Kamu Belum ke Sukabumi Kalau Belum ke 8 Tempat Wisata Ini!

Sukabumi konon berawal dari julukan para pekebun teh asal Belanda yang terdiri dari dua kata, yakni suka berarti senang atau suka dan bumen berarti rumah, jadi Sukabumi berarti rumah atau tempat yang disukai bagi para pendatang atau wisatawan yang melancong ke sana. Benarkah demikian?

Jika melihat tempatnya yang asri dengan keindahan alam serta sumber daya alam yang melimpah memang membuat siapapun betah. Seperti halnya tempat di Jawa Barat pada umumnya, keindahan alam menjadi salah satu daya tarik dari Sukabumi.

Sukabumi berbatasan dengan Kabupaten Cianjur di sebelah timur, Kabupaten Bogor di sebelah utara, Kabupaten Lebak di sebelah barat dan disebelah selatan dengan Samudera Hindia. Dengan menggunakan kereta api menuju Sukabumi dari stasiun Paledang di Kota Bogor sebagai sarana transportasi pilihan akan membuat perjalananmu semakin terasa serunya.

Selain terhindar dari macet, juga pemandangan alam yang menarik disepanjang perjalanan menuju Kota Sukabumi. Lalu, tempat wisata sukabumi mana saja yang pantas dikunjungi? Inilah 10 tempat wisata Sukabumi yang seru buat kamu, antara lain:

1. Pantai Pelabuhan Ratu

pelabuhan ratu

Jika kamu gunakan transportasi umum (kereta atau bus), kamu perlu menggunakan bus menuju Pelabuhan Ratu. Patai selatan ini memberi pesona pantai berobak besar yang pas untuk kamu penggemar olah raga surfing. Tepat pas untuk surfing adalah pantai Cimaja dan Cibangban.

Bagi keluarga juga cocok dengan suasana pantai berbatu karang ini, menikmati pemandangan alam pantai sambil menikmati lezatnya seafood atau mandi di pemandian air panas Cipanas, Pelabuhan Ratu.

2. Arus deras Sungai Citarik

arung jeram sungai citarik

Jika kamu dari Jakarta dan menggunakan kendaraan pribadi, terdapat jalan alternatif belok kanan menuju Pelabuhan Ratu yakni Jalan Cikidang sebelum terminal Cibadak. Di Cikidang ini terdapat sungai Citarik. Di sungai Citarik pas bagi kamu penggemar arung jeram atau rafting.

Terdapat beberapa lokasi sesuai kelas arus mulai dari pemula hingga mahir. Selain itu, tersedia juga area outbound bagi kamu dan teman-teman.

loading...

3. Air terjun Curug Sawer

curug sawer

Di Cisaat tepatnya Kadudampit terdapat sebuah air terjun bernama Curug Sawer yang bening dan Dingin. Disini tersedia juga area perkemahan buat kamu yang ingin bermalam. Air terjun Curug Sawer merupakan aliran air dari sumber air Gunung Gede-Pangrango.

Selain Curug Sawer, terdapat pula curug lain yang berada di atas nya seperti Curug Kembar, Curug Willy dan Curug Bengkok. Namun, ketiga curug yang disebutkan masih sangat perawan dan perlu pemandu karena hutan hujan tropis membuat jalur sulit dilewati selain juga medan yang sangat menantang.

4. Indahnya Situ Gunung

indahnya situ gunung

Sebuah kisah sejarah mengatakan bahwa situgunung merupakan situ/setu atau danau buatan dari seorang bangsawan Mataram bernama Rangga Jagad Syahadana atau dikenal dengan nama mbah Jalun (1770-1841) yang lari dari kejaran penjajah. Ia kemudian menetap di kaki gunung Gede-Pangrango hingga memiliki anak lelaki.

Sebagai bentuk rasa syukurnya, maka ia membuat sebuah situ/setu yaitu Situ Gunung. Meski danau buatan, namun keindahan alam di Situ Gunung yang masih satu lokasi dengan Curug Sawer ini sangat indah.

5. Megalitik Cengkuk yang menarik

tugu megalitik cengkuk

Tempat wisata Sukabumi berikut ini adalah Cengkuk yang berada di Desa Cengkuk, kecamatan Cikakak kabupaten Sukabumi. Penemuan secara tidak sengaja pada tahun 2008 ini menunjukkan bahwa Cengkuk merupakan pusat kebudayaan zaman megalitikum hingga zaman logam. Benda-benda yang ditemukan antara lain pipa rokok, gentong dari tanah, mangkuk porselein, ukiran motif India, dan sebagainya.

6. Caving di Buniayu

Hitchhiker Indonesia Goes To Buniayu , Feb 2013

Hitchhiker Indonesia Goes To Buniayu , Feb 2013

Kamu yang berjiwa petualang, coba rasakan sensai seru tempat wisata Sukabumi yang satu ini, Goa Siluman atau Goa Buniayu di Baros, Sukabumi. Goa ini terbentuk karena proses pengangkatan tektonik lempeng berjuta tahun yang lalu. Di sini dijumpai banyak fosil koral laut di dinding-dinding goa.

Kunjungi Goa ini saat musin kemarau karena ada beberapa spot goa berair dan jika sedang hujan air di dalam goa menjadi penuh sehingga kamu harus agak menyelam untuk dapat melewatinya. pastikan kamu mendapat info yang lengkap dari pemandu Goa.

7. Seru di pabrik keju

Jika sebelumnya buat kamu para pemberani penggemar wisata alam yang menantang, kini masih di daerah Baros, tepatnya di desa Sasagaran, terdapat sebuah pabrik yang menarik, yaitu pabrik keju Natura Gauda, produksi PT. Bukit Baros Cempaka (BBC).

Disini kamu terutama yang membawa anak-anak, dapat melihat proses pembuatan keju mulai dari susu, cara pengolahan hingga menjadi keju. Selain itu juga terdapat banyak makanan olahan yang berbahan baku keju. Hmm… tak perlu jauh-jauh ke Belanda untuk melihat proses pembuatan keju yang enak dan berkualitas dan tentunya halal.

8. Ujung Genteng

sunset ujung genteng

­Tepatnya di pantai Pangumbahan, Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi terdapat penangkaran dan penyelamatan penyu hijau. Kamu bisa melihat pelepasan tukik atau anak-anak penyu dengan membayar tiket masuk dengan harga terjangkau.

Bukan cuma itu, ujung genteng memiliki pantai yang indah. Nikmatilah tenggelamnya matahari di pinggir pantai.

Masih banyak tempat wisata Sukabumi menarik lainnya yang patut kamu nikamti. Sukabumi memiliki wisata alam pegunungan dan pantai yang menarik, jadi tunggu apalagi? Ayo, rasakan serunya wisata di Sukabumi!

 

 

No Responses

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan