8 Tempat Wisata Ini Asyik Kamu Kunjungi Saat Melintasi Jalur Pantura

Untuk yang pulang kampung atau berlibur ke daerah Jawa Tengah ataupun Jawa Timur, biasanya akan melalui jalur pantura. Nah, Pantura juga sering jadi pilihan jalur mudik untuk daerah tujuan lain yang sejalur.

Pasti sepanjang perjalanan yang panjang ini begitu melelahkan untuk anda, terlebih harus melibas jalur darat dengan kendaraan pribadi.

Nah, agar perjalananmu yang panjang tetap seru, sayang sekali bila anda naik kendaraan pribadi namun tak memanfaatkan untuk berkunjung di daerah pantura dengan berkunjung ke beberapa tempat wisata yang ada di lokasi itu. tentu begitu mengasyikkan serta bisa menyingkirkan letih sesudah perjalanan jauh.

Apa saja sih beberapa tempat menarik yang ada disana? Kita intip yuk!


1. Batik Trusmi


lokasi wisata cirebon jalur pantura

trusmi.com

Untuk kamu tidak ada salahnya untuk singgah beli cindera mata dulu atau oleh-oleh sebelum pulang ke kampung halaman. Disini ada Kampung Batik Trusmi yang terdapat di Cirebon. Tempatnya tidak jauh dari jalan tol Palimanan–Kanci.

Motif batik Mega Mendung yang asli Cirebon ini banyak di cari lho. Cobalah beli satu atau dua untuk beberapa orang kesayanganmu. Tentu mereka suka. Hihii

Tempat ini juga pas sekali untuk mengganjal perut saat mendadak lapar di jalan. Terdapat beberapa kuliner dan jajanan khas Cirebon, seperti nasi lengko diisi sayur-sayuran, nasi jamblang yang dihidangkan diatas daun jamblang serta empal gentong, dan tahu gejrot asli Cirebon.


2. Pantai Alam Indah


pantai alam indah tegal

wisnuwidiarta.wordpress.com

Bila belum senang dengan cuma berkunjung ke tempat oleh-oleh, coba singgah sebentar kesini saat melalui daerah Tegal. Pantai Alam Indah bakal membantumu melepas capek walau cuma sesaat.

Pantai ini jadi ikon wisata kota Tegal lho. Jangan sampai lupa ambillah photo sebanyak mungkin ya. Nikmati keindahan pantai ini sembari jalan menyusuri pesisirnya. Terlebih bila telah masuk saat senja. Indah sekali!

Ombaknya juga relatif aman untuk bermain air laut. Jadi anda dapat membawa anak-anak berlibur di Pantai Alam Indah ini. Nah, ada pula beberapa sarana seperti waterboom, kereta kuda, sepeda, dan arena bermain untuk anak.

loading...

3. Pantai Purwahamba Indah, Tegal


pantai purwahamba indah tegal pantua

infotegal.com

Pantai Purwahamba Indah Kabupaten Tegal yang cantik, obyek wisata terindah yang ada di Kabupaten Tegal terdapat di samping utara Pulau Jawa dan mempunyai lokasi yang bersebelahan langsung dengan Laut Jawa hingga mempunyai jejeran pantai ombak yang tenang.

Satu diantara pantai ini dapat dikembangkan sebagai obyek wisata saat berlibur tiba. Pantai Purwahamba ini jadi satu diantara destinasi wisata unggulan Kabupaten Tegal yang senantiasa ramai dikunjungi oleh beberapa wisatawan.

Pantai ini mempunyai suasana yang tenang serta sejuk lantaran ditumbuhi pohon-pohon kelapa yang subur hingga begitu pas bila dipakai untuk melepas capek sesudah lakukan aktivitas keseharian kerja serta kesibukan yang demikian padat.


4. Museum Batik Pekalongan


vsebayang.wordpress.com

Pekalongan merupakan Kota Batik, anda dapat nikmati wisata pantai dan belanja oleh-oleh batik otentik yang cocok untuk dikunjungi serta berbelanja oleh-oleh guys.

Di kota ini ada juga Pantai Pasir Kencana yang cocok sekali untuk piknik keluarga. Pantainya juga dekat sekali dengan pusat kota. Cocok!

Di Kota Batik, anda dapat nikmati koleksi batik yang dipamerkan di Museum Batik. Museum ini beralamat di Jalan Jetayu No. 1, Pekalongan.

Museum batik menyimpan beberapa ratus jenis koleksi, dari mulai yang kuno hingga moderen. Corak serta ciri-cirinya juga beberapa macam. Janganlah lupa singgah juga ke Kampung Batik Kauman untuk belanja kerajinan kain bercorak khas Pekalongan.


5. Interior Masjid Agung Jawa Tengah


masjid agung jawa tengah

staticflickr.com

Sesudah Pekalongan, anda bakal masuk daerah Semarang, yakni Ibukota Jawa Tengah. Luangkan sebentar untuk berkunjung ke bangunan bersejarah peninggalan kolonial Belanda, yakni Lawang Sewu.

Sesudah lawang sewu, coba berkunjung juga untuk melaksanakan ibadah serta istirahat di Masjid Agung Jawa Tengah yang populer begitu megah. Arsitekturnya demikian memukau waktu bertandang ke Masjid Agung. Berikut masjid paling besar di Jawa Tengah yang ada di kota Semarang.


6. Goa Maharani, Lamongan


maharanizoo.com

Saat anda telah tiba di Lamongan, lewatilah daerah pesisir utara untuk singgah ke Maharani Zoo serta Goa Lamongan dengan kata lain Mazola.

Disini anda dapat juga bercengkerama dengan satwa-satwa penghuni kebun binatang, sekalian menjelajahi goa alam yang paling mengagumkan di Lamongan, yakni Goa Maharani.


7. Telaga Ngipik


wovgo.com

Tahukah anda kota Gresik? Kota ini yaitu satu diantara lokasi industri paling repot di Jawa Timur, seperti Banten, yang populer panas serta sumpek.

Namun, kota ini nyatanya menaruh satu kelebihan sendiri. Ada satu oase berbentuk ruangan terbuka hijau serta pemandangan telaga yang menawan di dalam kota Gresik.

Lokasi ini bernama Telaga Ngipik yang sering digunakan warga untuk istirahat sesaat dengan beraktivitas memancing atau sebatas jalan-jalan. Telaga cantik ini yaitu sisa galian tambang pabrik semen lho.


8. Monumen Kapal Selam, Surabaya


wordpresssea-devimawarni.rhcloud.com

Saat sampai di Surabaya, janganlah lupa juga untuk menjelajahi isi kapal selam betulan di Monumen Kapal Selam.

Kapal selam raksasa yang anda saksikan nanti bukanlah kapal selam yang tengah beroperasi, tetapi kapal selam yang telah pensiun. Nama kapal selamnya KRI Pasopati 410.

Kapal ini adalah kapal selam buatan Rusia yang mengabdi pada Angkatan Laut RI mulai sejak th. 1962. Besar sekali ya kapalnya.

Anda dapat lihat isi kapal selam ini, serta melihat video dokumenter yang bercerita peristiwa KRI Pasopati 410 dan Angkatan Laut RI.

1

No Responses

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan