat mengeksplorasi lokasi tepi pantai dengan pasir putihnya yang lembut. Bila untuk snorkling, umumnya dikerjakan dengan penjadwalan lebih dahulu lantaran ini memerlukan kapal.

Setelah itu, tempat penginapan anda bakal mengantarkan anda menuju ke dermaga untuk mencari nelayan yang bakal mengantarkan anda menuju ke spot snorkling paling baik di Karimunjawa.

Untuk tarif, rata-rata Rp300. 000* untuk 5 jam mengendarai kapal sampai sampai ke pulau-pulau pilihan, seperti Pulau Tengah, Tanjung Gelam, Menjangan Besar, Menjangan Kecil, serta spot

Lantaran gugusan pulau paling besar ini cukup luas, tentu langkah paling pas untuk dapat mengeksplorasi seluruh lokasi ini yaitu dengan memakai motor. Untuk tarif sewanya sendiri umumnya Rp75. 000* /hari. Dengan motor, anda dapat berkeliling pulau lebih enjoy lantaran nyaris seluruh ruang di pulau ini memiliki pantai-pantai yang spektakuler.

Bila anda bertandang ke spot ini, anda bisa lihat bagaimana pengelola konservasi mengorek-korek pasir serta menggosok-gosok kura-kura kecil supaya dapat melepas diri dari cangkang. Ini betul-betul pengalaman yg tidak terlupakan bila anda datang ke Pantai Barakuda.

Lantas, bagaimana caranya untuk dapat sampai ke Karimunjawa? Nah, untuk dapat sampai di sana, anda bisa memakai kapal ferry yang ada di pelabuhan kota Jepara. Dibutuhkan saat 2 jam dari terminal bus Semarang untuk tiba ditempat ini. Anda bisa pilih ferry cepat dengan cost Rp75. 000* pada hari Senin, Selasa, Jumai??i??at serta Sabtu. Tetapi, bila anda mesti memakai kapal ferry lambat, dibutuhkan kurang lebih 6 jam dari Jepara pada hari Sabtu, Rabu, serta Senin.

Tetapi, bila cuaca tengah jelek, baik ferry cepat ataupun ferry lambat bakal terjerat di Jepara atau di kepulauan Karimunjawa. Sampai saat ini ada jugakapal ferry yang berlayar dari Semarang ke Karimunjawa.

Jadi, anda cuma tinggal pilih pelabuhan di kota mana yang bakal anda kunjungi sebelumnya naik kapal. Kemudian, anda bisa membuat ide berlibur anda. Memanglah saat tempuh dari Semarang lebih cepat. Namun, seluruh bergantung pada anda. Serta mengharapkan saja bila cuaca tengah bagus sampai anda bisa lakukan beberapa hal di sana.

Jadi, bila anda ingin berlibur ke Karimunjawa, jauhilah musim hujan lantaran air laut tengah tak ramah pada kapal yang anda naiki. Selain gelombang tinggi, angin lautnya juga kencang serta mampu menghempaskan kapal-kapal kecil.

Begitu banyak aktivitas wisata air yang ada di Karimunjawa, mungkin saja tempat inilah surga dunia yang tengah anda mencari untuk isi berlibur musim panas. Selamat liburan.
Info * : Harga bisa berubah setiap saat.

Baca juga: Tempat Wisata di Bandung

Museum Mandala Bhakti

Museum Mandala Bhakti Menyimpan Senjata serta Perang!

Tempatnya persis di seberang selatan Tugu Muda, di Jalan Mgr. Soegijo Pranoto nomer 2 di Semarang. Adalah satu diantara gedung warisan Belanda, Museum Mandala Bhakti, atau komplitnya yaitu Museum Perjuangan Kodam IV/Diponegoro Mandala Bhakti, menaruh sejarah kepahlawanan serta semangat patriotisme prajurit Diponegoro.

ai???Mandalaai??? bermakna lokasi, serta ai???Bhaktiai??? bermakna dedikasi. Jadi, dari namanya, museum ini yaitu tempat dedikasi. Makna lebih luasnya begini : museum tempat pelestarian karya juang prajurit Diponegoro serta rakyat Jawa Tengah yang pernah turut berperang.

Berkunjung ke museum ini, Anda bakal tahu gedung ini telah berusia lebih kurang 82 th.. Th. 1930, gedung ini di bangun. Dahulu digunakan sebagai Pengadilan Tinggi (Raad van Juicetitie) untuk kelompok rakyat Eropa yang bertempat di Semarang. Didesain oleh arsitek handal Belanda, I. Kuhr E dari Firma Ooiman serta Van Leeuwen.

Dari MarkasAi??jadiAi??Museum

Th. 1942, kekuasaan Belanda di Indonesia digulingkan Jepang. Semua aset Belanda dikuasai Jepang, demikian halnya gedung Mandala Bhakti. Jadilah gedung ini markas Keinpetai (Polisi Militer Jepang). Selang tiga th. lalu, waktu Indonesia memproklamasikan kemerdekaan, Mandala Bhakti jatuh ke pemuda-pemuda pejuang kemerdekaan.

Th. 1946, Belanda kembali pada Indonesia. Berupaya menancapkan kekuasaan lewat agresi militer. Kota Semarang kembali diduduki. Mandala Bhakti dipakai sebagai markas tentara Belanda. Desember 1949, TNI sukses menggantikan gedung ini serta memakainya sebagai markas Divisi III yang saat itu di pimpin oleh Panglima Divisi Kolonel Gatot Soebroto. Gedung Mandala Bhakti tidak serta-merta dirubahAi??jadiAi??museum.

Organisasi Divisi III di Jawa Tengah/Daerah Istimewa Yogyakarta bertukar namaAi??jadiAi??Kodam VII/Diponegoro. Setelah pembangunan Makodam VII/Diponegoro di daerah Watugong rampung, serta Makodam VII geser kesana, barulah di keluarkan surat telegram Pangdam VII/Diponegoro nomer st/79/1985 bertanggal 22 Januari 1985 yang satu diantara berisi memberikan instruksi supaya bangunan induk gedung ini, lantai 1 serta 2 dipakai untuk museum perjuangan Kodam VII/Diponegoro Mandala Bhakti.

Bergaya Arsitektur Khas Eropa

Namanya bangunan peninggalan Belanda, lumrah bila arsitekturnya khas Eropa. Bertangkup fasad tunggal, berlantai dua, serta menghadap utara, gedung museum Mandala Bhakti wajahnya kekar. Pondasi bangunan dari batu, strukturnya dari batu bata, serta dindingnya tersusun atas bata berplester.

Ticket Gratis, Akses Gampang Tak perlu merogoh kocek untuk masuk ke museum ini. Anda bebas melenggang serta mencermati bermacam koleksi museum. Bila Anda suka dengan sejarah serta tertarik dengan beberapa hal berbau perjuangan serta perang, Anda dapat membaca arsip-arsip serta dokumen-dokumen yang ada di museum ini. Semua menarik!

Pasar Semawis

Pasar Semawis : Surga Kuliner di Semarang

Apa yang dapat ai???dijualai??? dari pecinan Semarang? Apa yang dapat menarik ketertarikan Anda untuk datang ke pecinan Semarang? Sebentar, Kompas. com pada 27 Januari 2012, pas jam 12 : 10, pernah menyampaikan kabar kalau dalam satu diskusi tentang revitalisasi lokasi pecinan Semarang berbarengan Pemerintah Kota Semarang, Darmanto Jatman, budayawan Semarang, menyampaikan, pecinan di Kota Semarang tak mempunyai ciri-ciri yang kuat serta kental.

Ini benar. Sebenarnya terdapat banyak klenteng yang berdiri di lokasi ini, tetapi mereka akan tidak cukup menghidupkan nuansa ai???China Town. ai??? Lantas apa yang dapat menjadi magnet di lokasi ini?

Untuk memasukkan pecinan kedalam paket wisata andalan Kota Semarang, menurut Darmanto, butuh identifikasi serta pembentukan ciri-ciri pecinan. Tidak cuma itu, utama juga menggali budaya, ritual, kesenian, bahkan juga membangun legenda tentang pecinan. Makanan khas pecinan juga butuh dikonsentrasikan sebagai satu diantara pemikat ketertarikan wisatawan.

Baik, khusus daerah pecinan Semarang, sesungguhnya tanpa menunggu beberapa langkah konkret pemerintah merevitalisasi lokasi ini, pecinan telah miliki daya pikat. Ingin tahu apa pesona pecinan Semarang yang paling menarik perhatian? Ini dia Pasar Semawis!

Ada Apa Lagi tidak hanya Wisata Kuliner?

Situasi Pasar Semawis mengasyikkan hati untuk ukuran satu pasar terbuka yang mungkin dijejali beberapa ribu orang sekali saat. Kios-kios berjejer rapi di samping kiri, berseberangan dengan kursi-kursi untuk duduk konsumen. Senang isi perut serta menggoyang lidah, Anda dapat beli barang satu atau dua aksesori khas budaya Tiong Hoa.

Bermacam suvenir langsungAi??diimpor dari China. Bahkan juga waktu Imlek tiba, pasar Semawis juga di ramaikan oleh bebrapa entrepreneur UKM di Semarang. Jadi, bukan hanya oleh-oleh batu giok saja yang dapat dibeli.

Bila Anda miliki banyak waktu senggang, jalanlah sampai ke ujung gang, Anda bakal jumpai tukang ramal yang bakal meramal peruntungan Anda memakai kartu. Juga, ada juga kios lukisan China. Masuk, serta mintalah dibuatkan lukisan yang melambangkan keberuntungan atau keberhasilan, ini pastinya akanAi??jadiAi??oleh-oleh yang paling terkesan.

Kunjungi juga: Tempat Wisata di Jakarta

Simpang Lima

Wisata Berbelanja serta Kuliner di Simpang Lima Semarang

Untuk Anda yang sukai wisata berbelanja, Anda harus datang ke Simpang Lima di Kota Semarang. Lokasi ini adalah pusat wisata berbelanja serta kuliner di Kota Semarang. Simpang lima adalah tempat berupa lapangan.

Letaknya ada di dalam Kota Semarang. Lima jalan paling utama di Semarang (Jalan Pahlawan, Jalan pandanaran, jalan Ahmad yani, Jalan Ahmad Dahlan, serta Jalan Gajahmada) berjumpa di Simpang Lima.

Di sekitar lapangan ini, berputar ada beragam pusat berbelanja serta hotel. Di seberang Simpang Lima samping utara, ada di segi Jalan gajah Mada, ada Plaza Ciputra serta Hotel Ciputra. Sesaat di samping Timur, ada di segi Jalan Ahmad Dahlan, berdiri Hotel Horison serta Plasa Simpang Lima.

Masihlah di seberang samping timur Simpang Lima, yang ada di segi Jalan Ahmad Yani, ada kompleks pertokoan juga. Lantas di Jalan Pahlawan, jalan yang ke arah selatan Simpang Lima, di ke-2 tepi jalan berdiri Ace Hardware di segi samping timur jalan (dulunya tempat ini yaitu Ramayana Department Store) serta di segi sebalah barat jalan ada Gedung Telkom. Lantas di segi samping barat, mengapit Jalan Pandanaran, di samping selatan ada E-Plaza, satu lounge resto serta bioskop. Tengah di segi samping selatan ada Masjid Baiturrahman.

Nama ai???resmiai??? lapangan ini sesungguhnya Lapangan Pancasila, tetapi beberapa orang lebih mengenalnya dengan sebutan Lapangan Simpang Lima. Lapangan ini jadikan pusat kota atas instruksi Presiden Sukarno pada th. 1960-an.

Untuk menuju Simpang Lima, bila Anda datang dari Terminal Terboyo Semarang, Anda dapat naik bis kota yang melalui Simpang Lima. Anda dapat ajukan pertanyaan pada rute bis. Atau umumnya mereka bakal meneriakkan rute tujuan bisnya waktu bis akan pergi. Bila Anda datang dari Bandara Ahmad Yani, Anda dapat pakai taksi untuk sampai ke Simpang Lima.

Wisata Lainnya: Tempat Wisata di Malang

Museum Jamu Nyonya Meneer

Berjalan-jalan ke Museum Jamu Nyonya Meneer

Bertandang ke Museum Nyonya Meneer di Jalan Kaligawe Km 4 Semarang, Anda bakal tahu sang pendiri Jamu Cap Potret Nyonya Meneer yang bernama asli Lau Ping Nio ini sesungguhnya tidak berniat membangun perusahaan jamu. Beragam literatur yang mengulas Nyonya Meneer juga mengatakan kurang lebih th. 1900-an suami Nyonya Meneer sakit. Lama tidak kunjung pulih.

Nyonya Meneer mempunyai pengetahuan mengolah jamu, pengetahuan warisan orang-tua. Cobalah ia bikin jamu untuk sang suami, serta sukses! Suaminya pulih. Sang suami berhasilAi??jadiAi??ai???kelinci percobaanai??? jamu racikan Nyonya Meneer. Jurus viral marketing dengan kata lain gethok tular juga bekerja. Jamu racikan si NyonyaAi??jadiAi??populer khasiatnya. Makin lama bukan hanya keluarga, kerabat, serta tetangga dekat saja yang ia buatkan jamu. Orang-orang SemarangAi??jadiAi??pelanggan jamu si Nyonya.

Lalu nampak inspirasi cemerlang : mencantumkan nama serta potret Nyonya Meneer di paket jamu yang ia racik. Ini kiat marketing yang mengagumkan, bukan? Walau ketika itu tujuannya cuma untuk mendekatkan Nyonya Meneer pada orang-orang.

Customer jamu Nyonya Meneer juga meluas, merembet ke kota-kota di kurang lebih Semarang. Walau sebenarnya peralatan yang dipakai untuk bikin jamu begitu simpel. Cuma perkakas dapur umum.

Th. 1919, permintaan bakal jamu racikan Nyonya Meneer selalu bertambah. Tidak ayal keluarga besar sang Nyonya mendorongnya membangun perusahaan Jamu Cap Potret Nyonya Meneer supaya bisa menghasilkan jamu dalam taraf yang semakin besar. Serta inilah satu diantara produsen jamu paling tua di Indonesia, sekalian satu diantara yang paling besar serta paling popular sampai saat ini.

Museum Nyonya Meneer serta Tien Soeharto

Jamu Jawa yaitu kebanggaan Indonesia. Tidak cuma punya orang Jawa, namun punya Indonesia. Resep jamu tradisional dikira warisan budaya yang perlu dilestarikan. Mengolah jamu telah ada mulai sejak zaman Majapahit.

Di zaman ini telah ada acariki, profesi peracik jamu. Lalu, walau Majapahit roboh, kebiasaan minum jamu untuk kesehatan serta kecantikan masihlah dipertahankan, bahkan juga selalu berjalan sampai zaman kerajaan Mataram Islam. Di zaman ini jamu bahkan juga dikira sebagai minuman istimewa mengkonsumsi khusus bangsawan serta keluarga raja.

Makin lama jamu bukanlah lagi minuman bangsa keraton. seluruh dapat konsumsi jamu. Tetapi, di dalam gempuran obar-obatan kimia, lumrah bila nampak kecemasan kalau kebiasaan minum jamu terlupakan. Serta, di sinilah posisi Nyonya Meneer sebagai produsen jamu paling besar dikira istimewa.

Bukan sekedar melakukan tindakan sebagai entrepreneur yang buka lapangan pekerjaan untuk beberapa ribu orang, namun sebagai penerus, pelestari minuman tradisional Indonesia.
Jadi pada 18 Januari 1984 dibangunlah Museum Jamu Nyonya Meneer.

Penggagas pembangunan museum ini yaitu Ibu Tien Soeharto, yang saat itu menjabat ibu negara. Tak terlalu berlebih bila ditegaskan juga kalau museum Jamu Nyonya Meneer yaitu media edukasi generasi muda untuk pelajari warisan budaya leluhur.

Menuju lokasi museum ini tidaklah susah. Pas di tepi jalan raya Kaligawe, Semarang, berdekatan dengan Kampus Sultan Agung serta terminal Terboyo. Tanyakan pada tiap-tiap warga Semarang, di mana pabrik jamu Nyonya Meneer? Mereka tentu tahu kemana arah yang perlu Anda menuju. Lebih gampang lagi bila Anda memakai transportasi bus. Tentukan saja bus jurusan terminal Terboyo.

Perebutan Kekuasaan Generasi ke-3 Nyonya Meneer Satu lagi yang menarik dari Jamu Cap Potret Nyonya Meneer : ditulisnya buku Family Business ai??i??A Case Study of Nyonya Meneer, One of Indonesiaai??i??s Most Succesul Traditional Medicine Companies. K

Kunjungi website resmi Nyonya Meneer serta Anda bakal menjumpai judul buku ini dibagian kiri bawah halaman website. Buku ini sebenarnya terjemahan Bhs Inggris dari buku berjudul sejarah Usaha Nyonya Meneer, terbitan Grasindo.

KUnjungi ini: Tempat Wisata di Thailand

Puri Maerokoco

Puri Maerokoco, Cara Gampang Keliling Jawa Tengah

Bila tertarik datang ke PRPP (Pekan Raya Promosi serta Pembangunan) Semarang, umumnya di gelar waktu berlibur sekolah tiba, tidak ada kelirunya Anda datang agak siang di hari Minggu. Sebelumnya nikmati ramainya PRPP, kunjungi Puri Maerokoco.

Terdapat di lokasi Tawang Mas, pintu masuk Puri Maerokoco ada di samping kanan PRPP. Tepatnya, di Jalan Jl. Yos Sudarso, Kompleks Tawang Mas, Semarang Barat. Ada di antara PRPP serta Kampung Laut.

Bila Anda berkendara dari pusat kota, Simpang Lima, ambillah jalur menuju Tugu Muda. Lurus saja, tidak berapakah lama bakal Anda jumpai lampu merah, serta ada plang besar bertuliskan PRPP di kanan jalan. Belok, serta ikuti jalan ini. Tidak butuh cemas kesasar, lantaran panduan arah begitu terang.

Untuk Anda yang tinggal di lokasi Jawa Tengah, terlebih Semarang, mungkin saja Puri Maerokoco bukanlah tempat wisata yang menarik. Dahulu, pada saat Anda kecil, memanglah benar Puri MaerokocoAi??jadiAi??primadona.

Banyak siswa Sekolah Basic di lokasi Jawa Tengah yang jadikan Puri ini obyek wisata andalan waktu libur sekolah tiba. Namun saat ini, kelihatannya tak akan. Lantaran Puri Maerokoco tidak lagi popular.

Tetapi satu hal menarik dari Puri Maerokoco yang tidak bakal luntur : Ini Jawa Tengah versus mini. Tak ada tempat lain seperti ini di Jawa Tengah.
Penuh Rumah Adat serta Landmark

Ticket masuk ke Puri Maerokoco di bandrol Rp. 10. 000. Lumayan murah, bukan? Buka dari jam 08. 00 sampai 18. 00 WIB. Puri Maerokoco digambarkan sama seperti keadaan geografis Jawa Tengah. Di samping utara serta selatan ada danau, ini melukiskan keadaan Jawa Tengah yang diapit laut serta Samudera Indonesia.

Sementara di segi barat serta timur ada tempat kosong yang ditanami tanaman langka. Tempat ini lambang provinsi Jawa Barat serta Jawa Timur. Di sekitar danau ada jalan selebar 6 mtr., umum dilewati kereta mini.

Ada 2 langkah masuk Puri Maerokoco. Pertama, pakai jembatan penghubung. Jembatan ini adalah pintu masuk paling utama, terdapat di utara anjungan Semarang. Jembatan yang lain ada di segi timur, yang disebut pintu masuk samping. Bila mau lebih dramatis, Anda dapat pakai dayung, kelilingi danau serta merapat di dermaga mini yang ada di anjungan Semarang, Pati, Tegal, Cilacap, dll.

Museum Ronggowarsito

Memahami Jawa Tengah, Berkunjung ke Museum Ronggowarsito

Bertandang ke Semarang tidak bakal komplit tanpa berkunjung ke Museum Ronggowarsito. Luruslah saja dari arah Tugu Muda, selalu melalui Jalan Soegiyapranoto. kurang lebih 10 menit berkendara, atau 4 Km dari Tugu Muda, bakal Anda jumpai bundaran Kalibanteng.

Nah, Museum Ronggowarsito terdapat di samping kiri. Dari bandara Ahmad Yani, museum yang terdapat di Jalan Abdulrahman Saleh no. 1 Semarang ini lebih gampang lagi dijangkau. Keluar dari gerbang bandara, tidak sampai lima menit Anda bakal sampai di bunderan Kalibanteng.

Apa kelebihan Museum Ronggowarsito?

Disini Anda dapat nikmati kian lebih 50. 000 koleksi. Ada benda-benda geologika, biologika, arkeologika, etnografika, sejarahka, filologika, numismatika, keramologika, teknologika serta bahkan juga benda-benda seni. Diluar itu, di museum ini perjalanan panjang peradaban Jawa beserta kebudayaannya diterangkan dengan cara gamblang.

Di buka tiap-tiap Senin-Jumat, mulai jam 08. 00 sampai 14. 00, Ronggowarsito resmi di buka pada tanggal 5 Juli 1989. Sesudah bertahun-tahun beroperasi, Ronggowarsito direnovasi pada November-Desember 2011 lantas. Tak tanggung-tanggung cost yang di habiskan meraih 1, 7 milyar. Hasil dari renovasi ini, museum memperoleh penambahan ruang, juga penambahan koleksi sejumlah 70 buah.

Untuk apa Museum Ronggowarsito dibenahi? Pembangunan ini ditujukan untuk menyongsong Visit Jateng 2012. Lumrah bila museum paling besar di Jawa Tengah ini membuat cantik diri. Jadi, jangan pernah melupakan acara-acara menarik yang telah disediakan untuk Anda.

Klenteng Sam Po Kong

Seperti biasanya Klenteng yang menyebar di wilayah Indonesia, Sam Po Kong didominasi warna merah. Klenteng ini mempunyai sebagian anjungan, yakni Klenteng Besar, gua Sam Po Kong, Klenteng Tho tee Kong, serta empat lokasi pemujaan lain yang dinamakan Kyai Juru Mudi, Kyai Jangkar, Kyai Cundrik Bumi, serta Kyai Tumpeng.

Aktivitas sembahyang atau pemujaan terpusat di Klenteng Besar serta Gua Sam Po Kong. Bila satu saat Anda memiliki kesempatan berkunjung ke klenteng ini, pasti rasa penasaran muncul seperti apa gua Sam Po Kong ini? Tetapi sayang, untuk yg tidak mempunyai urusan sembahyang dilarang masuk ke Gua ini.

Klenteng Sam Po Kong selalu di bangun, tidak cuma untuk kebutuhan beribadah golongan Tiong Hoa, namun sebagai lokasi wisata. Lokasi parkir diperlebar, disiapkan juga taman serta tempat duduk dibagian luar klenteng untuk wisatawan.

Menuju Klenteng Sam Po Kong

View this post on Instagram

Klenteng Sam Po Kong, Semarang. Klenteng sam po kong yang mana merupakan tempat wisata di semarang yang mana terletak di gedung batu dan menjadi salah satu obyek wisata yang sangat wajib untuk anda kunjungi, hal tersebut karena tempat wisata ini memiliki arsitektur tiong hoa yang sangat menarik dan indah serta khas. Selain itu keunikan yang terdapat pada tempat wisata ini adalah kisah legendaris dari laksamana cheng ho. Patung cheng ho yang ada di tempat ini memiliki tinggi 10 meter dan menjadi patung tertinggi di asia tenggara, patung ini sendiri didatangkan langsung dari cina sehingga unsur dan juga arsitekturnya khas serta asli dari cina. #txtravelmds #tourandtravel #JalanBarengTx #tiketpesawatmurah #voucherhotelmurah #tourhemat #jalan2men #hobbyjalan #travelinghemat #hargahemat #travelhebat #travelbloger #travelberkualitas #travelingishappines #happytraveling #happyholiday #bestdestination #bestview #wonderful #klentengsampokong #semarang #sampokong #indonesia

A post shared by TXTRAVELMDS (@txtravelmds) on

Jarak tempuh klenteng ini dari bandara Ahmad Yani relatif dekat. Tidak butuh melalui pusat kota Semarang yang repot, naik taksi cuma mengonsumsi saat kurang lebih 15 menit. Bila Anda dari arah barat kota Semarang serta memakai transportasi bis umum, terdapat beberapa armada yang melalui klenteng ini, satu diantaranya bis jurusan Mangkang-terminal Terboyo.

Bila anda dari Magelang, Jogja, Solo serta sekitarnya, sesudah masuk kota Semarang, Anda dapat pilih, ingin memakai bis jurusan Mangkang, atau angkot jurusan Pasar Karang Ayu, atau Manyaran.

Anda yang dari arah timur Kota Semarang, bis jurusan terminal Terboyo-Mangkang yaitu pilihan paling pas. Bila Anda memakai transportasi kereta api, turun di stasiun Poncol di Semarang, serta Anda dapat pilih naik taksi, bis, atau angkot.

Vihara Buddhagaya Watu Gong

Tidak Butuh Ke China, Bertandanglah Saja ke Vihara Buddha Style
Datanglah ke wihara ini, ambillah pojok yang menarik untuk ambillah gambar, serta orang bakal ajukan pertanyaan : ai???Habis dari China ya? ai??? Atau, paling dekat Anda diduga baru pulang berlibur dari Thailand.

Akses menuju Vihara Buddha Style

Vihara Buddha Style dinamakan lain oleh orang-orang Semarang, wihara Watugong. Mengapa? Tak lain lantaran wihara ini berlokasi di Jalan raya Pudak Payung, Watugong. Tak susah untuk meraih wihara ini. Sepuluh menit berkendara sesudah keluar dari pintu tol Banyumanik, Anda bakal jumpai pertigaan Pasar Swalayan ADA, lantas belok kiri. Lurus selalu ke arah Solo atau Yogya.

Vihara Buddha Style terdapat di samping kiri jalan, bertemu dengan patung kuda Diponegoro Markas Besar Kodam IV Diponegoro.

Lawang Sewu

Mengulas tentang Semarang, terang Lawang Sewu serta Kota Lama tak bisa ditinggalkan. Kenapa? Pertama, di kota ini Lawang Sewu yaitu landmark, meminjam arti orang Jawa : tetenger. Orang-orang Semarang begitu bangga dengan Lawang Sewu, mungkin saja lantaran bangunan bersejarah ini pernah masuk TV.

Lawang Sewu awal mulanya yaitu gedung Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. sesudah Indonesia meredeka, gedung ini dipakai sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) , yang saat ini bertukar nama PT. Kereta Api Indonesia (KAI) .jadiAi??tidak hanya dipakai sebagai markas masalah perkereta-apian, Lawang Sewu sempat juga jadiAi??Kantor BadanAi??Prasarana Komando Derah Militer (Kodam IV Diponegori) serta Kantor Lokasi (Kanwil) Kementrian Perhubungan Jawa Tengah.

Gedung yang di bangun pada th. 1904 iniAi??jadiAi??saksi bisu pertempuran yang banyak dicatat di buku-buku sejarah, yakni Pertempuran Lima Hari di Semarang, pertempuran yang berjalan pada Angkatan Muda Kereta Api serta Kempetai juga Kidobutai, pada saat pendudukan Jepang.

Candi Tugu

Candi Tugu, Tugu Perbatasan Majapahit-Pajajaran

Berjalan-jalan ke Mangkang, Semarang, apa yang dapat Anda kunjungi? Banyak! Bukan hanya Kebun Binatang saja. Di Mangkang Km 11, tepatnya kurang lebih 200 mtr. dari Tempat tinggal Sakit Tugurejo, ada Candi Tugu.

Tak ada papan penunjuk arah untuk memandu Anda meraih lokasi ini. Agak merepotkan. Namun, bila anda telah tiba di dekat pabrik SAMI, tak perlu sangsi untuk teruskan perjalanan.

Bila Anda membawa kendaraan sendiri, sesampainya di Tempat tinggal Sakit Tugu, bertanyalah pada warga, di mana lokasi makam Tugu. Untuk meraih lokasi Candi Tugu, anda mesti melalui jalan di depan makam ini.

Bila Anda pakai bus umum, naik saja bus jurusan Mangkang. Berikan pada kernet, turun di makam Tugu. Makam ini dikenal juga dengan nama makam Lanji. Ada sedikit narasi tentang makam ini.

Untuk Anda yang sukai narasi misteri, mungkin saja saja tertarik. Makam Lanji dikatakan sebagai makam keramat oleh warga kurang lebih. Konon, ini makam kuno yang telah ada mulai sejak zaman Majapahit serta Pajajaran. Di sinilah makam beberapa punggawa ke-2 kerajaan.Ai??Th. 1970-an makam ini dibongkar. Pabrik baja yang lalu di bangun disini.

seluruh tulang dipindahkan. Nah, konon banyak makam yg tidak dapat dipindahkan. Sebagian kuburan tak dapat dibongkar, serta banyak narasi mistis yang mengedar saat itu. Yang menarik, terdapat beberapa makam yang saat digali, di dalamnya diketemukan logam kuning seperti emas, hiasan rambut, ikat lengan, serta beragam aksesori orang dahulu kala.

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah, Bukanlah Masjid Biasa

Masjid Besar Kauman Semarang ai??i??lebih akrab dengan sebutan Masjid Kauman, terdapat di Jl. Alun-alun Barat Nomer 71 Semarang, masuk dalam lokasi Kelurahan Bangunharjo Semarang Tengah, mempunyai andil besar dalam pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT).

Masjid Kauman kalah popular di banding MAJT, tempatnya di samping kiri parkir belakang Pasar Johar Semarang, tertekan di antara bangunan pasar, tempat tinggal toko, serta perkantoran. Tetapi, tanpa Masjid Kauman, mungkin saja MAJT tidak bakal pernah ada.

Keunikan

Tiang pancang pertama dipasang oleh gubernur, menteri, serta seseorang kyai besar dari Pati, Jawa Tengah, serta peresmian dikerjakan oleh seseorang presiden, terang ini sinyal MAJT yaitu mega proyek. Bukanlah masjid umum tempat orang-orang menunaikan sholat atau mengadakan pengajian.

MAJT diangankan Ai??jadiAi??lokasi wisata religi yang dapat menarik wisatawan. Benar saja, dari seluruh masjid yang ada di Provinsi Jawa Tengah, MAJT yaitu satu dari yang paling popular serta harus dikunjungi.

Untuk menggoda wisatawan, MAJT bukan sekedar mesti tampak cantik serta menawan, namun juga unik serta tidak sama dari yang pernah ada.

Berwisata ke Lokasi Tugu Muda Semarang

Datanglah ke Semarang serta luangkan sambangi Tugu Muda. Tidak komplit rasa-rasanya Semarang tanpa Tugu Muda. Bila Anda miliki cukup nyali, di seberang Tugu Muda berdiri kokoh Lawang Sewu yang populer angker itu. Namun kesempatan ini, kita bakal ulas Tugu Muda, bukanlah Lawang Sewu.

Tugu muda ada di persimpangan Jalan Pandanaran, Jalan Mgr Sugiopranoto, Jalan Imam Bonjol, Jalan Pemuda serta Jalan Dr. Sutomo. Pas di samping utara tugu ini Anda bisa menjumpai Gedung Pandanaran, di samping timur ada Lawang Sewu, di selatan ada Museum Mandala Bhakti, serta di segi barat ada Wisma Perdamaian.

Tugu Muda juga di bangun untuk mengingatkan beberapa pemuda di Semarang kalau disini, di daerah ini, pernah ada beberapa kumpulan pemuda yang gigih, ikhlas berkorban dengan semangat ai??i??45 menjaga kemerdekaan, kedaulatan Indonesia. Lima di antara beberapa puluh pemuda pemberani yang gugur dalam Pertempuran Lima Hari di Semarang dimakamkan di depan Lawang Sewu. Mereka yaitu Noersam, Salamoen, Roesman, RM Soetardjo, serta RM Moenardi.

Untuk memperingati perjuangan mereka, pas di samping kiri gerbang didirikan satu tugu peringatan bertuliskan nama beberapa pejuang Indonesia yang gugur. Tetapi, perusahaan kereta api, yang memiliki Lawang Sewu, lalu menyerahkan tempat depan Lawang Sewu seluas 3. 542, 40 mtr. pada Pemerintah Kota Madya Semarang, sampai makam ke lima pejuang itu dipindahkan ke Giri Tunggal.

 

Pantai Marina

Jalan-Jalan ke Pantai Marina Semarang

Sukai pergi ke pantai? Bila ke Semarang, ada satu diantara object wisata yang sesuai sama kegemaran Anda ini. Namanya Pantai Marina. Pantai ini terdapat di Semarang Barat, atau lebih tepatnya di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Tawangsari. Bila Anda naik kendaraan dari Tugu Muda Semarang, tujukan kendaraan Anda selalu ke arah barat.

kurang lebih 1 km. lalu, Anda dapatkan gapura bertuliskan Minggu Raya Promosi serta Pembangunan (PRPP) yang ada di samping kiri jalan. Masuklah kesana serta jalan selalu ke arah utara sampai Anda masuk lokasi PRPP. Lantas bersiaplah untuk belok kanan serta ikuti selalu jalan lantas belok kiri.

Jadi sampailah Anda di Pantai Marina. Anda bakal disambut satu patung elang sebelumnya masuk lokasi ini. Patung elang yang tampak gagah itu ada di pintu masuk obyek wisata ini. Lokasi Pantai Marina tidak jauh dari Puri Maerokoco serta ada di samping timur PRPP, tempat yang umum dipakai sebagai tempat pameran bertopik Jateng Fair.

Kekurangan tempat ini yaitu tiadanya bis kota yang turun di obyek wisata ini. Paling banter, dari Terminal Terboyo, rute paling dekatnya yaitu turun di PRPP atau Puri Maerokoco.

Taman Lele

Taman Lele Nan Sejuk, Rindang serta Asri

Ada danau, gazebo, pohon-pohon nan rindang, taman yang luas, arena permainan anak, apa lagi yang dikehendaki? Kunjungi Taman Lele,maka hari libur Anda bakal merasa mengasyikkan. Terlebih, bila Anda datang ke tempat ini berbarengan keluarga terkasih. Janganlah cuma berbarengan anak-anak, namun bawa juga saudara serta teman dekat paling dekat.

Kenapa? Jawabannya ada inilah ini! Pertama, Taman Lele berlokasi di Jalan Walisongo Km 10 di Semarang. Lokasi ini gampang dijangkau. Dari pusat kota Semarang, tidaklah sampai 30 menit Anda telah dapat mencapai taman ini. Ke-2, taman ini begitu pas didatangi beramai-ramai. Luasnya lebih kurang 22. 173 mtr. persegi.

Banyak wahana yang dapat di nikmati, seperti sepeda air serta kolam renang anak. Pasti, akan tidak asik bila Anda bersepeda air serta bermain air sendirian, bukan? Walau beberapa lokasi Kota Semarang masihlah ada yang sejuk serta memiliki nuansa pedesaan, seperti lokasi Semarang atas, atau tepatnya daerah Gunungpati serta sekitarnya, tak bermakna Taman Lele tak menarik untuk dikunjungi.

Akses jalan menuju Taman Lele relatif lebih gampang dilewati dari pada daerah Gunungpati yang jalannya menanjak. Diluar itu, situasi Taman Lele telah ditata sedemikian rupa sampai tidak kalah dari situasi pedesaan yang sebenarnya. Daya tarik intinya terang : danau buatan serta wisata air.

Istana Oei Tiong Ham di Jalan Kyai Saleh

Jalan Kyai Saleh di Semarang tidak seramai Jalan Pandanaran atau Jalan Pahlawan. Situasi jalan ini cenderung tenang, jalan raya tidak padat. Cuma pada jam-jam spesifik saja antrian kendaraan mengular, seperti waktu jam pulang anak sekolah.

Ada satu bangunan istimewa berdiri disini. Dahulu orang menyebutnya Istana Gergaji atau Istana Bale Kambang. Sekilas lalu, mungkin saja Anda tidak bakal menduga gedung itu bersejarah serta berkaitan dengan manusia 200 juta gulden, Oei Tiong Ham, si raja gula dari Semarang, orang paling kaya se-Asia Tenggara pada periode th. 1800-an.

Sepeninggal Oey Tiong Ham, istana ini diwariskan pada anaknya Oei Tjong Hauw. Sesudah Indonesia merdeka, seluruh asset Oei Tiong Ham di Semarang diambil alih untuk negara. Istana Gergaji juga jatuh ke tangan TNI serta digunakan sebagai Balai Prajurit. Lalu pindah tangan lagi pada orang Semarang bernama Budi Poernomo, yang juga warga keturunan Tionghoa.

Oleh pemilik yang baru ini Istana Gergaji dipugar serta dikembalikan ke bentuk aslinya, lalu jadikan satu universitas untuk instansi pendidikan bernama STMIK PROVISI, juga Study World, satu instansi pelatihan bhs asing.

Jadi, bila Anda dari arah Simpang Lima, lurus saja ke Jalan Pahlawan. Ada lampu merah belok kiri, sampai di pertigaan Jalan Kyai Saleh, belok kanan. STMIK Provisi ini gampang diketemukan, ada di kanan jalan. Atau, dari Jalan Pahlawan dapat pula Anda menikung ke Jalan Menteri Supeno. Lurus sedikit sampai ada lampu merah, belok kanan. Sebagian mtr. di depan ada Istana Gergaji di kiri jalan.

Stasiun Serta Polder Tawang

Satu Tempat, Dua tujuan : Stasiun Tawang serta Polder Tawang

Dari Terminal Terboyo Anda dapat naik taksi, Angkutan Kota atau bus umum, bila mau menuju stasiun Tawang. Cuma butuh saat kurang lebih 10 menit saja untuk sampai ke stasiun ini. Bila Anda dari arah selatan atau barat Kota Semarang, mudahnya, ambillah arah Tugu Muda. Lalu, masuk ke Jalan Pemuda. Lurus selalu saja.

Sesudah Anda temui lampu merah di perempatan Pasar Johar, belok kiri. Ambillah jalan yang melewati depan Kantor Pos Besar Semarang. Masuklah Anda di lokasi Kota Lama, nah dari sini Stasiun Tawang cuma berjarak lebih kurang satu atau dua km. saja.

Stasiun Semarang beralamat di Kelurahan Tanjung Mas, masuk lokasi Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang. Stasiun ini cuma melayani kereta api eksekutif serta usaha. Kereta api ekonomi dilayani di Stasiun Poncol Semarang. Stasiun Tawang di bangun oleh Nederlandsche-Indische Spoorweg Maatschappij (N. I. S).

Stasiun ini yaitu stasiun pengganti stasiun Tambak Sari. Yaitu Gubernur Jenderal Mr. Baron Sloet van de Beele yang lakukan seremoni pencangkulan tanah pertama, menandai dimulainya pembangunan stasiun. Tanggal 1 Juni 1914, Stasiun Tawang resmi beroperasi. Dekat dengan Stasiun Tawang, dulu ada Stasiun Gudang serta Stasiun Kemijen.

Stasiun Kemijen bahkan juga disebut-sebut sebagai stasiun kereta api pertama yang di bangun di Indonesia, th. 1861. Tetapi, Stasiun Kemijen konon dirobohkan untuk kebutuhan pembangunan rel menuju Tawang. Tengah Stasiun Gudang, yang lama tak dioperasikan beritanya bakal kembali digunakan. Masihlah menanti proyek Polder Banger. Bila rob tak akan menempa stasiun ini, gagasannya Stasiun Semarang Gudang bakal melayani kereta api angkutan barang.

Gereja Blenduk

Satu diantara bangunan yang menjadi ikon kota Semarang, serta yang paling popular, yaitu Gereja Blenduk. Akan tidak komplit sejarah kota ini tanpa Gereja Blenduk. Nah, kesempatan ini kita bakal mengulas apa kelebihan Gereja Blenduk sampai demikian popular serta sangat dibanggakan warga Semarang.

Berdiri di Jalan Letjend. Suprapto 32, dahulu bernama Jalan Heerenstraat, Gereja Blenduk dari awalnya memanglah didirikan sebagai gereja. Didesain oleh W. Westmaas serta H. P. A. de Wilde, Gereja Blenduk atau resminya bernama GPIB Immanuel, di bangun pada 1894-1895. Nama Belanda gereja ini yaitu Nederlandsch Indische Kerk, yang berarti lebih kurang : Gereja Hindia Belanda.

Style arsitektur Gereja Blenduk yaitu Pseudo Baroque. Style ini berkembang di Eropa pada era 17 sampai 19 Masehi, persis waktu Belanda mulai merajai Semarang. Atap kubah didesain sama dengan bangunan St. Paul karya Sir Christopher Wren yang berdiri kokoh di London di Inggris.

Menuju Gereja Blenduk

Gereja yang mempunyai luas 400 mtr. persegi ini gampang diketemukan. Letaknya berdekatan dengan Pasar Johar yang tersohor itu serta Kantor Pos Besar Semarang. Dari pusat kota Semarang, Simpang Lima, Anda cukup berkendara kurang lebih 10 menit saja.

Banyak angkutan umum yang melalui Gereja Blenduk, mengingat Jalan Letjend Suprapto yaitu jalan yang dipakai untuk keluar masuk Kota Semarang. Anda dapat pilih transportasi apa yang paling nyaman untuk Anda. Ada angkot, taksi, atau bus umum.

Sesudah capek berkeliling, tidak butuh jalan jauh bila Anda mau berwisata kuliner. Di kurang lebih Gereja Blenduk banyak restoran, tinggal tentukan ingin yang berkelas atau warung makan umum? Jadi, kapan anda bertandang ke Gereja Blenduk?

Goa Kreo, Kera serta Sunan Kalijaga

Dari pusat Kota Semarang, atau tepatnya Simpang Lima, ambil jalan menuju bundaran Kalibanteng. sampai di lampu merah Kalibanteng, belok kiri. Lebih kurang 45 menit lalu sampailah Anda di Goa Kreo.

Bila Anda memakai kendaraan umum, dari terminal Terboyo, tentukan bis jurusan Gunungpati. Cukup naik bis satu barangkali. Sering-sering tengok ke kanan jalan, serta mencari plang bertuliskan Goa Kreo. Tak sulit di cari Goa Kreo ini, berkendara lurus serta lurus saja.

Goa Kreo di buka mulai jam 08. 00 sampai 18. 00 WIB. Berlokasi di Dukuh Talun Kacang, Desa Kandri, Kecamatan Gunungpati. Bila anda pergi dari arah Ungaran, Ibukota Kabupaten Semarang, Anda dapat lewat jalur pasar Gunungpati terlebih dulu. Nah, dari sana gampang saja ajukan pertanyaan ke arah mana Desa Kandri. Kebanyakan orang Gunungpati tahu Goa Kreo.

Apa menariknya Goa Kreo?

Satu goa di pinggir kota. Apa yang dapat Anda pikirkan? Disini banyak kera. Janganlah cemas, semua jinak. Bermain-main dengan mereka juga mengasyikkan. Sebelumnya bertandang kesini, bawa kacang atau makanan kecil. Kera-kera berbuntut panjang ini tentu suka.

Nah, ada goa, ada kera, bagaimana kurang lebih panorama disini? Seru! Gunungpati ada di lokasi Semarang selatan. Di kenal sebagai lokasi Semarang atas lantaran topografinya yang lebih tinggi. Beberapa besar lokasi Gunungpati masihlah asri. Banyak pohon, hawamakalebih sejuk serta fresh disbanding lokasi Semarang kota.

Museum Rekor Indonesia

Sejatinya museum ini bernama Museum Rekor Dunia Indonesia, tetapi lebih populer dengan nama MURI. Diprakarsai oleh Jaya Suprana, generasi ketiga pewaris perusahaan Jamu Jago, MURI berdiri resmi pada 27 Januari 1990. Peresmian saat itu dikerjakan oleh Soepardjo Roestam, disaksikan oleh Ketua PMI Pusat Ibnu Soetowo serta Gubernur Jawa Tengah, HM Ismail.

Ruang dengan luas 600 mtr. persegi ini berlokasi di Jalan Setiabudi No 179, Srondol. Disini ada ruangan pamer, diisi data serta photo MURI. Ada juga balai pertemuan serta ruangan pamer Museum Jamu Jago. Di museum Jamu Jago, didatangkan bebrapa photo serta benda-benda bersejarah punya Jamu Jago. Pabrik Jamu Jago sendiri berdiri mulai sejak 1918, di Wonogiri. Pendirinya yaitu TK Suprana.

Jadi, dengan berkunjung ke MURI, Anda dapat sekalian bertandang ke Museum Jamu Jago. Ke-2 museum ini ada di lokasi yang sama. Bahkan juga, proses aktivitas MURI di dukung penuh oleh grup usaha Jamu Jago yang terbagi dalam PT. Industri Jamu Jago, PT. DG Farm, serta CV. Rukun yang semua menghasilkan obat-obatan tradisional serta farmasi.

tujuan didirikannya MURI, seperti yang tercatat dalam misi serta visi MURI di situs resmi museum ini, yakni murni dedikasi bakti budaya dengan mengumpulkan data-data serta rekor superlative yang ada di Indonesia, di buat oleh putra-puteri Indonesia. Rekor ini ditujukanAi??jadiAi??penggugah semangat bangsa supaya senantiasa berjuang menghadirkan karsa serta karya yang paling baik di bagian ketrampilan semasing. Cukup nasionalis serta patriotik, bukan?

Lokasi MURI serta Museum Jamu Jago begitu gampang dijangkau. Jalan Setiabudi termasuk juga jalan besar di Semarang. Bila Anda dari arah Simpang Lima, atau dari arah Semarang bawah, ambillah arah menuju Kaliwiru. Selalu naik, melalui pintu tol Jatingaleh, lurus selalu lebih kurang 10 menit, sampailah Anda di Jalan Setiabudi. Bila Anda dari arah Yogyakarta atau Solo menuju pusat Kota Semarang, lebih gampang lagi. Jalan Setiabudi tentu Anda lewati.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.